BAHASA INDONESIA INDONESIAN - mitsubishicorp.com

33 downloads 59 Views 7MB Size Report
ViSi kAMi Bercita-cita untuk melipatgandakan skala bisnis sekitar tahun 2020 Arahan Strategi Manajemen yang baru menegaskan kembali nilai MC sebagai perusahaan yang mampu

BAHASA INDONESIA INDONESIAN

Situs Web Mitsubishi Corporation Untuk informasi yang lebih rinci mengenai bisnis, CSR dan aktivitas lingkungan, hubungan investor dari Mitsubishi Corporation dan informasi karir, silahkan mengunjungi situs web kami.

http://www.mitsubishicorp.com/global

Perpustakaan MC

Halaman ini berisi sumber daya tambahan, termasuk video profil perusahaan garis besar sejarah, gambaran dari aktivitas kontribusi masyrakat dan contoh iklan perusahaan kami.

http://www.mitsubishicorp.com/jp/en/mclibrary

Dicetak pada kertas yang ramah lingkungan yang bersertifikat FSC®

DAFTAR ISI mitsubishi corporation 2015

PENDAHULUAN Filosofi Perusahaan / Sejarah Perusahaan

4

STRATEGI MANAJEMEN yang Baru

6

Jaringan Global

8

Struktur Organisasi

10

Pengenalan Grup-Grup Bisnis Grup layanan Bisnis Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan Grup Bisnis Energi Grup Logam Grup Permesinan Grup Kimia Grup Kebutuhan Pokok Hidup

11 12 14 16 18 20 22 24

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) & Lingkungan

26

Tata Kelola Perusahaan / Sistem Pengontrolan Internal

28

Kepatuhan

29

Manajemen

30

Pokok-pokok Keuangan

32

Anak Perusahaan dan Afiliasi Utama

34

3

MITSUBISHI CORPORATION PENDAHULUAN

Mitsubishi Corporation (MC) adalah perusahaan bisnis global yang terintegrasi, yang membangun dan mengoperasikan bisnis-bisnis di seluruh bidang industri termasuk bidang-bidang industri keuangan, energi, logam, permesinan, kimia, makanan, dan lingkungan. Aktivitas MC saat ini memperluas bidang usaha dimana awalnya bergantung pada bisnis tradisional dengan mengandalkan pengembangan sumber daya alam, lalu mulai merambah ke bisnis yang lebih beragam seperti investasi di bisnis ritel, infrastruktur, produk-produk finansial, dan manufaktur barang dagang industri. Dengan lebih dari 200 kantor dan anak perusahaan di kurang lebih 90 negara di dunia serta jaringan lebih dari 600 grup perusahaan, MC memiliki tenaga kerja multinasional yang terdiri dari hampir lebih dari 65.000 orang karyawan.

Filosofi Perusahaan - Tiga Prinsip Perusahaan

Tiga Prinsip Perusahaan ini dirumuskan pada tahun 1934, sebagai pedoman bagi Perusahaan Perdagangan Mitsubishi (Mitsubishi Shoji Kaisha), yang merupakan ajaran-ajaran dari Koyata Iwasaki, Presiden Mitsubishi yang keempat. Walaupun Perusahaan Perdagangan Mitsubishi dibubarkan pada tahun 1947, namun prinsip-prinsip tersebut tetap diadopsi sebagai filosofi dasar perusahaan MC dan semangat prinsip ini tetap hidup di dalam kebijakan manajemen saat ini dan di dalam jiwa seluruh pegawai MC. Tiga Prinsip Perusahaan juga menjadi dasar dari etos manajemen perusahaan-perusahaan Grup Mitsubishi. Aktif di dalam menjalankan setiap bidang bisnis dan disatukan oleh kesamaan sejarah dan filosofi, perusahaan-perusahaan Mitsubishi tetap tumbuh melalui semangat persaingan yang bersahabat antara satu dengan lainnya. 4

Tanggung Jawab Perusahaan pada Masyarakat “Shoki Hoko” Berjuang bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik, baik secara materil maupun moril dan pada saat yang bersamaan ikut berkontribusi dalam pemeliharaan lingkungan hidup global.

Integritas dan Keadilan

“Shoji Komei”

Menjaga prinsip-prinsip transparansi dan keterbukaan, menjalankan bisnis berdasarkan integritas dan keadilan.

Pemahaman Global Melalui Bisnis

“Ritsugyo Boeki”

Memperluas bisnis melalui perspektif global yang menyeluruh. (Tafsiran modern untuk Tiga Prinsip Perusahaan yang disetujui pada “Mitsubishi Kinyokai” - sebuah pertemuan perusahaan-perusahaan yang membentuk apa yang dinamakan Grup Mitsubishi pada Bulan Januari Tahun 2001.)

Sejarah Perusahaan Masa Pendirian hingga Era 1970-an Mitsubishi Shoji didirikan pada tahun 1954, dan pada tahun yang sama, didaftarkan pada bursa saham Tokyo dan Osaka. Pada tahun 1967, perusahaan ini mengumumkan rencana manajemen yang pertama. Pada tahun 1968, perusahaan menjalankan proyek berskala besar di Brunei yaitu membangun LNG (gas alam cair). Proyek ini merupakan proyek investasi berskala besar yang pertama. Tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis perdagangan, sejak saat itu perusahaan mulai memperluas jaringan bisnisnya ke bidang pembangunan dan investasi berskala global. Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan proyek-proyek bijih besi dan batubara metalurgi di Australia dan Kanada, serta bisnis ladang garam di Meksiko. Pada tahun 1971, perusahaan menggunakan nama “Mitsubishi Corporation” sebagai nama resmi dalam Bahasa Inggris.

Periode Era 1980-an MC perlu membangun sistem-sistem baru untuk tetap menghasilkan laba. Perusahaan mulai melakukan perampingan bisnis-bisnis yang telah didirikan dan mengembangkan pengoperasian bisnis secara lebih efisien. Pada tahun 1986, perusahaan menetapkan kebijakan baru, yaitu memindahkan fokus dari sekedar transaksi operasional ke orientasi laba. Pada tahun yang sama, perencanaan manajemen yang baru selesai dibuat. Pada 1989 MC didaftarkan pada Bursa Saham London.

Pada Era 1990-an Pada tahun 1992, MC telah mengumumkan kebijakan manajemen baru yang bertujuan untuk dikenal sebagai “Perusahaan Global yang Sehat”. MC mulai memberikan fokus yang lebih besar pada pengoperasian-pengoperasian yang terkonsolidasi dan peningkatan nilai aset-aset yang dimilikinya. MC juga berupaya untuk meng globalisasikan pengoperasian perusahaan serta pegawainya. Pada tahun 1998, MC mendirikan “MC2000” yang memperkenalkan pendekatan “Select & Focus” terhadap bisnis, menguatkan bidang strategi, dan mengutamakan kebijakan-kebijakan yang berorientasi kepada pelanggan. Perencanaan baru berperan penting dalam menopang fondasi perusahaan dan membuka jalan ke masa depan yang makmur.

Menempuh Milenium Baru Pada tahun 2001, MC memperkenalkan “MC2003”, sebuah blueprint baru untuk pertumbuhan, meliputi perluasan rantai nilai perusahaan, menguatkan profitabilitas, dan fokus terhadap strategi-strategi untuk menciptakan bisnis-bisnis baru. Pada 2004, “INOVASI 2007” diluncurkan dengan tujuan mendirikan MC sebagai “Inovator Industri Baru”, yang bertujuan untuk membuka zaman baru dan tumbuh bersama masyarakat. Pada tahun 2007, MC mendirikan Grup Inovasi Bisnis dan Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan. Lalu pada tahun 2008, MC mengumumkan rencana manajemen, “INOVASI 2009”. Pada tahun 2009, MC secara sistematis telah melakukan reorganisasi Grup Inovasi Bisnis dan mendirikan Bagian Pengembangan Perusahaan. Pada bulan April 2010, MC mereorganisasi dan memperkuat seksi ini melalui pembentukan 2 grup baru, yaitu Grup Pengembangan Bisnis Lingkungan Global dan Grup Layanan Bisnis. Pada bulan Juli 2010, MC mengumumkan rencana manajemen baru, “Strategi Perusahaan Jangka Waktu Menengah 2012”, mencari untuk menguatkan platform manajemen berdasarkan keaneka ragaman model-model bisnis. Strategi perusahaan kami yang baru, “Arahan Strategis yang Baru – Pemetaan jalan baru terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan” telah diumumkan pada Mei 2013.

5

ARAHAN STRATEGI Baru

Pemetaan jalan baru menuju pertumbuhan yang berkelanjutan Strategi Mitsubishi Corporation saat ini, berjudul “Arahan Strategi Baru – Pemetaan jalan baru menuju pertumbuhan yang berkelanjutan”, dan telah diadopsikan pada tahun fiskal 2013. Dalam model bisnis yang berkembang dan lingkungan pengoperasian, Arahan Strategis Baru menentukan kebijakan manajemen dasar dengan strategi bisnis dan pasar. Hal ni dirancang untuk mewujudkan sasaran pertumbuhan jangka panjang kami, “di tahun 2020”.

VISI KAMI Bercita-cita untuk melipatgandakan skala bisnis sekitar tahun 2020 Arahan Strategi Manajemen yang baru menegaskan kembali nilai MC sebagai perusahaan yang mampu “menyediakan potensi besar serta pendapatan yang stabil di seluruh siklus bisnis dengan mengelola sebuah portofolio yang didiversifikasi oleh model bisnis, industri, pasar dan geografi”. Dengan mengoptimalkan portofolio kami, kami berusaha mewujudkan visi pertumbuhan kami dan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Ekspektasi Pertumbuhan 2020 ○ Sumber Daya

Melipatgandakan produksi ekuitas yang dapat diatribusikan

Pelipatgandaan Bisnis

Gas alam cair:7Mt Batubara metalurgi:20Mt Tembaga:250Kt

○ Non-Sumber Daya

Pelipatgandaan pendapatan

180 milyar yen

×2 FYE 3/2013

×2

Sekitar 2020

FYE 3/2013

Sekitar 2020

Visi Portofolio

Diversifikasi Optimal & Bisnis Unggulan

○ Pilih “Bisnis Unggulan” melalui pembentukan kembali portofolio secara proaktif ○ Memperkuat Bisnis Unggulan tersebut ○ Rasio Aset Sumber Daya dan Non-Sumber Daya adalah 50:50

6

FYE 3/2013

Sekitar 2020

Jumlah Sub-Segmen Bisnis (BSS)

47

35 sampai dengan 40

Jumlah BSS menghasilkan >20 milyar yen dalam laba bersih

5

≧ 10

Jumlah BSS menghasilkan 10-20 milyar yen dalam laba bersih

1

10 sampai dengan 15

Strategi Bisnis & Strategi Pasar Berinvestasi dalam pertumbuhan, sambil membentuk kembali portofolio kami secara proaktif, dengan memperkuat fokus terhadap pasar Asia. Mencurahkan 100 milyar yen (selama periode 3-tahun) untuk merebut “Pasar Frontier” di bawah inisiatif perusahaan (R&D Perusahaan).

Strategi Bisnis

Menggunakan Modal secara Efisien

Bisnis Sumber Daya

Bisnis NonSumber Daya

○ Menyediakan proyek yang sedang dilaksanakan dan mengembangkan aset inti secara selektif di dalam jalur proyek kami ○ F o k u s k e m b a l i t e r h a d a p produktivitas dan biaya, baik itu modal atau operasional, mengingat sifat siklus dari industri sumber daya dan energi

○ Membentuk portofolio kembali secara proaktif sejalan dengan visi jangka panjang kami untuk menciptakan beberapa “bisnis unggulan” yang cukup besar, serta membebaskan modal untuk peluang investasi baru ○ M e n e m p a t k a n m o d a l u n t u k peluang yang paling menjanjikan di industri/sektor yang terpilih ○ Mengejar peluang investasi di sektor-sektor otomotif, makanan, ritel, pembangkit listrik, life science , shale gas hilir dan manajemen asset

Strategi Pasar Menargetkan Asia

Memenuhi Peningkatan Permintaan untuk Bahan Baku

○ Bahan Makanan: Membangun jaringan sumber biji-bijian di seluruh benua Amerika ○ Sumber Daya Mineral & Sumber D a y a M i ny a k d a n G a s B u m i : Mengembangkan proyek dan mengamankan sumber pasokan di Asia, Oceania, Amerika, Rusia, dan Afrika Barat; menciptakan hub pemasaran di seluruh dunia berbasis di Asia ○ Pupuk: Mengembangkan sumber bahan baku pupuk dimana target pasar tertuju pada seluruh Asia

Mempromosikan multilokalisasi di pasar Asia

○ Ritel: Menetapkan rantai nilai kebutuhan hidup pokok di pasar Asia dengan membangun waralaba ritel dengan mitra terkemuka ○ O t o m o t i f : M e m p e r k u a t pengoperasian di Thailand dan Indonesia dan mereplikasi model bisnis mereka di negara-negara tetangga di Asia

Arahan Strategis Memaksimalkan nilai perusahaan yang berkelanjutan dengan sebuah diversifikasi portofolio terpilih

Prinsip

○ Menciptakan nilai perusahaan yang berkelanjutan melalui kegiatan bisnis Berusaha untuk lebih meningkatkan nilai sosial dan lingkungan melalui inisiatif global dan terkonsolidasi ○ Memperkuat “bisnis unggulan” dengan membentuk kembali portofolio secara proaktif agar siap sebelum persaingan global

Kebijakan Investasi

○ Memelihara tingkat investasi rata-rata tiga tahun terakhir (2,0-2,5 triliun yen) dalam rangka meningkatkan basis pendapatan kami ○ Mempercepat divestasi secara selektif dan membebaskan modal untuk investasi baru

Disiplin Finansial

○ Meningkatkan fokus pada disiplin finansial, seperti membiayai investasi dengan arus kas kami sendiri, dengan mengasumsikan tingkat pendapatan dasar 350 milyar yen per tahun ○ Memberikan tingkat laba jangka menengah hingga panjang terhadap ekuitas sebesar 12-15%

Kebijakan Dividen

○ Menyediakan dividen yang stabil dengan memperkenalkan kebijakan 2-tahap dengan bagian pokok dan variabel ○ Menetapkan dividen pokok sesuai dengan tingkat pendapatan dasar 350 milyar yen per tahun

7

Jaringan Global (Per tanggal 1 Juli 2015)

Termasuk kantor-kantor di Jepang, MC memiliki lebih dari 200 kantor dan anak perusahaan, dan mengembangkan bisnis bekerja sama dengan lebih dari 600 perusahaan grup di kurang lebih 90 negara di seluruh dunia.

Timur Tengah & Asia Tengah

Asia Timur Eropa & Afrika Jepang

Asia & Oceania ● Kantor Pusat: Tokyo ● Jumlah kantor di Jepang: 29 (termasuk 18 kantor tambahan) ● Jumlah kantor dan anak perusahaan luar negeri: 192 (termasuk 34 kantor proyek)

CEO Regional MC *Lokasi kantor dan anak perusahaan ditandai. (tidak termasuk kantor proyek dan kantor tambahan di Jepang)

Lokasi Operasi MC 【Jepang】 Sapporo Sendai Nagoya Niigata Toyama Shizuoka Osaka Takamatsu Hiroshima Fukuoka Naha

【Amerika Utara】 New York San Francisco Seattle Silicon Valley Los Angeles Houston Washington, D.C. Dallas Pittsburgh Boston Tucson Vancouver Toronto Victoria Meksiko Querétaro

【Amerika Latin】 Guatemala Panama Quito Lima

8

La Paz Bogota Santiago Caracas Puerto Ordaz Asuncion Buenos Aires Sao Paulo Rio de Janeiro Belo Horizonte Santos

【Eropa & Afrika】 London Madrid Paris Brussel Amsterdam Dusseldorf Frankfurt Berlin Milan Oslo

Praha Stockholm Warsawa Bukares Beograd Athena Sofia Moskow Vladivostok Yuzhno-Sakhalinsk Kiev Johannesburg Dakar Casablanca Abidjan Aljir Lagos Tunis Maputo Nairobi Addis Ababa Dar es Salaam

【Timur Tengah & Asia Tengah】 Istanbul Ankara Baku Ashgabat Tashkent Astana Almaty Dubai Kairo Tel Aviv Ramallah Amman Riyadh Jeddah Al Khobar Basra Doha Abu Dhabi Muscat Kuwait Teheran

【Asia Timur】 Ulan Bator Beijing Chengdu Guangzhou Shenzhen Wuhan Tianjin Xiamen Nanjing Qingdao Shanghai Dalian Shenyang Hong Kong Taipei

【Asia & Oceania】 Karachi Islamabad Lahore New Delhi Mumbai

Amerika Utara

Kantor Pusat Amerika Latin

Kolkata Chennai Kolombo Dhaka Yangon Nay Pyi Taw Bangkok Haadyai Kuala Lumpur Bintulu Singapura Phnom Penh Vientiane Hanoi Kota Ho Chi Minh Jakarta Surabaya Bandar Seri Begawan Manila Noumea Melbourne Sydney Perth

Brisbane Mount Waverley Auckland Seoul Kwangyang Pohang

Dalam masa ketidakpastian ekonomi global, sangat penting bahwa kita tetap mendapatkan informasi terbaru dan paling akurat, melakukan manajemen risiko yang diperlukan, dan mengambil langkah-langkah cepat untuk menangkap peluang pertumbuhan. Landasan dari inisiatif ini adalah jaringan global kami, yang terdiri lebih dari 200 kantor dan anak perusahaan, lebih dari 600 perusahaan grup di kurang lebih 90 negara di seluruh dunia. Kepala Kantor MC & Anak Perusahaan mewakili Grup MC di negara dan wilayah yang ditunjuk oleh Presiden dan CEO kami. Peran mereka adalah untuk menyediakan inteligensi garis depan dan mendukung kegiatan Grup MC. Struktur operasional global terdiri dari Jepang dan enam wilayah utama luar negeri: Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa & Afrika, Timur Tengah & Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia & Oceania. Masing-masing wilayah telah menunjuk seorang CEO Regional, yang mengawasi anak perusahaan dan afiliasi di wilayah ini, mencari solusi untuk masalah umum yang dihadapi di wilayah tersebut, mengidentifikasi peluang bisnis baru, dan mengoptimalkan operasi secara konsolidasi. Melalui pengalokasian keahlian dan sumber daya secara cermat, para CEO Regional, bersama dengan Kepala Kantor MC, Anak Perusahaan dan perusahaan-perusahaan grup, menanggapi keadaan dan kebutuhan yang unik di setiap bagian di dunia. Mereka terus bekerja sama untuk menciptakan “nilai perusahaan yang berkelanjutan” untuk Grup MC.

9

Struktur Organisasi (PER TANGGAL 1 APRIL 2015)

Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur

Kantor CEO Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur Departemen Administrasi Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur Divisi Bisnis Lingkungan Divisi Energi Baru & Pembangkit Listrik Divisi Bisnis Infrastruktur

Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan

Kantor CEO Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan Departemen Administrasi Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan Divisi Bisnis Manajemen Aset Divisi Pembiayaan Industri Divisi Pembangunan Real Estate & Konstruksi Divisi Logistik

Grup Bisnis Energi

Kantor CEO Grup Bisnis Energi Departemen Administrasi Grup Bisnis Energi Divisi Bisnis E&P Divisi Bisnis Gas Alam Divisi Bisnis Minyak Bumi Divisi Bisnis Karbon & Elpiji

Grup Logam

Kantor CEO Grup Logam Departemen Administrasi Grup Logam Divisi Bisnis Baja Divisi Perdagangan Sumber Daya Tambang Divisi Investasi Sumber Daya Tambang

Grup Permesinan

Kantor CEO Grup Permesinan Departemen Administrasi Grup Permesinan Divisi Bisnis Permesinan Industri Divisi Kapal & Luar Angkasa Divisi Bisnis Kendaraan Bermotor Divisi Bisnis Isuzu

Grup Kimia

Kantor CEO Grup Kimia Departemen Administrasi Grup Kimia Departemen Phoenix Departemen Proyek Petrokimia Saudi Divisi Kimia Komoditi A Divisi Kimia Komoditi B Divisi Kimia Fungsional Divisi Ilmu Kehidupan

Grup Kebutuhan Pokok Hidup

Kantor CEO Grup Kebutuhan Pokok Hidup Departemen Administrasi Grup Kebutuhan Pokok Hidup Divisi Bisnis Konsumen Global Divisi Ritel Divisi Produk Kebutuhan Pokok Hidup Divisi Sumber Daya Kebutuhan Pokok Hidup

Rapat Umum Pemegang Saham Auditor Perusahaan

Kantor Auditor Perusahaan

Dewan Auditor Perusahaan

Dewan Direksi

Presiden dan Kepala Pejabat Eksekutif (CEO) Komite Eksekutif

Komite Strategi Bisnis Komite Strategi Pasar Komite Kepatuhan Komite Bagian CSR & Lingkungan Komite Pengembangan Sumber Daya Manusia Komite Keterbukaan

Strategi Pasar Kepala Pejabat Kepatuhan (CCO) Wakil Presiden Eksekutif Senior (SEVP), Bagian CSR & Lingkungan Kepala Pejabat Informasi

Komite Tata Kelola & Kompensasi Komite Penasehat Internasional Departemen Audit Internal Departemen Strategi Perusahaan & Perancangan

Bagian Staf NonBisnis Perusahaan Departemen Komunikasi Perusahaan Departemen Administrasi Perusahaan Departemen Bagian CSR & Lingkungan Departemen Hukum Departemen Sumber Daya Manusia Global Departemen Strategi & Pengembangan Bisnis Global Departemen Hubungan Global Departemen Kerjasama Perekonomian Internasional Departemen Manajemen Logistik Departemen Akuntansi Perusahaan Departemen Manajemen Risiko Departemen Keuangan Departemen Keuangan Terstruktur, Penasehat M&A Departemen Hubungan Investor

Grup Layanan Bisnis Kantor CEO Grup Layanan Bisnis Divisi Bisnis Layanan IT Departemen Perencanaan IT

*Struktur Organisasi kantor pusat

10

Grup layanan Bisnis Grup Layanan Bisnis memainkan peran untuk menyediakan fungsi IT yang dibutuhkan untuk bisnis-bisnis Grup MC dan pelanggan-pelanggan kami, serta melakukan investasi dan menangani hal-hal lain untuk tujuan ini. IT menjadi alat esensial untuk semua tipe bisnis mengikuti perubahan lingkungan seperti kemajuan di dalam masyarakat digital dan keanekaragaman bisnis, dimana kebutuhan ter-

hadap IT terus meningkat dalam basis global. Grup Layanan Bisnis akan mengembangkan dan menyediakan jasa layanan IT yang membanggakan keresponsifan global serta daya saing melalui hubungan mitra bisnis di Jepang dan negara lain. Kami juga berkontribusi untuk terus meningkatkan nilai perusahaan Grup MC dan pelanggan serta ekspansi bisnis dengan mendukung promosi pemanfaatan IT dalam bisnis.

GRUP BISNIS LAYANAN BISNIS

Divisi Bisnis Layanan IT

Agar dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan pelanggan, memperbaiki proses bisnis dan meningkatkan nilai perusahaan, Divisi Bisnis Layanan IT menyediakan layanan IT terpadu mulai dari konsultasi hingga pengembangan dan pengoperasian sistem, serta outsourcing. Kami menyediakan layanan-layanan ini melalui investasi bisnis seperti Tata Consultancy Services Japan, Ltd., “Suatu usaha patungan antara Tata Consultancy Services dan MC” serta SIGMAXYZ Inc., atau bekerjasama dengan mitra bisnis. Kami juga bekerja untuk memperluas dan memperkuat bisnis-bisnis yang baru yang terkait dengan IT dengan mendukung pengenalan dan penyebaran teknologi informasi canggih serta penggunaan teknologi tersebut. ◦ Promosi bisnis sistem integrasi (SI) dan bisnis outsourcing IT ◦ Promosi bisnis jasa konsultasi dan bisnis BPO ◦ Dukungan terhadap bisnis melalui teknologi canggih dan pengalaman pengaplikasian sebelumnya ◦ Dukungan terhadap pasar Asia dan bisnis ritel ◦ Promosi kolaborasi dan kemitraan dengan Tata Consultancy Services Limited (TCS)

Tata Consultancy Services Japan

Mitaka Data Center yang Termaju

Pelayanan Komputasi Cloud untuk Industri Konstruksi didirikan

Dengan keahlian hubungan pelanggan dari MC yang terkumpul disertai dengan keberhasilan secara internasional Tata Consultancy Services (TCS) dari India, pelayanan IT yang komprehensif dari TCS Japan memberikan dukungan yang kuat untuk inovasi dan globalisasi pada perusahaan pelanggan.

Mitaka Data Center terletak di daerah Mitaka di Tokyo, dilengkapi dengan struktur dasar isolasi anti-gempa yang termaju dan sistem pendinginan udara luar sempurna yang pertama di area perkotaan. Berdasarkan pelayanan data center bermutu tinggi selama bertahun-tahunan, MC akan terus menyediakan pelayanan outsourcing IT yang bermutu dengan perhatian penuh terhadap hal pengontrolan bencana, keramahan lingkungan serta peningkatan keamanan .

MC telah mendirikan perusahaan baru, MC Data Plus Inc., dan telah memindahkan bisnis jasa aplikasi berdasarkan cloud untuk industri konstruksi ke anak perusahaan baru ini. Perusahaan baru tersebut akan memperluas dan memperkuat bisnis jasa komputasi cloud itu dan akan mengembangkan jasa aplikasi Big Data juga.

MC Data Plus

Jasa Aplikasi Big Data

Departemen Perencanaan IT Departemen Perencanaan IT bertanggung jawab terhadap langkah-langkah IT seperti sistem IT, infrastruktur, strategi dan mencakup perancanaan, serta investasi dan manajemen biaya. Kebutuhan bisnis Grup MC menjadi beraneka ragam dan lebih global, dan teknologi IT lebih maju pesat. Selalu merespon dengan cepat terhadap perubahan-perubahan ini, Departemen Perencanaan IT bukan hanya menyebarkan langkah-langkah IT seluruh perusahaan MC dalam basis yang terkonsolidasi, bahkan juga mengusulkan dan mempromosikan langkah-langkah pengontrolan internal IT dan.

STRUKTUR ORGANISASI: 1 Divisi Pengembangan (2 Departemen) /1 Departemen Kantor CEO Grup Layanan Bisnis ■ Divisi Bisnis Layanan IT Departemen Perencanaan Bisnis Layanan IT, Departemen Pengembangan Bisnis Layanan IT Departemen Perencanaan IT 11

Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur Grup Pengembangan Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur, yang didirikan dibawah presiden langsung, telah direorganisir menjadi grup bisnis pada tanggal 1 Juli 2013, pada saat itu menjadi Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur yang terdiri dari 3 divisi: Divisi Bisnis Lingkungan, Divisi Energi Baru & Pembangkit Listrik, Divisi Bisnis Infrastruktur. Grup ini menangani terutama perdagangan dan pengoperasian bisnis yang terkait dengan pembangkit listrik, air, transportasi, dan infrastruktur lain yang memiliki dampak langsung pada kualitas hidup kita. Kami aktif dalam bidang yang membantu memerangi pemanasan global dan memastikan penyuplaian energi yang berkelanjutan, seperti bisnis-bisnis energi kami untuk generasi mendatang dan yang dapat diperbaharui. Kami juga terlibat dalam manufaktur

baterai lithium-ion, komponen penting untuk kendaraan ramah lingkungan saat ini dan penyimpanan listrik. Tujuan kami adalah untuk mendukung pertumbuhan yang stabil, laba jangka panjang dan meningkatkan nilai perusahaan kami, serta bekerjasama mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan, dengan penuh pertimbangan terhadap lingkungan hidup. Upaya kami merupakan sebuah pendekatan jangka panjang, maka kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan mekanisme, teknologi dan sistem dalam bisnis dan transaksi terkait, serta mengembangkan domain bisnis di bidang dimana ada tingkat kepentingan umum dan potensi pertumbuhan yang memungkinkan lebih banyak manusia dapat hidup dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Bisnis Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur

Divisi Bisnis Lingkungan



Baterai Lithium Ion

◦ Pengembangan

Manajemen

Bisnis Lingkungan Baru dan

Terlibat dalam pengembangan, manufaktur dan penjualan baterai lithium-ion, yaitu komponen kunci untuk kendaraan listrik ramah lingkungan.

◦ Pembangkit

Divisi Energi Baru & Pembangkit Listrik

Negeri

Listrik di Jepang dan Luar



Pembangkit Listrik Onsite (Dalam-Pagar)



Transmisi Tenaga Listrik Luar Negeri

◦ Ekspor

Pembangkit Listrik dan Peralatan Transmisi MC memiliki 20% investasi dengan Star Energy Geothermal Pte Ltd. yang memiliki pembangkit listrik geotermal dengan 230 MW, Wayang Windu di Indonesia, yaitu salah satu pembangkit listrik geotermal terbesar di dunia.



Bisnis Air

◦ Bisinis-bisnis

Divisi Bisnis Infrastruktur

Bandara

Kereta Api, Pelabuhan, dan

◦ Penyewaan Peralatan Pabrik Minyak Bumi,

Gas, dan Petrokimia, FPSO

◦ Peralatan

Pabrik Baja, Logam Non-Ferro, dan Semen MC-JALUX Airport Services Co., Ltd., yang dimiliki 45,5% oleh MC, memiliki konsesi 30 tahun untuk mengoperasikan Bandara Internasional Mandalay di Myanmar mulai April 2015.

12

Pelabuhan Valencia dimana MC telah menginvestasi pada terminal kontainer, merupakan salah satu pelabuhan kontainer terbesar di Mediterania dan salah satu hub pengangkutan terpenting di dunia.

STRUKTUR ORGANISASI: 3 Divisi Pengembangan (12 Departemen) Kantor CEO Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur, Departemen Administrasi Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur ■ Divisi Bisnis Lingkungan  Departemen Bisnis Energi Lingkungan, Departemen Bisnis Litbang Lingkungan  ■ Divisi Energi Baru & Pembangkit Listrik Departemen Bisnis Pembangkit Listrik EMEA, Departemen Bisnis Listrik Amerika, Departemen Bisnis Listrik Asia & Oseania, Departemen Sistem Listrik A, Departemen Sistem Listrik B, Departemen Sistem Listrik Internasional,   ■ Divisi Bisnis Infrastruktur Departemen Bisnis Air, Departemen Bisnis Infrastruktur Transportasi, Departemen Bisnis Engineering, Departemen Proyek 13

Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan berfokus pada pengembangan bisnis industri keuangan, menargetkan aset riil dimana grup dapat meningkatkan keahlian dan jaringan sebagai perusahaan bisnis global yang terintegrasi. Dengan memanfaatkan fungsi-fungsi kami yang bervariasi seperti pembangunan proyek dan manajemen aset, grup menyuplai modal kepada industri dan menawarkan kesempatan investasi bagi para investor. Secara spesifik, grup menyediakan jasa pembiayaan yang komprehensif dalam domain tertentu yang unik daripada yang ditawarkan oleh lembaga keuangan. Ini mencakup manajemen aset, pembiayaan berkaitan dengan infrastruktur, pembiayaan ekuitas pribadi, dan leasing. Di samping itu, grup kami menyediakan solusi di bidang konstruksi dan real estate terfokus pada fasilitas komersial dan pembangunan perkotaan, pembangunan kondominium, dan logistik.

14

MC saat ini sedang mendirikan bisnis-bisnis layanan pesawat terbang dalam skala global, yang mencakup anak perusahaan leasing pesawat terbang, MC Aviation Partners, yang dimiliki 100% oleh MC.

Bisnis Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan

◦ Manajemen aset untuk dana investasi real

Divisi Bisnis Manajemen Aset

estate dan bisnis keuangan terkait

◦ Bisnis manajemen investasi ekuitas pribadi ◦ Bisnis

lain

manajemen aset untuk real asset

GYRE, kompleks ritel high-end yang dimiliki oleh Japan Retail Fund Investment Corporation dikelola oleh anak perusahaan MC.

◦ Bisnis keuangan terkait dengan infrastruktur

Divisi Pembiayaan Industri

◦ Bisnis

leasing umum di Jepang dan luar negeri, termasuk leasing mobil

◦ Bisnis berkaitan dengan jasa penerbangan

termasuk leasing pesawat terbang dan leasing mesin pesawat terbang MC Aviation Partners sedang mengembangkan bisnis leasing pesawat terbang yang komprehensif, dan memiliki kantor-kantor di Los Angeles, Tokyo dan Dublin. (Gambar grafika komputer)

Divisi Pembangunan Real Estate & Konstruksi

◦ Pengembangan real estate komersial ◦ Pengembangan

skala besar

real estate perkotaan

◦ Manajemen Konstruksi

Perumahan siswa di AS ini dibangun oleh Diamond Realty Investments, Inc.

◦ Transportasi intermodal internasional

Divisi Logistik

◦ Kepemilikan

curah

dan pengoperasian kapal

◦ Solusi bisnis untuk sektor logistik ◦ Jasa konsultan logistik Departemen Pengoperasian Keihin milik Mitsubishi Corporation LT, Inc. di Yokohama, Jepang.

Struktur Organisasi: 4 Divisi (12 Departemen) Kantor CEO Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan, Departemen Administrasi Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan ■ Divisi Bisnis Manajemen Aset Departemen Bisnis Manajemen Aset Real Estate, Departemen Pengembangan Bisnis Manajemen Aset, Departemen Perbankan Niaga ■ Divisi Pembiayaan Industri Departemen Keuangan Infrastruktur, Departemen Leasing & Keuangan, Departemen Bisnis Penerbangan ■ Divisi Pembangunan Real Estate & Konstruksi Departemen Pengembangan Real Estate Komersial, Departemen Pengembangan Real Estate Tiongkok, Departemen Pembangunan Perkotaan ■ Divisi Logistik Departemen Bisnis Logistik, Departemen Bisnis Curah Kering, Departemen Pengembangan Bisnis Logistik 15

Grup Bisnis Energi Grup Bisnis Energi berkontribusi terhadap pengembangan industri dan membantu untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Kami menangani energi dalam bentuk cair, gas, dan padat, dimana menyuplai konsumen dengan cahaya, panas dan tenaga. Portofolio energi ekspansif kami mencakup gas alam cair (LNG), minyak mentah, produk minyak bumi, elpiji (LPG), kokas minyak bumi, kokas batubara dan produk karbon. Model bisnis kami mencakup mulai dari hulu hingga hilir dalam rantai nilai energi. Kami mengeksplorasi, mengem-

bangkan dan memproduksi minyak dan gas dan melakukan investasi di proyek LNG. Kami mengimpor dan memperdagangkan secara trilateral, dan kami memiliki kepentingan dalam perdagangan dalam negeri dan bisnis ritel. Grup kami sedang mengambil langkah-langkah untuk menggunakan energi lebih efektif dan pada saat yang sama melindungi lingkungan alam. Kami bekerja secara proaktif pada bisnis energy baru seperti gas-to-liquid (GTL) dan biofuel.

Proyek-proyek Utama Luar Negeri dari Grup Bisnis Energi Kanada Proyek Pengembangan Shale Gas

Laut Utara Inggris Pengembangan/Produksi (Minyak mentah) Gas Alam Cair Sakhalin II

Irak Produksi (Minyak mentah) Irak SGU Côte d’Ivoire Eksplorasi (Minyak mentah/ Gas alam)

Gas Alam Cair Cameron Qalhat LNG Myanmar Produksi (Minyak mentah/Gas alam)

Gas Alam Cair Oman

Gabon Eksplorasi/Pengembangan/Produksi (Minyak mentah) Angola Pengembangan/Produksi (Minyak mentah)

LNG Canada

Gas Alam Cair Brunei Gas Alam Cair Gas Alam Cair Malaysia Donggi-Senoro Gas Alam Investasi pada MEDCO Cair Tangguh

Gas Alam Cair Browse Gas Alam Cair Wheatstone Gas Alam Cair North West Shelf Kimberley Eksplorasi (Minyak mentah/Gas alam)

Kangean Pengembangan/Produksi (Minyak mentah/Gas alam)

Teluk Meksiko AS Pengembangan/Produksi (Minyak mentah)

Venezuela Pengembangan minyak berat Orinoco (Minyak mentah)

Papua Nugini Eksplorasi/Pengembangan (Gas alam)

Rantai Nilai Gas Alam Cair Negara Penyelenggara

Hulu

Pabrik Likuifikasi

Logistik

Pemasaran

Brunei Malaysia Australia Rusia Indonesia Oman, dll.

Eksplorasi, Pengembangan & Produksi

Produksi Gas Alam Cair

Pengangkutan oleh Kapal LNG

Pasar Jepang dan Global

Produk minyak dan minyak bumi yang disimpan di Onahama Petroleum Co. di Fukushima, Jepang.

16

Dalam pabrik pemanggangan anoda dari MC Zhenjiang Anode Solutions Co., Ltd., usaha patungan manufaktur terletak di Provinsi Jiangsu, Tiongkok.

Lokasi pengembangan dan produksi gas alam di Blok Kangean, terletak lepas pantai Jawa Timur, Indonesia.

Cameron LNG Project (Gambar) Dengan latar belakang revolusi shale gas dari Amerika Utara, MC sedang berupaya merealisasikan ekspor LNG dari AS dimana cadangan kaya. LNG yang menjadi porsi MC yang diproduksikan di fasilitas likuifikasi LNG Cameron (4 juta ton per tahun) akan dijual ke konsumen terutama di Jepang dengan harga yang terkait dengan harga gas alam AS. Proyek ini ditarget memulai produksi secara komersial pada tahun 2018.

STRUKTUR ORGANISASI: 4 Divisi (22 Departemen) Kantor CEO Grup Bisnis Energi, Departemen Administrasi Grup Bisnis Energi ■ Divisi Bisnis E&P  Departemen Bisnis E&P Asia, Departemen Bisnis E&P Eropa & Afrika, Departemen Bisnis E&P Amerika & Oceania  ■ Divisi Bisnis Gas Alam Departemen Bisnis Gas Alam Brunei, Departemen Bisnis Gas Alam Malaysia, Departemen Bisnis Gas Alam Australia, Departemen Bisnis Gas Alam Indonesia, Departemen Bisnis Gas Alam Timur Tengah, Departemen Bisnis Gas Alam Rusia, Departemen Bisnis Gas Alam Amerika, Departemen Bisnis Shale Gas, Departemen Pengoperasian & Perdagangan Gas Alam Cair  ■ Divisi Bisnis Minyak Bumi Departemen Minyak Mentah, Departemen Produk Minyak Bumi, Departemen Pemasaran Minyak Bumi Industri, Departemen Feedstock Pembangkit Listrik, Departemen Feedstock Minyak Bumi ■ Divisi Bisnis Karbon & Elpiji Departemen Material Karbon, Departemen Kokas Minyak Bumi, Departemen Bahan Karbon berhubungan dengan Aluminium, Departemen Bisnis Karbon Khusus & Grafit, Departemen Bisnis LPG 17

Grup Logam

BMA (Australia) memproduksi sekitar 60 juta ton batubara kokas per tahun, dan ialah produsen batubara kokas terbesar di dunia, menangani sekitar 25% dari perdagangan laut global dengan volume.

Dalam Grup Logam, kami menangani komoditas berentang luas dalam produk baja, bahan baku ferro, dan logam non-ferro. Dengan melayani pasaran global dengan penyuplaian bahan baku serta produk yang berkualitas tinggi secara stabil dan berkelanjutan, kami mendukung menciptakan masyarakat yang makmur di seluruh dunia. Sejauh mana mengenai investasi, kami aktif dalam bahan baku logam, termasuk batubara kokas, batubara termal, bijih besi, tembaga, nikel dan kromium. Karena perekonomian dunia terus bertumbuh, kebutuhan masa depan dapat diprediksikan lumayan besar terutama untuk kokas batubara. Mengenai perdagangan, kami meningkatkan pelayanan kualitas tinggi dan fungsi memperkuat struktur penyuplaian kami, termasuk bahan baku dan produk menengah. Anak perusahaan kami Metal One menangani perdagangan produk baja kami, sementara Mitsubishi Corporation RtM International dan Mitsubishi Corporation RtM Japan menangani perdagangan bahan baku besi dan logam non-ferrous. Kedua perusahaan tersebut didirikan pada April 2013. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan di tiap industri dengan teliti, kami bertujuan mengembangkan usaha-usaha grup kami lebih lanjut serta merespon lebih baik terhadap pasar-pasar di dunia. Dengan demikian, kami harap memaksimalkan laba dan nilai bisnis.

STRUKTUR ORGANISASI: 3 Divisi (7 Departemen, 3 kantor) Kantor CEO Grup Logam, Departemen Administrasi Grup Logam ■ Divisi Bisnis Baja  Departemen Metal One, Departemen Komponen  ■ Divisi Perdagangan Sumber Daya Tambang Kantor RtM, Kantor Bisnis Triland  ■ Divisi Investasi Sumber Daya Tambang Departemen Bijih Besi, Departemen MDP, Departemen Logam Dasar, Departemen Aluminium, Departemen Hernic, Kantor Pengembangan Logam Langka 18

Pengembangan di Bidang Sumber Daya Logam ■ Batubara ■ Tembaga ■ PGM (Logam Golongan Platinum) ■ Bijih besi ■ Aluminium ○ Proyek yang telah ada ■ Nikel, Kromium ■ Uranium ☆ Proyek sedang eksplorasi /

dalam pengembangan

JCU (Japan Canada Uranium) (Kanada)

AREVA Mongol (Mongolia)

West McArthur (Kanada) Marathon (Kanada)

PACIFIC METALS CO., LTD. (Jepang)

Furuya Metal (Jepang)

Weda Bay (Indonesia) Gresik (Indonesia)

Mozal (Mozambik)

Crosslands Resources (Australia) Hernic Ferrochrome (Afrika Selatan)

Escondida (Chili)

Ulan (Australia)

Oakajee Port & Rail (Australia) Clermont (Australia)

Antamina (Peru)

BMA (Australia) Boyne (Australia)

Kintyre (Australia)

IOC (Kanada)

Warkworth/Coal & Allied (Australia)

AREVA Resources Australia (Australia)

Albras (Brazil) Quellaveco (Peru)

Los Pelambres (Chili)

CMP (Chili)

Anglo American Sur S.A. (Los Bronces, dll.) (Chili)

CAP (Chili)

Rantai Nilai Grup Logam Investasi Sumber Daya Bahan Mentah Ferro & Produk Baja

Bahan Mentah Batubara Kokas Batubara Termal Bijih Besi BMA (Batubara Kokas) IOC (Bijih Besi) CMP (Bijih Besi) Warkworth (Batubara Termal) Clermont (Batubara Termal) dll.

Bahan Mentah & Produk Non-Ferro

Tembaga Aluminium PGM Nikel & Kromium dll.

Anglo American Sur (Tembaga) Escondida (Tembaga) Los Pelambres (Tembaga) Antamina (Tembaga) Mozal (Aluminium) Boyne (Aluminium) Marathon (PGM) Hernic (Kromium) dll.

Metal One Corporation memiliki jaringan penjualan terdiri dari lebih dari 140 kantor di Jepang dan negara di seluruh dunia, menyediakan jasa yang komprehensif, termasuk penyimpanan, pemrosesan baja dan manajemen pengiriman.

Perdagangan (Pengolahan, Distribusi & Pemasaran dll.)

Penyediaan Mitsubishi Corporation RtM International Mitsubishi Corporation RtM Japan

Skrap Baja

Metal One Mitsui Bussan Resources & Structural Steel Corporation

Mitsubishi Corporation RtM International Mitsubishi Corporation RtM Japan Triland Metals

Mitsubishi Corporation RtM International P t e. L t d . , a n a k p e r u s a h a a n ya n g terintegrasi dalam perdagangan logam dan sumber daya logam, didirikan di Singapura pada April 2013.

Pengolahan Produksi, Distribusi & Pemasaran

Produksi Lembaran & Pelat Baja Baja Khusus & Kawat

Pabrik Baja Pabrik EAF

Metal One dll.

Isuzu Corporation Tamatsukuri Corporation CANTAK MC TUBULAR PRODUCTS SUS-TECH CORPORATION Coilplus MSAT ISTW IWWI dll.

Produsen Komponen Auto DMET, Hirotec Australia

Batang Logam Produk Non-Ferrous Produk Tahan Karat dll. Produsen Tembaga & Kawat Paduan Tembaga & Produk Lainnya Pabrik Gilingan & Pengecoran Pengolah Logam Mulia Pelebur dll.

Mitsubishi Corporation RtM International Mitsubishi Corporation RtM Japan TATA TOYO RADIATOR T.RAD Czech s.r.o Qingdao Toyo Heat Exchanger Toyo Radiator Zhongshan dll.

Upaya yang dilakukan untuk memperluas produksi di BMA (sebuah perusahaan patungan pertambangan batubara antara Mitsubishi Development Pty Ltd dan BHP Billiton Ltd) di Australia. BMA memiliki reputasi yang baik untuk produksi yang sangat efisien.

Konsumen Akhir Pembangun Kapal Minyak & Gas Listrik Konstruksi Mobil Permesinan Peralatan Rumah Kaleng Kabel Minuman Perhiasan

Tambang Escondida di Chili menghasilkan lebih dari 1 juta ton tembaga per tahun. Ini adalah tambang tembaga terbesar di dunia, dengan cadangan setidaknya untuk 50 tahun operasi.

19

Grup Permesinan Grup Permesinan menangani berbagai mesin dalam empat bidang utama: permesinan industri, perkapalan, pertahanan dan kedirgantaraan, dan kendaraan bermotor. Kami menangani peralatan mesin, mesin pertanian, peralatan konstruksi dan tambang, lift dan eskalator, kapal, peralatan terkait dengan kedirgantaraan, mobil, dan bisnis lainnya. Meningkatkan keahlian dan jaringan global yang luas di bidang tersebut, menghubungkan kita dengan para pelanggan, produsen, dan mitra, kita menanggapi perubahan

dalam lingkungan bisnis dan mengembangkan operasi kami di seluruh dunia. Kami terus memperkuat pengoperasian kami yang ada karena kami menjalin rantai nilai yang mencakup penjualan untuk pembiayaan, distribusi dan investasi bisnis kami yang luas, tetapi pada saat yang sama, kami sedang melihat peluang untuk menciptakan jenis usaha baru yang akan berkembang menjadi pilar pendapatan masa depan untuk MC.

Bisnis Grup Permesinan ◦ Bisnis

Divisi Bisnis Permesinan Industri

penjualan dan pemeliharaan untuk lift dan escalator

◦ Penjualan

alat-alat mesin, permesinan per tanian, peralatan konstr uksi dan peralatan tambang

◦ Penyewaan permesinan MC melaksanakan layanan penyewaan dan penjualan terutama terhadap permesinan konstruksi dan industri melalui penyedia layanan penyewaan Nikken Corporation.

◦ Transaksi untuk kapal, kapal khusus berhubungan

Divisi Kapal & Luar Angkasa

dengan eksplorasi minyak dan gas lepas pantai, FPSO/FSO, peralatan laut, dll.; pembiayaan; pemilikan kapal dan bisnis manajemen

◦ Penjualan peralatan terkait dengan pertahanan ◦ Pemrosesan data dan penjualan gambaran satelit

Divisi Bisnis Kendaraan Bermotor

Dengan MC juga memiliki bunga ekuitas, kapal gas alam cair tipe “Sayaendo” termaju ini telah bergabung dengan armada pada tahun 2014. (Foto disediakan oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.) (atas) Satelit Gambaran Resolusi Tinggi, GeoEye-1 (kanan)

©DigitalGlobe, Inc.

◦ Bisnis produksi lokal luar negeri dan penjualan ◦ Pembiayaan

mobil, layanan purna jual dan bisnis terkait di luar negeri

◦ Ekspor mobil (mobil utuh, komponen

perakitan, suku cadang)

Mengontribusikan serta mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan melalui mempromosikan kendaraan listrik ramah lingkungan seperti Outlander PHEV.

◦ Bisnis produksi lokal luar negeri dan penjualan

Divisi Bisnis Isuzu

◦ Pembiayaan

mobil, layanan purna jual dan bisnis terkait di luar negeri

◦ Ekspor mobil

(mobil utuh, komponen perakitan, suku cadang) Truk pick-up ISUZU D-MAX, salah satu produk utama dari bisnis kendaraan bermotor kami di Thailand.

20

Bisnis Kapal Grup Permesinan memperkuat rantai nilai ekstensif yang mencakup kepemilikan dan pengoperasian kapal dan kapal khusus berkaitan dengan eksplorasi minyak dan gas lepas pantai, serta bisnisbisnis pembiayaan, perdagangan dll. Grup kami sedang bekerja keras untuk mengglobalisasi p e n g o p e r a s i a n k a m i ya n g berkaitan dengan kapal.

STRUKTUR ORGANISASI: 4 Divisi (13 Departemen, 1 Kantor) Kantor CEO Grup Permesinan, Departemen Administrasi Grup Permesinan, Kantor Pengembangan Bisnis Grup Permesinan ■ Divisi Bisnis Permesinan Industri Departemen Pengoperasian & Pemasaran Lift & Eskalator, Departemen Bisnis Peralatan Industri, Departemen Bisnis Peralatan Konstruksi & Penyewaan ■ Divisi Kapal & Luar Angkasa Departemen Kapal Komersial, Departemen Lepas Pantai dan Pengangkut Gas, Departemen Pertahanan & Luar Angkasa ■ Divisi Bisnis Kendaraan Bermotor Departemen Kendaraan Bermotor Asean & Asia Barat Daya, Departemen Kendaraan Bermotor Asia Utara, Departemen Kendaraan Bermotor Eropa, Timur Tengah & Afrika, Departemen Kendaraan Bermotor Amerika & Australia ■ Divisi Bisnis Isuzu Departemen Isuzu ASEAN, Departemen Isuzu Eropa, Timur Tengah, Amerika & Oceania, Departemen Isuzu Asia 21

Grup Kimia Grup Kimia aktif dalam tiga segmen bisnis: Kimia Komoditi seperti petrokimia, garam industri, dan pupuk; Kimia Fungsional termasuk plastik dan produk fungsional seperti uretan, karet sintetis dan bahan baku coating; dan Life-Science, yang mencakup bisnis-bisnis ilmu makanan, farmasi dan agrokimia kami. Pasar utama mencakup industri-industri yang banyak, termasuk petrokimia, kimia industri, energi, mobil, konstruksi, cat dan perekat, produk listrik dan elekronik, semi-konduktor, peralatan komunikasi, tekstil, busana, pupuk, kimia pertanian, pertanian dan peternakan, makanan dan bahan makanan, farmasi dan pasokan medis, serta distribusi. Dengan menawarkan jasa bercakupan yang luas di dalam banyak industri, kami mendukung masyarakat agar menikmati kehidupan yang lebih berkualitas. Banyak bidang yang terkait dengan konsumen seperti sandang, pangan dan perumahan memiliki hubungan dengan industri kimia. Grup bisnis kami meningkatkan atribut industri ini yang unik dan menyediakan informasi yang paling relevan dan terbaru kepada MC dan konsumen kami. Dengan demikian, kami terus menambahkan link baru ke rantai nilai global kami.

Metanol de Oriente, METOR, S.A. (METOR) Metanol de Oriente, METOR, S.A. (METOR) didirikan pada Maret 1992 sebagai usaha patungan antara Mitsubishi Corporation, Petroquimica De Venezuela S.A.(PEQUIVEN), Mitsubishi Gas Chemical Company dan lain-lain. METOR memproduksikan metanol dari gas alam yang tidak mahal, dimana terutama dijual ke Eropa and Amerika.

Struktur Organisasi: 4 Divisi (16 Departemen) Kantor CEO Grup Kimia, Departemen Administrasi Grup Kimia, Departemen Phoenix, Departemen Proyek Petrokimia Saudi ■ Divisi Kimia Komoditi A Departemen Olefin & Aromatik, Departemen Perantara Petrokimia, Departemen Poliester, Departemen Klor-Alkali  ■ Divisi Kimia Komoditi B Departemen Metanol, Departemen Amonia, Departemen Pupuk, Departemen Kimia Anorganik  ■ Divisi Kimia Fungsional Departemen Plastik, Departemen PVC, Departemen Bahan Fungsional, Departemen Kimia Khusus  ■ Divisi Life Science Departemen Bio-Kimia dan Kimia Murni, Departemen Produk Bioteknologi 22

Anak Perusahaan Utama di Luar Negeri (Manufaktur) ● Divisi Kimia Komoditi A/B ● Divisi Kimia Fungsional/Divisi Life Science FUJIFILM Diosynth Biotechnologies UK Limited (Inggris) Manufaktur biofarmasi kontrak Tri-Pack Films Ltd. (Pakistan) Produksi film

DECCAN (India) Manufaktur kontrak intermediet agrokimia dan bahan aktif

TOSOH HELLAS (Yunani) Sumber daya baterai

Liling Fine Chemicals Co., Ltd. (Cina) Manufaktur kontrak intermediet agrokimia dan bahan aktif

FUJIFILM Diosynth Biotechnologies U.S.A., Inc. (AS) Manufaktur biofarmasi kontrak DM Color (Meksiko) Manufaktur dan penjualan kompon plastik

THAI CHEMICAL (Thailand) Pembuatan plasticizer dan perekat

Rimtec Corporation (AS) Manufaktur kompon PVC

Metanol de Oriente, METOR, S.A. (Venezuela) MC-Towa International Sweeteners Co., Ltd. Produksi metanol (Thailand) Exportadora de Sal, S.A. de C.V. Bisnis produksi maltitol (Meksiko) Fermentech Indonesia Produksi garam (Indonesia) Petronas Chemicals Aromatics Sdn. Bhd. Produksi asam (PC AROMATICS) nukleat dan curdlan (Malaysia) FOSFATOS DEL PACIFICO Bisnis petrokimia dasar (Peru) Ekstraksi bijih fosfat/ PT. Sorini Towa Berlian Corporindo produksi tanah dan (Indonesia) batu bata diatom Produksi sorbitol

Eastern Petrochemical Company CASTELLO (SHARQ) (Spanyol) (Arab Saudi) Produksi tartrat Petrokimia

Rantai Nilai Grup Kimia dan Anak Perusahaan & Perusahaan Afiliasi Perusahaan Manufaktur Perusahaan Penjualan

Bahan-bahan

Divisi Kimia Komoditi A

Sumber Daya Laut Minyak Mentah

Garam Industri ESSA Nafta

Bahan Mentah PVC

Etilena Benzena Ksilena

Gas  Alam

Divisi Kimia Fungsional Polivinil Klorida (PVC) Serat Poliester Resin PET

Paraksilena PC AROMATICS Etilena Glikol SHARQ

Resin Polietilena SHARQ

Metanol METOR

Resin Industri

Amonia Sumber  Daya  Tambang

Bijih Fosfat FOSFATOS

Pupuk Kimia & Persenyawaan Mitsubishi Shoji Agri-Service MC Ferticom

Potasium Klorida

Maltitol, sorbitol (pemanis) MTIS・STBC

Etanol

Asam tartarat CASTELLO

Divisi Kimia Komoditi B Sumber  Daya  Pabrik

Kapasitas produksi SHARQ adalah salah satu yang terbesar di dunia sebagai pabrik, dengan kapasitas 2.050.000 ton per tahun untuk etilena glikol dan 1.550.000 ton per tahun untuk polyethylene.

Divisi Life Science

Petronas Chemicals Aromatics Sdn. Bhd. adalah perusahaan patungan antara per usahaan Jepang dan Malaysia yang mampu memproduksi 540.000 ton paraksilena dan 200.000 ton benzena per tahun.

Produk Resin Sintetis Mitsubishi Corporation Plastics KIBIKASEI RIMTEC TRI PACK Chuo Kagaku DM Color Karet Sintetis / Resin Fungsional Bahan Pelapis & Perekat Mitsubishi Shoji Chemical THAI CHEMICAL Kimia Semikonduktor Bahan baku untuk baterai Bahan Pemolesan, Batu Asah TOSOH HELLAS

Pasar barang Bahan Pengemasan Bahan Interior untuk konstruksi Bahan pelapis & perekat Mobil Elektronik Rumah Tangga IT•Komunikasi Kosmetik & detergen

Pemanis, makanan medis, ekstrak ragi, bumbu Mitsubishi Shoji Foodtech MC Food Specialties KOHJIN Life Sciences Co., Ltd.

Pupuk

Intermediet agrokimia dan bahan aktif Liling Fine Chemicals DECCAN

Produk farmasi & pertanian

Bio-farmasi FUJIFILM Diosynth Biotechnologies

Produk Makanan

Chuo Kagaku Co., Ltd. adalah satu-satunya produsen kemasan dan kontainer makanan plastik dari Jepang yang memiliki lima basis manufaktur di Cina, dan sedang memperluas bisnis di Cina dari lokasi tersebut.

Tekstil

Salah satu perusahaan ilmu makanan Jepang yang terkemuka, MC Food Specialties Inc. menyediakan bumbu dan bahan makanan berkualitas tinggi.

23

Grup Kebutuhan Pokok Hidup Grup Kebutuhan Pokok Hidup mengoperasikan bisnis-bisnis di bidang termasuk distribusi, ritel, restoran, menyediakan konsumen dengan produk-produk seperti makanan, tekstil, kebutuhan sehari-hari, dan perlengkapan medis. Kekuatan kami sebagai grup adalah bahwa kami melaksanakan pengoperasian bisnis yang mempertimbangkan semua industri, mulai dari hulu sumber dari sumber daya hingga hilir pasaran

ritel. Kami mengadakan kontribusi ke masyarakat dengan menyediakan produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen melalui kantor dan afiliasi di Jepang dan di luar negeri. Selain itu, kami mendukung kehidupan konsumen yang be ragam dan menempatkan kepentingan atas kehandalan dan keamanan produk dan layanan kami.

Bisnis Grup Kebutuhan Pokok Hidup

Divisi Bisnis Konsumen Global

◦ Perencanaan,

pelaksanaan, dan promosi bisnis baru di pasar yang bertumbuh

◦ Pengembangan

bisnis makanan di pasar Inggris dan pasar lain di Eropa

“Alfamart” dioperasikan oleh Alfa Group, sebuah peritel terkemuka di Indonesia.

◦ Penjualan makanan, busana, mebel, perlengkapan

interior, aneka barang dll.

Divisi Ritel

◦ Pengembangan

dan ditribusi berbagai bahan penjualan konsumen dan jasa

◦ Bisnis pemasaran, program loyalitas berdasarkan

sistem poin dan bisnis jasa berhubungan dengan penyelesaian pembayaran Minimarket Lawson memulai toko outlet baru dan asli, untuk memenuhi permintaan pelanggan dan masyarakat.

◦ Melaksanakan

Divisi Produk Kebutuhan Pokok Hidup

pemrosesan, pasokan dan distribusi produk dan jasa yang bervariasi, dimana mencakup makanan diproses, makanan dingin dan beku, konfeksioneri, minuman beralkohol, makanan hewan peliharaan, produk kertas, bahan pengemasan, bahan baku untuk kertas, ban, busana, alas kaki, dan perlengkapan rumah tangga.

◦ Melaksanakan

bisnis terkait dengan perawatan kesehatan seperti jasa outsourcing untuk rumah sakit, impor dan penjualan peralatan medis, penyewaan peralatan perawatan lansia.

Pusat delivery khusus untuk LIFE CORPORATION, yaitu rantai pasar swalayan makanan terbesar di Jepang, dimana layanan tersebut disediakan oleh Mitsubishi Shokuhin Co., Ltd.

◦ Mengembangkan

Divisi Sumber Daya Kebutuhan Pokok Hidup

24

platfor m bisnis untuk menyediakan pasokan yang stabil untuk pelanggan di Jepang dan luar negeri dengan menangani berbagai bahan termasuk biji-bijian, beras, hasil bumi segar, minyak dan lemak, hasil laut, pemanis dan pati, pakan, daging, bahan minuman, produk susu, perumahan dan bahan bangunan, dan melaksanakan operasi yang membentang dari produksi dan pembelian hingga manufaktur dan pengolahan

Lokasi Budi Daya Laut Ikan Salmon dari Cermaq Norway

Anak perusahaan MC, Princes Limited, produsen/distributor makanan dan minuman yang berbasis di Inggris, sedang memperluas bisnis di pasar Eropa. Perusahaan ini dimiliki oleh MC sepenuhnya.

STRUKTUR ORGANISASI: 4 Divisi (20 Departemen, 1 Kantor) Kantor CEO Grup Kebutuhan Pokok Hidup, Departemen Administrasi Grup Kebutuhan Pokok Hidup ■ Divisi Bisnis Konsumen Global Departemen Indonesia, Departemen Tiongkok & ASEAN, Departemen Pengembangan Pasar Baru  ■ Divisi Ritel Departemen Ritel Makanan, Departemen Busana dan Produk Konsumen, Departemen Pengembangan Produk, Departemen Dukungan Ritel ■ Divisi Produk Kebutuhan Pokok Hidup Departemen Makanan Diproses, Departemen Kertas & Pengemasan, Departemen Busana, Departemen Manufaktur S.P.A., Departemen Ban & Barang Konsumen, Departemen Perawatan Kesehatan ■ Divisi Sumber Daya Kebutuhan Pokok Hidup Departemen Hasil Pertanian dan Minyak & Lemak, Departemen Biji-bijian & Biji Minyak, Departemen Hasil Laut, Departemen Pemanis Buatan & Pati, Departemen Produk Pakan & Daging, Departemen Minuman dan Produk Susu, Departemen Bahan Perumahan & Konstruksi, Departemen Fiber, Benang & Tekstil Industri, Kantor Bisnis Budi Daya Ikan Salmon 25

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) & LINGKUNGAN MC menganggap mengatasi tantangan keberlanjutan menjadi salah satu isu-isu manajemen yang paling penting. Oleh karena itu kami aktif terlibat dalam mempromosikan berbagai inisiatif untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan melalui setiap aspek bisnis kami. Berdasarkan pedoman filosofi kami, Tiga Prinsip Perusahaan, kami telah menetapkan harapan kita untuk bagaimana bisnis kami harus dilakukan. Ini mencakup aspek seperti komitmen kami untuk menghormati hak asasi manusia dan untuk melindungi lingkungan. Seluruh kegiatan perusahaan kami berdasarkan atas arahan yang diatur

dalam Standar Perilaku Perusahaan kami, Piagam Lingkungan dan Piagam Sosial. Isu keberlanjutan global telah berkembang secara signifikan selama bertahun-tahun dan terus berubah saat ini. MC bertujuan untuk menciptakan “Nilai Perusahaan yang Berkelanjutan” melalui kegiatan bisnis kami, yang menjangkau berbagai sektor industri. Untuk tujuan ini, kami terus berusaha untuk mengatasi isu utama berkelanjutan baik di Jepang dan di seluruh dunia, berdasarkan harapan dan tuntutan stakeholder.

Klinik sepak bola untuk Skuad Bawah-19 dari Asosiasi 7-a-side Sepak Bola CP (lumpuh otak) Jepang

MC mendirikan Proyek “DREAM AS ONE.” kami pada 2014 untuk memperluas upaya kami terhadap para-sport (olahraga penyandang cacat) yang sudah ada. Melalui inisiatif seperti mendukung kursus olahraga dan mengadakan acara olahraga serta program pendidikan, proyek ini menuju memperluas bidang parasport, selain juga meningkatkan kesadaran dan mempromosikan pemahaman lebih besar terhadap aktifitas ini. MC menyediakan kursus reguler dengan tujuan untuk memberi latihan sukarelawan para-sport dan mendorong pegawai kami untuk mengikut sertakan diri di aktivitas sukarelawan yang mendukung para-sport.

26

Mitsubishi Corporation adalah mitra resmi untuk Asosiati Para-sport Jepang.

Berkontribusi ke Masyarakat Berkelanjutan melalui bisnis kami Dengan Grup Bisnis Lingkungan & Infrastruktur Global MC memainkan peran pusat, perusahaan terlibat dalam banyak bisnis yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat rendah karbon dan menangani isu-isu lingkungan yang lain seperti kekurangan air. Proyek kami mencakup banyak bidang termasuk bisnis-bisnis energi baru, lingkungan dan air, serta pengembangan smart community .

Manajemen ESG MC melakukan penyaringan pinjaman dan investasi yang menyeluruh, dengan mempertimbangkan tidak hanya faktor ekonomi, tetapi faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) juga. Kami akan bekerja secara proaktif untuk mengurangi emisi CO2 kami berdasarkan basis global dan terkonsolidasi. Selain itu, MC membagi Kebijakan Mitsubishi Corporation mengenai pengelolaan Rantai Penyuplaian yang Berkelanjutan dengan para penyuplai kami. Kami juga melakukan survei dan kunjungan lapangan bagi penyuplai sebagai bagian dari upaya pengelolaan rantai penyuplaian kami. Dalam menjalankan bisnis, kita melihat keterlibatan dengan masyarakat lokal dan upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sebagai hal yang berharga.

Bisnis pembangkit listrik dengan menggunakan daya angin yang dioperasikan oleh anak perusahaan AS, Diamond Generating Corporation.

Komite Penasehat Urusan CSR & Lingkungan Pada Maret 2008, MC mendirikan Komite Penasehat Urusan CSR & Lingkungan, yang terdiri dari para spesialis dari luar. Opini dan nasehat disediakan oleh Komite akan dimasukkan ke dalam inisiatif berkelanjutan kami dan komunikasi para stakeholder.

Komite Penasehat Urusan CSR & Lingkungan

Kegiatan Filantropi dari MC MC pertama kali mendirikan departemen untuk mengkoordinasikan aktivitas filantropis perusahaan pada tahun 1973. Setelah itu, pegawai kami di seluruh dunia berpartisipasi secara aktif dalam program yang berlangsung lama dan berkontribusi kepada komunitas yang kami operasikan. 5 area prioritas dari filantropi perusahaan kami adalah lingkungan global, kesejahteraan masyarakat, pendidikan, budaya & seni, dan pertukaran internasional & kontribusi.

Perkemahan Persahabatan untuk Ibu-ibu dan Anak-anak Perkemahan untuk para janda dan anak-anaknya ini menyediakan kesempatan untuk para partisipan untuk berpengalaman bermain di outdoor. Diadakan mulai 1974, perkemahan dilangsungkan oleh anggota staff Grup MC yang sukarela menjadi konsultan perkemahan.

Yayasan Mitsubishi Corporation untuk Amerika / Yayasan Mitsubishi Corporation untuk Eropa dan Afrika Melalui Yayasan Mitsubishi Corporation untuk Kedua Amerika (MCFA) dan Yayasan Mitsubishi Corporation untuk Eropa dan Afrika (MCFEA), MC mendukung inisiatif yang bervariasi yang sedang bekerja untuk melindungi lingkungan alam dan mengurangi kemiskinan.

Proyek Regenerasi Eksperimen Hutan Tropis MC memulai proyek eksperimen yang pertama kali di Malaysia pada 1990 dengan tujuan meregenerasi ekosistem hutan tropis pada kecepatan terakseralasi. Sebab itu, proyek telah diperluas ke lokasi-lokasi di Brazil, Kenya dan Indonesia.

Usaha Pemulihan Gempa Bumi Besar Jepang Timur

Selama periode melebihi 4 tahun, setelah Gempa Bumi Besar Jepang Timur dan Tsunami yang melanda pada tahun 2011, MC menyediakan dukungan pemulihan sejumlah 10 milyar yen untuk daerah yang terkena bencana. Mulai 2015, perusahaan berkomitmen untuk menambah 3,5 milyar yen sebagai dukungan untuk selama lebih dari 5 tahun yang akan datang. Melalui Yayasan Bantuan Bencana Mitsubishi Corporation, MC akan melanjutkan memberikan beasiswa darurat bagi mahasiswa yang terkena dampak bencana, dukungan pemulihan hibah untuk NPO dan organisasi lain ikut serta dalam usaha pemulihan, serta mengambil langkah untuk merevitalisasi industri dan menciptakan lapangan kerja. Selain itu, kami akan melanjutkan mengutuskan karyawan sukarela dari Grup MC ke daerah tersebut (pada bulan Juni 2015, sekitar 3.750 pegawai telah berpartisipasi). MC juga memulai berjumlah inisiatif baru, termasuk Proyek Penanaman Buah-buahan Industri Keenam di Prefektur Fukushima, yang mengizinkan kami untuk menerapkan keahlian kami dalam mempromosikan pengembangan lebih lanjut di wilayah Tohoku.

Proyek Penanaman Buah-buahan Industri Keenam

Situs Web Yayasan Bantuan Bencana Mitsubishi Corporation: http://mitsubishicorp-foundation.org/en 27

Tata Kelola Perusahaan dan Sistem Pengontrolan Internal Filosofi perusahaan MC diabadikan di dalam Tiga Prinsip Perusahaan, yaitu Tanggung Jawab Perusahaan pada Masyarakat, Integritas dan Keadilan, dan Pemahaman Global Melalui Bisnis. Dipandu oleh filosofi ini, MC meningkatkan dan memperkuat tata kelola perusahaan dalam berbagai cara. Tindakan termasuk pengangkatan Direktur Independen dan Auditor Perusahaan Independen (5 Direktur Luar dan 3 Auditor Luar Perusahaan), memperkenalkan Sistem Pejabat Eksekutif, dan mendirikan komite penasehat kepada Dewan Direksi yang anggotanya sebagian besar dari luar perusahaan (Komite Tata Kelola & Kompensasi, dan

Komite Penasehat Internasional). Upaya MC untuk mereformasi dan meningkatkan sistem pengendalian internal yang berkelanjutan dalam rangka untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis dilakukan dengan benar dan sesuai dengan hukum dan Anggaran Dasar. Sistem pengendalian internal meliputi: pelaksanaan bisnis yang efisien; kepatuhan; manajemen risiko; pelaporan keuangan; manajemen dan penyimpanan informasi; menjamin perilaku yang tepat dalam manajemen grup terkonsolidasi; audit internal dan pemantauan; dan Auditor Perusahaan.

Rapat Umum Pemegang Saham Pengangkatan/Pemecatan Penentuan Parameter Remunerasi Permintaan

Dewan Direksi

Nasehat

Komite Tata Kelola & Kompensasi Komite Penasehat Internasional

Pengangkatan dan Pengawasan Pejabat Eksekutif

Audit/Laporan

Pengangkatan/Pemecatan Penentuan Parameter Remunerasi

Auditor Perusahaan

(Dewan Auditor Perusahaan)

Mengusulkan masalah manajemen penting untuk perundingan dan melaporkan pelaksanaan pengoperasian

Laporan

Pengangkatan/ Pemecatan

Auditor Independen Audit Akuntansi

Audit

Kerjasama antara Auditor Perusahaan/ Departemen Audit Internal/Auditor Independen

[Struktur Eksekutif] Presiden dan CEO Komite Eksekutif

Departemen Audit Internal Menetapkan dan menginformasikan tentang sistem pengontrolan internal terkait dan strategi

Komite-komite berkaitan dengan Pengontrolan Internal Utama Komite Keterbukaan

Bagian Staf Non-Bisnis Perusahaan

Komite Kepatuhan Komite Bagian CSR & Lingkungan Komite Penasehat Investasi Komite Manajemen Perdagangan  Keamanan Nasional, dll.

Organisasi Eksekutif (Grup Bisnis, dll.)

Komite Tata Kelola & Kompensasi Komposisi Anggota (Tahun Fiskal Berakhir Maret 2016) ▪ Anggota luar (6): Kunio Ito (Anggota Luar) Ryozo Kato (Direktur Luar) Hidehiro Konno (Direktur Luar) Sakie T. Fukushima (Direktur Luar) Akihiko Nishiyama (Direktur Luar) Tadashi Kunihiro (Auditor Perusahaan Luar) ▪ Anggota In-house (3): Yorihiko Kojima* (Ketua Dewan Direksi) Ken Kobayashi (Presiden dan CEO) Hideyuki Nabeshima (Auditor Senior Perusahaan)

*Ketua Komite

Komite Penasehat Internasional ▪ Anggota In-house (4): Yorihiko Kojima* (Ketua Dewan) Ken Kobayashi (Presiden dan CEO) (Profesor dari Harvard University Distinguished Service dan Profesor dari Sultan of Oman (AS)) Minoru Makihara (Penasehat Perusahaan Senior) Mikio Sasaki (Mantan Ketua, Penasehat Senior untuk Dewan Direksi) Mr. Ratan N Tata (Ketua, Tata Trusts (India))

Komposisi Anggota (Tahun Fiskal Berakhir Maret 2016)

▪ Anggota luar (9): Dr. Herminio Blanco Mendoza (Mantan Menteri Perdagangan & Industri (Meksiko)) Profesor Joseph S Nye Mr. George Yeo (Ketua dari Kerry Logistics Network (Singapura)) Mr. Jaime Augusto Zobel de Ayala Ⅱ (Ketua dan CEO, Ayala Corporation (Filipina)) Sir John Bond (Ketua, KKR Asia Ltd. (Inggris)) Mr. Niall FitzGerald (Mantan CEO & Ketua, Unilever (Irlandia)) Ryozo Kato (Direktur Luar) Hidehiro Konno (Direktur Luar)

28

*Ketua Komite

Kepatuhan MC telah menetapkan berbagai peraturan internal berdasarkan pada Tiga Prinsip Perusahaan, filosofi pedoman MC. Ini termasuk Standar Perilaku Perusahaan dan Kode Etik Perilaku. Ketika terlibat dalam bisnis, pejabat dan karyawan diwajibkan untuk membuat kepatuhan prioritas utama mereka. MC juga memperkenalkan jabatan Pejabat Kepatuhan dan menunjuk seseorang untuk setiap Grup Bisnis dan wilayah geografis (Jepang dan luar negeri). Petugas ini bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan dalam operasi bisnis sehari-hari. Pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2010, semua petugas dan karyawan perusahaan telah diharuskan untuk mengambil kursus e-learning, yang meliputi studi kasus mengenai Kode Perilaku. Setelah kursus tersebut, mereka harus menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa mereka memahami dan akan mematuhi aturan ini setiap saat. Protokol tersebut telah

diperkenalkan di anak perusahaan dan perusahaan afiliasi MC. Langkah-langkah tambahan yang diambili di seluruh Grup MC mencakup mengadakan Diskusi Kepatuhan agar para karyawan merundingkan mengenai isu kepatuhan di tempat kerja masingmasing melalui studi kasus (yaitu pelanggaran yang mungkin terjadi di dalam pengoperasian kantor), dan seminar, serta mengedarkan Buku Kecil T&A Studi Kasus Kepatuhan antara karyawan. Tindakan tersebut akan memastikan pelajaran berturut-turut dan pengembangan, bukan hanya di antara pegawai dan pejabat di MC, bahkan di antara mereka yang di anak perushaan dan perusahaan afiliasi juga. Tindakan MC semua didasarkan pada semangat kepatuhan, itu tetap merupakan faktor penting dalam meningkatkan nilai perusahaan terkonsolidasi dan kami tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperkuat inisiatif kepatuhan kami.

Mitsubishi Corporation Presiden dan CEO Pengangkatan

Komite Kepatuhan Kepala Pejabat Kepatuhan

CEO Grup, CEO Kawasan

Laporan

Ketua: Kepala Pejabat Kepatuhan Kantor Administrasi: Departemen Hukum, Kantor Administrasi Kepatuhan

Pengangkatan

Perintah

Laporan

Laporan

Pejabat Kepatuhan

Sistem Internal Whistle Blower

Pejabat Kepatuhan Grup

Kotak Surat dan Hotline Kepatuhan

Pejabat Kepatuhan Cabang Domestik

Departemen Audit Internal Kotak Surat dan Hotline Kepatuhan

Pejabat Kepatuhan Kawasan Luar Negeri

Penasehat Hukum Luar Kotak Surat dan Hotline Kepatuhan

Perintah

Laporan dan Konsultasi Laporan dan Konsultasi

Kepala Organisasi (BU, Divisi, Departemen, Cabang, dll.) Perintah

Laporan dan Konsultasi

Karyawan Laporan dan Konsultasi

Sistem Pelaporan Internal

Anak Perusahaan dan Afiliasi Laporan dan Konsultasi

Pejabat Kepatuhan

Manajer Langsung Perintah Laporan dan Konsultasi

Karyawan

Kotak Surat dan H  otline Kepatuhan  Penasehat Hukum L uar Grup MC

Laporan dan Konsultasi Laporan dan Konsultasi (Sasaran: Anak Perusahaan Domestik MC Terdaftar)

29

Manajemen

(PER TANGGAL 1 JULI 2015)

Anggota Dewan Direksi

Yorihiko Kojima

Ken Kobayashi*

Hideto Nakahara*

Jun Yanai*

Jun Kinukawa*

Takahisa Miyauchi*

Shuma Uchino*

Kazuyuki Mori*

Yasuhito Hirota*

Kazuo Tsukuda**

Ryozo Kato**

Hidehiro Konno**

Sakie T. Fukushima**

Akihiko Nishiyama**

Presiden & Direktur Representatif, G&S Global Advisors Inc.

Profesor Ajun, Hitotsubashi University

Ketua Dewan Direksi

Penasehat Senior, Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.

* Merujuk sebagai Direktur Representatif. ** Merujuk sebagai Direktur Independen, sesuai ketentuan Pasal 2-15 Undang-Undang Perusahaan.

Auditor Perusahaan

Hideyuki Nabeshima Auditor Senior Perusahaan

Hiroshi Kizaki

Eiko Tsujiyama* Profesor, Graduate School of Commerce, Waseda University

Hideyo Ishino*

Tadashi Kunihiro* Pengacara di T. Kunihiro & Co., Pengacara Hukum

* Merujuk sebagai Auditor Independen Perusahaan, sesuai ketentuan Pasal 2-16 Undang-Undang Perusahaan.

30

Pejabat Eksekutif Presiden dan Kepala Pejabat Eksekutif

Wakil Presiden Eksekutif Senior

Ken Kobayashi*

Hideto Nakahara*

Jun Yanai*

Jun Kinukawa*

Takahisa Miyauchi*

Seiji Shiraki

Strategi & Pengembangan Bisnis Global, Hubungan Global, Kerjasama Perekonomian Internasional, Manajemen Logistik

CEO Grup, Grup Bisnis Energi (Sekaligus) Kepala Pejabat Kepatuhan

CEO Grup, Grup Logam

CEO Grup, Grup Kimia

CEO Kawasan, Amerika Latin

Wakil Presiden Eksekutif

Toru Moriyama

Eiichi Tanabe

Shigeaki Yoshikawa

Yasuyuki Sugiura

Shuma Uchino*

Toshimitsu Urabe

Kozo Shiraji

Shunichi Matsui

Takehiko Kakiuchi

Kazuyuki Mori*

Kazushi Okawa

Yasuhito Hirota*

Hajime Hirano

Hiroshi Sakuma

Yuichi Hiromoto

Kanji Nishiura

Haruki Hayashi

CEO Kawasan, Asia & Oseania

CEO Kawasan, Asia Timur (Sekaligus) Presiden, Mitsubishi Corporation China Co., Ltd. (Sekaligus) Presiden, Mitsubishi Corporation China Commerce Co., Ltd.

COO Grup, Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan (Industri Keuangan, Pengembangan Real Estate & Konstruksi) (Sekaligus) COO Divisi, Divisi Industri Keuangan

CEO Grup, Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan

CEO Grup, Grup Kebutuhan Pokok Hidup

COO Grup, Grup Logam

CEO Kawasan, Timur Tengah & Asia Tengah

CEO Kawasan, Amerika Utara (Sekaligus) Presiden, Mitsubishi Corporation (Americas)

COO Grup, Grup Permesinan (Bisnis Permesinan Industri, Bisnis Kapal & Luar Angkasa)

Strategi Kawasan (Jepang) (Sekaligus) Manajer Umum, Cabang Kansai

Kepala Pejabat Keuangan

Komunikasi Perusahaan, Administrasi Perusahaan, CSR & Urusan Lingkungan, Hukum, Sumber Daya Manusia

CEO Grup, Grup Pelayanan Bisnis

COO Grup, Grup Bisnis Energi (Bisnis E&P, Bisnis Gas Alam) (Sekaligus) COO Divisi, Divisi Bisnis Gas Alam

CEO Grup, Grup Permesinan

CEO Grup, Grup Bisnis Lingkungan Global & Infrastruktur

CEO Kawasan, Eropa & Afrika (Sekaligus) Direktur Pelaksana, Mitsubishi Corporation International (Europe) Plc.

Wakil Presiden Senior Yasuhiko Kitagawa

Manajer Umum, Departemen Strategi & Pengembangan Bisnis Global

Kenji Yasuno

COO Divisi, Divisi Kapal & Luar Angkasa

Hidemoto Mizuhara Presiden, Mitsubishi International Corporation (Sekaligus) EVP, Mitsubishi Corporation (Americas)

Junichi Iseda

Kepala Pejabat Kawasan, Indonesia (Sekaligus) Presiden, PT. Mitsubishi Corporation Indonesia

Kazuyasu Misu

COO Divisi, Divisi Bisnis Konsumen Global

Shinichi Nakayama COO Divisi, Divisi Kimia Komoditi B

Masaji Santo

COO Divisi, Divisi Bisnis Infrastruktur

Mitsuyuki Takada

Direktur Pelaksana & CEO, Mitsubishi Australia Ltd. (Sekaligus) Direktur Pelaksana, Mitsubishi New Zealand Ltd. (Sekaligus) Wakil CEO Kawasan, Asia & Oseania (Oseania)

Koichi Kitamura

Shinya Yoshida

Norikazu Tanaka

Masakazu Sakakida

Katsuhiro Ito

Fuminori Hasegawa

Manajer Umum, Departemen Administrasi Grup Permesinan

Manajer Umum, Cabang Nagoya

Ketua & Direktur Pelaksana, Mitsubishi Corporation India Private Ltd. (Sekaligus) Wakil CEO Kawasan, Asia & Oseania (Asia Selatan)

Yoichi Shimoyama

Hiroshi Nakagawa

Kenichi Koyanagi Wakil CEO Kawasan, Asia Timur (Sekaligus) Presiden, Mitsubishi Corporation (Hong Kong) Ltd.

Akira Murakoshi

Presiden, Mitsubishi Company (Thailand), Ltd. (Sekaligus) Presiden, Thai-MC Company, Limited (Sekaligus) Manajer Umum, Kantor Haadyai, Mitsubishi Company (Thailand), Ltd. (Sekaligus) Manajer Umum, Kantor Haadyai, Thai-MC Company, Limited

Presiden Direktur, TRI PETCH ISUZU SALES COMPANY LIMITED

Kazuyuki Masu

Manajer Umum, Departemen Akuntansi Perusahaan

Takeshi Hagiwara COO Divisi, Divisi Kimia Komoditi A

Keisuke Hoshino

Kepala Pejabat Eksekutif, MITSUBISHI DEVELOPMENT PTY LTD

Koichi Wada

Wakil COO Divisi, Divisi Bisnis Gas Alam

Tsutomu Takanose

Kepala Grup Kebutuhan Pokok Hidup untuk Cina

Manajer Umum, Departemen Strategi Perusahaan & Perancangan Asisten Senior untuk Pejabat Fungsional Perusahaan (Administrasi Umum dari Seksi)

Mitsumasa Icho

COO Divisi, Divisi Investasi Sumber Daya Tambang COO Divisi, Divisi Bisnis Minyak Bumi

Yutaka Kyoya

Manajer Umum, Departemen Manajemen Risiko

COO Divisi, Divisi Sumber Daya Kebutuhan Pokok Hidup

Takajiro Ishikawa

Tetsuji Nakagawa

Yasuteru Hirai

Hidenori Takaoka

COO Divisi, Divisi Bisnis Manajemen Aset Wakil CEO Kawasan, Asia Timur (Sekaligus) Presiden, Mitsubishi Corporation (Shanghai) Ltd. (Sekaligus) Manajer Umum, Kantor Shanghai (Sekaligus) Manajer Umum, Mitsubishi Corporation (Shanghai) Ltd. Cabang Wuhan

Noboru Tsuji

COO Divisi, Divisi Bisnis Kendaraan Bermotor

COO Divisi, Divisi Energi Baru & Pembangkit Listrik Manajer Umum, Kantor CEO Grup Bisnis Energi

Noriyuki Tsubonuma

Ketua & CEO, MITSUBISHI CORPORATION RTM INTERNATIONAL PTE. LTD. (Sekaligus) COO Divisi, Divisi Perdagangan Sumber Daya Tambang

Yasushi Okahisa

Manajer Umum, Kantor CEO Grup Industri Keuangan, Logistik & Pembangunan * Merupakan anggota Dewan Direksi

31

POKOK-POKOK KEUANGAN Mitsubishi Corporation dan Anak Perusahaan

Milyar Yen

Maret 2013

Maret 2014

Maret 2015

¥6.009,9

¥7.635,2

¥7.669,5

1.054,9

1.186,0

1.209,9

Pendapatan bersih yang diatribusikan ke pemilik Parent

323,5

361,4

400,6

Pendapatan bersih yang diatribusikan ke pemilik Parent per saham (dasar) (yen)

196,45

219,30

246,39

Pendapatan bersih yang diatribusikan ke pemilik Parent per saham (dicairkan) (yen)

196,02

218,80

245,83

ROE (%)

7,8

7,5

7,5

ROA (%)

2,3

2,3

2,5

15.064,7

15.901,1

16.774,4

Ekuitas yang diatribusikan ke pemilik Parent

4.517,1

5.067,7

5.570,5

Ekuitas yang diatribusikan ke pemilik Parent per saham (yen)

2.742,36

3.074,03

3.437,75

1,0

0,9

0,8

55,00

68,00

70,00

25

25

28

REVENUE DAN PENDAPATAN [IFRS] Pendapatan Laba kotor

POSISI FINANSIAL [IFRS] Total aset

Rasio Bersih pinjaman terhadap ekuitas (multiple)

DIVIDEN Deviden Per Saham (pada tahunnya, yen) Rasio Pembayaran (%)

*Rasio pembayaran untuk tahun berakhir tanggal 31 Maret 2013 dan 2014 dihitung berdasarkan pendapatan bersih yang didapat dari Mitsubishi Corporation di bawah U.S. GAAP

KESIMPULAN INFORMASI DEGAN SEGMEN

(TAHUN PEMBUKUAN YANG BERAKHIR PADA 31 MARET 2015) [IFRS]

GRUP BISNIS LINGKUNGAN GLOBAL & INFRASTRUKTUR

GRUP INDUSTRI KEUANGAN, LOGISTIK & PEMBANGUNAN

GRUP BISNIS ENERGI

Revenue

¥39,2 milyar

¥230,2 milyar

¥1.816,2 milyar

¥852,8 milyar

Laba kotor

¥31,6 milyar

¥75,7 milyar

¥59,2 milyar

Pendapatan dari investasi metode ekuitas

¥28,9 milyar

¥33,1 milyar

Pendapatan bersih

¥20,4 milyar

Total aset Jumlah pegawai

GRUP KIMIA

GRUP KEBUTUHAN POKOK HIDUP

¥806,7 milyar

¥1.462,3 milyar

¥2.448,6 milyar

¥199,3 milyar

¥197,3 milyar

¥110,9 milyar

¥525,4 milyar

¥71,6 milyar

¥2,7 milyar

¥33,2 milyar

¥18,8 milyar

¥20,6 milyar

¥40,1 milyar

¥82,3 milyar

¥13,9 milyar

¥91,3 milyar

¥31,4 milyar

¥120,5 milyar

¥996,2 milyar

¥895,8 milyar

¥2.253,6 milyar

¥4.796,8 milyar

¥1.999,1 milyar

¥975,5 milyar

¥3.144,6 milyar

1.578

2.765

1.568

11.879

9.429

6.897

34.030

GRUP LOGAM

*Pendapatan dari investasi metode ekuitas berarti pendapatan dari inevestasi yang dicatat dengan metode ekuitas. *Pendapatan bersih berarti pendapatan bersih yang timbul dari pemilik Parent.

32

GRUP PERMESINAN

REVENUE

LABA KOTOR

(milyar ¥) 8.000,0

6.000,0

7.635,2

(milyar ¥) 1.500,0

7.669,5

1.250,0

6.009,9

1.000,0 4.000,0

1.186,0

1.209,9

14.3

15.3

1.054,9

750,0 500,0

2.000,0 250,0 0

13.3

14.3

0

15.3

13.3

PENDAPATAN BERSIH PER SAHAM (dicairkan)

PENDAPATAN BERSIH

(¥) 300,00

(milyar ¥) 500,0

400,6

400,0

323,5

245,83

250,00

361,4 200,00

196,02

218,80

300,0 150,00 200,0

100,00

100,0 0

50,00

13.3

14.3

0

15.3

ROE (%)

(%)

5,0

3,0

7,8

7,5

7,5

13.3

14.3

0

15.3

14.3

15.064,7

15.901,1

16.774,4

12.000,0 8.000,0

4.517,1

13.3

5.067,7

14.3

15.3

DIVIDEN PER SAHAM DAN RASIO PEMBAYARAN Total aset

(milyar ¥) 20.000,0

0

13.3

2,5

1,0

TOTAL ASET DAN EKUITAS

4.000,0

2,3

2,0

5,0

16.000,0

2,3

15.3

4,0

15,0

0

14.3

ROA

20,0

10,0

13.3

5.570,5

15.3

Ekuitas

Dividen per saham

(dividen: ¥) 70,00

68,00

60,00

55,00

50,00

25

70,00 28

Rasio pembayaran (%)

30 28

25

26

40,00

24

30,00

22

20,00

20

10,00

18

0

13.3

14.3

15.3

*Pendapatan Bersih berarti pendapatan bersih yang dapat diatribusikan ke pemilik Parent. *Ekuitas berarti ekuitas yang dapat diatribusikan pada pemilik Parent. *Rasio pembayaran untuk tahun berakhir tanggal 31 Maret 2013 dan 2014 dihitung berdasarkan pendapatan bersih yang didapat dari Mitsubishi Corporation di bawah U.S. GAAP

33

ANAK PERUSAHAAN DAN AFILIASI UTAMA

(PER TANGGAL 31 MARET 2015)

GRUP LAYANAN BISNIS NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

51,00

iVision Shanghai Co., Ltd. (China)

Bisnis yang berhubungan dengan solusi IT, layanan integrasi sistem, layanan manajemen IT dan pemasaran produk, dll.

Tata Consultancy Services Japan, Ltd. (Japan)

49,00

Konsultasi IT, pengembangan sistem solusi bisnis, pemeliharaan dan pengoperasian, dll.

SIGMAXYZ Inc. (Japan)

33,75

Layanan konsultasi bisnis

Infosec Corporation (Japan)

40,00

Penyedia layanan umum di bidang sekuritas informasi

Bewith, Inc. (Japan)

40,00

Penyedia layanan alih daya/ outsourcing (Pusat Kontak/ Contact Center)

GRUP BISNIS LINGKUNGAN GLOBAL & INFRASTRUKTUR NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

TRILITY GROUP PTY LTD (Australia)

60,00

Bisnis Air

MCKG Port Holding Corporation (Japan)

60,00

Manajemen investasi dalam bisnis pelabuhan

Diamond Generating Europe Limited (U.K.)

100,00

Pembangkit listrik independen

Diamond Solar Corporation (Japan)

100,00

Pembangkit listrik independen

Diamond Transmission Corporation Limited (U.K.)

100,00

Bisnis transmisi listrik

Mitsubishi Corporation Power Systems, Inc. (Japan)

100,00

Layanan paska-jual untuk pembangkit listrik di Jepang

Diamond Generating Corporation (U.S.A.)

100,00

Pembangkit listrik independen

Diamond Generating Asia, Limited (Hong Kong)

100,00

Pembangkit listrik independen

DGA Ho Ping B.V. (Nederland)

100,00

Pembangkit listrik independen

DGA Ilijan B.V. (Nederland)

100,00

Pembangkit listrik independen

Mitsubishi Corporation Machinery, Inc. (Japan)

100,00

Ekspor, impor dan perdagangan domestik peralatan pabrik

Swing Corporation (Japan)

33,33

Bisnis Air

Chiyoda Corporation (Japan)

33,73

Bisnis perancangan pabrik

Lithium Energy Japan (Japan)

41,94

Manufaktur dan penjualan baterai lithium-ion

ELECTRICIDAD SOL DE TUXPAN, S. de R.L. de C.V. (Mexico)

50,00

Pembangkit listrik independen

GRUP INDUSTRI KEUANGAN, LOGISTIK & PEMBANGUNAN NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

Alternative Investment Capital Ltd. (Japan)

51,00

Diamond Realty Investments, Inc. (U.S.A.)

100,00

Investasi real estate

Diamond Realty Management Inc. (Japan)

100,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

Healthcare Management Partners, Inc. (Japan)

66,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

MC Asset Management Holdings, LLC. (U.S.A.)

100,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

MC Aviation Partners Americas Inc. (U.S.A.)

100,00

Bisnis leasing dan layanan manajemen pesawat terbang

MC Aviation Partners Inc. (Japan)

100,00

Bisnis leasing dan layanan manajemen pesawat terbang

MC Engine Leasing Limited (U.K.)

80,00

Bisnis leasing mesin pesawat terbang

MC Asset Management Americas Ltd. (U.S.A.)

100,00

Bisnis manajemen aset (Penempatan)

MCAP Europe Ltd. (Ireland)

100,00

Bisnis leasing dan layanan manajemen pesawat terbang

Mitsubishi Corporation Asset Management Ltd. (Japan)

100,00

Bisnis manajemen aset (Penempatan, dll.)

Mitsubishi Corporation LT, Inc. (Japan)

100,00

Bisnis logistik total, transportasi intermodal internasional, bisnis pergudangan

Mitsubishi Corporation Urban Development, Inc. (Japan)

100,00

Pembangunan & pengoperasian properti komersial

Mitsubishi Corp.-UBS Realty Inc. (Japan)

51,00

New Century Insurance Co., Ltd. (Bermuda, British Overseas Territory) 100,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi) Bisnis asuransi

Seto Futo Co., Ltd. (Japan)

61,65

Bisnis terminal barang curah kering, bisnis pergudangan

TorreyCove Capital Partners LLC (U.S.A.)

82,44

Bisnis manajemen aset (Jasa konsultan investasi)

MC Asset Management Europe Limited. (U.K.)

100,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi/penempatan)

Double Bridge Infrastructure Inc. (Japan)

100,00

Bisnis manajemen pembiayaan infrastruktur

DBI Management Inc. (Japan)

100,00

Bisnis manajemen pembiayaan infrastruktur

Diamond Bulk Carriers Pte. Ltd. (Singapore)

100,00

Logistik kapal curah kering

Yokohama Akarenga Inc. (Japan) MC Asset Management Asia Limited (Hong Kong)

34

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi, dll.)

67,00 100,00

Pengoperasian properti komersial Bisnis manajemen aset (Penempatan, dll.)

100,00

MC Aviation Corporation (Japan)

Bisnis penjualan dan pemasaran untuk produk pesawat terbang komersial

AJIL Financial Services Company (Saudi Arabia)

20,00

Bisnis leasing umum

Deucalion MC Engine Leasing Ltd. (Ireland)

40,00

Bisnis leasing mesin pesawat terbang

Ekim Turizm Ticaret Ve Sanayi A.S. (Intercity) (Turkey)

35,80

Bisnis leasing mobil

Marunouchi Capital Co., Ltd. (Japan)

50,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

Mitsubishi Auto Leasing Holdings Corporation (Japan)

50,00

Leasing mobil dan penjualan cicilan untuk kedua kendaraan penumpang dan komersial

Mitsubishi UFJ Lease & Finance Company Ltd. (Japan)

20,00

Leasing, penjualan cicilan, pembiayaan yang lainnya

Mitsubishi Ore Transport Co., Ltd. (Japan)

40,28

Pemilik dan operator kapal curah kering dan operator mobil murni

TES Holdings Limited (U.K.)

35,00

Bisnis pemeliharaan & penjualan suku cadang mesin pesawat

AGP Corporation (Japan)

26,81

Penyuplaian listrik darat bandara, pemeliharaan fasilitas bandara, manufaktur dan penjualan cart makanan

MC Pavilion Alternative Investment Co., Ltd. (South Korea)

50,00

Bisnis manajemen aset (Konsultasi investasi)

One Rock Capital Partners, LLC. (U.S.A.)

40,00

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

Ant Capital Partners Co., Ltd. (Japan)

30,14

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

50,0

Bisnis manajemen aset (Manajemen investasi)

AIGF Advisors Pte. Ltd. (Singapore)

GRUP BISNIS ENERGI NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

Angola Japan Oil Co., Ltd. (Japan)

65,70

Eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak di Angola

Cordova Gas Resources Ltd. (Canada)

67,50

Eksplorasi, pengembangan dan produksi shale gas di Kanada

Cutbank Dawson Gas Resources Ltd. (Canada)

100,00

Perusahaan investasi untuk bisnis shale gas di Kanada

Diamond Gas Holdings Sdn. Bhd. (Malaysia)

100,00

Perusahaan pemegang saham untuk proyek GTL (Gas to liquid) di Malaysia

Diamond Gas Netherlands B.V. (The Netherlands)

80,00

Perusahaan pemegang saham untuk proyek Malaysia III

Diamond Gas Niugini B.V. (The Netherlands)

100,00

Eksplorasi dan pengembangan hidrokarbon di Papua Nugini

Diamond Gas Operation Co., Ltd. (Japan)

100,00

Agen bisnis gas alam cair dan penyedia informasi mengenai gas alam dan data industri

Diamond Gas Sakhalin B.V. (The Netherlands)

100,00

Perusahaan pemegang saham untuk proyek Sakhalin II di Rusia

Diamond LNG Canada Ltd. (Canada)

100,00

Pengembangan Proyek Gas Alam Cair di Kanada Barat

Diamond Resources (Canning) PT (Australia)

100,00

Eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas alam di Australia

Diamond Resources (Fitzroy) PT (Australia)

100,00

Eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas alam di Australia

MC Energy, Inc. (Japan)

100,00

Pemasaran dan penjualan aspal dan produk-produk minyak bumi

MCX Dunlin (UK) Limited (U.K.)

100,00

Eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak

MCX Exploration (USA) LLC (U.S.A.)

100,00

Eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak dan gas alam

MCX Osprey (UK) Limited (U.K.)

100,00

Eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak

MI Berau B.V. (The Netherlands)

56,00

yang relevan yang lain

Perusahaan pemegang saham untuk proyek Tangguh di Indonesia

Mitsubishi Shoji Sekiyu Co., Ltd. (Japan)

100,00

Pemasaran dan penjualan produk-produk minyak bumi

Mitsubishi Corporation Exploration Co., Ltd. (Japan)

100,00

Perusahaan eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas

Astomos Energy Corporation (Japan)

49,00

Impor, perdagangan, distribusi domestik dan penjualan elpiji

Brunei LNG Sendirian Berhad (Brunei)

25,00

Manufaktur dan penjualan gas alam cair (LNG) di Brunei

Encore Energy Pte. Ltd. (Singapore)

39,40

Perusahaan pemegang saham P.T. Medco Energi Internasional (Indonesia)

Japan Australia LNG (MIMI) Pty. Ltd. (Australia)

50,00

Pengembangan dan penjualan sumber-sumber daya (gas alam cair, elpiji, kondensat dan minyak mentah) di Australia



GRUP LOGAM NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

Metal One Corporation (Japan)

60,00

Mitsubishi Corporation RtM International Pte. Ltd. (Singapore) 100,00

Pengoperasian produk baja Anak perusahaan terintegrasi dalam perdagangan sumber daya logam

Mitsubishi Corporation RtM Japan Ltd. (Japan)

100,00

Perusahaan perdagangan untuk sumber daya logam terkait dengan Jepang

Triland Metals Ltd. (U.K.)

100,00

Perantara komoditas dagang di Bursa Logam London

Mitsubishi Development Pty Ltd (Australia)

100,00

Investasi, produksi dan penjualan batubara dan sumber daya mineral lainnya

M.C. Inversiones Limitada (Chile)

100,00

Perusahaan sumber daya logam yang beroperasi di Amerika Latin

MC RESOURCE DEVELOPMENT LTD. (U.K.)

100,00

Investasi di Anglo American Sur, S.A. (Chili)

JECO Corporation (Japan) MC Copper Holdings B.V. (The Netherlands)

70,00 100,00

Perusahaan investasi untuk tambang tembaga Escondida di Chili Perusahaan investasi untuk pertambangan tembaga Los Pelambres di Chili

Iron Ore Company of Canada (Canada)

26,18

Pertambangan, pemrosesan dan penjualan bijih besi

JECO 2 Ltd. (U.K.)

50,00

Perusahaan investasi untuk tambang tembaga Escondida di Chili

35

GRUP PERMESINAN NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

Mitsubishi Corporation Technos (Japan)

100,00

Penjualan alat-alat mesin dan mesin industri

MSK Farm Machinery Corporation (Japan)

100,00

Penjualan dan perbaikan mesin dan fasilitas pertanian

Nikken Corporation (Japan)

96,83

Penyewaan dan penjualan mesin konstruksi dan perangkat lain

MC Machinery Systems, Inc. (U.S.A.)

100,00

Penjualan dan perbaikan alat-alat mesin dan mesin industri

Diamond Star Shipping Pte. Ltd. (Singapore)

100,00

Kepemilikan dan penyewaan kapal

Diamond Camellia S.A. (Panama)

100,00

Kepemilikan dan penyewaan kapal

PT. Dipo Star Finance (Indonesia)

95,00

Pembiayaan mobil

PT. Berlian Sistem Informasi (Indonesia)

90,00

Jasa pelayanan komputer

Mitsubishi Motors Malaysia Sdn. Bhd. (Malaysia)

52,00

Distribusi mobil

The Colt Car Company Ltd. (U.K.)

100,00

Distribusi mobil

Spitalgate Dealer Services Ltd. (U.K.)

100,00

Pembiayaan mobil

MMC Car Poland Sp. z o.o. (Poland)

100,00

Distribusi mobil

MCE Bank GmbH (Germany)

100,00

Pembiayaan mobil

MC Automobile (Europe) N.V. (The Netherlands)

100,00

Bisnis terkait dengan mobil

MC Factoring Rus LLC. (Russia)

100,00

Pembiayaan mobil

Zao MC Bank Rus (Russia)

100,00

Pembiayaan mobil

Tri Petch Isuzu Sales Co., Ltd. (Thailand)

88,73

Distribusi mobil

Tri Petch Isuzu Leasing Co., Ltd. (Thailand)

93,50

Pembiayaan mobil

Isuzu UTE Australia Pty Ltd (Australia)

100,00

Distribusi mobil

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Indonesia)

40,00

Distribusi mobil

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Indonesia)

40,00

Manufaktur mobil

PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing (Indonesia)

32,28

Manufaktur dan distribusi mesin mobil dan komponen lembaran logam

PT. Krama Yudha Ratu Motor (Indonesia)

31,00

Perakitan mobil

Vina Star Motors Corporation (Vietnam)

25,00

Perakitan dan distribusi mobil

Mitsubishi Motor Sales (China) Co., Ltd. (China)

50,00

Distribusi mobil

FF Sheffe B.V. (The Netherlands)

49,00

Perusahaan induk yang berhubungan dengan mobil

MMC Chile S.A. (Chile)

40,00

Distribusi mobil

MC Autos del Peru S.A. (Peru)

41,00

Distribusi mobil

Isuzu Motors Co., (Thailand) Ltd. (Thailand)

27,50

Manufaktur mobil

Isuzu Motors International Operations (Thailand) Co., Ltd. (Thailand)

30,00

Ekspor & penjualan mobil

Isuzu Motors India Pvt Ltd (India)

38,00

Manufaktur dan distribusi mobil



GRUP KIMIA NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

Chuo Kasei Co., Ltd. (Japan)

100,00

Chuo Silika Co.,Ltd. (Japan)

98,50

Pemasaran produk kimia Manufaktur silika

KOHJIN Holdings Co.,Ltd. (Japan)

100,00

KOHJIN Film & Chemicals Co., Ltd. perusahaan kepemilikan

KOHJIN Film & Chemicals Co.,Ltd. (Japan)

100,00

Manufaktur film dan kimia

Mitsubishi Shoji Agri-Service Corporation (Japan)

100,00

Pemasaran pupuk

MC Ferticom Co., Ltd. (Japan)

72,83

Manufaktur pupuk

Chuo Kagaku Co., Ltd. (Japan)

60,59

Manufaktur wadah makanan plastik

Mitsubishi Corporation Plastics Corp. (Japan)

100,00

Pemasaran bahan baku sintetis dan plastik

KIBIKASEI Co., Ltd. (Japan)

100,00

Pemasaran bahan baku sintetis dan plastik

Mitsubishi Shoji Chemical Corp. (Japan)

100,00

Pemasaran solvent, cat, coating resin, silikon

MC Yamasan Polymers Co.,Ltd. (Japan)

90,00

Penjualan solvent, resin untuk coating dll.

Mitsubishi International PolymerTrade Corporation (U.S.A.)

100,00

Penjualan bahan kimia khusus dan komoditas resin

Mitsubishi Corporation Life Sciences Limited. (Japan)

100,00

Perusahaan induk dengan aset di industri kimia untuk makanan

Mitsubishi Shoji Foodtech Co., Ltd. (Japan)

100,00

Produksi pemanis buatan, makanan kesehatan, dan bahan fungsional

KOHJIN Life Sciences Co.,Ltd. (Japan)

100,00

Produksi ekstrak ragi dan bahan fungsional

MC Food Specialties Inc. (Japan)

100,00

Produksi bumbu, kimia makanan, dll.

Mitsubishi International Food Ingredients, Inc. (U.S.A.)

100,00

Penjualan bahan kimia untuk makanan (pemanis, bahan fungsional, dll.)



36

SPDC Ltd. (Japan)

30,39

Investasi dan bisnis yang berhubungan dengan minyak bumi dan petrokimia

Meiwa Corporation (Japan)

33,05

Perusahaan perdagangan

Petronas Chemicals Aromatics Sdn. Bhd. (Malaysia)

30,00

Manufaktur benzena dan parakslena

Exportadora de Sal, S.A de C.V. (Mexico)

49,00

Produksi garam

Metanol de Oriente, METOR, S.A. (Venezuela)

25,00

Manufaktur metanol

Fosfatos del Pacifico S.A. (Peru)

21,00

Ekstraksi bijih fosfat / Manufaktur batu bata

UBE-MC Hydrogen peroxide Ltd. (Japan)

49,00

Manufaktur hidrogen peroksida

DM Color Mexicana S.A. de C.V. (Mexico)

35,00

Manufaktur senyawa plastik dan bahan pewarna

Rimtec Corporation (U.S.A.)

49,00

Manufaktur senyawa PVC

Amfine Chemical Corporation (U.S.A.)

40,00

Manufaktur stabilisator dan aditif untuk plastik

Liling Fine Chemicals Co., Ltd. (China)

29,78

Manufaktur intermediates agrokimia dan bahan aktif kontrak

Deccan Fine Chemicals (India) Ltd. (India)

20,00

Manufaktur intermediates agrokimia dan bahan aktif kontrak

FUJIFILM Diosynth Biotechnologies UK Limited (U.K.)

20,00

Manufaktur biofarmasi kontrak

FUJIFILM Diosynth Biotechnologies U.S.A., Inc. (U.S.A.)

20,00

Manufaktur biofarmasi kontrak

Tartaros Gonzalo Castello, S.L (Spain)

30,00

Produksi tartrat

GRUP KEBUTUHAN POKOK HIDUP NAMA PERUSAHAAN

HAK SUARA (%)

BISNIS UTAMA

81,54

Agrex do Brasil S.A. (Brazil)

100,00

Agrex, Inc. (U.S.A.)

70,00

Alpac Forest Products Inc. (Canada)

Penerimaan dan penjualan gandum Menerima dan penjualan gandum Manufaktur dan penjualan bubur kertas

Art Coffee Co., Ltd. (Japan)

100,00

Produksi dan penjualan biji kopi panggang

California Oils Corporation (U.S.A.)

100,00

Manufaktur dan penjualan minyak dan lemak nabati olahan

Cape Flattery Silica Mines Pty., Ltd. (Australia)

100,00

Pertambangan, pemurnian, dan penjualan pasir silika

Cermaq Group AS (Norway)

100,00

Budidaya, pengolahan, penjualan ikan salmon

Dai-Nippon Meiji Sugar Co., Ltd. (Japan)

100,00

Manufaktur dan grosir produk gula

Foodlink Corporation (Japan)

99,42

Penjualan daging dan produk daging

Indiana Packers Corporation (U.S.A.)

80,00

Pengolahan dan penjualan daging babi

Japan Farm, Ltd. (Japan)

70,00

Peternakan unggas/babi, pengolahan ayam

KFC Holdings Japan, Ltd. (Japan)

65,98

Restoran makanan cepat saji dan toko pizza layanan pengiriman ke rumah

MC Healthcare, Inc. (Japan)

80,00

Dukungan back office untuk manajemen rumah sakit, penjualan peralatan medis dan farmasi

Mitsubishi Corporation Fashion Co., Ltd. (Japan)

100,00

Desain, manufaktur dan penjualan produk busana

Mitsubishi Shoji Construction Materials Corporation (Japan)

100,00

Pemasaran bahan konstruksi dan kontrak pekerjaan konstruksi terkait

Mitsubishi Shoji Packaging Corporation (Japan)

92,15

Mitsubishi Shokuhin Co., Ltd. (Japan)

62,00

Grosir produk makanan

Nihon Shokuhin Kako Co., Ltd. (Japan)

59,81

Manufaktur kanji jagung (corn starch) dan produk hasil pengolahan yang terkait

Nippon Care Supply Co., Ltd. (Japan)

74,78

Penyewaan dan penjualan perangkat alat-alat perawatan kesehatan

Nitto Fuji Flour Milling Co., Ltd. (Japan)

64,45

Penggilingan tepung

Penjualan dan pemasaran bahan kemasan, kertas, papan kertas, kardus, serta ekspor kertas dan papan kertas

Nosan Corporation (Japan)

100,00

Manufaktur dan pemasaran pakan ternak

Princes Limited (U.K.)

100,00

Manufaktur produk makanan dan minuman ringan

Riverina (Australia) Pty., Ltd. (Australia)

100,00

Pemasaran gandum serta manufaktur dan pemasaran pakan hewan

Southern Cross Seafood S.A. (Chile)

99,50

Budidaya ikan salmon dan trout

TH Foods, Inc. (U.S.A.)

53,16

Manufaktur kerupuk beras

Toyo Reizo Co., Ltd. (Japan)

81,92

Pengolahan dan penjualan produk hasil laut

Yonekyu Corporation (Japan)

71,02

Penjualan daging, manufaktur dan penjualan makanan olahan

Beijing Tianxingpuxin Bio-Med Co., Ltd. (China)

20,00

Distribusi pasokan farmasi dan medis

Himaraya Co., Ltd. (Japan)

20,02

Penjualan ritel peralatan olah raga

Itoham Foods, Inc (Japan)

24,32

Manufaktur dan penjualan daging dan makanan proses

Kadoya Sesame Mills, Inc. (Japan)

26,35

Manufaktur dan penjualan minyak wijen dan biji wijen

Kanro Co.,Ltd. (Japan)

30,05

Manufaktur dan penjualan konfeksioneri

Kokusai Bulk Terminal Co., Ltd. (Japan)

48,41

Transportasi pelabuhan dan bisnis pergudangan

Lawson, Inc. (Japan)

32,40

Waralaba LAWSON, Convenience Stores

Life Corporation (Japan)

23,50

Jaringan pasar swalayan

Matsutani Chemical Industry Co., Ltd. (Japan)

30,00

Pengolahan kanji

MCC Development Corporation (U.S.A.)

30,00

Perusahaan induk untuk perusahaan-perusahaan beton siap pakai

Mitsubishi Cement Corporation (U.S.A.)

28,71

Manufaktur dan pemasaran semen

Rokko Butter Co., Ltd. (Japan)

20,87

Manufaktur dan penjualan produk keju

Sinopharm Group Beijing Huahong Co., Ltd. (China)

20,00

Penjualan grosir farmasi



JUMLAH ANAK PERUSAHAAN DAN AFILIASI METODE EKUITAS YANG DIKONSOLIDASIKAN MENURUT SEGMEN OPERASIONAL GRUP BISNIS GRUP INDUSTRI LINGKUNGAN GLOBAL KEUANGAN, LOGISTIK & INFRASTRUKTUR & PEMBANGUNAN Jumlah Anak Perusahaan dan Afiliasi Metode Ekuitas yang Dikonsolidasikan

59

87

GRUP BISNIS ENERGI

GRUP LOGAM

GRUP PERMESINAN

GRUP KIMIA

GRUP KEBUTUHAN POKOK HIDUP

GRUP PELAYANAN BISNIS

BAGIAN STAF NON-BISNIS PERUSAHAAN

ANAK PERUSAHAAN TINGKAT REGIONAL

Total

92

26

124

52

111

7

12

44

614

・Jumlah karyawan pada perusahaan induk dan semua anak perusahaan yang dikonsolidasikan: 71.994 ・Jumlah karyawan pada perusahaan induk saja: 5.637 ・Perusahaan yang terafiliasi dengan anak perusahaan tidak termasuk dalam jumlah anak perusahaan dan afiliasi metode ekuitas yang dikonsolidasikan.

37

DATA PERUSAHAAN (PER TANGGAL 31 MARET 2015)

Nama Perusahaan Mitsubishi Corporation Tanggal Pendirian Tanggal 1 Juli 1954 (Tanggal Terdaftar: 1 April 1950) Modal ¥204.446.667.326 Jumlah Total Saham yang Diterbitkan 1.624.036.751

Mitsubishi Corporation Website Terdaftar di Pasar Bursa SAHAM berikut ini

For more details about Mitsubishi Corporation’s business, CSR Tokyo, Nagoya,activities, Londoninvestor relations and career and environmental information, please visit our website.

Kantor Pusat http:/ /www.mitsubishicorp.com/global Mitsubishi Shoji Building 3-1, Marunouchi 2-chome, Chiyoda-ku, Tokyo, 100-8086, Japan* *Alamat perusahaan yang terdaftar

Marunouchi Park Building 6-1, Marunouchi 2-chome, Chiyoda-ku, Tokyo, 100-8086, Japan

MC Library

This page contains additional resources, including our corpoJumlah Pegawai rate profile video, an Perusahaan induk:outline 5.637of our history, an overview of our social contribution activities and examples of company ads.

Perusahaan induk dan seluruh anak

http:/ /www.mitsubishicorp.com/jp/en/mclibrary perusahaan yang terkonsolidasi: 71.994 Jumlah Anak Perusahaan dan Afiliasi Metode Ekuitas yang terkonsolidasi 614 *Tidak termasuk perusahaan yang berafiliasi dengan Anak Perusahaan MC.