23 BAB III METODOLOGI PENELITIAN Pandangan dalam ...

6 downloads 7 Views 15KB Size Report
penggunaan psikologi perempuan dan psikologi agama. Analisis dengan ... pada tokoh utama novelet Takbir Cinta Zahrana karya Habiburrahman El. Shirazy.

23

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Pandangan dalam metodologi penelitian sastra yang umum dalam dunia ilmu adalah bahwa metode ilmiah harus memenuhi persyaratan tertentu. Metode dilakukan dengan langkah-langkah kerja yang diatur sebagaimana yang berlaku bagi penelitian-penelitian pada umumnya (ilmu-ilmu ideografik menurut klasifikasi Windelband). Dalam hal ini penelitian harus memilih metode dan langkah-langkah yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik obyek kajiannya. Satu hal yang menarik dalam menggunakan metode bagi penelitian sastra adalah adanya distansi, kerja yang objektif, dan terhindarnya unsur prasangka. Gejala dengan situasi ke”sastra”an inilah yang sering menuntut perhatian tersendiri (Pradopo, 2001: 13-14). A. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan penggunaan psikologi perempuan dan psikologi agama. Analisis dengan menggunakan metode deskriptif dilakukan dengan cara mengidentifikasikan dan mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun cerita. Kajian tokoh dan watak tokoh yang telah dianalisis dengan menggunakan teori tokoh dan penokohan kemudian dilanjutkan dengan analisis tokoh utama mengenai watak tokoh utama ditinjau dari perspektif islam.

23

24

B. Sasaran Penelitian Sasaran penelitian ini adalah psikologi perempuan dalam perspektif islam pada tokoh utama novelet Takbir Cinta Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. C. Sumber Data Penelitian Sumber data penelitian ini adalah struktur teks novelet Takbir Cinta Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Penerbit Republika yang berada di Jl. Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan tahun 2008 cetakan ke 10 dengan tebal buku 84 halaman. D. Pendekatan Pendekatan, menurut semi adalah cara memandang dan mendekati suatu obyek atau dengan kata lain asumsi-asumsi dasar yang dijadikan pegangan dalam memandang suatu objek (1990: 63). Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan tokoh dan penokohan dalam karya sastra, pendekatan psikologi perempuan, dan pendekatan psikologi agama islam. Hal ini dikaitkan dengan dasar permasalahan dan tipe-tipe watak tokoh yang diterapkan pada karya sastra. Penulis menggunakan pendekatan-pendekatan tersebut agar dalam menganalisis novelet Takbir Cinta Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy, dapat diteliti secara keseluruhan. E. Teknik Analisis Data Langkah awal dalam penelitian ini adalah dengan membaca novelet Takbir Cinta Zahrana secara

berulang-ulang. Penggunaan metode ini

25

dimaksudkan untuk menemukan data tentang perilaku dari tokoh utama novelet Takbir Cinta Zahrana. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi penokohan tokoh utama yang ada dalam novelet Takbir Cinta Zahrana. Sesuai dengan metode analisis deskriptif, unsur yang dianalisis ditekankan pada watak tokoh utama yang kemudian dikaji dengan menggunakan psikologi perempuan dan psikologi agama. Dalam menganalisis novelet Takbir Cinta Zahrana, penulis berusaha mengungkapkan penokohan pada tokoh utama yang di dalamnya terdapat pengaruh ilmu agama islam yang sangat kuat. Penggunaan pendekatan psikologi perempuan dan psikologi agama islam selain digunakan untuk menganalisis watak tokoh utama juga untuk mengungkap sejauh mana pengaruh ilmu agama islam terhadap perilaku tokoh utama.