Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB - Fakultas Ilmu ...

259 downloads 44 Views 3MB Size Report
perpajakan yang bermutu dan diakui oleh masyarakat luas baik di dalam maupun luar negeri. ... perpajakan dan memperkuat posisi alumni di pasar kerja. 3.

IDENTITAS PROGRAM STUDI DAN PENGISI BORANG

Program Studi (PS)

: Perpajakan

Jurusan

: Administrasi Bisnis (Niaga)

Fakultas

: Ilmu Administrasi

Perguruan Tinggi

: Universitas Brawijaya

Bulan & Tahun

: 1 Maret 2010

Penyelenggaraan PS

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor

Pertama Kali

Universitas Brawijaya Nomor 245/SK/2010 tertanggal 16 Agustus 2010 dan disahkan oleh Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18/D/O/2011 tertanggal 12 Januari 2011

Nomor SK Pendirian PS

: No. 245/SK/2010 dan disahkan oleh Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18/D/O/2011 tertanggal 12 Januari 2011

Tanggal SK

: 16 Agustus 2010

Pejabat Penandatangan SK

: Rektor Universitas Brawijaya

Visi Program Studi

:

Menjadi lembaga pendidikan ilmu administrasi khususnya di bidang perpajakan yang bermutu dan diakui oleh masyarakat luas baik di dalam maupun luar negeri.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

1

Misi Program Studi

:

1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang perpajakan. 2. Menciptakan etos ilmu administrasi lebih khusus pada bidang perpajakan dan memperkuat posisi alumni di pasar kerja. 3. Menciptakan hubungan strategis antara fakultas dan pengguna alumni di bidang perpajakan.

Tujuan Program Studi 1.

Terciptanya system pendidikan yang senantiasa relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didukung oleh kemampuan sumber daya manusia pengelolanya yang berkualitas.

2.

Menghasilkan sarjana Perpajakan yang berkualitas, profesional, memiliki integritas moral dan mampu bersaing dalam era global.

3.

Terbentuknya jaringan kerjasama yang efektif dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

2

Identitas Pengisi Borang

:

1. Nama

: Dr. Siti Ragil Handayani, M.Si

NIP/NID

: 19630923 198802 2 001

Jabatan

: Ketua Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

2. Nama

: Yuniadi Mayowan, S.Sos., MAB

NIP/NID

: 19750614 200812 1 002

Jabatan

: Sekretaris Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

3. Nama

: Suhadak, Prof, Dr, MEc

NIP/NID

:

Jabatan

: Dosen Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

3

4. Nama

: Endang Siti A, Prof. Dr

NIP/NID

:

Jabatan

: Dosen Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

5. Nama

: Djamhur Hamid, Dr.

NIP/NID

:

Jabatan

: Dosen Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

6. Nama

: M.Al Musadieq, Dr

NIM

:

Jabatan

: DosenProgram Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

7. Nama

: Nila Firdausi Nuzula, Ph.D

NIP/NID

: 19730530 200312 2 001

Jabatan

: Dosen Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

4

Universitas Brawijaya Tanggal Pengisian

:

Tanda Tangan

8. Nama

: Rosalita Rachma A, SE, MSA, AK

NIM

:

Jabatan

: Dosen Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda tangan

9. Nama

: Yusri Abdillah, Ph.D

NIP

: 19741227 200312 1 002

Jabatan

: Dosen Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Tanggal Pengisian

:

Tanda tangan

10.Nama

: Lukisan Edi Kuncoro, Drs

NIP

:

Jabatan

: Kepala TU FIA UB

Tanggal Pengisian

:

Tanda tangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

5

BAB I VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1.a Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran di awali dengan mengumpulkan dosen Jurusan Administrasi Bisnis dan menjaring aspirasi mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran. Kegiatan ini dilakukan pada saat penyusunan proposal pembukaan Program Studi Perpajakan yang didukung penuh oleh pimpinan fakultas. Di lain kesempatan, mahasiswa di akhir perkuliahannya di tampung aspirasinya dengan melakukan diskusi ringan mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran. Kegiatan ini ditujukan untuk melakukan perbaikan yang dirasa perlu terutama pada kegiatan agar mengarah pada pencapaian visi dan misi program studi perpajakan. Dengan demikian, pihak yang dilibatkan adalah dosen dan mahasiswa. Data aspirasi yang ada tersebut diolah menjadi bahan masukan penyusunan visi dan misi dan sebagai sebuah program studi baru penyusunan visi misi dilakukan secara intens oleh tim yang dibentuk khusus oleh fakultas. Tim inilah yang secara aktif melakukan penyusunan visi dan misi tersebut. Di masa mendatang, penggalian aspirasi dapat dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder perpajakan dengan berbagai metode pengumpulan aspirasi, yang dimaksud stakeholder ini meliputi orang tua mahasiswa, mahasiswa, calon pengguna lulusan, karyawan dan dosen.

Visi “Menjadi lembaga pendidikan ilmu administrasi khususnya di bidang perpajakan yang bermutu dan diakui oleh masyarakat luas baik secara nasional maupun internasional di tahun 2020”.

Program studi Administrasi merupakan program studi yang berada di dalam lingkungan Universitas Brawijaya. Alur visi dan misi harus menjadi satu

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

6

kesatuan mencapai visi universitas yaitu “Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”. universitas berusaha untuk menjadi sebuah universitas unggul yang memberikan layanan kepada masyarakat yang diakui baik di dalam maupun di luar negeri sehingga program studi dalam penyusunan visi dan misi menjadikan visi universitas sebagai arahan termasuk visi fakultas dan visi jurusan. Visi yang paling dekat adalah visi jurusan Administrasi Bisnis yaitu “Menjadi pusat pengembangan Ilmu Adminsitrasi Bisnis (Niaga) yang dikenal secara nasional dan internasional”. Kesimpulan yang bisa diambil dari visi yang diusung Program Studi Perpajakan menunjukkan konsistensi visi antara Program Studi Perpajakan, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Universitas Brawijaya.

Misi 1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan Tri Dharma PerguruanTinggi di bidang perpajakan. 2. Menciptakan etos ilmu administrasi lebih khusus pada bidang perpajakan dan memperkuat posisi alumni di pasar kerja. 3. Menciptakan hubungan strategis antara fakultas dan pengguna alumni di bidang perpajakan. Misi merupakan penjabaran dalam pencapaian visi program studi. Kualitas dan kuantitas di bidang pendidikan ditunjukkan dengan perbaikan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) melalui koordinasi pengajar sesuai mata kuliah. Kegiatan ini aktif dilakukan sebelum perkuliahan dimulai. Dalam rangka menciptakan hubungan dengan pasar kerja maka beberapa langkah perlu dilakukan seperti menjalin hubungan dengan Direktorat Jenderal Pajak Kanwil III Jawa Timur dan beberapa institusi perpajakan. Hubungan ini ditindaklanjuti oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan magang yang sekaligus merupakan sebuah kegiatan dalam menyebarkan nama program studi perpajakan ke pasar kerja. Misi ketiga akan dibuat skema yang saling

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

7

menguntungkan dengan pengguna alumni, rintisan kearah ini sedang dibuat dan dijajaki kerjasama dengan instansi terkait.

Tujuan Untuk mencapai VISI dan MISI dari pendidikan program studi S1 Perpajakan ini, maka dalam proses kegiatan pendidikan telah ditetapkan tujuantujuan sebagai berikut : 1. Terciptanya sistem pendidikan yang senantiasa

relevan dengan

perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didukung oleh kemampuan sumber daya manusia pengelolanya yang berkualitas. 2. Menghasilkan sarjana Perpajakan yang berkualitas, profesional, memiliki integritas moral dan mampu bersaing dalam era global. 3. Terbentuknya jaringan kerjasama yang efektif dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang perpajakan.

Sasaran Peserta program studi S1 Perpajakan diharapkan mampu menjadi sarjana S1 Perpajakan yang mempunyai kemampuan profesionalisme tinggi dibidang perpajakan dan bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan lembaga sebagai berikut: 1. Bagi Masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berupa tenaga ahli di bidang perpajakan. 2. Bagi Pemerintah. Berperan serta dalam usaha peningkatan pendapatan Negara berupa pajak melalui pengembangan sumber daya manusia di bidang perpajakan dan sebagai mitra pemerintah dalam usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pajak.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

8

3. Bagi Dunia Usaha. Sebagai mitra dunia usaha. 4. Bagi Lembaga. Untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lembaga secara nasional dan internasional.

Sasaran lain yang tidak kalah penting adalah pengguna lulusan. Sasaran ini dapat dicapai karena fasilitas dan tenaga pengajar yang mumpuni. Sebagai program studi baru, prodi perpajakan mampu menyediakan fasilitas dan tenaga pengajar selain rekruitmen tenaga pengajar yang dilakukan terus menerus dengan standar yang telah ditetapkan. Peningkatan kapasitas tenaga pengajar/dosen dilakukan terus menerus seiring dengan kebijakan fakultas dan universitas dimana Universitas Brawijaya telah memberlakukan kebijakan bahwa tenaga pengajar yang belum bergelar magister atau doktor dan berusia di bawah 35 tahun wajib melanjutkan studi di luar negeri. Doktor lulusan dari dalam negeri wajib mengikuti program home stay selama 3 bulan di luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya berbahasa Inggris dan menulis di jurnal internasional. Bagi guru besar yang bahasa inggrisnya belum bagus wajib mengikuti program recharging di luar negeri untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan meng-up date serta memperbaharui dan meningkatkan kemampuan teoritik dan metodologi sehingga setiap guru besar berhasil menulis di jurnal internasional. Dalam bidang kemahasiswaan, Prodi Perpajakan yang menjadi satu dengan FIA UB selalu berupaya untuk meningkatkan soft skill mahasiswa melalui berbagai penyediaan pelatihan dan pengetahuan tambahan; misalnya: pelatihan kepemimpinan (leadership), kewirausahaan (entrepreneurship), perencanaan bisnis (business plan), dan lain-lain. Dengan cara ini, bekal mahasiswa untuk memasuki dunia kerja tidak hanya cukup dengan kemampuan hard skill di bidangnya tetapi ditunjang pula oleh pengetahuan tambahan yang memungkinkan untuk bersaing secara komparatif dan kompetitif dalam mendapatkan pekerjaan. Kegiatan

khusus

kemahasiswaan

dimulai

dengan

berdirinya

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Himpunan

9

Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Perpajakan dan selain itu juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan tax center.

1.1.b Strategi pencapaian Penetapan dan penerapan visi, misi, tujuan dan sasaran memerlukan strategi agar tujuan dapat diperoleh dengan baik. Strategi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: Tahun 2010

No 1

2

3

2011

4

5

2012

6

2013

7

8

2014

9

10

Strategi Melakukan sosialisasi visi, misi PS Perpajakan kepada pemangku kepentingan secara luas Merekrut dosen baru yang berkualitas dan mempunyai kualifikasi akademik yang relevan Memberikan peluang kepada mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan dan perlombaan baik akademik maupun ekstrakurikuler. Mempertahankan kepemimpinan kolegial dengan interaksi maupun komunikasi secara kelembagaan yang baik, sehingga tercipta sebuah tata kelola yang efektif dan efisien. Mendorong dosen di Prodi Perpajakan FIA UB untuk melakukan studi lanjut untuk memperkuat wawasan dan kompetensi akademik Melakukan inovasi dalam berbagai aspek untuk merespon tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Penataan tata pamong dan kelembagaan Prodi Perpajakan, sehingga tata kelola Prodi Perpajakan FIA UB dapat dijadikan sebagai contoh best practice dari Prodi yang sejenis di Indonesia. Mengirimkan dosen PS Perpajakan untuk mendapatkan sertifikasi professional yang dapat mendukung pengayaan terhadap muatan yang bersifat praktis. Melakukan kolaborasi dengan professional dibidang perpajakan untuk mengembangkan Prodi Perpajakan, sehingga dapat dijadikan benchmark bagi Perguruan Tinggi lain yang berkompeten untuk membuka Prodi sejenis. Memberikan tambahan keahlian kepada

Program/Kegiatan Pamflet Brosur Rekrutmen Dosen

Perlombaan Kegiatan Ekstra kurikuler Organisasi kemahasiswaan Pertemuan rutin mingguan

Pengembangan SDM Pendidikan dan pelatihan

Penelitian Pendidikan dan pelatihan Workshop Evaluasi OTK

Sertifikasi Dosen

Workshop

Sertifikasi TOT brevet

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

10

Tahun

No

11 2015

12 13

14 15

2016

16

17

2017

18

19

2018

20 21

22

2019

23

2020

24 25

Strategi mahasiswa terutama yang berkaitan dengan bidang perpajakan atau keahlian lain yang dibutuhkan ketika bekerja. Menentukan prioritas topik penelitian bidang perpajakan yang kompetitif. Memperbaiki rencana strategis yang mampu menjawab tujuan visi dan misi Memperdalam kajian-kajian perpajakan dengan mengundang pakar yang mumpuni baik akademisi maupun praktisi. Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasaranayang telah ada. Memanfaatkan tax center secara optimal untuk lebih memperkenalkan PS Perpajakan kepada masyarakat luas. Meningkatkan kualitas kelembagaan dan memberikan pelayanan yang baik bagi stakeholders Peningkatan kemampuan dosen dalam hal penguasaan TI yang terbaru sesuai dengan perkembangan jaman. Meningkatkan jumlah dosen untuk mempresentasikan karya-karya ilmiahnya di seminar atau konferensi bersakala nasional dan internasional baik didalam maupun diluar negeri yang relevan. Meningkatkan kemampuan dan jumlah dosen dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah atau jurnal penelitian di jurnal-jurnal terakreditasi nasional dan jurnal-jurnal internasional maupun dalam bentuk buku. Membuka prodi S2 dan S3 Perpajakan Melakukan penyesuaian kurikulum secara rutin dan berkala guna memelihara dan meningkatkan relevansi. Menyelenggarakan workshop standarisasi kurikulum untuk semua pengelola PS Perpajakan di semua jenjang. Terus memelihara dan meningkatkan kualitas hubungan jaringan dengan institusi-institusi yang telah bekerjasam selama ini dan institusi-institusi yang akan ikut bekerjasama dalam hal pengembangan kurikulum. Pertukaran Dosen internasional Membuka kelas internasional jenjang S1, S2, S3

Program/Kegiatan

Roadmap penelitian Evaluasi Strategi Paruh Waktu Kuliah Tamu Kuliah Umum

Sosialisasi perpajakan

peraturan

Service excellence

Pelatihan IT

Diklat

Diklat

Evaluasi kurikulum

Workshop kurikulum

Kerjasama tinggi

antar

perguruan

Kerjasama tinggi Kerjasama tinggi

antar

perguruan

antar

perguruan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

11

1.2 Sosialisasi Pada setiap penerimaan mahasiswa baru perpajakan, visi, misi dan tujuan program studi disampaikan kepada mahasiswa melalui acara orientasi pendidikan, pemberian arahan ini dilakukan oleh semua dosen. Situs ub.ac.id mencakup semua aktivitas di dalam lingkup universitas termasuk Fakultas Ilmu Administrasi khususnya Prodi perpajakan. Prodi Perpajakan

sudah

memiliki

alamat

situs

yang

dapat

di

akses

di

www.fia.ub.ac.id/proto/perpajakan dimana dalam situs tersebut termuat semua informasi mengenai Prodi Perpajakan. Informasi yang didapat dari profil, bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian, jaminan mutu, kemahasiswa dan alumni, layanan, fasilitas dan kontak. Penyediaan informasi melalui situs akan mampu mempercepat proses sosialisasi, pengenalan ataupun pendalaman informasi keseluruh pengakses situs tersebut di seluruh Indonesia pada khususnya dan dunia global pada umumnya. Visi dan Misi prodi perpajakan selain terdapat di situs juga terdapat pada tulisan visi yang ditempel di dinding sehingga bisa dibaca oleh seluruh sivitas akademika. Usaha lain yang dilakukan adalah pembuatan leaflet, banner, buku pedoman pendidikan, rapat-rapat prodi, rapat pimpinan dengan tenaga kependidikan dan dilain kesempatan yang memungkinkan. Visi dan Misi Prodi Perpajakan dipahami seutuhnya oleh mahasiswa dan dosen dimana banyak mahasiswa yang mempunyai prestasi baik didalam maupun di luar kampus. Kegiatan tersebut didampingi oleh dosen untuk meningkatkan kualitas dan memenangkan persaingan. Untuk menjadi prodi yang bermutu tinggi, dosen pengajar merupakan dosen pilihan yang terbaik di bidangnya. Untuk menjadi prodi yang bermutu tinggi, didukung oleh banyaknya peminat dan keketatan dalam

penerimaan, sehingga dari segi input, mahasiswa prodi

perpajakan merupakan mahasiswa dengan input yang sangat baik ditambah dosen pengajar yang terbaik dibidangnya akan menjadi kualitas output yang bermutu baik. Civitas akademika lainnya mendukung penuh terhadap pencapaian visi dan misi prodi perpajakan, pelayanan kepada mahasiswa saat ini di era teknologi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

12

informasi memanfaatkan semua teknologi informasi yang memungkinkan sehingga pelayanan menjadi cepat, efisien dan efektif.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

13

BAB II TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU

2.1 Tata Pamong Tata pamong (governance) yang ada pada sebuah institusi pendidikan tinggi merupakan cerminan dari pelaksanaan good university governance dalam mengakomodasi nilai, norma, struktur, peran, fungsi, dan aspirasi pemangku kepentingan. Dalam hal ini, tata pamong sebuah institusi pendidikan tinggi merupakan bagian integral dari tumbuh kembangnya sebuah perguruan tinggi. Lebih lanjut, Tata pamong sebagai sistem yang memelihara efektivitas peran para konstituen dalam pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, dan penyelenggaraan pendidikan. Program Studi (PS) Perpajakan didirikan di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) melalui Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Brawijaya (UB) Nomor: 10/SK/2010, yang diperkuat dengan izin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional c.q. Ditjen DIKTI Nomor: 18/D/O/2011 tertanggal: 12 Januari 2011. Sesuai dengan statuta UB, sistem penetapan Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Sekretaris program studi (Sekprodi) yang berlaku pada PS Perpajakan mengacu pada mekanisme penunjukan oleh Dekan FIA yang dituangkan dalam SK Dekan FIA yang kemudian disetujui oleh senat Fakultas yang didasarkan atas potensi individu yang mencakup: kompetensi secara akademis, kredibilitas, tanggung jawab dan integritas. Dalam hal yang berkaitan dengan struktur kelembagaan, PS Perpajakan berada dibawah naungan Jurusan Administrasi Bisnis (JAB) bersama beberapa prodi yang lain. Segala perencanaan program yang berkaitan dengan PS Perpajakan diusulkan kepada JAB melalui mekanisme rapat kerja di tingkat Fakultas dan Universitas. Atas hal tersebut maka, dapat dikatakan bahwa tata pamong pada PS Perpajakan FIA UB dapat dikatakan memadai, yang

terlihat pada lima kriteria yaitu kredibilitas,

transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, dan adil.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

14

Sistem tata pamong pada PS Perpajakan FIA-UB telah berjalan dengan baik melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong tersebut didukung dengan budaya organisasi PS Perpajakan FIA-UB yang tercermin pada tegaknya aturan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium). Sistem tata pamong PS Perpajakan FIA-UB yang terdiri atas input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal telah menjamin terlaksananya tata pamong yang baik, serta diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas. Secara ringkas pelaksanaan sistem tata pamong di PS Perpajakan FIA-UB menunjukkan sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil dalam mewujudkan visi, melaksanakan misi mencapai tujuan dan melaksanakan strategi pencapaian sasaran (mengacu pada struktur organisasi). Pelaksanaan tata pamong di PS Perpajakan FIA-UB mengacu pada buku Pedoman Pendidikan Fakultas, norma dosen, norma mahasiswa serta aturan-aturan yang digunakan PS Perpajakan FIA-UB sebagai dasar dalam melaksanakan proses administrasi akademik.

2.2 Kepemimpinan Program Studi Perpajakan FIA-UB Kepemimpinan Ketua PS dalam sebuah institusi pendidikan tinggi sangat menentukan proses tumbuh dan kembang organisasi dari kapasitas akademik. Peranan

kepemimpinan

yang

tanggap

terhadap

perubahan,

tegas

dan

berkepribadian baik akan dapat mengarahkan, mempengaruhi perilaku dan pola pikir semua elemen yang terlibat dalam organisasi secara efisien dan efektif dengan mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang telah disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan secara tepat dan cepat. Hingga saat ini, Ketua PS Perpajakan FIA-UB mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang dapat dicapai secara kredibel, serta

mengkomunikasikan

visi

ke

depan.

Dalam

menjalankan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

fungsi 15

kepemimpinannya, Ketua PS Perpajakan FIA-UB mampu menjalankan beberapa tipe

kepemimpinan: operasional, organisasi

dan publik. Kepemimpinan

operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi. Manifestasi dari kepemimpinan organisasi ditunjukkan dalam hal kepemimpinan yang melibatkan partisipasi anggota organisasi PS Perpajakan misalnya: pelibatan dosen tetap maupun luar biasa dalam sosialisasi kurikulum maupun dalam melakukan proses staffing. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan organisasional pada PS Perpajakan ditunjukkan dengan melakukan kepatuhan atas aturan-aturan yang telah digariskan (misal: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, SK Dirjen DIKTI, SK Rektor, SK Dekan). Selain itu, kepatuhan atas rambu-rambu mutu sebagaimana yang telah disusun oleh UJM juga menjadi tolok ukur atas kepemimpinan organisasi PS Perpajakan.

Kepemimpinan publik berkaitan

dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik. Sebagai manifestasi dari kepemimpinan publik, PS Perpajakan hingga saat ini telah menjalin kerjasama eksternal dengan stakeholder di bidang perpajakan seperti: Ditjen Perpajakan dan asosiasi profesi konsultan pajak. Atas penjelasan beberapa hal diatas maka, dapat disimpulkan bahwa pola kepemimpinan dalam PS Perpajakan FIA-UB bersifat visioner, inovatif, demokratis, dan partisipatif. Kepemimpinan yang yang telah dijalankan pada PS Perpajakan FIA-UB dapat dilihat dari bagaimana model kepemimpinan dalam mengelola dan mendayagunakan sumberdaya dilakukan dalam pencapaian tujuan bersama. Atas hal tersebut maka efektivitas kepemimpinannya dapat dilihat dari pengelolaan proses staffing yang dilakukan secara demokratis. Segenap komponen sivitas akademika dilibatkan dalam pengelolaan proses belajar mengajar

pada

pengembangan kebijakan, pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan program. Pelibatan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan isu kebijakan dan derajat pengambilan keputusan. Isu yang menyangkut keseluruhan sivitas akademika melibatkan seluruh komponen yang ada. Keterlibatan dikoordinasikan lewat derajat pengambilan keputusan yang mengacu pada RENSTRA JAB FIA-UB.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

16

Pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan proses belajar mengajar dilaksanakan oleh Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan FIA-UB dan tugas-tugas tertentu dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Ketua PS Perpajakan.

2.3 Sistem Pengelolaan Sistem pengelolaan yang ada pada PS Perpajakan sebagaimana yang ditunjukkan dalam struktur organisasi dibawah ini merupakan sistem pengelolaan kelembagaan yang menganut sistem hirarkis dan kolegial dalam pengambilan keputusan. Dimana, dalam setiap pengambilan keputusannya Ketua PS bersinergi dengan Sekretaris PS dan juga dengan dosen-dosen pengajar. Jurusan Administrasi Bisnis Ketua Program Studi

UJM

Staf Administrasi Prodi

Sekretaris Program Studi Perpajakan

Kelompok Pengajar

Kepala Laboratorium

Gambar 2.1 Struktur Organisasi Prodi Perpajakan

Program Studi Perpajakan yang akan dibuka ini dalam penyelengaraannya berada dan bernaung dibawah Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Program studi Perpajakan ini akan dipimpin oleh seorang Ketua Program yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan

dibantu

oleh

seorang

Sekretaris

Program

Studi

yang

akan

bertanggungjawab kepada Ketua Program Studi. Dalam operasional pendidikan,

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

17

Ketua Program Studi juga dibantu tenaga administrasi dan kepala laboratorium yang bernaung dibawah Program Studi Perpajakan. Dengan perkembangan tuntutan lingkungan yang semakin tak terprediksi dan memiliki arah permasalahan global dan otonomi daerah di Indonesia yang harus diselesaikan, kompetensi ilmu administrasi baik publik maupun bisnis harus dirancang dengan berbagai pengembangan, serta sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar. Perencanaan dan pengembangan PS Perpajakan FIA-UB di arahkan pada: 1. Pengembangan Program Studi. 2. Peningkatan Kualitas Dosen/Karyawan. 3. Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana. 4. Penyempurnaan Kelembagaan. 5. Pengembangan Sistem dan Tata Laksana Organisasi. 6. Peningkatan Kesejahteraan. 7. Peningkatan Kualitas Mahasiswa Pengembangan Program Studi, diarahkan dari pengembangan konsentrasi menjadi program studi. Hal ini ditandai dengan adanya konsentrasi keuangan yang telah didirikan pada JAB FIA UB yang telah didirikan lebih dari 20 (dua puluh) tahun. Proses pengembangan menuju PS Perpajakan telah dirintis pada tahun 2008 dikarenakan kebutuhan atas pengembangan keilmuan dibidang keuangan yang lebih aplikatif dan memiliki peluang untuk berkembang. Atas hal tersebut, pada 2010 PS Perpajakan didirikan dan beroperasi hingga saat ini. Hingga saat ini, PS Perpajakan FIA-UB lebih memfokuskan diri kepada aspek-aspek keilmuan yang berhubungan dengan perpajakan secara umum. Saat ini, PS Perpajakan FIAUB telah merencanakan untuk mengembangkan kapasitas dengan menggalang kemitraan yang terkait dengan bidang perpajakan. PS Perpajakan telah menjalin kerjasama dengan Ditjen Pajak dalam mengembangkan keilmuan salah satunya dengan mendirikan tax center. Diharapkan dengan adanya tax center ini, mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi dari keilmuan perpajakan. Selain itu, dalam pengembangannya, professional di bidang perpajakan juga terlibat dalam implementasi kurikulum perpajakan untuk dapat memberikan muatan praktis

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

18

dibidang ini. Kedepannya, PS Perpajakan terus akan mengembangkan diri dengan berperan secara strategis di IFTAA (Indonesian Fiscal and Tax Administration Association) dengan mengembangkan kerjasama dengan stakeholders eksternal (misal: perusahaan) untuk dapat memperkenalkan dan menjembatani peserta didik dalam memperoleh pengalaman praktis dan kesempatan kerja di bidang perpajakan. Peningkatan Kualitas Dosen dan Tenaga Kependidikan, dilakukan melalui pemberian kesempatan untuk studi lanjut baik keluar negeri maupun dalam negeri. yang melanjutkan studi S3 keluar negeri berjumlah tiga (3) orang, dan yang studi lanjut S3 di dalam negeri berjumlah dua belas (12) orang. Diperkirakan dosen yang studi lanjut di luar negeri diharapkan dapat lulus dalam kurun waktu antara 2013 hingga 2016, sedangkan bagi dosen yang studi lanjut di dalam negeri diharapkan dapat menyelesaikan studinya pada 2015. Selain itu dosen yang telah bergelar doktor sejumlah lima (5) orang, diharapkan dapat mencapai jabatan fungsional profesor atau guru besar dalam waktu setidaknya tiga tahun mendatang. Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana, diarahkan pada penyediaan lingkungan atau ruangan yang nyaman bagi dosen untuk dalam mendukung proses pembelajaran dan penyediaan learning space yang memadai bagi mahasiswa yang ingin studi mandiri. Penyempurnaan Kelembagaan, diarahkan pada restrukturisasi organisasi berbasis IT, dimana seluruh kegiatan organiasasi sedapat mungkin memanfaatkan kemajuan IT, mulai dari pendaftaran, pembayaran SPP, proses belajar mengajar sampai kepada wisuda. Program ini telah diimplementasikan pada tingkat Fakultas sejak tahun akademik 2009/2010 untuk membantu peningkatan mutu layanan kepada peserta didik. Pengembangan Sistem dan Tata Laksana Organisasi, diarahkan pada penataan sistem dan mekanisme kerja, dimana setiap aktivitas organisasi selalu dilengkapi dengan manual prosedur sehingga kesalahan pelaksanaan kerja dapat dikurangi.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

19

Peningkatan Kesejahteraan diarahkan pada kenaikan / penambahan honorarium mengajar dan menguji bagi dosen, dan insentif bagi pegawai yang rajin dan berprestasi. Selain itu, peningkatan kesejahteraan tidak hanya dapat dicapai dengan kegiatan mengajar. Akan tetapi, juga dapat dicapai dengan kegiatan produktif lain yang dapat secara langsung berpengaruh terhadap kesejahteraan dosen maupun lembaga. PS Perpajakan mendukung hal tersebut dengan mendorong dosen pengajar untuk dapat aktif mengajukan usulan-usulan penelitian melalui program-program hibah penelitian yang dapat mengembangkan keilmuan di bidang perpajakan. Peningkatan Kualitas Mahasiswa diarahkan pada penguatan-penguatan materi yang bersifat aplikatif dan melalui penyempurnaan kurikulum. Hal ini didasarkan atas evaluasi yang dilakukan secara berkala dan masukan-masukan yang didapat dari stakeholders. Salah satu indikator yang dapat dipergunakan adalah pencapain rata-rata IPK mahasiswa PS Perpajakan selama menempuh kegiatan pembelajaran dan Pengelolaan Proses Belajar Mengajar Pengelolaan proses belajar mengajar pada PS Perpajakan direncanakan dan diimplementasikan oleh Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan dengan dukungan penuh dari dosen pengajar pada PS Perpajakan FIA-UB. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh PS Perpajakan terdiri atas 16 kali tatap muka yang berlangsung selama satu semester ditambah dengan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester. Selain hal tersebut, metode pembelajaran oleh dosen akademik yang berlangsung di PS Perpajakan FIA-UB telah menggunakan team teaching, dengan membentuk kelompok dosen pengampu pada setiap mata kuliah ada dalam kegiatan pembelajaran. Sejak penerimaan mahasiswa PS Perpajakan FIA-UB pada tahun 2011, mahasiswa pada angkatan pertama penerimaan saat ini rata-rata telah berada pada semester ke-enam masa studi mereka, sehingga dalam waktu beberapa tahun ke depan, PS Perpajakan akan meluluskan mahasiswanya. Hal inilah yang memacu PS Perpajakan FIA-UB untuk terus mengembangkan diri, khususnya aspek-aspek yang berkaitan dengan kegiatan akademis.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

20

Pada Pengelolaan staf dalam proses belajar mengajar setiap awal semester baik Ganjil maupun Genap, diadakan penataan dosen pengajar oleh Ketua PS Perpajakan FIA-UB. Proses staffing dosen pengajar dilaksanakan paling lambat dua minggu sebelum kuliah berlangsung. Susunan pengajar sudah disampaikan pada Dosen dengan jalan mengundang lewat pertemuan Dosen pengajar untuk pembahasan Dosen pengajar mata kuliah serta materi perkuliahan melalui evaluasi SAP semester sebelumnya. Lebih lanjut, pada perkuliahan sebelum UTS/UAS dosen diberikan informasi melalui Ketua PS Perpajakan FIA-UB mengenai rekapitulasi perkuliahan tatap muka di kelas (tatap muka 16 kali) agar dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sampai dengan saat ini belum ada peserta didik yang telah melalui tahapan penyusunan skripsi, akan tetapi bukan berarti bahwa PS Perpajakan FIA-UB tidak melakukan persiapan bagi mahasiswa ketika telah sampai pada tahapan penyusunan skripsi. Penting untuk diketahui bahwa, penataan pembimbing skripsi diatur oleh kebijakan Ketua PS Perpajakan FIA-UB sesuai dengan kompetensi dosen dan kajian masalah yang menjadi minat mahasiswa. Mahasiswa, mengusulkan nama calon pembimbing yang potensial untuk mendampingi mahasiswa dalam proses penyusunan skripsinya kepada Ketua PS Perpajakan FIA-UB. Sedangkan seminar proposal dan ujian skripsi di koordinasikan melalui Ketua/Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis atas persetujuan Mahasiswa dengan pembimbingnya.

2.4 Penjaminan Mutu Pada PS Perpajakan FIA-UB terkait dengan kebijakan, sistem, dan pelaksanaan penjaminan mutu pada program studi, termasuk penjaminan mutu dari badan akreditasi selain BAN-PT, selama ini telah dilakukan dibawah Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas dan Unit Jaminan Mutu (UJM) di tingkat Program Studi. 2.4.1 Evaluasi Internal Kebijakan dan sistem penjaminan mutu program studi berpedoman pada perbaikan

berkelanjutan

dengan

membangun

organisasi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

sebagai

unit 21

pembelajaran. Evaluasi program yang dilakukan merupakan umpan balik untuk memperbaiki proses yang sedang berjalan atau akan berjalan. Sistem jaminan mutu dibuat oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB dan Gugus Jamin Mutu (GJM) FIA UB dan secara operasional oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) PS Perpajakan FIA-UB dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran, penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Rencana ke depan akan menerapkan sistem jaminan mutu ISO 9000. Penerapan sistem jaminan mutu internal tersebut diharapkan dapat berdampak positif terhadap mahasiswa dan kualitas output yang dihasilkan baik dari IPK, variasi topik/tema skripsi maupun kecepatan penyelesaian studi. Lebih lanjut, pengendalian mutu dosen dilakukan melalui: 1. Rapat Rutin Rapat ini diselenggarakan setahun 4 (empat) kali yaitu pada awal semester genap dan ganjil, serta akhir semester genap dan ganjil yang dihadiri oleh Dosen Program Studi, unsur pelaksana administrasi dan Ketua PS. Dalam rapat tersebut dibahas persoalan-persoalan akademik yang dihadapi oleh Program Studi dan dicari cara penyelesaian masalah dan tindak lanjutnya. 2. Evaluasi Dosen Menjelang akhir perkuliahan semester mahasiswa diberi angket untuk menilai pelaksanaan kuliah yang mencakup aspek akademik, sosial, pribadi dan interaksinya serta kecukupan dan kualitas sarana dan prasarana kuliah. 3. Daftar Hadir Setiap dosen yang mengajar wajib mengisi daftar hadir dan mengisi berita acara perkuliahan. Demikian juga mahasiswa waib mengisi daftar hadir. Tingkat kehadiran mahasiswa ditentukan minimal 80%. 4. Kepakaran Setiap dosen yang mengampu mata kuliah dan akan membimbing serta menguji skripsi akan dipilih berdasarkan kepakarannya sehingga akan diharapkan mutu dari konteks skripsi relevan dengan topik yang telah dipilih oleh mahasiswa. Secara lebih rinci evaluasi internal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

22

Evaluasi

mutu secara internal dilakukan mulai dari kajian kurikulum yang

melibatkan pihak-pihak yang terkait sebagai stakeholder dan ditindaklanjuti penerapannya yaitu meliputi : 1. Melakukan perubahan kurikulum maksimal lima tahun sekali dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait 2. Setiap dosen membuat buku ajar dan Rencana Pembahasan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) sesuai dengan mata kuliah yang diasuh 3. Melakukan monitoring pelaksanaan proses belajar mengajar melalui RPKPS, pembaharuan buku ajar, dan evaluasi hasil ujian dari mahasiswa Hubungan dengan penjaminan mutu di tingkat lembaga dilakukan melalui: 1. Kerja sama dengan lembaga pendidikan baik dari dalam maupun dari luar negeri 2. Kerjasama dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan produktivitas di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun pendidikan dan pengajaran Dampak proses penjaminan mutu terhadap pengalaman dan mutu hasil belajar mahasiswa dapat diukur dari : 1. Banyaknya pihak luar yang mengikatkan kerjasama dengan lembaga melalui mahasiswa yang studi di PS Perpajakan dengan tempat mereka bekerja guna meningkatkan sumberdaya lembaganya. 2. Meningkatnya permintaan dari berbagai lembaga eksternal terhadap lulusan dari program studi untuk mengikat kerjasama dengan institusinya. Evaluasi internal berkelanjutan dilakukan terhadap : 1. Standarisasi kualitas mutu pendidikan berdasarkan SAP, buku ajar, proses pendidikan dan pengajaran, dan evaluasi hasil belajar mahasiswa. 2. Kerjasama dengan berbagai institusi di luar program studi untuk menjamin kualitas lulusan.

2.4.2 Penilaian Penilaian dilakukan terhadap mutu, efektivitas, efisiensi dan relevansi keseluruhan program dalam rangka pelaksanaan misi dan pencapaian sasaran serta tujuan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

23

program studi dan kesesuaiannya dengan tuntutan dan kebutuhan pihak pengguna lulusan. Sesuai dengan hasil penelusuran pada saat seleksi penerimaan mahasiswa baru, ditemukan fakta bahwa semua mahasiswa merupakan fresh graduate yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, terdapat pertumbuhan minat terhadap bidang studi perpajakan yang terus berkembang, yang menyebabkan PS Perpajakan FIA-UB mempunyai relevansi dan signifikansi yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan teori dan aplikasi di bidang perpajakan di Indonesia. Aspek penilaian kinerja PS Perpajakan FIA-UB dapat dilihat dari beberapa aspek seperti: 1. IPK selama 3 tahun terakhir rata-rata adalah 3,42 seperti dapat dilihat pada data yang ada. 2. Secara keseluruhan PS Perpajakan FIA-UB memiliki peminat yang sangat stabil setiap tahunnya. Dalam tiga tahun belakangan ini, rata-rata peminat pada

PS Perpajakan FIA-UB adalah sebesar 2,569 orang per tahun dari

kapasitas daya tampung rata-rata sebesar 234 orang per tahun. Hal ini menandakan bahwa ada permintaan yang cukup signifikan terhadap PS Perpajakan FIA-UB.

2.4.3

Evaluasi Eksternal

Berkaitan dengan pemanfaatan hasil eksternal, maupun metodologi baku mutu untuk kepentingan pengembangan program. Hal ini dilakukan oleh Pusat Jaminan Mutu UB dan Gugus Jaminan Mutu FIA UB serta BAN-PT. Pemanfaatan hasil evaluasi

eksternal/akreditasi dalam perbaikan dan pengembangan program,

meliputi: 1. Meningkatnya jumlah peminat calon mahasiswa dari tahun ke tahun 2. Meningkatnya pihak luar yang ingin bekerja sama dengan program studi untuk mengembangkan sumberdaya di lembaganya.

2.4.4 Kepatuhan Terhadap Standard Operating Procedure (SOP) Standard Operating Procedure (SOP), merupakan sebuah standar baku dalam sebuah organisasi untuk mengatur implementasi dan tata kelola agar tercipta

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

24

sebuah keteraturan dan keseragaman alur tindakan. Saat ini PS Perpajakan FIAUB, telah menetapkan beragam SOP yang berkaitan dengan standar implementasi aturan akademis yang telah dibuat oleh JAB FIA-UB. Salah satu alasan mengapa PS Perpajakan FIA-UB mengacu pada SOP/Manual Prosedur Jurusan Administrasi Bisnis adalah bahwa PS Perpajakan secara struktur berada dibawah Jurusan Administrasi Bisnis dan bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tumpang-tindih manual prosedur antara JAB FIA UB dengan PS Perpajakan. Adapun kepatuhan dalam penerapan SOP/Manual Prosedur (MP) dapat dilihat dari beragam MP yang telah dikembangkan dan diimplementasikan mencakup, antara lain: pengembangan staf, pelaksanaan magang, dosen pembimbing akademik, pengembangan kurikulum, staffing dosen, tracer study, dll. Kepatuhan terhadap SOP/MP tersebut dapat dilihat sebagai upaya untuk melaksanakan pengelolaan fungsional yang mencakup fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Staffing, Leading, Controlling) yang diarahkan terhadap pencapaian tata kelola yang baik, efisien dan efektif.

2.5 Umpan Balik EDOM Umpan balik (feedback) dari kegiatan akademik diperoleh melalui Evaluasi Dosen/Pengajar oleh Mahasiswa (EPOM). Umpan balik ini diperlukan untuk mengukur kompetensi PS Perpajakan dalam melaksanakan kegiatan akademiknya. Selain itu, EPOM juga diperlukan oleh PS untuk mengetahui apakah segala aturan tertulis maupun normatif yang berlaku telah dijalankan dengan baik oleh dosen pengajar selain kompetensi individual dan kepatuhan dari materi ajar terhadap RPKPS yang telah ditetapkan oleh PS Perpajakan. Hal ini dimaksudkan agar Mahasiswa selaku pengguna jasa kependidikan dapat merasa terpuaskan (satisfied) dengan kinerja PS melalui dosen-dosen pengajar yang telah ditunjuk. Lebih lanjut, implikasi atas masukan tersebut dapat diarahkan terhadap pencapaian sustainable performance PS Perpajakan yang berdampak terhadap kualitas peserta didik dan lulusan. Masukan dari para dosen pengajar sebagai bahan pertimbangan pengembangan PS Perpajakan juga didapatkan. Masukan-

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

25

masukan tersebut antara lain dapat berupa masukan yang berkaitan dengan pengembangan dan penyediaan sarana dan prasarana (misal: ruang mengajar, kelengkapan mengajar maupun materi ajar). Tracer Study Tracer study terhadap lulusan program studi, dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari alumni, terkait dengan perbaikan dan pengembangan program studi di masa yang akan datang. Pelacakan program studi terhadap para alumni dilakukan pada awal mahasiswa itu bekerja di instansi asalnya. Dari pelacakan dapat diketahui apakah para alumni cukup memiliki bekal untuk berkarir di instansinya atau mungkin ada masukan lain untuk perbaikan. Hingga saat ini, PS Perpajakan FIA-UB belum meluluskan peserta didiknya. Oleh sebab itu, telah direncanakan konten, konteks dan tindak lanjut dari tracer study setelah PS Perpajakan FIA-UB berhasil meluluskan peserta didiknya yang paling cepat akan terealisasi pada tahun 2014, sebagaimana tertuang dalam tabel berikut: Tabel 2.1 Tindak Lanjut Tracer Study Umpan Balik dari (1) Dosen

Alumni

Kompetensi kurikulum

Tindak Lanjut (3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran Meningkatkan dan pemutahiran sarana prasarana Meningkatkan kualitas metodelogi dan teknologi pembelajaran Meingkatkan sarana prasarana pembelajaran melalui penyediaan buku ajar, teksbook dan juenal Meningkatkan relevansi kurikulum

Pengguna lulusan

Kompetensi lulusan

Meningkatkan kompetensi lulusan

Mahasiswa

Isi Umpan Balik (2) Kualitas dan kuantitas proses pembelajaran Sarana dan prasarana pembelajaran Komunikasi kelas Kualitas dan kuantitas proses pembelajaran Sarana dan prasarana pembelajaran

2.6 Keberlanjutan Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa: Dilaksanakan melalui Pengembangan dan Pengadaan Sarana/Prasarana digunakan untuk mendukung pelaksanaan misi dan pencapaian sasaran serta tujuan program studi. Sarana dan prasarana selalu dilakukan evaluasi kecukupan dan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

26

kemutakhirannya, baik untuk PBM maupun administratif rutin. Adanya website untuk memperkenalkan PS Perpajakan kepada pihak eksternal juga diyakini dapat memberikan informasi lebih kepada calon peminat.

Upaya peningkatan mutu manajemen: Pengembangan sumberdaya dan pranata kelembagaan menyangkut peningkatan kualitas tenaga pengajar dan peningkatan kualitas pengelolaan program studi, yaitu meliputi : Peningkatan kualitas pendidikan tenaga pengajar yang telah memiliki jenjang pendidikan doktor sebanyak 35 orang dan yang akan menjadi doktor pada tahun 2015 sebanyak 24 orang dengan berbagai dukungan, bahkan mendorong ke pencapaian jenjang jabatan Guru Besar. Peningkatan kinerja dosen dalam proses belajar mengajar yaitu : menyediakan buku ajar, tatap muka dengan mahasiswa selama 14 kali perkuliahan dan 2 kali pertemuan ujian (UTS dan UAS), tata-tertib penyerahan soal dan nilai ujian Peningkatan kinerja tenaga administrasi menyangkut dokumentasi data akademik mahasiswa dan proses pengurusan aktivitas akademik Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan memenuhi 80% dari seluruh kehadiran dosen (16 kali kehadiran), persyaratan akademik dan administratif yang harus dipenuhi setiap mahasiswa hingga akhir masa studi

Upaya untuk peningkatan mutu lulusan: Meningkatkan relevansi kurikulum, dengan melakukan penyempurnaan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Meningkatkan dan memetakan kompetensi lulusan, dengan melakukan sinergitas dengan IFTAA yang diharapkan dapat membentuk sebuah aliansi yang strategis

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

27

Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, dapat dilakukan untuk menambah

pengalaman

mahasiswa

dalam

melaksanakan

kegiatan

penalaran dalam bentuk penelitian

Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan: Mengundang praktisi dan akademisi dalam kuliah umum dan pelatihan yang relevan dengan bidang perpajakan Menginisiasi

pembentukan

asosiasi

perpajakan

Indonesia,

IFTAA

(Indonesian Fiscal and Tax Administration Association) Meningkatkan kualitas manajemen Laboratorium dalam kerjasama dengan pihak ketiga.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

28

BAB III KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN

3.1 Profil Mahasiswa dan Lulusan 3.1.1 Data seluruh mahasiswa reguler(1) dan lulusannya dalam lima tahun terakhir Tabel 3.1 Data Mahasiswa Reguler dan Lulusannya 5 Tahun Terakhir

Tahun Akademik

(1) 2010 2011 2012 Jumlah

Jumlah Calon Mahasiswa Reguler Daya Tampung

(2) 152 238 313 703

Jumlah Mahasiswa Baru

Ikut Seleksi

Lulus Seleksi

Regular bukan Transfer

(3) 446 2206 2566 2728

(4) 178 264 322 723

(5) 152 238 313 703

Jumlah Total Mahasiswa (3)

Transfer (6)

0

Reguler bukan Transfe r (7) 152 238 313 703

Jumlah Lulusan

Reguler bukan Transfer

Transfer(3)

(8)

(9)

(10)

0

0

0

Transfer(3)

IPK Lulusan Reguler

Min

Rat

Mak

(11) (12) (13) Belum Meluluskan

Persentase Lulusan Reguler dengan IPK : < 2,75

2,753,50

(14) (15) (16) Belum Meluluskan

Dari tabel 3.1 dapat dilihat calon mahasiswa yang mengikuti seleksi masuk untuk diterima di Program Studi Perpajakan Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya meningkat cukup signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa program studi perpajakan memiliki peminat yang banyak dan semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

> 3,50

29

Catatan: TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPK Maksimum Catatan: (1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus). (2) Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu. (3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT. 3.1.2 Data mahasiswa non-reguler(2) dalam lima tahun terakhir Tabel 3.2 Data Mahasiswa Non Reguler Dalam 5 Tahun Terakhir Tahun Akademik (1)

Daya Tampung (2)

Jumlah Calon Jumlah Mahasiswa Baru Mahasiswa Ikut Lulus Non-Reguler Transfer(3) Seleksi Seleksi (3) (4) (5) (6) Program Studi Perpajakan tidak mempunyai mahasiswa non reguler sejak didirikan

Jumlah Total Mahasiswa NonReguler (7)

Transfer(3) (8) 0 orang

Program Studi Perpajakan Jurusan Admnistrasi Bisnis Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Brawijaya tidak membuka kelas non-reguler mengingat jumlah mahasiswa kelas reguler sudah cukup banyak.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

30

3.1.3 Prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik. Tabel 3.3 Pencapaian Prestasi Di Bidang Akademik dan Non Akademik

No .

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

(1) 1.

(2) LombaKaryaTulisNasional

2.

LombaKaryaTulisNasional

3.

The 1st MRC‟s Bachelor Journey

4.

National Conference

5.

MIPA untukNegeri (MUN) 2012

6.

The 1st MRC‟s Bachelor Journey

7.

LKTIM Humanistik 2011

8. 9. 10. 11.

LombaKaryaTulisIlmiahNasional TangkaiLomba Monolog KejuaraanNasionalPencakSilatantarPergurua nTinggi IV KejuaraanRektor Cup 2011 PencakSilat

12.

POMDA JawaTimurCabangPencakSilat

13.

International PencakSilat

14.

Maret 2012 Maret 2012 Oktober 2012 Februari 2012 Juli 2012 Oktober 2012 Oktober 2011 2012 2012 April 2012 Oktober 2012

Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasion al) (3) Nasional

(4) Juara 1

Nasional

Juara 3

Nasional Nasional

JuaraHarap an 3 Finalis

Nasional

Finalis

Nasional

JuaraHarap an 3 Juara 2

Nasional Nasional Lokal Nasional Wilayah

April 2011 Maret 2012

Wilayah

AirlanggaSetiaHatiTerate Championship

Oktober 2012

Nasional

15.

POMNAS CabangPencakSilat

2011

Nasional

16.

Olimpiade FIA 2012

Lokal

17.

Olimpiade FIA 2010

Novemb er Desemb er 2012 Oktober 2010

18. 19.

UB Futsal Competition Olimpiade FIA 2010

Oktober 2010

Internasiona l

Lokal Lokal Lokal

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Prestasi yang Dicapai

Finalis Juara 2 Juara 1 Regu Putra Juara 1 Beregu Putra Juara 1 Regu Putra 2nd Winner of Team Male Category Juara 3 Regu Putra Juara 3 Regu Putra Juara 2 Futsal

Juara 1 Sepak Bola Juara 2 Juara 1 Sepak Bola

31

20.

Olimpiade FIA 2012

21.

Project Astra 1st

22.

Indonesia Funtaxtic

23.

Cakdan Yuk Gresik 2011

24.

KompetisiDebatBrawijaya 2011

25.

In the 9th English Fiesta 2011

26.

Pride to be Proud

27.

KompetisiDebatBrawijaya 2011

28.

National Conference

29.

International Conference

30.

MIPA untukNegeri (MUN) 2012

31.

Indonesia Funtaxtic

32.

Indonesia Funtaxtic

Novemb er Desemb er 2012 April 2012 April 2013 Oktober 2011 Novemb er 2011 April – Mei 2011 Mei 2011 Novemb er 2011 Februari 2012 Februari 2013 Juli 2012 April 2013 April 2013

Lokal

Juara 1 Bola Voli

Lokal

Best Score

Nasional

Semifinalis

Lokal

Finalis

Lokal

Juara 2

Nasional

Octo Finalist

Nasional

3rd Winner

Wilayah

Juara 1

Nasional

Finalis

Internasiona l Nasional

Finalist

Nasional

Semifinalis

Nasional

Semifinalis

Finalis

Banyaknya prestasi yang dicapai mahasiswa Progam Studi Perpajakan Jurusan Administrasi Bisnis menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Perpajakan memiliki kapasitas dan integritas yang cukup tinggi baik di bidang akademik maupun non akademik. Dengan demikian, mahasiswa lulusan program studi Perpajakan memiliki peluang yang cukup besar dalam bursa kerja.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

32

3.1.4 Jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir Tabel 3.4 Data Jumlah Mahasiswa Reguler 7 Tahun Terakhir Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun* Tahun Masuk (1) 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012

TS-6 (1) (a)=

TS-5

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

TS (7) (b)=

(d) = 152

147 238

(e) = 143 231 313

Jumlah Lulusan s.d. TS (dari Mahasiswa Reguler) (8) (c)=

(f) =

* Tidak memasukkan mahasiswa transfer. Catatan : huruf-huruf a, b, c, d, e dan f harus tetap tercantum pada tabel di atas. Sheet a; b; c; d; e dan f belum dapat diisi karena program studi Perpajakan baru dibuka 3 tahun terakhir. Keterangan: a.

Sheet a; b; c; d; e dan f belum dapat diisi karena program studi Perpajakan baru dibuka 3 tahun terakhir.

b. Mahasiswa mengundurkan diri dikarenakan: i. Adanya alasan keluarga yang tidak dapat dibantu oleh institusi, dalam hal ini Fakultas Ilmu Administrasi ii. Diterima kerja

3.2 Layanan kepada Mahasiswa Tabel berikut untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa PS.

Tabel 3.5 Pelayanan Kepada Mahasiswa PS Perpajakan No. (1) 1

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa (2) Bimbingan dan konseling

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya (3) Bimbingan dan konseling kepada mahasiswa menjadi tugas dan tanggung jawab dosen pembimbing akademik (PA). Pembimbingan dilakukan pada saat a. Setiap awal semester ketika mahasiswa akan memprogram mata kuliah dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Dengan adanya arahan dari dosen PA, maka mahasiswa dapat mengambil mata kuliah sesuai dengan alur kurikulum dan kemampuan mahasiswa masing-masing. Dengan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

33

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya demikian mahasiswa dapat memprogram agar kuliah dapat diselesaikan maksimal 4 tahun. b. Selain itu, pembimbingan juga dilakukan pada saat mahasiswa melakukan program magang/KKN. c. Sedangkan konseling bisa dilakukan sewaktu-waktu (tidak terjadwal), yakni ketika mahasiswa sedang menghadapi permasalahan tidak hanya berkaitan akademik, tapi juga mengenai kegiatan ekstrakurikuler, masalah sumber pembiayaan kuliah, keluarga dan lain-lain.

2

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Minat dan bakat mahasiswa mendapat perhatian khusus dari pihak fakultas dengan adanya daya dukung legalitas dan pembiayaan bagi LOF (Lembaga Otonom Fakultas). Dengan adanya LOF ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan keterampilan yang dimiliki. Adapun LOF yang ada di FIA adalah sebagai berikut: 1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) adalah forum tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Pelaksana harian dipegang oleh 3 (tiga) orang mahasiswa selaku presidium yang dipilih, presidium yang dipilih oleh mahasiswa dalam forum MPM. Bertugas merumuskan garis-garis besar haluan kerja organisasi (GBHKO) bagi badan eksekutif mahasiswa (BEM) 2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga tinggi eksekutif dalam kehidupan kemahasiswaan di tingkat fakultas. Kctua umum disebut Presiden dipilih oleh mahasiswa fakultas melalui pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas. Berkewajiban melaksanakan GHBKO yang telah ditetapkan oleh MPM sebagai haluan kerja organisasi selama 1 (Satu) tahun kepengurusan. 3. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) adalah lembaga tinggi Legislatif dalam kehidupan mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Anggotanya sebanyak 9 (Sembilan) orang, yang dipilih melalui Pemilwa Fakultas. Berkewajiban merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan kelembagaan Fakultas Ilmu Administrasi bersamasama dengan BEM. 4. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), HMJ Administrasi Bisnis yang disebut HIMABIS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis), adalah lembaga eksekutif dalam kehidupan mahasiswa ditingkat jurusan / program. Pengurus dipilih melalui Pemilwa Jurusan. 5. Himpunan Mahasiswa Prodi Perpajakan (HMP) yang baru saja terbentuk pada April 2013 merupakan lembaga mahasiswa yang mengorganisir, menggerakkan serta menjadi tempat menampung aspirasi mahasiswa program studi Perpajakan untuk disampaikan kepada pihak yang berwenang. 6. Lembaga Otonomi Fakultas (LOF) adalah unsur pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat fakultas. Bergerak dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat. Terdapat 6 (Enam) LOF, yang terdiri dari : a. RSC (Research Study Club) pengembangan minat dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah b. DIANNS, sebagai lembaga pers kampus yang bergerak dalam pengembangan minat dan bakat bidang jurnalistik c. FORKIM (Forum Kajian Islam dan Masyarakat), pengembangan dalam bidang kereligiusan agama islam d. AEC (Administration English Club), mengasah kemampuan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

34

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya berbahasa inggris e. AMC (Administration Music Club), minat bakat bidang seni music f. PSM (Paduan Suara Mahasiswa), Minat bakat bidang tarik suara g. MAFIOSO (Master Figh in Organization of Sport), Minat bakat bidang olah raga h. SEC (Student Entrepreneur Centre), Lembaga yang menangani bakat dan kreativitas mahasiswa dalam dunia wirausaha

3

Pembinaan soft skills

4

Beasiswa

Untuk memperluas wawasan dan keterampilan mahasiswa khususnya dalam dunia perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi juga mengadakan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengadakan Tax Center dengan tujuan mensosialisasikan tentang pembayaran pajak bagi Wajib Pajak dari civitas akademika Fakultas Ilmu Administrasi serta pendampingan pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) untuk kemudian disetor kepada Tax Center yang nantinya akan disetor pada DJP Kota Malang. Adapun petugas yang mengoperasikan Tax Center adalah mahasiswa Program Studi Perpajakan. Dengan demikan,softsklill mereka akan terpupuk berupa rasa tanggung jawab, kepemimpinan, kerja sama dan lain sebagainya. Beasiswa diadakan dengan tujuan semua masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama mengenyam pendidikan tinggi. Fakultas Ilmu Administrasi yang disokong Universitas Brawijaya juga memberikan fasilitas beasiswa yang seluas-luasnya baik beasiswa dari Universitas Brawijaya ataupun dari lembaga atau institusi lain. Informasi beasiswa tersebut dapat dipereloh melalui situs http://beasiswa.ub.ac.id Instansi dan lembaga¬lembaga tersebut selain memberikan bantuan dana kuliah, juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah softskill penerima beasiswa seperti kegiatan outbond, pentas bakat dan lain-lain. Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya bertujuan untuk : 1. Pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa yang berprestasi dan kurang berprestasi, namun secara ekonomis tidak atau kurang mampu secara ekonomi. 2. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa sehingga mampu tetap berprestasi dan bergairah dalam menyelesaikan studi. 3. Mendorong mahasiswa berpacu mencapai prestasi akademik yang tertinggi sehingga sumberdaya manusia yang potensial tersebut tidak sia-sia. Adapun beasiswa yang ditawarkan, bersumber dari Pemerintah (APBN dan PNBP) dan dari sumber lain yaitu : 1. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) 15. PGN 2. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) 16. Bank Tabungan Negara 3. BMU 17. PERTAMINA 4. BKM 18. INDOSAT 5. Bidik Misi 19. Daihatsu 6. I-MHERE 20. BCA Finance 7. Beasiswa Unggulan 21. Eka Tjipta 8. SUPERSEMAR 22. Pegadaian 9. Djarum Foundation 23. Bank Mandiri 10. Bank Indonesia 24. TNI POLRI 11. Bank Rakyat Indonesia 25. BUMN Peduli Pendidikan 12. Toyota & ASTRA 26. Yayasan Pelayanan Kasih 13. TASPEN 27. PT Kaltim Prima Coal 14. Bank Negara Indonesia '46 28. Marga Jaya, dan lain-lain

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

35

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya Yang Dapat Mengajukan Beasiswa Adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya 1. Program S1 (Paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII) 2. Program Diploma III / Pendidikan Vokasi (Paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI) dan 3. Berstatus aktif di Semester Genap 2011/2012 Secara umum, Persyaratan mahasiswa yang mengajukan beasiswa wajib melampirkan berkas sebagai berikut : Untuk dikumpulkan di Fakultas (Berkas dimasukkan dalam Map Biru ditulisi Nama, NIM. Fakultas dan No.HP) : 1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) 2. Formulir Biodata Mahasiswa 3. Formulir permohonan beasiswa 4. Form Verifikasi 5. Fotokopi sertifikat pertandingan/kejuaraan (juara 1, 2 dan 3) dan panitia kegiatan kemahasiswaan yang diperoleh selama tahun 2011-2012 yang dilegalisir oleh fakultas masing-masing (bila ada) 6. Surat Keterangan Aktif dari Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (BEM,EM,HMJ,UKM dip yang diikuti (bagi mahasiswa yang menjadi pengurus organisasi mahasiswa intra kampus yang diperoleh selama tahun 2011-2012). Berkas-berkas persyaratan pendaftaran beasiswa dikumpulkan di Gedung Rektorat Koridor Lantai 1 (Berkas dimasukkan dalam Map Merah ditulisi Nama, NIM, Fakultas dan No.HP). Adapun berkas yang dibutuhkan meliputi: 1. Formulir Biodata Mahasiswa 2. Form Validasi 3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) 4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) / SIM 5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 6. Fotokopi Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali (bagi PNS/ Perusahaan Swasta disahkan oleh Bagian Keuangan instansi / perusahaan dan bagi selain PNS / Perusahaan Swasta disahkan oleh Lurah / Kepala Desa dengan menyertakan nominal penghasilan kotor) tiga bulan terakhir 7. Surat Keterangan yang disahkan RT, RW Apabila Salah Satu Orang tua Tidak Bekerja 8. Fotokopi surat keterangan pensiun, sakit permanen, cerai, kematian dan PHK (Bila ada) 9. Fotokopi Rekening Listrik, Telepon dan atau PDAM tiga bulan terakhir (bagi yang tidak menggunakan listrik, telepon dan atau PDAM memakai surat keterangan dari RT,RW). 10. Fotokopi Bukti Pembayaran PBB (bagi yang tidak memiliki bukti pembayaran PBB memakai surat keterangan dari Pejabat daerah RT,RW) 11. Fotokopi Biaya SPP anak yang menjadi tanggungan Orang Tua(SD,SMP,SMA,PT) satu lembar

5

Kesehatan

Mahasiswa Program Studi Perpajakan mendapat fasilitas kesehatan berupa pengobatan gratis di Poliklinik Universitas Brawijaya yang terletak di JIn. Sukarno Hatta Malang.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

36

Berbagai jenis pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa mempunyai tujuan utama untuk mewujudkan visi dan misi program studi yang telah dirancang yakni meningkatkankualitas lulusan PS Perpajakan sehingga dapat diakui baik dalam maupun luar negeri.

3.3

Evaluasi Lulusan

3.3.1 Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan Evaluasi terhadap kualitas lulusan merupakan sebuah keharusan dalam rangka meningkatkan mutu lulusan dan wahana korektif atas kebijakan yang diterapkan selama ini. Masyarakat, instansi baik berupa organisasi bisnis maupun organisasi pemerintahan sebagai “stakeholder” dalam kaitannya dengan penggunaan produk lulusan akan merasa puas dengan terpenuhinya sejumlah kompetensi dari lulusan melalui proses pembelajaran yang diselenggarakan. Program Studi Perpajakan belum memiliki lulusan, dengan demikian belum bisa diadakan evaluasi terhadap lulusan. 3.3.2 Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama Program Studi Perpajakan belum memiliki lulusan, dengan demikian belum bisa diketahui rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama.

Untuk mempersiapkan minimnya rata-rata tunggu tersebut, Progam

Studi Perpajakan telah memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar dunia kerja.

3.3.3 Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya Program Studi Perpajakan belum memiliki lulusan, dengan demikian belum bisa diketahui persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

37

3.4

Himpunan Alumni Lulusan Program Studi Perpajakan Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB

secara organisatoris dan komunikasi alumni, secara otomatis akan tergabung dalam wadah Ikatan Alumni UB (IKA UB) yang berpusat di Jakarta, dan hingga saat

ini

telah

membentuk

cabang-cabangnya

di

sebagian

besar

Propinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia guna menampung para lulusannya yang tersebar di hampir di seluruh penjuru tanah air. Lebih lagi, ketua IKA UB Dr. Syukur Nur Alam, MBA merupakan dosen tetap pada program studi Perpajakan.

Dengan demikian, Himpunan Alumni

khusus bagi lulusan Program Studi Perpajakan akan diarahakan untuk mempunyai program-program yang integratif dan bermanfaat sebagaimana pengalaman yang telah dilaksanakan IKA UB. Program tersebut dapat berupai pengkajian masalah pengembangan ilmu dalam bentuk lokakarya, seminar atau pertemuan ilmiah lainnya bagi para alumni Program Studi Perpajakan. Keberadaan himpunan alumni dapat memberi partisipasi yang positif dalam hubungannya dengan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Perpajakan. Kontribusi dan partisipasi positif dari keberadaan himpunan alumni yang dapat diharapkan adalah sebagai berikut: 1) Sebagai salah satu stakeholder yang turut aktif dalam proses peninjauan dan pemutakhiran kurikulum yang dilakukan secara berkala. Melalui jaringan alumni, alumni memberi kontribusi pemikiran dan masukan-masukan terkait upaya perbaikan kurikulum. 2) Himpunan alumni sebagai mitra (jejaring kemitraan) dalam rangka peningkatan pengelolaan program pendidikan dan kemampuan profesionalisme lulusan. Bentuk kemitraan ini berupa partisipasi pendanaan yang terjalin dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan seminar, lokakarya dan kegiatan-kegiatan laboratorium (seminar tax center, laboratorium perpajakan, seminar). 3) Alumni hendaknya memberi sumbangan positif sebagai salah satu jalur dan strategi promosi pendaftaran dan penjaringan mahasiswa baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa Program Studi Perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

38

4) Alumni memberi sumbangan berupa peningkatan fasilitas akademik dan non akademik.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

39

BAB IV SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Sistem Seleksi dan Pengembangan Sistem seleksi atau perekrutan dosen terdiri dari tiga macam cara, untuk dosen tetap yaitu melalui sistem perekrutan CPNS pemerintah pusat, dan sistem perekrutan dosen tetap Universitas Brawijaya mandiri, sedangkan untuk dosen tidak tetap yaitu sistem perekrutan dosen tidak tetap Universitas Brawijaya. Sistem seleksi atau perekrutan untuk tenaga kependidikan terdiri dari dua macam cara, yaitu melalui sistem perekrutan CPNS pemerintah pusat, serta sistem perekrutan tenaga kependidikan tetap Universitas Brawijaya mandiri. Berikut adalah prosedurnya: 1. Sistem seleksi atau perekrutan dosen tetap dan tenaga kependidikan melalui sistem perekrutan CPNS pemerintah pusat, dengan cara masingmasing fakultas mendaftarkan kuota kebutuhan dosen tetap (PNS) dan tenaga kependidikan (PNS) dalam sistem perekrutan CPNS dari pemerintah pusat berdasarkan APBN tahun anggaran tertentu, hal ini dilakukan sebelum adanyaperaturanpenutupan sementara perekrutan CPNS pada tahun 2010. 2. Sistem seleksi atau perekrutan dosen tetap dan tenaga kependidikan dengan cara mandiri oleh Universitas Brawijaya yang disebut sistem seleksi dosen tetap dan tenaga kependidikan tetap berdasarkan peraturan Rektor Universitas Brawijaya. Dilakukan secara mandiri dan terpusat oleh Universitas Brawijaya, masing-masing fakultas mengajukan kuota kebutuhan dosen dan tenaga kependidikan kepada rektorat dan secara berkala Universitas Brawijaya mengadakan rekruitment dosen tetap dan atau tenaga kependidikan tetap tersebut. Hal ini dilakukan setelah adanya peraturan penutupan sementara perekrutan CPNS pada tahun 2010. 3. Sistem seleksi atau perekrutan dosen tidak tetap (Luar Biasa) Universitas Brawijaya, dilakukan secara mandiri oleh masih-masing fakultas dengan berdasarkan pada peraturan Dekan Fakultas dan atas pertimbangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

40

kebutuhan tenaga profesional tertentu untuk mengajar pada mata kuliah tertentu dalam prodi atau jurusan tertentu. Dilakukan dengan menseleksi berdasarkan latarbelakang pendidikan dan keilmuan serta relevansi bidang yang dikuasai oleh dosen terkait dengan matakuliah khusus tersebut. Penempatan, pengembangan dan retensi dosen tetap dan tenaga kependidikan, yang direkrut dari ketiga jenis sumber sistem seleksi dan perekrutan dilakukan secara bertahap dan didasarkan pada Surat Keputusan (SK) dekan. Sedangkan untuk pemberhentiaan dosen tetap dan tenaga kependidikan, berdasarkan surat teguran, dan keputusan Dekan yang ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Rektor. Sistem perekruitan tersebut dilaksanakan berdasarkan pedoman sistem seleksi tertulis yang di buat oleh Universitas Brawijaya dan dilaksanakan secara konsisten setiap diadakannya perekruitan.

4.2 Monitoring dan Evaluasi 4.2.1. Sistem monitoring dan evaluasi dan dilaksanakan secara konsisten berdasarkan pedoman tertulis. Sistem monitoring dan evaluasi untuk dosen tetap dan tenaga akademik dilakukan tiap akhir semester dengan mengharuskan mahasiswa mengisi sebuah quesioner Evaluasi Pembelajaran Oleh Mahasiswa (EPOM) yang berisikan pernyataan penilaian untuk dosen dan tenaga kependidikan dalam proses belajar mengajar selama satu semester berjalan. Monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga akademik dapat juga dilakukan dengan mengisi surat keluhan dan dimasukkan dalam kotak saran atau secara terpusat di kirimkan melalui ecomplain Universita Brawijaya. e-complain Universita Brawijaya merupakan fasilitas yang disediakan oleh Universita Brawijaya untuk menerima kritik dan saran atas segala fasilitas yang terkait dengan hal belajar mengajar maupun fasilitas umum yang disediakan universitas, dengan fasilitas ini evaluasi dan monitoring hubungan mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar juga.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

41

Sistem monitoring dan evaluasi dan dilaksanakan secara konsisten berdasarkan pedoman tertulis yang dibuat oleh Jurusan dan digunakan juga untuk seluruh Program studi dibawah jurusan, termasuk juga untuk PS perpajakan.

4.2.2. Pelaksanaan monitoring kinerja dosen di bidang: pendidikan, penelitian, dan PkM (melalui EKD). Pelaksanaan monitoring kinerja dosen di bidang : pendidikan, penelitian dan PkM dilaksanakan melalui program Evaluasi Kinerja Dosen (EKD). Setiap dosen yang berada di homebase PS perpajakan diharuskan melaukan program EKD yang dilakukan tiap tahunnya yang terdiri dari evaluasi kinerja dosen selama 2 semester, meliputi: kesesuaian jam mengajar, melakukan penelitian tentang apasaja, melakukan pengambdian masyarakat dimana dan tentang apa saja. Yang mana kesemua dilaporkan dalam bentuk skor, bilamana skornya kurang maka kinerja dosen dianggap kurang baik dan seterusnya. Rekam jejak kinerja akademik dosen diperoleh dari dokumen pendukung pelaksanaan program Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) serta hasil quesioner Evaluasi Pembelajaran Oleh Mahasiswa (EPOM), yang dilakukan tiap semester. Sedangkan rekam jejak kinerja tenaga kependidikan diperoleh dari hasil quesioner Evaluasi Pembelajaran Oleh Mahasiswa (EPOM), serta hasil keluhan dan saran yang dilakukan secara langsung, tertulis disampaikan di kotak saran, maupun dari e-complain.

4.3 Dosen Tetap Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 36 jam/minggu. Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu: 1. Dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS 2. Dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

42

Jumlah dosen yang mengajar di prodi perpajakan berjumlah 40 orang dengan kualifikasi 36 orang dosen merupakan Dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS, dan 4 orang dosen merupakan Dosen tetap yang bidang keahliannya diluar PS. Dari jumlah total dosen tetap tersebut akan dijelaskan lebih lanjut dalam point-point dibawah ini:

4.3.1 Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang PS: Jumlah dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS yaitu 36 orang dosen, dengan kualifikasi sebagai berikut: Dosen tetap yang tergolong sebagai guru besar: 5 orang Dosen tetap yang tergolong sebagai S3: 16 orang Dosen tetap yang tergolong sebagai S2 dan atau lektor kepala: 15 orang

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

43

Tabel 4.1. Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya sesuai dengan PS Nama Dosen Tetap No -1 1

2

3

(Tidak Disingkat) -2 ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA

UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA ***

IMAM SUYADI, Dr, M.Si ***

4

NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. ***

5

KERTAHADI, Dr., M.Com ***

6

7

M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA ***

SUHARYONO, Prof., Dr., MA

NIDN ** -3

Tempat & Tanggal Lahir -4

130518956

Jember

FIA-UB

15-Aug-45

2084901

Dompu

FIA-UB

02-Agust-49

130704325

Surabaya

FIA-UB

16-Nov-52

130873493

Singaraja

FIA-UB

09-Sep-53

131102601

Lombok

FIA-UB

17-Sep-54

131410387

Surabaya

FIA-UB

1-May-58

130368759 FIA-UB

Nganjuk 01-Jan-45

Jabatan Akademik *** -5 Guru Besar

Guru Besar

Gelar Akademik -6 Prof., Drs., MA

Prof., Drs., MA

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian

-7

-8

S1 Universitas Brawijaya

Ilmu Pemasaran

S2 Universitas Indonesia

Kewarganegaraan

S1 Universitas Brawijaya

Teori Organisasi

S2 Ohio University S3 University of Melbourne Lektor Kepala

Dr, M.Si

S1 Universitas Brawijaya

Statistik

S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya Lektor Kepala

Drs, M.Si.

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi

S2 Universitas Brawijaya Lektor Kepala

Dr., M.Com

S1 Universitas Brawijaya

Sistem Informasi Manajemen

S2 The Univ.Of New South Wales S3 Universitas Brawijaya Lektor Kepala

Guru Besar

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Dr, MBA

Prof., Dr., MA

S1 Universitas Brawijaya

Etika Administrasi

S2 Northern Territory University S3 Universitas Brawijaya S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Indonesia

Ekonomi Makro Ekonomi Mikro

44

8

MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si ***

9

SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec ***

131475781

Bangil

FIA-UB

12-Jul-57

130936216

Malang

FIA-UB

1-Aug-54

Lektor Kepala

Guru Besar

Drs, M.Si

Prof., Dr., M.Ec

S3 Universitas Airlangga S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya

Pemeriksaan Akuntansi

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi Biaya

S2 Macquarie University

Keuangan Pemeriksaan Akuntansi

S3 Universitas Airlangga 10

SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si ***

131102602 FIA-UB

11

DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si ***

130890043 FIA-UB

12

13

R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si *** K U S D I, Dr. DEA ***

14

ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB ***

15

MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs ***

Kediri

Lektor Kepala

Dr., Dra, M.Si

Lektor Kepala

Dr., DIP.BUS, M.Si

Bangkalan

FIA-UB

09-Sep-57

131410385

Magetan

FIA-UB

27-Jan-57

131475902

Sumenep

FIA-UB

06-Jul-58

131123055

Surabaya

FIA-UB

22-Nov-53

Akuntansi

S1 Universitas Brawijaya

Kepemimpinan

S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya

10-Nov-48

131276257

S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya

02-Sep-55 Kediri

Akuntansi

Lektor Kepala

Drs, M.S

S1 Universitas Brawijaya

Keuangan

S2 Universitas Airlangga Lektor Kepala

Dr., DEA

S1 Universitas Brawijaya S2 Universite De Nice Sophia Antipolis S3 Universite De Nice Sophia Antipolis

Lektor Kepala Lektor

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Teori Organisasi MSDM

Drs., MAB

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi Keuangan

Dr., Drs

S2 Universitas Brawijaya S1 Universitas Brawijaya Malang S3 Universitas Airlangga

Akuntansi

45

16

TOPOWIJONO, Drs, M.Si. ***

17

SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si ***

18

HERU SUSILO, Drs, MA ***

19

HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si ***

131131030

Trenggalek

FIA-UB

04-Jul-53

131759547

Banyuwangi

FIA-UB

23-Sep-63

131573956

Blitar

FIA-UB

10-Dec-59

132206470

Lamongon

FIA-UB

17-Nov-72

Lektor Kepala

Drs, M.Si

S1 Universitas Brawijaya

Keuangan

S2 Universitas Brawijaya Lektor Kepala

Dr, M.Si

Lektor Kepala

Drs, MA

Lektor Kepala

Dr., S.SOS. M.Si

S1 Universitas Brawijaya

Perpajakan

S2 Universitas Padjadjaran S3 Universitas Brawijaya

Keuangan MSDM Strategi

S1 Universitas Brawijaya

MSDM

S2 Universitas Indonesia

SIM

S1 Universitas Brawijaya

Teori Organisasi

S2 Universitas Brawijaya S3 Institut Pertanian Bogor

Etika Profesi MSDM

20

DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB ***

132232179

Madiun

Lektor

S.Sos, MAB

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi

21

RIYADI, Drs, M.Si

FIA-UB 132320764 FIA-UB

27-Jun-75 Blitar 08-Jun-60

Asisten Ahli

Drs, M.Si

S2 Universitas Brawijaya S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya

Keuangan SIM

22

MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., MSA., Ak

0011128403

Sidoarjo 11-Des-84

Asisten Ahli

SE., MSA., Ak

Malang 31-Agust-87

Asisten Ahli

23 24

25

ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB

YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB

S1 Universitas Brawijaya

0031088701

-

Malang

FIA-UB

14-Sep-80

0014067508 FIA-UB

Sumenep 14-Jun-75

S2 Universitas Brawijaya SE., MSA., Ak

S1 Universitas Negeri Malang S2 Universitas Brawijaya

Asisten Ahli

Asisten Ahli

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Dr., SAB., MAB

S.Sos., MAB

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi Perpajakan Akuntansi Perpajakan

S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya

Keuangan Ekonomi Makro Ekonomi Mikro

S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya

MSDM Metode Penelitian

46

26

FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC

0011068601 FIA UB

Malang

Asisten Ahli

SE, M.Acc

11-Jun-86 27

28

29

30

31

32

33

ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si ***

KADARISMAN HIDAYAT, Dr, Drs, M.Si ***

Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si *** YUSRI ABDILLAH, S.Sos., M.Si, Ph.D

SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS ***

130936226

Madiun

FIA-UB

10-Aug-53

131570386

Sumenep

FIA-UB

15-May-60

131410392

Malang

FIA-UB

2-Dec-59

0027127404

Malang

FIA-UB

27-Des-74

131570383

Gorontalo

FIA-UB

10-Nov-61

Lektor Kepala

FIA-UB

15-Apr-57

19125102

Trenggalek 19-Des-51

Prof., Dr., M.Si

Dr., Drs., M.Si

Lektor Kepala

Dra, M.Si

Asisten Ahli

S.Sos., M.Si, Ph.D

Akuntansi Perpajakan

S1 Universitas Brawijaya

MSDM

S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya

SIM

S1 Universitas Brawijaya

Ekonomi Makro

S2 Universitas Padjadjaran S3 Universitas Brawijaya

Ekonomi Mikro

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi Biaya

S2 Universitas Brawijaya S1 Universitas Brawijaya

Perpajakan

S2 Universitas Brawijaya S3 Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Lektor Kepala

Lektor Kepala

ZAINUL ARIFIN, Dr., MS ***

DARMINTO, Dr., M.Si ***

Guru Besar

S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Gajah Mada

Dr., MS

Dr., MS

S1 Universitas Brawijaya

Metode Penelitian

S2 Universitas Padjdjaran S3 Universitas Brawijaya

Statistik

S1 Universitas Brawijaya

Akuntansi Manajemen

S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya Lektor Kepala

FIA-UB

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Dr., M.Si

S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya S3 Universitas Brawijaya

Keuangan

47

34

MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. DBA

132316046 FIA-UB

35

NILA FIRDAUSI NUZULA, S.Sos., M.Si., Ph. D

Malang 10-Feb-78

132304112

Kediri

FIA-UB

30-May-73

132318315

Blitar

Asisten Ahli

S.Sos, M.IB., DBA

ARIK PRASETYA, S.Sos, M.Si., Ph. D

09-Feb-76

Keuangan

S2 University of Wolonggong S3 Victoria Univercity S.Sos., M.Si., Ph. D

Lektor

36

S1 Universitas Brawijaya

S.Sos, M.Si., Ph. D Lektor

FIA-UB

S1 Universitas Brawijaya

Keuangan

S2 Universitas Brawijaya S3 Ritsumeikan Asia Pacific University (APU)

Perpajakan

S1 Universitas Brawijaya

MSDM

S2 Universitas Brawijaya S3 Ritsumeikan Asia Pacific University (APU)

* Lampirkan fotokopi ijazah. ** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional *** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***) dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

4.3.2 Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS Jumlah dosen tetap yang bidang keahliannya diluar bidang PS yaitu 4 orang dosen, dengan kualifikasi sebagai berikut: Dosen tetap yang tergolong sebagai S3: 1 orang Dosen tetap yang tergolong sebagai S2 dan atau lektor kepala: 3 orang

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

48

Table 4.2 Dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS Nama Dosen Tetap No -1 1

(Tidak Disingkat) -2 Syamsul Arifin, Drs.,MAG

NIDN ** -3 PPA - UB

2

Sri Nurkudri,Dra.,MAG

3

Fatimah, M.APPL.LING

4

M. Sinal, Dr., DRS., MPD

Tempat & Tanggal Lahir -4 Sumenep

Jabatan Akademik *** -5

Gelar Akademik -6 Drs.,MAG

1965

PPA - UB PPA - UB PPA - UB

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas* -7 S1 IAIN Surabaya S2 IAIN Yogyakarta

Bidang Keahlian -8 Agama Islam

Dra.,MAG

Agama Islam

M.APPL.LING

Bahasa inggris

Dr., DRS.MPD

Bahasa Indonesia

* Lampirkan fotokopi ijazah. ** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional *** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

49

4.3.3 Aktivitas dosen tetap yang bidang bidang keahliannya sesuai dengan PS Aktivitas dosen tetap yang bidang bidang keahliannya sesuai dengan PS dinyatakan dalam sks rata-rata per semester pada satu tahun akademik terakhir, diisi dengan perhitungan sesuai SK Dirjen DIKTI no. 48 tahun 1983 (12 sks setara dengan 36 jam kerja per minggu. Tabel 4.3 Aktivitas dosen tetap yang bidang bidang keahliannya sesuai dengan PS

Nama Dosen Tetap

sks Penelitian

sks Pengajaran pada

No.

-1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

11

-2 ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA IMAM SUYADI, Dr, M.Si NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. KERTAHADI, Dr., M.Com M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA SUHARYONO, Prof., Dr., MA MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si

PS Sendiri

PS Lain PT Sendiri

PT Lain

-3

-4

-5

Sks Pengabdian kepada Masyarakat

-6

Sks Manajemen** Jumlah sks

PT Sendiri

PT Lain

-8

-9

-7

-10

10,5

2

1

13,5

10,5

2

1

13,5

9

2

1

10,5

2

1

6

2

1

4

13

4,5

2

1

4

11,5

9

2

1

12

10,5

2

1

13,5

9

2

1

11,25

2

1

11,25

2

1

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

4

16 13,5

4

16 14,25

4

18,25

50

12 13 14

15 16 17 18 19

20 21

22

23

24

25

26

27

28 29 30

R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si K U S D I, Dr. DEA ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs TOPOWIJONO, Drs, M.Si. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si HERU SUSILO, Drs, MA HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB RIYADI, Drs, M.Si MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., MSA., Ak ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D

13,5

2

1

16,5

9

2

1

12

11,25

2

1

14,25

9,75

2

1

12,75

13,5

2

1

3

19,5

11,25

2

1

4

18,25

6

2

1

6

15

11,25

2

1

9

2

1

9

2

1

12

9,25

2

1

12,25

11,25

2

1

14,25

11,25

2

1

14,25

10,5

2

1

9,75

2

1

12,75

6

2

1

9

6

2

1

9

10,5

2

1

13,5

4,5

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

14,25

4

16

3

16,5

3

7,5

51

31 32 33 34

35

36

SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS ZAINUL ARIFIN, Dr., MS DARMINTO, Dr., M.Si MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. Ph.D NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

9,75

2

1

6

18,75

11,25

2

1

6

20,25

10,5

2

1

13,5

2,25

2,25

3,75

3,75

3

Jumlah

322

Rata-rata*

9,2

0

0

3

72

36

76

0

476

2

1

4,22

0

13,22

Catatan: Sks pengajaran sama dengan sks mata kuliah yang diajarkan. Bila dosen mengajar kelas paralel, maka beban sks pengajaran untuk satu tambahan kelas paralel adalah 1/2 kali sks mata kuliah. * rata-rata adalah jumlah sks dibagi dengan jumlah dosen tetap. ** sks manajemen dihitung sbb : Beban kerja manajemen untuk jabatan-jabatan ini adalah sbb. Beban kerja manajemen untuk jabatan-jabatan ini adalah sbb. - rektor/direktur politeknik 12 sks - pembantu rektor/dekan/ketua sekolah tinggi/direktur akademi 10 sks - ketua lembaga/kepala UPT 8 sks - pembantu dekan/ketua jurusan/kepala pusat/ketua senat akademik/ketua senat fakultas 6 sks - sekretaris jurusan/sekretaris pusat/sekretaris senat akademik/sekretaris senat universitas/ sekretaris senat fakultas/ kepala lab. atau studio/kepala balai/ketua PS 4 sks - sekretaris PS 3 sks Bagi PT yang memiliki struktur organisasi yang berbeda, beban kerja manajemen untuk jabatan baru disamakan dengan beban kerja jabatan yang setara.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

52

4.3.4 Aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS Aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PSdalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut: Tabel 4.4 Aktivitas Mengajar Dosen Tetap

No.

Nama Dosen Tetap

Bidang Keahlian

(1)

(2)

(3)

ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA

Ilmu Pemasaran

2

UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA

Kewarganegaraan Teori Organisasi

3

IMAM SUYADI, Dr, M.Si

Statistik

4

NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si.

Akuntansi

1

5

KERTAHADI, Dr., M.Com

Sistem Informasi Manajemen

6

M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA

Etika Administrasi

7

SUHARYONO, Prof., Dr., MA

Ekonomi Makro Ekonomi Mikro

8

MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si

Akuntansi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Jumlah Kelas

Jumlah Pertemuan yang Direncanak an

(4) MPK400 7

(5) Pendidikan Kewarganegaraan

7

14

14

IAS4217 IAF4004 IAS4207 IAJ4215 IAS4208

MSDM Kepemimpinan Statistik Metode Penelitian AK II Akuntansi Sektor Publik Pemeriksaan Akuntansi Adm. Keuangan Negara Akuntansi Perpajakan SIM Pengantar Pajak Etika Administrasi Pajak Internasional TOA Kepemimpinan Ekonomi Makro AK IV

6 1 3 3 0,5 1,5 2 1 1,5 3 1 4 3 2 1 3 1

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

IAJ4031 IAJ4108 IAJ4118 IAS4216 IAJ4101 IAJ4211 IAJ4120 IAF4001 IAF4004 IAS4110

(6)

Jumlah Pertemuan yang Dilaksanak an

(7)

(8)

53

Pemeriksaan Akuntansi IAJ4107 IAJ4108 9

10

SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec

SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si

Akuntansi Biaya Keuangan Pemeriksaan Akuntansi Akuntansi

11

DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si

Kepemimpinan

12

R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si

Keuangan

IAS4109 IAJ4106 IAS4208 IAJ4107 IAJ4117 IAJ4118 IAF4002 IAF4004 IAS4221 IAJ4105 IAJ4210 IAJ4119 IAJ4121

13

K U S D I, Dr. DEA

Teori Organisasi MSDM

14

ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB

Akuntansi Keuangan

15

MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs

Akuntansi

16

TOPOWIJONO, Drs, M.Si.

Keuangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

IAF4002 IAF4001

IAS4103 IAJ4107 IAJ4108 IAS4103 IAS4208 IAJ4107 IAJ4118 IAS4221

Akuntansi Sektor Publik AK III Adm. Keuangan Negara AK IV Akuntansi Biaya Kebijakan Pajak AK II Akuntansi Sektor Publik AK III PPN II Akuntansi Perpajakan PPO Kepemimpinan Keuangan Bisnis 1 PPH II PPH III Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pemotongan-Pemungutan Pajak PPO TOA

0,5 2,5 3 1 2,5 2,5 2 2 0,5 1 2 2,5 5 2 2 1 2

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

2

14

14

1 5

Akuntansi Sektor Publik AK I AK III Adm. Keuangan Negara AK I AK II AK III AK IV Akuntansi Perpajakan Keuangan Bisnis 1

2 2 0,5 3 2 2 1 1,5 0,5 2

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

54

IAJ4210 IAJ4119

17

SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si

Perpajakan

18

HERU SUSILO, Drs, MA

MSDM SIM

IAJ4122 IAJ4211 IAS4221 IAJ4023 IAJ4030 IAJ4101 IAJ4023 IAJ4030 IAJ4036

19

HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si

20

DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB

21

RIYADI, Drs, M.Si

22

MIRZA MAULINARHADI R., SE., MSA., Ak

Teori Organisasi Etika Profesi MSDM Akuntansi Keuangan

SIM

Akuntansi Perpajakan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

IAJ4109 IAJ4211 IAS4208 IAF4003 IAJ4226 IAS4109 IAJ4107 IAJ4117 IAS4216 IAJ4202 IAJ4202 IAJ4203 IAJ4202 IAJ4210

PPH III Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Peradilan Pajak Etika Administrasi Keuangan Bisnis 1 Seminar Perpajakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pengantar Pajak Seminar Perpajakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kepabean dan Ekspor Impor Etika Profesi Etika Administrasi

1 4

14 14

14 14

2 0,5 0,5 2 0,5

14 14 14 14 14

14 14 14 14 14

4 2 0,5

14 14 14

14 14 14

1

14

14

5 2,5

AK II PPN 1 Lab Pajak 3 Akuntansi Biaya AK III PPN II SIM Sistem Perpajakan Indonesia Sistem Perpajakan Indonesia PPH I PBB dan BPHTB PPH III Akuntansi Perpajakan 2

1,5 1 1,5 1,5 0,5 1 2,5 3,5

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

2

14

14

1 1 1 0,5

14 14 14 14

14 14 14 14

55

23

ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak

Akuntansi Perpajakan

24

ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB

Keuangan Ekonomi Makro Ekonomi Mikro

25

YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB

MSDM Metode Penelitian

26

FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC

Akuntansi Perpajakan

27

ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si

MSDM SIM

28

KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si

29

Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si

Ekonomi Makro Ekonomi Mikro Akuntansi Biaya

30

YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D

Perpajakan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

IAJ4224 IAJ4118 IAJ4202 IAJ4203 IAJ4204 IAJ4210 IAF4003 IAJ4225 IAS4103 IAS4207 IAS4221 IAJ4105 IAJ4106 IAF4002 IAS4216 IAJ4101 IAJ4122 IAJ4027 IAJ4028 IAS4103 IAS4216 UBU400 1 IAS4110 IAS4208 IAF4003

IAS4109 IAJ4214

Lab Pajak 1 Akuntansi Perpajakan Sistem Perpajakan Indonesia PPH I PBB dan BPHTB PPH III PPN 1 Akuntansi Perpajakan 2 Lab Pajak 2 AK I Statistik Keuangan Bisnis 1 PPH II Kebijakan Pajak PPO SIM Pengantar Pajak Peradilan Pajak Tata Kelola Pemerintahan Adm Keuangan Daerah AK I SIM Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi Ekonomi Makro

2 2 1,5

14 14 14

14 14 14

1,5 1,5 1 0,5 0,5 1,5 0,5 0,5 2,5 2 2,5 3,5 0,5 2 1 1 1 2,5 1 3

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

4

AK II PPN 1 AK IV Akuntansi Perpajakan 2 Akuntansi Biaya Perencanaan Pajak

1 2 0,5 0,5 3 3

14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14

56

31

SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS

32

ZAINUL ARIFIN, Dr., MS

33

34

Metode Penelitian Statistik Akuntansi Manajemen

DARMINTO, Dr., M.Si

Keuangan

MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. DBA

Keuangan

IAJ4215 IAS4207 IAJ4204 IAJ4031 IAJ4105 IAJ4203 IAJ4210 IAJ4116 IAJ4030 IAJ4036

35

NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si

36

ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

Keuangan Perpajakan MSDM

IAF4003

Jumlah

Metode Penelitian Statistik PBB dan BPHTB Akuntansi Perpajakan 2 Pemeriksaan Akuntansi PPH II PPH I PPH III PPH IV Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kepabean dan Ekspor Impor PPN 1 AK IV

3 3,5 2 1,5 2 2 2 1 4 1

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

14 14 14 14 14 14 14 14 14 14

1

14

14

1 1,5

14 14

14 14

1694

1694

4.3.5 Aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS Aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut:

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

57

Tabel 4.5 Aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS

No.

(1) 1 2 3 4

Nama Dosen Tetap (2) Syamsul Arifin, Drs.,MAG Sri Nurkudri,Dra.,MAG Fatimah, M.APPL.LING M. Sinal, DRS.MPD

Bidang Keahlian

(3) Agama Islam Agama Islam Bahasa Inggris Bahasa Indonesia

Kode Mata Kuliah

(4) MPK4001 MPK4001 MPK4006 MPK4008 Jumlah

Nama Mata Kuliah

(5) Agama Islam Agama Islam Bahasa Inggris Bahasa Indonesia

Jumlah Kelas

Jumlah Pertemuan yang Direncanakan

(6) 4 4 7 7

Jumlah Pertemuan yang Dilaksanakan

(7)

(8)

14 14 14 14

14 14 14 14

56

56

4.4 Dosen Tidak Tetap 4.4.1 Dosen tidak tetap pada PS Jumlah dosen tidak tetap yang mengajar di prodi perpajakan berjumlah 4 orang dosen dengan kulaifikasi bidang keahlian sebagai berikut: Hukum pajak, hukum bisnis, peradilan dan sengketa pajak, banding dan litigasi kasus perpajakan. Perpajakan, spesialis pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan pajak bumi dan bangunan. Perpajakan, spesialis dalam keterkaitan antara pajak dengan aspek bisnis, seperti perencanaan pajak, pajak internasioal, laboratorium perpajakan I, II, III. Akuntansi Perpajakan, spesialis dalam keterkaitan antara akuntansi dengan aspek perpajakan, seperti akuntansi pajak, pemeriksaan akuntansi dalam sudut pandang perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

58

Tabel 4.6 Dosen Tidak Tetap Tempat &

Nama Dosen Tetap No

NIDN ** (Tidak Disingkat)

-1

-2

-3

1

EMILLIA, SH, M.HUM

-

2

MAHANTO AMINANTO, SE, MM

-

3

OTTO BUDIHARDJO, AK, MM, CPMA, BKP

-

4

SYUKUR NURALAM, Dr., MBA

-

Tanggal Lahir

Jabatan Akademik ***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian

-5

-6

-7

-8

dosen tidak tetap

SH, M.HUM

S1 Universitas Brawijaya S2 Universitas Brawijaya

Perpajakan

dosen tidak tetap

SE, MM

S1 Universitas Jember S2 Universitas Jember

Perpajakan

dosen tidak tetap

AK, MM, CPMA, BKP

dosen tidak tetap

Dr., MBA

-4 Malang 10-April70 Kediri 03-Feb68 Jember 09-Okt69 Lombok 15-Nov51

D4 STAN S2 Universitas Brawijaya S1 Universitas Brawijaya S2 Southern Illinois University S3 Universitas Brawijaya

Perpajakan

Perpajakan

* Lampirkan fotokopi ijazah. ** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional *** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

59

4.4.2 Aktivitas mengajar dosen tidak tetap pada satu tahun terakhir Aktivitas mengajar dosen tidak tetap pada satu tahun terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut: Tabel 4.7 Aktivitas Mengajar Dosen Tidak Tetap

No.

(1) 1

Nama Dosen Tdk Tetap

Kode Mata Kuliah

Bidang Keahlian

(2) EMILLIA, SH, M.HUM

(3) HukumPerpajakan

2

MAHANTO AMINANTO, SE, MM

Perpajakan

3

OTTO BUDIHARDJO, AK, MM, CPMA, BKP

Perpajakan

4

SYUKUR NURALAM, Dr., MBA

AkuntansiPerpajakan

(4) IAJ4032 IAF4003 IAJ4214 IAJ4116 IAJ4117 IAJ4203 IAJ4224 IAJ4121 IAJ4122 IAJ4204 IAJ4210 IAJ4225 IAJ4214 IAJ4226

Jumlah

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Nama Mata Kuliah

(5) Pengantar Ilmu Hukum PPN 1 Perencanaan Pajak PPH IV PPN II PPH I Lab Pajak 1 Pemotongan-Pemungutan Pajak Peradilan Pajak PBB dan BPHTB PPH III Penilaian Pajak Lab Pajak 2 Perencanaan Pajak Penilaian Pajak Lab Pajak 3

Jumlah Kelas

Jumlah Pertemuan yang Direncanakan

(6) 7 2,5 0,5 2 2 2,5 2 2 2 2,5 1 2 1,5 2,5 2 1,5

Jumlah Pertemuan yang Dilaksanakan

(7) 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 224

(8) 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 14 224

60

4.5 Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam tiga tahun terakhir 4.5.1 Kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar PT sendiri Tabel 4.8 Kegiatan Tenaga Ahli / Pakar No. (1) 1.

Nama Tenaga Ahli/Pakar (2) Prof. Dr. Budiono

2. 3.

Fadel Muhammad Okto Syamsu Rizal

4. 5.

Gubernur Kalimantan Barat Okto Syamsu Rizal

6. 7. 8. 9. 10.

Gita Wirjawan Prof. Dr. Martani Husaini Sapta Nirwandar Dahlan Iskan Nur Iman, Dody Widodo, Thomas Kristian Pamungkas, Yunan Yusmanto, Rudarto

12.

Nama dan Judul Kegiatan (3) Kuliah Tamu:Seminar Internasional Kuliah Tamu: Pelatihan Pengisian SPT PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Kuliah Tamu: Pelatihan Pajak untuk Bendaharawan Seminar Nasional Seminar Nasional Seminar Nasional Seminar Nasional Kuliah Tamu Praktisi Bisnis : Kewirausahaan Dan Manajemen Inovasi Konferensi Nasional Ikatan Mahasiswa Adminstrasi Bisnis (IMABI)

Waktu Pelaksanaan (4) 2012 Maret 2013 Maret 2013 April 2013 Mei 2013 Februari 2013 Februari 2013 Februari 2013 Februari 2013 Desember 2012

Mei 2012

4.5.2 Peningkatan kemampuan dosen Terdapat 5 orang dosen tetap yang sedang menempuh program tugas belajar, dalam bidang keahlian yang sesuai dengan PS, berikut adalah perinciannya: Tabel 4.9 Dosen Tetap Yang Menempuh Tugas Belajar No.

Nama Dosen

(1) 1

(2) NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si RIYADI, Drs, M.Si

2 3 4

Jenjang Pendidikan Lanjut (3) S3

(4) Keuangan

S3

Keuangan

S3

Keuangan

S3

Sistem Informasi

Bidang Studi

Perguruan Tinggi (5) Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

(6) Indonesia

Tahun Mulai Studi (7) 2013

Indonesia

2013

Indonesia

2013

Indonesia

2013

Negara

61

5

Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si

S3

Manajemen Keuangan

Universitas Brawijaya

Indonesia

2013

4.5.3. Kegiatan dosen tetap Tabel 4.10 Kegiatan Dosen Tetap No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Nama Dosen

Jenis Kegiatan*

(1) YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA IMAM SUYADI, Dr, M.Si

8. NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. 9. KERTAHADI, Dr., M.Com 10. M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA 11.

Waktu

(2) Diklat Perencanaan Mitigasi Bencana Diklat Disaster Mitigation Bintek Data Base Pegawai Perencanaan Pembangunan Desa

(3) Jogya UGM

(4) 2 minggu

Kyoto

2 minggu

Batu

1 hari

v

Gersik

1 hari

v

Pelatihan Pembuatan Website e-Commerce UMKM di Malang Pelatihan Akuntansi Sederhana pada Komoditas Usaha Mandiri Ibu-ibu Dharma Wanita Kota Malang PENYULUHAN PADA PT. TASPEN MALANG TENTANG PELAYANAN PRIMA Pelatihan Manajemen Kontrol Kualitas dan Anggaran dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil

Malang

2012

v

Malang

2012

V

Malang

2012

V

Malang

2012

V

Malang

2012

V

Malang

2012

V

Malang

2012

v

SUHARYONO, Prof., Dr., MA

12. MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si 13. SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

Tempat

Pellatihan Keterampilan Manajemen Inovasi Usaha Bagi Pedagang Kaki Lima di Kec Dau Kab Malang Pendampingan Online Jurnalistik di SMKN 12 Malang Sebagai Salah Satu Modifikasi Metode Belajar Siswa

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

v

62

No.

Nama Dosen

Jenis Kegiatan*

(1)

(2) MEMBINA JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BUNGA HIASAN (SRIKANDI KUMADJI, Dr, MS; Taher Alhabsji, Prof, Dr, MS; Fransisca Yaningwaty, Dra, M.Si; Sri Mangesti Rahayu, Dra, M.Si; Siti Rochmah, Dr, M.Si) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELENGGARAAN AKUNTANSI SEDERHANA BAGI KELOMPOK UMKM DI WILAYAH KOTA MALANG (TOPOWIJONO, Drs, M.Si; M.G. Wi Endang Np, Dra, M.Si; Zaroh ZA, Dra, M.Si; R. Rustam Hidayat, Drs, M.Si; Djamhur Hamid, Dr, Dipbus, M.Si PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELENGGARAAN AKUNTANSI SEDERHANA BAGI KELOMPOK UMKM DI WILAYAH KOTA MALANG (TOPOWIJONO, Drs, M.Si; M.G. Wi Endang Np, Dra, M.Si; Zaroh ZA, Dra, M.Si; R. Rustam Hidayat, Drs, M.Si; Djamhur Hamid, Dr, Dipbus, M.Si pelatihan peningkatan Daya saing UKM Melalui Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi & Distribusi)

14.

SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si

15.

DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si

16.

R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si

17. K U S D I, Dr. DEA

Tempat

Waktu

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

(3) Malang

(4) 2012

Malang

2012

v

Malang

2012

v

Malang

2012

v

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

63

No.

Jenis Kegiatan*

(1)

(2) PENTINGNYA AKSES INFORMASI BAGI UKM UNTUK MEMPERLUAS PASAR Pelatihan Akuntansi Sederhana pada Komoditas Usaha Mandiri Ibu-ibu Dharma Wanita Kota Malang PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELENGGARAAN AKUNTANSI SEDERHANA BAGI KELOMPOK UMKM DI WILAYAH KOTA MALANG (TOPOWIJONO, Drs, M.Si; M.G. Wi Endang Np, Dra, M.Si; Zaroh ZA, Dra, M.Si; R. Rustam Hidayat, Drs, M.Si; Djamhur Hamid, Dr, Dipbus, M.Si DESAIN KEBIJAKAN PAJAK BAGI PERGURUAN TINGGI PASCA PEMBATALAN UNDANG-UNDANG BADAN HUKUM PENDIDIKAN (BHP)

(3) Malang

(4) 2012

Malang

2012

v

Malang

2012

v

Malang

2012

v

PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN: IMPLIKASI PADA MODEL PENGEMBANGAN KOMPENSASI PERUSAHAAN ROKOK DI INDONESIA Pelatihan E-learning bagi TIM IT FIA Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Kemitraan di Kabupaten Blitar

INDONESIA (HIBAH PENELITIAN STRATEGIS)

2010/2011

Malang

2012

v

Malang

2012

v

18. ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB 19. MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs 20.

TOPOWIJONO, Drs, M.Si.

21.

SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si

22. 23.

HERU SUSILO, Drs, MA HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si

Tempat

Waktu

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

Nama Dosen

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

64

No.

Jenis Kegiatan*

(1)

(2) PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN DAN PENENTUAN HARGA JUAL BAGI PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB; Nova Elyasari, SE, M.Si; Cacik Rut Damayanti, S.Sos, M.ProffAcc; Nur Imamah, SAB, MAB) PELATIHAN DASARDASAR KEWIRAUSAHAAN PADA SOSWA SMK PGRI III KOTA MALANG JAWA TIMUR (RIYADI, Drs, M.Si; M. Al. Musadieq, MBA; Kadarisman, Drs, M.Si; Endang Siti Astuti, Prof, Dr, M.Si)

(3) Malang

(4) 2012

Malang

2012

v

Pelatihan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Malang

2012

v

Pendampingan Online Jurnalistik di SMKN 12 Malang Sebagai Salah Satu Modifikasi Metode Belajar Siswa

Malang

2012

v

24.

DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB

25.

RIYADI, Drs, M.Si

26.

27. 28.

Waktu

MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., MSA., Ak ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB

29.

30.

Tempat

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

Nama Dosen

YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC

31. ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

65

No.

Jenis Kegiatan*

(1)

(2) PELATIHAN DASARDASAR KEWIRAUSAHAAN PADA SOSWA SMK PGRI III KOTA MALANG JAWA TIMUR (RIYADI, Drs, M.Si; M. Al. Musadieq, MBA; Kadarisman, Drs, M.Si; Endang Siti Astuti, Prof, Dr, M.Si) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELENGGARAAN AKUNTANSI SEDERHANA BAGI KELOMPOK UMKM DI WILAYAH KOTA MALANG (TOPOWIJONO, Drs, M.Si; M.G. Wi Endang Np, Dra, M.Si; Zaroh ZA, Dra, M.Si; R. Rustam Hidayat, Drs, M.Si; Djamhur Hamid, Dr, Dipbus, M.Si

(3) Malang

(4) 2012

Malang

2012

v

Menciptakan Peluang Usaha dan mengembangkan Jiwa Kewirausahaan melalui Pembuatan Hiasan Bunga Flanel PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI YANG BAIK (Pengabdian pada Perangkat Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu) (SUMARTONO, Prof., Dr, MS; Bambang Supriyono, Prof, Dr, M.Si; Andy Fefta Wijaya, Drs, MDA, PhD; Moch. Dzulkirom AR, Dr; Hermaw

Malang

2012

v

Malang

2012

v

32.

KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si

33.

Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si

34.

Tempat

Waktu

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

Nama Dosen

YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D

35. SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS

36.

ZAINUL ARIFIN, Dr., MS

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

66

No.

Nama Dosen

Jenis Kegiatan*

(1)

(2) PENYULUHAN REGULASI PILKADAL ANTI KORUPSI DALAM RANGKA ADMINISTRASI PEMERINTAHAN LOKAL DI KOTA MALANG (SJAMSIAR SJAMSUDDIN, Prof, Dr; Abdullah Said, Drs, M.Si; Andi Fefta Wijaya, Drs, Ph.D; Darminto, Dr, M.Si; Ainul Hidayat, S.Pd, M.Si)

37.

38. 39.

40.

DARMINTO, Dr., M.Si MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. Ph.D NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

Tempat (3) Malang

Waktu (4) 2012

Sebagai Penyaji Peserta (5) (6) v

* Jenis kegiatan : Seminar ilmiah, Lokakarya, Penataran/Pelatihan, Workshop, Pagelaran, Pameran, Peragaan dll

4.5.4

Pencapaian prestasi/reputasi dosen Tabel 4.11 Prestasi dan Reputasi Dosen

No.

Nama Dosen

Prestasi yang Dicapai*

(1) 1.

(2) Siti Ragil Handayani, Dr., M.Si

(3) Hibah Penelitian Strategis Nasional Dikti Hibah Reset Kolaborasi Nasional Penyusunan SPKD di Anambas Kepulauan Riau

2.

Yuniadi Mayowan, S.Sos, MAB

Waktu Pencapaian (4) 2 tahun 1 tahun 5 bulan

Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional) (5) Nasional Nasional tinggi) Lokal

(lintas

perguruan

* Sediakan dokumen pendukung pada saat asesmen lapangan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

67

4.5.5 Keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi keilmuan atau organisasi profesi. Tabel 4.12 Partisipasi Dosen Dalam Organisasi No.

Nama Dosen

(1)

(2) ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA IMAM SUYADI, Dr, M.Si NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

KERTAHADI, Dr., M.Com M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA SUHARYONO, Prof., Dr., MA MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si K U S D I, Dr. DEA

19 20 21

22 23 24

Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional) (5)

Kurun Waktu (4)

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

2 tahun

Nasional

IFTAA (Indonesian Fiscal and Tax Administration Assotiation

1 tahun

Nasional

IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)

5 tahun

Nasional

IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)

3 tahun

Nasional

ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs TOPOWIJONO, Drs, M.Si. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si

17 18

Nama Organisasi Keilmuan atau Organisasi Profesi (3)

HERU SUSILO, Drs, MA HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB RIYADI, Drs, M.Si MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., MSA., Ak ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak ARI DARMAWAN, Dr.,

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

68

25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36.

SAB., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS ZAINUL ARIFIN, Dr., MS DARMINTO, Dr., M.Si MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. Ph.D NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

2 tahun

Nasional

AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Binsis)

2 tahun

Nasional

Academy of International Business

3 tahun

Internasional

4.6 Tenaga kependidikan 4.6.1 Data tenaga kependidikan Tabel 4.13 Jumlah Tenaga Kependidikan No. (1) 1 2

3 4

Jenis Tenaga Kependidikan (2) Pustakawan * Laboran/ Teknisi/ Analis/ Operator/ Programer Administrasi Lainnya : … Total

S3 (3)

Jumlah Tenaga Kependidikan dengan Pendidikan Terakhir S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3 3

2

16

Unit Kerja (11) Ruang baca Laboratorium perpajakan

13

* Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam bidang perpustakaan

4.6.2 Upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan Prodi perpajakan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri, dengan cara mengajukan proposal keinginan mengikuti pelatihan atau bumbingan atau tutorial terkait dengan ke-update-an pelayanan kepada mahasiswa prodi perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

69

Fasilitas dapat berupa informasi jenis pelatihan atau tutorial yang sesuai, dana, dan jenjang karir untuk tenaga kependidikan yang bekerja pada prodi perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

70

BAB V KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK

5.1 Kurikulum Kurikulum Program Studi Perpajakan disusun memuat Mata Kuliah Muatan Nasional, Mata Kuliah Muatan Universitas, Mata Kuliah Muatan Fakultas, dan Mata Kuliah Muatan Program Studi Perpajakan. Kurikulum program studi Perpajakan Universitas Brawijaya dirancang dan disusun sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan visi,misi serta tujuan kompetensi tersebut. Kompetensi yang diharapkan untuk dimiliki oleh sarjana lulusan Program Studi Perpajakan dijabarkan dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Sistem perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Mata kuliah yang disajikan terdiri dari mata kuliah muatan nasional, mata kuliah muatan universitas, mata kuliah muatan fakultas, mata kuliah muatan jurusan Administrasi Bisnis dan mata kuliah muatan program studi Perpajakan. Mata kuliah tersebut disajikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang meliputi kompetensi utama lulusan, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

5.1.1 Kompetensi Kompetensi lulusan yang ingin dicapai oleh Program Studi Perpajakan meliputi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Masing-masing kompetensi yang ingin dicapai tersebut dijelaskan sebagai berikut:

5.1.1.a Kompetensi Utama Lulusan Sebagai sarjana Perpajakan yang siap latih dan atau untuk bekerja dibidang organisasi publik maupun organisasi bisnis, maka rincian kompetensi yang harus dimiliki sebagai berikut: a. Mahasiswa memahami konsep dan jenis-jenis perpajakan b. Mahasiswa mampu melakukan perencanaan pajak pada organisasi bisnis c. Mahasiswa mampu melakukan penelitian di bidang perpajakan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

71

5.1.1.b Kompetensi Pendukung Lulusan Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Perpajakan adalah sebagai berikut: a. Mahasiswa mampu menghitung pajak yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. b. Mahasiswa mampu menganalisis perpajakan perusahaan. c. Mahasiswa mampu menangani dan atau mendampingi wajib pajak dalam pemeriksaan pajak. d. Mahasiswa mampu menangani dan atau mendampingi wajib pajak dalam pengajuan keberatan. e. Mahasiswa mampu menangani dan atau mendampingi wajib pajak dalam pengajuan banding.

5.1.1.c Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan Sebagai sarjana perpajakan yang siap dikembangkan untuk bekerja mandiri sebagai konsultan pajak ataupun sebagai tenaga ahli di perusahaan yang menangani perpajakan perusahaan dengan rincian kompetensi, sebagai berikut: a. Memiliki kemampuan untuk bersikap kreatif dan inovatif dalam melihat dan memanfaatkan peluang dan tantangan. b. Mampu menganalisis dan merencanakan pembayaran pajak dalam kegiatan bisnis.

5.1.2 Struktur Kurikulum Kurikulum Program Studi perpajakan terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

72

5.1.2.1 Satuan Kredit Semester Program Studi Jumlah SKS PS minimum untuk kelulusan adalah sebanyak 147 sks yang terlihat pada table berikut: Tabel 5.1 Satuan Kredit Semester Program Studi Jenis Mata Kuliah (1) Mata Kuliah Wajib Mata Kuliah Pilihan Jumlah Total

sks (2) 138 9 147

Keterangan (3) 47 Mata Kuliah 3 Mata Kuliah

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

73

5.1.2.2 Struktur kurikulum Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester dapat dilihat dalam tabel berikut: Tabel 5.2 Struktur kurikulum

Smt

Kode MK

(1) I

(2) MPK4001 MPK4002 MPK4003 MPK4004 MPK4005 MPK4006 MPK4007 MPK4008 IAF4001

II

IAS4103 IAJ4101 IAF4002 IAJ4211 IAS4207 IAS4208 IAS4216 IAJ4202 IAJ4203 IAJ4204

Nama Mata Kuliah* (3) Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Khatolik Pendidikan Agama Kristen Protestan Pendidikan Agama Hindu Pendidikan Agama Budha Bahasa Inggris Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Teori Organisasi dan Administrasi Akuntansi Keuangan I Pengantar Perpajakan Perilaku dan Pengembangan Organisasi Etika Administrasi Statistik Akuntansi Keuangan II Sistem Inforamasi Manajemen Sistem Perpajakan Indonesia Pajak Penghasilan I PBB dan BPHTB

Bobotsk s (4)

sks MK dalamKurikulum InstiInti** tusional (5) (6)

Bobot Tugas* **

Kelengkapan**** Deskripsi (8)

(9)

SAP

3 3 3 3 3 3 3 3 3

√ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √

(10) √ √ √ √ √ √ √ √ √

(11) PPA-UB PPA-UB PPA-UB PPA-UB PPA-UB Perpajakan UPT MKU-UB Perpajakan Perpajakan

3 3 3 3 3 3 3

√ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √

Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan

3









Perpajakan

3 3

√ √

√ √

√ √

√ √

Perpajakan Perpajakan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

(7)

Silabus

Unit/ Jur/ FakPenyelengga ra

74

III

IAF4004 IAS4109 IAS4110 IAJ4105 IAJ4106 IAJ4107 IAJ4109 IAJ4108

IV

IAS4217 IAS4221 IAJ4210 IAF4003

V

VI

IAJ4214 IAJ4215 UBU4001 IAJ4116 IAJ4117 IAJ4118 IAJ4119 IAJ4120 IAJ4121 IAJ4122 IAJ4023

IAJ4224 IAJ4225 IAJ4226

Kepemimpinan Akuntansi Biaya Ekonomi Makro Pajak Penghasilan II Kebijakan Pajak Akuntansi Keuangan III Etika Profesi Administrasi Keuangan Negara Manajemen Sumber Daya Manusia Keuangan Bisnis I Pajak Penghasilan III Pajak Pertambahan Nilai I Akuntansi Keuangan IV Akuntansi Sektor Publik Perencanaan Pajak Metode Penelitian Kewirusahaan dan Manajemen Investasi Pajak Penghasilan IV Pajak Pertambahan Nilai II Akuntansi Perpajakan I Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pajak Internasional Pemotongan – Pemungutan Pajak Peradilan Pajak Seminar Perpajakan Akuntansi Perpajakan II Penilaian Laboratorium Perpajakan I Laboratorium Perpajakan II Laboratorium Perpajakan III Mata Kuliah Pilihan*

3 3 3 3 3 3 3 3

√ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √

Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan

3 3 3 3 3 3 3 3 3

√ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √

Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan

3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 1 1 1 9

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

75

VII

UBU UBU UBU UBU Total sks

Magang/KKN Aplikasi Komputer TOEIC SKRIPSI

3 0 0 6 147

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Perpajakan

76

5.1.3 Mata kuliah pilihan yang dilaksanakan Mata kuliah pilihan pada Prodi Perpajakan terdiri dari 9 Mata Kuliah Pilihan. Mata kuliah pilihan disajikan pada semester VI. Masing-masing mahasiswa diperkenankan memilih 3 mata kuliah setara dengan 9 sks dari 9 mata kuliah yang disajikan setara dengan 27 sks. Tabel 5.3 Mata Kuliah Pilihan Semester (1) VI VI

Kode MK (2) IAJ4027 IAJ4028 IAJ4030

VI VI VI VI VI VI VI Total sks

Nama MK (pilihan) (3) Tata Kelola Kepemerintahan Administrasi Keuangan Daerah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pemeriksaan Akuntansi Pengantar Ilmu Hukum Hukum Bisnis KUP I KUP II Kepabeanan & Ekspor Impor

IAJ4031 IAJ4032 IAJ4033 IAJ4034 IAJ4035 IAJ4036

Bobotsks

BobotTugas*

(4) 3 3 3

(5) √ √ √

3 3 3 3 3 3 27

√ √ √ √ √ √

Unit/ Jur/ FakPengelola (6) Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan Perpajakan

5.1.4 Substansi praktikum/praktek Substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu digunakan untuk membekali mahasiswa dengan mata kuliah praktikum untuk meningkatkan kompetensi praktis mahasiswa. Nama mata kuliah dan judul praktikum disajikan pada tabel berikut: Tabel 5.4 Mata Kuliah Praktikum No.

NamaPraktikum/Praktek

(1) 1.

(2) Laboratorium Perpajakan I

2.

Laboratorium Perpajakan II

3.

Laboratorium III

4.

Praktikum Akuntansi

Perpajakan

Isi Praktikum/Praktek Jam Judul/Modul Pelaksanaan (3) (4) Sistem Informasi 1 sks Manajemen Perpajakan Audit Internal 1 sks Pajak Sistem Informasi 1 sks Perpajakan Praktikum Akuntansi menggunakan software akuntansi

0 sks

Tempat/LokasiPraktikum/Praktek (5) Laboratorium PKPMSI Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Kelas Laboratorium PKPMSI Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Laboratorium PKPMSI Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

77

5.

Praktikum Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi akuntansi

1 sks

Laboratorium PKPMSI Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

5.2. Peninjauan silabus/SAP dan buku ajar Peninjauan silabus/SAP dilakukan dalam kurun waktu 4 tahun sekali. Mengingat Program Studi Perpajakan mulai beroperasi pada tahun 2010, telah dilakukan pembaruan atau peninjauan silabus melalui workshop kurikulum yang menghadirkan praktisi perpajakan dan dosen mata kuliah. Beberapa hasil perubahan mata kuliah ada pada tabel berikut: Tabel 5.5 Peninjauan Silabus / SAP dan Buku Ajar No. MK

No. (1) 1

(2) -

Nama MK (3) Penilaian

MK Baru/ Lama/Ha pus (4) Baru

2

Pengantar Ilmu Hukum

Baru

3

KUP I

Baru

4

KUP II

Baru

5

PPH III

Hapus

6

PPH IV

Hapus

Perubahan pada Silabus /SAP

Buku Ajar

(5) -

Peringk asan RPKPS PPH IIV menjadi PPH III Peringk asan RPKPS PPH IIV menjadi PPH III

(6) -

Alasan Peninjauan (7) Penambahan kompetensi mahasiswa Penambahan kompetensi mahasiswa Penambahan kompetensi mahasiswa Penambahan kompetensi mahasiswa Overlapping dengan PPH I dan II

Overlapping dengan PPH I dan II

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Atas usulan/ masukan dari (8) Praktisi Perpajakan Praktisi perpajakan dan hukum Praktisi Perpajakan Praktisi Perpajakan Praktisi Perpajakan dan dosen pengampu

Praktisi Perpajakan dan dosen pengampu

Berlaku mulai Sem./Th. (9) Semester genap 2012/2013 Semester ganjil 2013/2014 Semester ganjil 2014/2015 Semester genap 2013/2014 Semester ganjil 2014/2015

Semester genap 2013/2014

78

5.3

Pelaksanaan Proses Pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme monitoring meliputi

kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen dan materi perkuliahan.

5.3.1.a

Mekanisme untuk Memonitor, Mengkaji dan Memperbaiki setiap Semester tentang Kehadiran Mahasiswa, Kehadiran Dosen dan Materi Perkuliahan

Mekanisme monitoring perkuliahan yang meliputi kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen dan materi perkuliahan dijelaskan sebagai berikut: Mekanisme monitoring dilakukan melalui tiga kegiatan, yaitu: a. Pengisian Presensi Mahasiswa Kehadiran mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dimonitor melalui pengisian presensi pada setiap perkuliahan dalam setiap semester. Presensi tersebut dievaluasi setiap hari oleh bagian akademik. Hasil evaluasi jumlah kehadiran mahasiswa tersebut digunakan untuk menentukan keikutsertaan mahasiswa dalam ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Syarat kehadiran mahasiswa untuk dapat mengikuti ujian tengah semester dan ujian akhir semester minimal adalah 80% dari jumlah tatap muka. b. Pengisian PresensiDosen sebagai Monitoring Kehadiran Dosen Kehadiran dosen dalam kegiatan perkuliahan dimonitor melalui pengisian presensi pada setiap perkuliahan. Presensi tersebut dievaluasi setiap hari oleh bagian akademik. Presensi kehadiran dosen ditandatangani oleh wakil mahasiswa. Kehadiran dosen dievaluasi secara berkala setiap semester. Jumlah kehadiran dosen akan menentukanhasil evaluasi kinerja dosen. c. Pengisian Berita Acara Perkuliahan sebagai Monitoring Materi Kuliah Sesuai aturan yang berlaku di Fakultas Ilmu Administrasi, tatap muka perkuliahan dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan dan merupakan kewajiban bagi dosen pengampu mata kuliah untuk melaksanakannya. Tingkat kehadiran dosen dimonitor berdasarkan rekapitulasi berita acara perkuliahan yang dievaluasi pada akhir semester. Evaluasi dilakukan dalam pertemuan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

79

para dosen di lingkungan jurusan administrasi bisnis akan dijadikan topik pembicaraan dan kemudian dijadikan catatan bagi dosen yang bersangkutan. Monitoring dan evaluasi dilakukan secara kontinyu atas kehadiran mahasiswa, dosen, dan materi kuliah. Monitoring dan evaluasi atas kehadiran mahasiswa dilakukan dengan adanya ketentuan minimal untuk dapat mengikuti ujian adalah kehadiran tidak kurang dari 80% tatap muka. Sedangkan monitoring dan evaluasi atas kehadiran dosen dilakukan dengan memberikan pemberitahuan dan peringatan kepada dosen pada setiap akhir semester untuk melengkapi jumlah tatap muka hingga memenuhi target 14 kali pertemuan. Monitoring dan evaluasi atas materi perkuliahan dilakukan dengan membandingkan materi perkuliahan dengan SAP dan melampirkan RPKPS/silabus pada daftar hadir.

5.3.1.b Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan Setiap mata kuliah diampu oleh tim dosen yang diketuai oleh seorang dosen koordinator. Penyusunan RPKPS oleh tim dosen dengan memperhatikan masukan dari dosen lain serta masukan dari kalangan praktisi terkait. Materi perkuliahan didiskusikan dan disusun oleh tim dosen mata kuliah terkait.

5.3.2 Mutu Soal Ujian Soal ujian dalam Program Studi Perpajakan disusun oleh tim dosen pengampu dengan mekanisme semua dosen anggota tim menyerahkan soal kepada dosen koordinatoruntuk disesuaikan dengan RPKPS mata kuliah tersebut. Contoh soal ujian dalam 1 (satu) tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian dapat dilihat pada lampiran.

5.4 Sistem Pembimbingan Akademik Pembimbingan akademik dilangsungkan sejak mahasiswa mendaftar di Program Studi Perpajakan melalui pembimbingan oleh Dosen Penasehat Akademik. Sejak mahasiswa terdaftar, telah ditentukan Dosen Penasehat Akademik bagi tiap kelompok mahasiswa. Dosen bersangkutan membantu

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

80

mahasiswa di dalam proses belajar mereka selama di FIA UB. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Keputusan Dekan FIA UB dengan pertimbangan dalam rangka membentuk kelancaran studi mahasiswa ditunjuk Penasehat Akademik (PA) bagi tiap-tiap kelompok mahasiswa.

5.4.1.a Rata-Rata Banyaknya Mahasiswa per Dosen Pembimbing Akademik per Semester Jumlah mahasiswa Program Studi Perpajakan adalah sebesar 703 orang, sedangkan jumlah dosen pembimbing akademik adalah sejumlah 36 orang. Ratarata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing akademik adalah sebesar 19,52 orang/semester. Data nama dosen pembimbing dan jumlah mahasiswa bimbingan adalah sebagai berikut:: No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28

Tabel 5.6 Banyak Mahasiswa Per Dosen Pembimbing Akademik Nama Dosen Jumlah Mahasiswa Yang dibimbing ACHMAD FAUZI, Prof., Drs., MA 20 UMAR NIMRAN, Prof., Dr., MA 20 IMAM SUYADI, Dr, M.Si 20 NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. 19 KERTAHADI, Dr., M.Com 19 M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA 19 SUHARYONO, Prof., Dr., MA 20 MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si 20 SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec 20 SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si 20 DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si 20 R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si 20 K U S D I, Dr. DEA 20 ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB 20 MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs 20 TOPOWIJONO, Drs, M.Si. 19 SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si 20 HERU SUSILO, Drs, MA 19 HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si 19 DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB 19 RIYADI, Drs, M.Si 20 MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., 19 MSA., Ak ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak 19 ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB 19 YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB 19 FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC 19 ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si 19 KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si 19

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

81

No 29 30 31 32 33 34 35 36

Nama Dosen Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS ZAINUL ARIFIN, Dr., MS DARMINTO, Dr., M.Si MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. Ph.D NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

Jumlah Mahasiswa Yang dibimbing 20 20 20 20 19 19 19 20 703

* Angkatan 2010 yang mengundurkan diri 5 orang mahasiswa * Angkatan 2011 yang mengundurkan diri 7 orang mahasiswa

5.4.1.b Pelaksanaan Kegiatan Pembimbingan Akademik Panduan tertulis bagi Dosen Pembimbing Akademik (PA) / Dosen Wali untuk melakukan pembimbingan akademik tertuang dalam Buku Pedoman. Dosen Pembimbing Akademik (PA) / Dosen Wali adalah dosen yang bertanggung jawab dalam pembinaan dan pembimbingan studi mahasiswa.

5.4.1.c Jumlah Rata-Rata Pertemuan Pembimbingan per Mahasiswa per Semester Rata-rata pertemuan pembimbingan per mahasiswa per semester adalah sebanyak 4-5 kali, dengan kegiatan bimbingan antara lain sebagai berikut: 1. Pembimbingan tentang mata kuliah yang ditawarkan pada setiap semester 2. Pengesahan Kartu Rencana Studi 3. Pengesahan Kartu Hasil Studi 4. Pengesahan batal/tambah mata kuliah 5. Pembimbingan untuk keperluan khusus (pengajuan beasiswa, pemrosesan magang)

Tabel 5.7 Rincian nama dosen dan frekuensi pertemuan No (1) 1 2 3

Nama Dosen Pembimbing Akademik (2) IMAM SUYADI, Dr, M.Si NENGAH SUDJANA, Drs, M.Si. KERTAHADI, Dr., M.Com

Jumlah Mahasiswa Bimbingan (3)

Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

(4) 4 5 4

82

No 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33

Jumlah Mahasiswa Bimbingan

Nama Dosen Pembimbing Akademik

Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester

M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA MUHAMMAD SAIFI, Drs, M.Si SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec SRI MANGESTI RAHAYU, Dr., Dra, M.Si DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si R. RUSTAM HIDAYAT, Drs, M.Si K U S D I, Dr. DEA ACHMAD HUSAINI, Drs, MAB MOCH. DZULKIROM AR., Dr. Drs TOPOWIJONO, Drs, M.Si. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si HERU SUSILO, Drs, MA HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB RIYADI, Drs, M.Si MIRZA MAULINARHADI RANATARISZA., SE., MSA., Ak ROSALITA RACHMA AGUSTI, SE., MSA., Ak ARI DARMAWAN, Dr., SAB., MAB YUNIADI MAYOWAN, S.Sos., MAB FITRI CANDRA WARDANA, SE, M.ACC ENDANG SITI ASTUTI, Prof., Dr., M.Si KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si Z A H R O H Z. A. , Dra, M.Si YUSRI ABDILLAH, S.Sos, M.Si, Ph.D SRIKANDI KUMADJI, Dr. MS ZAINUL ARIFIN, Dr., MS DARMINTO, Dr., M.Si MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB. Ph.D NILA FIRDAUSI NUZULA, Ph. D., S.Sos., M.Si ARIK PRASETYA, Ph.D S.Sos, M.Si

4 4 4 4 4 4 4 5 5 5 5 5 5 4 4 4 5 5 4 4 4 5 5 5 5 5 4 4 4 4

5.4.2 Efektivitas Kegiatan perwalian Kegiatan perwalian pada Program Studi Perpajakan telah berjalan dengan efektif, karena sudah ada mekanisme perwalian yang sudah jelas seperti pada tabel berikut: Tabel 5.8 Efektivitas Kegiatan Perwalian No (1) 1

Hal (2) Tujuan pembimbingan

Penjelasan (3) Tujuan pembimbingan adalah membantu mahasiswa di dalam proses belajar selama menempuh pendidikan di Program Studi Perpajakan Jurusan Administrasi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

83

No

Hal

2

Pelaksanaan pembimbingan

3

Masalah yang dibicarakandalampembimbingan

4

Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya Manfaat yang diperoleh mahasiswadari pembimbingan

5

Penjelasan Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya 1) Menjelaskan mengenai berbagai program studi serta alternatif yang dapat diambil oleh mahasiswa 2) Memberi pengarahan kepada mahasiswa dalam menyusun rencana dan beban studi serta memilih matakuliah yang akan diambil 3)Membantu mahasiswa dalam mengembangkan sikap dan cara belajar yang baik 4) Membantu mahasiswa dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami 5) Melaporkan tentang tingkat kemajuan belajar mahasiswa bimbingannya kepada Dekan 6) Pada saat pendaftaran ulang berkewajiban meneliti pengisian serta mengesahkan rencana studi yang disusun mahasiswa dalam KRS 7) Wajib memberi nasehat akademik secara teratur selama masa studi mahasiswa Terkait dengan bidang akademik, bidang pembinaan kepribadian, bidang aspek sosial, bidang budaya, bidang olahraga, bidang mental spiritual dan bidang kesejahteraan. Relatif tidak terdapat kesulitan yang berarti dalam proses pembimbingan. Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari aktivitas pembimbingan adalah adanya interaksi yang intens dalam kegiatan bimbingan akademik menjadikan mahasiswa tidak lagi memberikan kesan terdapat jarak yang lebar baik oleh dosen maupun sebaliknya oleh mahasiswa. Mahasiswa juga menjadi lebih terbuka kepada Dosen Pembimbing Akademik jika mengalami permasalahan selama perkuliahan. Keterbukaan ini sangat berarti bagi mahasiswa khususnya di dalam proses belajar mengajar mahasiswa, sehingga prestasi anak didik dapat dipantau lebih dini. Kontribusi ini memberikan arti bagi peningkatan Indeks Prestasi bagi mahasiswa di lingkungan Prodi Perpajakan. Bagi mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif rendah bisa mendapatkan peringatan, baik kepada mahasiswa yang bersangkutan maupun kepada orang tua/wali mahasiswa bersangkutan yang dilaksanakan setiap semester.

5.5 Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpajakan wajib menyelesaikan skripsi sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar sarjana. Skripsi direncanakan dapat diambil pada semester 7 (tujuh). Proses penyelesaian skripsi dilakukan di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi. Prosedur

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

84

Pembimbingan Skripsi sudah diupload di website fia.ub.ac.id untuk memudahkan mahasiswa.

5.5.1 Ketersediaan Panduan, Sosialisasi dan Penggunaannya Panduan pelaksanaan pembimbingan dan penyusunan tugas akhir/skripsi telah tersedia, disosialisasikan dengan membagikan buku pedoman penyusunan skripsi kepada setiap mahasiswa. Pelaksanaan pembimbingan tugas akhir atau skripsi pada Program Studi Perpajakan akan diselenggarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 karena pada saat ini mahasiswa angkatan pertama (2010/2011) sedang menempuh semester 7 (tujuh). Mahasiswa tersebut telah mengajukan judul dan mendapatkan pembimbingan skripsi.

5.5.2 Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi Mahasiswa angkatan pertama (2010/2011) saat ini baru saja dalam tahap pengajuan judul dan penetapan pembiming skripsi. Oleh karena itu, pada saat ini belum ada tugas akhir/skripsi yang telah diselesaikan.

5.6

Upaya Perbaikan Sistem Pembelajaran Upaya perbaikan sistem pembelajaran meliputi perbaikan materi, metode

pembelajaran, teknologi pembelajaran dan cara-cara evaluasi. Rincian upaya perbaikan sistem pembelajaran adalah sebagai berikut: Tabel 5.9 Upaya Perbaikan Sistem Perbaikan

Butir (1) Materi

Metode Pembelajaran

UpayaPerbaikan Tindakan (2) Perbaikan dilakukan dengan melaksanakan evaluasi Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) setiap akhir semester Terdapat Evaluasi Pembelajaran oleh Mahasiswa. Dalam pembelajaran telah diterapkan metode Student Centered Learning (SCL)

Hasil (3) RPKPS yang telah direvisi

Hasil analisa dan rekomendasi yang disampaikan dalam Forum Dosen

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

85

Penggunaan Teknologi Pembelajaran

Terdapat Evaluasi Pembelajaran oleh Mahasiswa. Setiap ruangan dilengkapi dengan LCD.

Cara-Cara evaluasi

Terdapat Evaluasi Pembelajaran oleh Mahasiswa. Evaluasi tidak hanya dilakukan dari UTS dan UAS, tetapi juga mempertimbangkan tugas, presentasi, diskusi dan kehadiran.

Hasil analisa dan rekomendasi yang disampaikan dalam Forum Dosen Hasil analisa dan rekomendasi yang disampaikan dalam Forum Dosen

5.7 Upaya Peningkatan Suasana Akademik Untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif dilakukan dengan cara memperbaiki hubungan pihak-pihak yang terkait dengan proses belajar mengajar yaitu dosen, mahasiswa, karyawan, serta penyediaan fasilitas.Adapun macam kegiatan dan upaya perbaikan suasana akademik terdiri dari: a.

Penyediaan, dan peremajaan fasilitas Laboratorium Pusat Kajian Pengembangan dan Manajemen Sistem Informasi (PKPMSI) yang selalu mengikuti perkembangan IPTEKS. Pada laboratorium tersebut mahasiswa maupun dosen melakukan praktikum mata kuliah sistem informasi manajamen dan sebagai fasilitas dalam mata kuliah laboratorium perpajakan.

b.

Interaksi dosen dengan mahasiswa menjadi semakin intensif dengan metode PBM dimana peran mahasiswa diaktifkan melalui diskusi kelas, dan direncanakan penyediaan materi kuliah dan tugas mata kuliah melalui situs blog maupun email dosen yang bisa diakses oleh mahasiswa.

c.

Kegiatan seminar akademik di tingkat jurusan dilakukan secara rutin, sehingga terjadi komunikasi ilmiah di kalangan civitas akademika.

d.

Penyediaan sarana hotspot yang bisa diakses baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa di hotspot area (di serambi FIA-UB) dengan menyediakan stop kontak listrik yang bisa digunakan mahasiswa secara bebas.

e.

Penggunaan sistem akademik (SIAKAD) dimana mahasiswa dapat memprogram mata kuliah, dan mengambil nilai berupa kartu hasil studi (KHS) secara online di internet.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

86

f.

Program Studi melibatkan mahasiswa melalui lembaga perwakilan Himpunan Mahasiswa Perpajakan dalam beberapa kegiatan dan berbagai kepanitiaan seminar/workshop untuk dikelola oleh mahasiswa.

g.

Program

Studi

secara

berkala

melakukan

evaluasi

efektivitas

pembelajaran, dimana evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket kepada mahasiswa untuk memberikan evaluasi. Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada dosen tentang kekurangankekurangan dalam teknik proses belajar mengajar yang dilakukan dosen. h.

Program Studi mengirimkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh instansi terkait (Direktorat Jenderal Pajak)

5.7.1 Kebijakan tentang suasana akademik Untuk meningkatkan suasana akademik yang kondusif dapat dilakukan dengan cara memperbaiki hubungan pihak-pihak yang terkait dengan proses belajar mengajar yaitu dosen, mahasiswa, karyawan, serta penyediaan fasilitas. Kegiatan yang dilakukan meliputi: a. Kegiatan seminar akademik di tingkat jurusan dilakukan secara rutin, sehingga terjadi komunikasi ilmiah di kalangan civitas akademika. b. Adanya kegiatan berupa mimbar akademik yang biasanya dilaksanakan setiap hari Selasa.

5.7.2 Ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan

terciptanya

interaksi

akademik

antara

civitas

akademika. Guna menjamin tercapainya suasana akademik yang kondusif diperlukan ketersediaan prasarana dan sarana yang memadai dari ruangan kuliah, laboratorium, serta ruangan untuk pengembangan kreatifitas mahasiswa (kemahasiswaan), juga fasilitas WIFI internet.Untuk mendukung terciptanya interaksi antara akademik dengan sivitas akademika, maka disediakan beberapa sarana dan prasarana meliputi: a. Penyediaan ruang kuliah yang memadai.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

87

Jumlah ruang kuliah di Fakultas Ilmu Administrasi adalah 38 ruangan digunakan secara bersama oleh Program S1, Program S2, maupun Program S3. Selain ruang kuliah,Program Studi Perpajakan dilengkapi ruang seminar. b. Penyediaan sarana hotspot yang bisa diakses baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa di hotspot area (di serambi FIA-UB) dengan menyediakan stop kontak listrik yang bisa digunakan mahasiswa secara bebas. c. Penggunaan

sistem

akademik

(SIAKAD)

dimana

mahasiswa

dapat

memprogram mata kuliah, dan mengambil nilai berupa kartu hasil studi (KHS) secara online di internet. d. Penyediaan,

dan

peremajaan

fasilitas

laboratorium

Pusat

Kajian

Pengembangan Manajemen Sistem Informasi (PKMSI) yang selalu mengikuti perkembangan IPTEKS dan Laboratorium Bahasa Inggris. Pada laboratorium tersebut mahasiswa maupun dosen melakukan praktikum mata kuliah sistem informasi manajamen. e. Semua sarana dan prasarana dalam kondisi sangat baik, dan merupakan milik sendiri.

5.7.3 Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran Beberapa program kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran juga dilakukan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif. Kegiatan tersebut meliputi: a. Jurusan melibatkan mahasiswa melalui lembaga perwakilan Himpunan Mahasiswa Bisnis dalam beberapa kegiatan seperti di unit jaminan mutu, dan berbagai kepanitiaan seminar / workshop untuk dikelola oleh mahasiswa. b. Mahasiswa secara rutin berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi terkait dalam rangka meningkatkan wawasan keilmuan mahasiswa.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

88

5.7.4 Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen. Interaksi dosen dengan mahasiswa menjadi semakin intensif dengan metode PBM dimana peran mahasiswa diaktifkan melalui diskusi kelas, dan direncanakan penyediaan materi kuliah dan tugas mata kuliah melalui situs blog maupun email dosen yang bisa diakses oleh mahasiswa. Interaksi akademik tercermin dalam aktivitas: a Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa tercermin dari adanya dosen penasehat akademik untuk membimbing mahasiswa dalam proses belajar mengajar selama menjadi mahasiswa di Program Studi Perpajakan. b Interaksi antara mahasiswa tercermin dalam keberadaan himpunan mahasiswa Program Studi Perpajakan. c Interaksi antar dosen melalui adanya mimbar diskusi setiap minggu (setiap hari Selasa).

5.7.5 Pengembangan perilaku kecendekiawanan. Terkait dengan upaya pengembangan perilaku kecendekiawanan, jurusan secara berkala melakukan evaluasi efektivitas pembelajaran, dimana evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket kepada mahasiswa untuk memberikan evaluasi. Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada dosen tentang kekurangan-kekurangan dalam teknik proses belajar mengajar yang dilakukan dosen. Upaya yang dilakukan oleh PS Perpajakan dalam mengembangkan perilaku kecendekiawanan, yang meliputi: 1.

Penanggulangan kemiskinan: Dosen dan Mahasiswa secara intensif melakukan

kajian

mengenai

kebijakan

penanggulangan

kemiskinan.

Contohnya adalah penelitian mengenai strategi penanggulangan kemiskinan, baik dalam perspektif kebijakan maupun program-program pembangunan. 2.

Pelestarian lingkungan: Dosen dan Mahasiswa terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan, baik secara langsung melakukan aksi di lapangan atau melakukan kajian mengenai kebijakan lingkungan sebagai upaya regulasi

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

89

pemanfaatan sumberdaya alam. Contohnya adalah kajian kebijakan mengenai konservasi aliran Brantas di di Malang Raya. 3.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat: Dosen dan Mahasiswa terlibatkan langsung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Contohnya adalah pelatihan pemberdayaan masyarakat pedesaan untuk kreatif dalam berusaha (menguatkan sumber ekonomi keluarga)

4.

Permasalahan ekonomi, politik, sosial, dan budaya menjadi bidang kajian utama dalam PS Perpajakan FIA UB. Dengan pilihan minat/konsentrasi yang ada, memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan kajian di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sehingga, secara faktual ilmu pengetahuan yang dimiliki mampu berkontribusi nyata dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, ada beberapa hal yang juga diakukan oleh PS Perpajakan dalam

mengembangkan perilaku kecendekiawanan mahasiswa dan dosen antara lain: 1.

Mengadakan

kerjasama

dengan

beberapa

instansi

pemerintah

yang

memungkinkan dosen-dosen dan mahasiswa berkontribusi langsung dalam program-program penguatan kapasitas SDM dari lingkungan stakeholders. 2.

Mengikut sertakan dosen dalam workshop „Metode Pembelajaran” seperti PEKERTI dan Applied Approach (AA)

3.

Mengikut sertakan dosen pada program sertifikasi profesi dosen (SERDOS)

4.

Dukungan kebijakan Pimpinan Fakultas untuk membiayai penelitian dari DPP-SPP atas Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat

5.

Membentuk laboratorium pusat-pusat kajian di Prodi Perpajakan di FIA UB

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

90

STANDAR 6. PEMBIAYAAN, PRASARANA, SARANA DAN SISTEM INFORMASI

6.1

Pengelolaan Dana Pengelolaan dana pada Program Studi Perpajakan dimaksudkan agar

sumber dana yang diperoleh dapat digunakan untuk menunjang perwujudan visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian sasaran dan tujuan program studi. Akan tetapi, kebijakan operasional pengelolaan pembiayaan yang berlaku di PS Perpajakan menganut sistem terpadu. Artinya, anggaran program studi tidak berdiri sendiri, melainkan menyatu dan terintegrasi dengan perhitungan kebutuhan anggaran Fakultas. Demikian pula, pengelolaan penerimaan dana berlaku secara terpusat. Di

setiap

semester, mahasiswa

PS

Perpajakan

membayar

Sumbangan

Pengembangan Pendidikan (SPP) melalui rekening Universitas Brawijaya. Kemudian, setiap bulan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) mengajukan sejumlah anggaran untuk dana operasional pendidikan. Dalam pelaksanaannya, PS Perpajakan mengelola 65% dari total penerimaan SPP. Proses penyusunan anggaran di PS Perpajakan dimulai saat Ketua Program Studi, dibantu oleh staf bagian keuangan FIA, membuat rencana kegiatan dan anggaran tahunan. Rencana kegiatan dan anggaran tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk Daftar Usulan Rencana Kerja (DURK). Setelah digabung dengan DURK dari unit-unit kerja lainnya di FIA, selanjutnya Pembantu Dekan II menyusun Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) FIA, untuk kegiatan yang menggunakan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan usulan kegiatan yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pembantu Dekan II mengajukanrencana anggaran tersebut kepada Dekan FIA UB untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan.Selanjutnya, Dekan FIA mengajukan kedua usulan anggaran ke Rektor UB untuk kemudian dikirimkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan guna mendapatkan persetujuan.Setelah disetujui Menteri, usulan kegiatan berubah menjadi Daftar Rencana Kerja (DRK) sebagai dasar untuk menjalankan kebijakan operasional di PS Perpajakan. Urutan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

91

proses penyusunan usulan pengelolaan dana ini menunjukkan partisipasi PS Perpajakan dalam kegiatan perencanaan anggaran dan pengelolaan dana di FIA. (Lampiran 25 butir 6.1 Notulen rapat/bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana)

6.2

Perolehan dan Alokasi Dana

6.2.1

Realisasi perolehan dan alokasi dana (termasuk hibah) dalam juta rupiah termasuk gaji, selama tiga tahun terakhir Data pada tabel 6.1 di bawah menunjukkan besarnya perolehan danayang

dapat direalisasikan untuk PS Perpajakan sejak tahun 2010. Seperti diketahui, sesuai dengan ijin Rektor Universitas Brawijaya, pada tahun 2010 PS Perpajakan menerima mahasiswa baru angkatan pertama dari program Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN).

Tabel 6.1 Realisasi Perolehan Dana 3 tahun Terakhir Sumber Dana

Jenis Dana 2010

SPP SPFP Mahasiswa Wisuda Jumlah dana mhs APBN/Hibah Dana penelitian Sumber Lain Dana pengabdian masyarakat Total

2011

Jumlah Dana (Rupiah) 2012

Jumlah

Rata-rata per tahun 740.992.083 1.715.341.213

177.558.500 813.439.325 -

660.521.500 2.017.078.675 -

1.384.896.250 2.315.505.638 -

2.222.976.250 5.146.023.638 -

990.997.825

2.677.600.175

3.700.401.888

7.368.999.888

2.456.333.296

2.510.380.195

3.192.820.420

4.216.968.025

9.920.168.640

3.306.722.880

332.512.500

632.230.000

190.000.000

1.154.742.500

384.914.167

32.000.000

165.000.000

352.682.000

517.682.000

631.997.500

3.865.890.520

6.667.650.595

8.460.051.913

18.993.593.028

6.331.197.676

Tabel 6.1 menunjukkan adanya kenaikan jumlah perolehan dana yang bersumber dari pembayaran Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) mahasiswa PS Perpajakan dari tahun ke tahun. Tabel ini memberikan gambaran jumlah dana yang teralokasikan bagi proses pembelajaran untuk setiap mahasiswa. Sebagai contoh, dengan total perolehan dana tahun 2010 sebesar Rp. 3.865.890.520,00; maka besaran dana proses belajar mengajar adalah Rp. 25.433.490,00 per mahasiswa (jumlah mahasiswa tahun 2010 adalah 152 orang).

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

92

Dengan jumlah mahasiswa tahun 2011 dan 2012 masing-masing sebanyak 238 dan 313 orang, besaran dana untuk kegiatan belajar mengajar per mahasiswa pada tahun 2011 adalah Rp. 28.015.339,00 dan Rp. 27.028.920,00 pada tahun 2012. Tabel 6.2 di bawah menunjukkan realisasi penggunaan dana untuk beberapa jenis kegiatan di PS Perpajakan mulai tahun 2010 hingga 2012.

Tabel 6.2 Realisasi Penggunaan Dana 3 tahun Terakhir No

Jenis Penggunaan

1 2 3

Pendidikan Penelitian Pengabdian masyarakat Total 1, 2, dan 3 4 Investasi prasarana 5 Investasi sarana 6 Investasi SDM Total 4, 5, dan 6 Total dana operasional dan pengembangan

2010 1.969.250.595 407.512.500

2011 2.406.162.380 698.230.000

32.000.000

201.500.000

2.408.763.095 25.498.010.906 1.276.278.401 26.774.289.307 29.183.052.402

Dana (Rupiah) 2012 3.259.066.585 256.000.000

Jumlah 7.634.479.560 1.361.742.500

Rata-rata/thn 2.544.826.520 453.914.166

395.682.000

629.182.000

209.727.333

3.305.892.380 2.675.374.650 1.475.437.500 4.150.812.150

3.910.748.585 440.775.650 2.922.336.929 200.000.000 3.563.112.579

9.625.404.060 28.614.161.206 5.674.052.830 200.000.000 34.488.214.036

3.208.468.020 9.538.053.735,33 1.891.350.943,33 666.666.666,67 11.496.071.345

7.456.704.530

7.473.861.164

44.113.618.096

14.704.539.365

Sumber: Data Keuangan FIA, 2012. Keterangan: Berdasarkan total dana operasional dan pengembangan dan sesuai dengan jumlah mahasiswa seperti yang tampak pada Tabel 3.4, dana operasional per mahasiswa untuk tahun 2010 adalah Rp. 29.408.763.095,00; Rp. 31.330.691,00 untuk tahun 2011 dan Rp. 23.878.151,00 untuk tahun 2012. Dana pendidikan pada Tabel 6.2 di atas termasuk pengeluaran gaji untuk dosen PNS dan gaji dosen tetap non PNS, tunjangan profesi, dan uang makan. Sementara, yang dimaksud dengan dana penelitian dan pengabdian masyarakat pada tabel di atas adalah dana yang berasal dari berbagai sumber, yang digunakan untuk aktifitas penelitian penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sumber dana bisa berbentuk insentif penelitian dan pengabdian yang dikeluarkan oleh FIA UB, kegiatan dan kerja sama penelitan dan pengabdian masyarkat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB, maupun kerjasama yang dilakukan oleh dosen PS Perpajakan dengan berbagai sumber eksternal lain.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

93

6.2.2

Dana untuk kegiatan penelitian pada 3 tahun terakhir yang

melibatkan dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi

Berikut ini adalah uraian kegiatan penelitian selama 3 tahun terakhir. Penelitian dilakukan oleh dosen tetap FIA UB pengampu berbagai mata kuliah di PS Perpajakan. Tabel 6.3 Dana Kegiatan Penelitian 3 tahun Terakhir Tahun 2010

2010 2010 2010

2010

2010

2010

2010 2010

2010

2010 2010 2010

Judul Penelitian Penyusunan Pedoman Kriteria Pemberian Tambahan Penghasilan PNS Kab. Sumenep Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi APBD Kab. Ponorogo Pekerjaan Penyusunan KUA PPAS TA 2011 Penyusunan Kajian Pemekaran Kabupaten Kepulauan Sula (Kajian Teknis Pembentukan Kab. Taliabu) Penyusunan Kajian Kuantitatif dan Calon Ibu Kota Kabupaten dalam rangka Pembentukan Kab. Lombok Selatan sebagai pemekaran dari Kab. Lombok Timur Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Implikasinya pada Model Pengembangan Kompensasi Perusahaan Rokok di Indonesia Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan dan Perkembangan Perusahaan Keterkaitan Karyawan dan Iklim Organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior Eksplorasi e-contracting pada e-business dan e-commerce di Indonesia Pengembangan Watak dan Sikap Kewirausahaan (Survey di kalangan mahasiswa baru jurusan Administrasi Bisnis FIA UB) Analisis Daya Saing Industri Pariwisata untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah di Kota Batu Pelatihan Calon Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri Perbedaan Kinerja Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah

Nama Dosen

Sumber dan Jenis dana

Jumlah Dana (Juta Rupiah)

Hamidah Nayati Utami, Dr., M.Si

APBD Kab. Sumenep

165,7625

Yuniadi Mayowan, S.Sos, MAB

APBD Kab. Ponorogo

93,000

Yuniadi Mayowan, S.Sos, MAB

APBD Kab. Sidoarjo

60,000

Achmad Husaini, Drs. MAB

APBD Kab Kep. Sula

60,000

Achmad Husaini, Drs. MAB

APBD Kab. Lombok Timur

160,000

Siti Ragil H., Dr., M.Si

DP2M DIKTI

73,750

Devi Farah A., S.Sos., MAB

PNBP

2,500

Hamidah NU., Dr., M.Si

PNBP

2,500

Imam Suyadi, Dr., M.Si

PNBP

2,500

Kertahadi, Dr., M.Comm

PNBP

2,500

Kusdi Raharjo, Dr., DEA

PNBP

2,500

M. Al Musadieq, Dr.m MBA

PNBP

2,500

M. Saifi, Drs., M.Si

PNBP

2,500

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

94

2010

2010

2010

2010 2010 2010

2011

2011

2011

2011

2011

2011

2011

2011

Penggunaan Hutang Bank di Kalangan UMKM dan Pengaruhnya terhadap Rentabilitas Modal Sendiri (Studi pada nasabah Bank BNI 1946 cabang Banyuwangi) Pengembangan Model Pengelolaan Arsip Digital Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Identifikasi Stakeholder Eksternal dalam rangka Meningkatkan Praktek Corporate Social Responsibility (CSR) yang Tepat Sasaran (Studi pada Masyarakat di sekitar perusahaan di wilayah Kecamatan Sukun Kota Malang) Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Foods and Beverages Penggunaan Facebook Sebagai Word of Mouth Communication Peranan Urban Design Alun-Alun Kota Mojekerto Terhadap Kunjungan Wisatawan Pendampingan Pengembangan Kemitraan bagi Kelompok Petani Tembakau di Kab. Blitar Kajian Kemitraan antara Pemerintah Desa, Badan Perwakilan Desa, dan peran Sekretaris Desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa di Jawa Timur Pengaruh Variabel Return On Assets, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earnings Per Share terhadap Margin Saham Perusahaan Analisis Efektifitas Pelatihan Penerapan Teknologi Tepat Guna Produk dalam Kemasan bagi UMKM (Studi pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan, Kel. Purwantoro, Kota Malang) Peran Tenaga Kerja Wanita dalam Rumah Tangga (Studi pada Rumah Tangga di Kota Malang) Analisis Investasi Aktiva Tetap Usaha Kecil Menengah dalam Pemilihan Penggunaan Sumber Dana Hutang Jangka Panjang atau Leasing Pengaruh Kualitas Manajer terhadap Anggaran dan Kinerja Usaha serta Keberhasilan Pencapaian Tujuan Koperasi Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Kebutuhan Modal bagi Pengrajin Industri Kecil Cobek di Dusun

Nengah Sudjana, Drs., M.Si

PNBP

2,500

Riyadi, Drs., M.Si

PNBP

2,500

Siti Ragil H., Dr., M.Si

PNBP

2,500

Sri Mangesti R., Dra., M.Si

PNBP

2,500

Srikandi Kumadji, Dr., M.Si

PNBP

2,500

Zahroh ZA, Dra., M.Si

PNBP

2,500

APBD Provinsi Jawa Timur

334,730

APBD Provinsi Jawa Timur

297,500

PNBP

3,000

PNBP

3,000

PNBP

3,000

PNBP

3,000

PNBP

3,000

PNBP

3,000

Hamidah Nayati Utami, Dr., M.Si Achmad Husaini, Drs. MAB

Achmad Husaini, Drs. MAB

Heru Susilo, Drs., MA

Yuniadi Mayowan, S.Sos., MAB Devi Farah Azizah, S.Sos., MAB

M. Dzulkirom AR., Dr.

M. Saifi, Drs., M.Si

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

95

2011

2011

2011 2011 2011

2012

2012

2012 2012

2012

2012

2012

2012

2012 2012

2012

2012

Rejoso Junrejo Kota Batu Analisis Rasio Keuangan Daerah Kota Blitar sebagai Salah Satu Alat Ukur Kinerja Keuangan Peranan Hutang dalam Pengembangan Profitabilitas Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Malang Pengaruh Remunerasi terhadap Kinerja Pegawai Organisasi Kantor Pelayanan Pajak Malang Selatan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inovasi pada Wirausaha Wanita Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inovasi pada Wirausaha Wanita Co-Creation of Value Melalui Sosial Networking Sites (SNSs) Untuk Pemasaran Produk UKM Dalam Rangka Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Kegiatan Penyusunan Dokumen Survey Bidang Pelayanan Publik di Kota Kediri Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat untuk Menilai Kinerja Keuangan Efektivitas Pemberdayaan Angkatan Kerja dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian Usaha Mikro Kecil dan Menengah Promosi Jabatan Karyawan Pengaruh Variabel Tingkat Inflasi, Gross Domestik, Tingkat Bunga dan Nilai Tukar US Dollar terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Kasus pada Bursa Efek Indonesia) Optimalisasi Potensi Desa Wisata Menuju Pariwisata Berkelanjutan (Studi pada beberapa Desa Wisata di Kabupaten Malang) Pengaruh Profitabilitas Bank terhadap Harga Saham Perbankan Peran Kridit Usaha Rakyat (KUR) dalam Memajukan Usaha Kecil Menengah di Kota Malang Profil Perempuan Tenaga Kerja dalam Membantu Menambah Penghasilan Keluarga di Kecamatan Dau Kab. Malang Penggunaan E-Tourism sebagai Media Promosi Wisata (Studi pada Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kab.

Nengah Sudjana, Drs., M.Si

PNBP

3,000

Zahroh ZA, Dra., M.Si

PNBP

3,000

Djamhur Hamid, Dr. M.Si

PNBP

3,000

PNBP

12,000

Kusdi, Dr. DEA Kusdi, Dr. DEA

PNBP

12,000

Dr. Srikandi Kumadji, MS

Ditlitabnas DIKTI

Dr. Darminto, M.Si

Ditlitabnas DIKTI

Yuniadi Mayowan, S.Sos, MAB

APBD Kota Kediri

120,000

Drs. Nengah Sujana, M.Si

PNBP

3,000

Drs. Muhammad Saifi, M.Si

PNBP

3,000

Dr. M. Al Musadieq, MBA

PNBP

3,000

Drs. Rustam Hidayat, M.Si

PNBP

3,000

Dr. Djamhur Hamid, Dipbus, M.Si

PNBP

3,000

Drs. Topowijono, M.Si

PNBP

3,000

Drs. Ahmad Husaini, MAB

PNBP

3,000

Yuniadi Mayowan, S.Sos, MAB

PNBP

3,000

Dr. Srikandi Kumadji, MS

PNBP

3,000

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

70,000

96

2012

2012

2012

2012

2012

2012

2012

2012

2012

2012

2012

Malang) Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Pengembangan Karir terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Hotel di Malang) Upaya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan Kas atas Penjualan Tunai Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Pergerakan Indek Harga Saham Gabungan Pengaruh keikutsertaan Program Karya Mahasiswa Kewirausahaan dan Program Mahasiswa Wirausaha terhadap Motivasi Kewirausahaan (Studi Kasus pada Mahasiswa FIA UB) Faktor-faktor yang mempengaruhi Adopsi Sistem Informasi di Kalangan Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Analisis Peranan Sumberdaya Eksternal terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food & Beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011) Kemandirian Ekonomi dan Pengaruh terhadap Profesionalisme Angkatan Kerja Strategi Pemilihan Alternatif Sumber Pendanaan Dalam Rangka Pemulihan Usaha dan Pengembangan Kawasan (Studi Kasus pada Klaster Industri Kerajinan Kulit Tranformasi Organisasi Aplikasi Tindakan Penagihan Pajak Aktif Dalam Upaya Menurunkan Tunggakan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pajak Pratama Kota Malang) Pengaruh Efektifitas Website Sebagai Online terhadap Pemasaran Produk UKM

Dr. Hamidah Nayati Utami, S.Sos, M.Si

PNBP

3,000

Devi Farah Azizah, S.Sos, MAB

PNBP

3,000

Dr. Darminto, M.Si

PNBP

3,000

Drs.Heru Susilo,MA

PNBP

3,000

Dr. Imam Suyadi, M.Si

PNBP

3,000

Dra. Zahroh Z.A, M.Si

PNBP

3,000

Dr. Moch. Dzulkirom AR

PNBP

3,000

Dr. Kusdi Rahardjo, DEA

PNBP

3,000

Dr. Kertahadi, M.Com.

PNBP

3,000

Dr. Siti Ragil Handayani, M.Si.

PNBP

3,000

Pof.Dr. Endang Siti Astuti, M.Si. (Ketua Kelompok)

PNBP

6,000

Keterangan: Sesuai dengan Tabel 6.2, total dana (dari berbagai sumber dana) untuk kegiatan penelitian pada tahun 2010 adalah Rp. 407.512.500,-; sebesar Rp. 698.230.000,- pada tahun 2011; dan sebesar Rp. 256.000.000,- untuk tahun 2012. Dengan jumlah dosen sejumlah 36 orang di tahun-tahun tersebut, maka besarnya dana penelitian rata-rata per dosen pada tahun 2010 adalah Rp. 11.319.792,00; Rp. 19.395.278 untuk tahun 2011, dan Rp 7.111.111 untuk tahun 2012.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

97

(Lampiran 26 butir 6.2.3 Daftar dosen yang melakukan penelitian dan nomor kontrak) Tabel tersebut menunjukkan beberapa sumber dana untuk kegiatan penelitian, seperti APBD, DIKTI dan PNBP. Untuk dana PNBP FIA, FIA menaikkan alokasi dana penelitian guna meningkatkan kualitas dan motivasi dosen untuk kegiatan penelitian. Jika pada tahun 2010 setiap proposal mendapat dana Rp. 2.500.000,-; maka sejak tahun 2011 setiap dosen PS Perpajakan yang mengadakan penelitian mendapatkan dukungan dana penelitian sebesar Rp. 3.000.000,-. Besarnya dana penelitian yang digunakan tergantung pada jumlah proposal yang diajukan dosen.

6.2.3

Dana yang diperoleh dari/untuk kegiatan pengabdian masyarakat pada 3 tahun terakhir

Tabel 6.3 berikut ini menunjukkan besaran dana kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen PS Perpajakan selama tahun 2010-2012. Tabel 6.4 Dana Kegiatan Pengabdian Masyarakat 3 tahun Terakhir Tahun 2010 2010

2010

2010 2010

2010

2011

Judul Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Model Bisnis - Anggora di Kalangan Pengrajin Kripik Tempe Sanan Pelatihan Akuntansi Bagi Para Pedagang Pelatihan Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pelatihan Dasar-Dasar E-Learning Guna Meningkatkan Keahlian Bagi Guru MTS Negeri I Kodya Blitar Penyuluhan Tentang Strategis Pemasaran Produk Bimbingan dan Pelatihan Sistem Akuntansi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Bagi UKM di Kelurahan Tanjungrejo Kec. Sukun Pendidikan dan Latihan Perencanaan Pembangunan Daerah

Nama Dosen

Sumber dan Jenis dana

Jumlah Dana (Juta Rupiah)

Dr. Imam Suyadi, M.Si

PNBP

1,500

Dr. Kusdi R, DEA

PNBP

4,000

Drs. Muhammad Saifi, M.Si

PNBP

4,000

Drs. Riyadi, M.Si

PNBP

4,000

Dr. Srikandi Kumadji, MS

PNBP

1,500

Dr. Siti Ragil Handayani, M.Si

PNBP

1,500

Drs. Ahmad Husaini, MAB

Hibah Pendanaan

165,000

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

98

2011

Pendidikan dan Latihan Local Economic Resources Development Angkatan II

Drs. Ahmad Husaini, MAB

2011

Pendidikan dan Latihan Public Private Partnership (P3)

Drs. Ahmad Husaini, MAB

2011

Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan dan Penentuan Harga Jual bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah

2011

Pelatihan Aplikasi Keuangan Berbasis Komputer untuk Entrepreneur

Devi Farah Azizah, S.Sos, MAB (Ketua Kelompok) Heru Susilo, Drs., MA (Ketua Kelompok)

2011

Pelatihan Ketrampilan Manajemen Inovasi Usaha bagi Pedagang Kaki Lima di Kec. Dau Kab. Malang

2012

2012

2012

2012

2012

Pelatihan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pelatihan Akuntansi dan Pembuatan Budget Keuangan bagi Kelompok Usaha Kecil Kripik Tempe Peran Sadar Wisata Masyarakat dalam Mendukung Pengembangan Produk Baru Wisata beserta dampaknya terhadap Kunjungan Wisata Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Persediaan Barang Dagang bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Pelatihan Manajemen Kontrol Kualitas dan Anggaran dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil

2012

Pelatihan E-learning bagi TIM IT FIA

2012

Pelatihan Akuntansi Sederhana pada Komoditas Usaha Mandiri Ibu-ibu Dharma Wanita Kota Malang

2012

Pelatihan Pembuatan Website Commerce UMKM di Malang

2012 2012 2012

e-

Pendampingan Online Jurnalistik di SMKN 12 Malang Sebagai Salah Satu Modifikasi Metode Belajar Siswa Pelatihan Peningkatan Daya Saing UKM Melalui Bauran Pemasaran Pelatihan Kepemimpinan Instruktif pada VEDC MALANG

Luar Negeri (HPLN) Hibah Pendanaan Luar Negeri (HPLN) Hibah Pendanaan Luar Negeri (HPLN)

191,675

161,007

PNBP

5,000

PNBP

5,000

M. Saifi, Drs. MSi (Ketua Kelompok)

PNBP

5,000

M. Saifi, Drs., M.Si (Ketua Kelompok)

PNBP

5,000

Rustam Hidayat, Drs., M.Si (Ketua Kelompok)

PNBP

5,000

Djamhur Hamid, Dr., Dip.Buss, M.Si (Ketua Kelompok)

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

5,000

PNBP

1,500

PNBP

1,500

Devi Farah Azizah, S.Sos, MAB (Ketua Kelompok) Wasis A. Latif, Drs., MP (Ketua Kelompok) Heru Susilo, Drs., MA (Ketua Kelompok) Zahroh ZA, Dra., M.Si (Ketua Kelompok) Imam Suyadi, Dr., M.Si. (Ketua Kelompok) Endang Siti Astuti, Prof., Dr., M.Si. (Ketua Kelompok) Kusdi Rahardjo, Dr., DEA Kertahadi, Dr., M.Comm

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

99

2012

Bimbingan dan Pelatihan Kewirausahaan bagi Usaha Kecil Mikro (UKM) Industri Jaket Kulit di Kelurahan Jambearjo Kec. Tajinan Kab. Malang

Siti Ragil Handayani, Dr., M.Si (Ketua Kelompok)

PNBP

5,000

Keterangan: Total dana pengabdian masyarakat PS Perpajakan pada tahun 2010 adalah Rp. 32.000.000,00; sebesar Rp. 201.500.000,00 pada tahun 2011; dan sebesar Rp. 395.682.000,00 untuk tahun 2012. Dengan jumlah dosen tetap sebanyak 36 orang, maka rata-rata dana pengabdian masyarakat untuk tiap dosen untuk tahun 2010 adalah Rp. 888.889,00; sebesar Rp. 5.597.222,00 untuk tahun 2011;

dan

Rp.

10.991.167,00

untuk

dana

per

dosen

tahun

2012.

6.3. Prasarana Bersama-sama dengan program studi lain di FIA UB, PS Perpajakan bersama-sama menggunakan 9 (sembilan) gedung milik FIA UB, yaitu: Gedung A, B, D, F, G, H, I, dan J, serta beberapa ruang laboratorium. Seluruh gedung berada dalam kompleks Universitas Brawijaya, tepatnya berada di sebelah Selatan Jl. MT Haryono, Malang.Dengan posisi demikian, PS Perpajakan mudah dijangkau oleh angkutan umum. Berikut ini adalah uraian tentang prasarana di FIA UB yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik di PS Perpajakan.

6.3.1

Data ruang kerja dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan

PS Berikut ini adalah tabel penjelasan alokasi ruang kerja dosen di PS Perpajakan FIA UB.

Tabel 6.5 Data Ruang Kerja Dosen Tetap PS Perpajakan FIA UB Ruang Kerja Dosen (1) Satu ruang untuk lebih dari 4 dosen Satu ruang untuk 3 - 4 dosen Satu ruang untuk 2 dosen Satu ruang untuk 1 dosen (bukan pejabat struktural) TOTAL

Jumlah Ruang (2) 4 8 20 7

Jumlah Luas (m2) (3) 80 168.96 447.46 230.37 926.79

Sumber: Data diolah

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

100

Dalam setiap ruangan minimal disediakan meja kerja dan kursi. Beberapa ruangan dilengkapi almari buku, file cabinet, meja kursi tamu, dan satu set komputer. Seluruh ruang dosen ini memiliki akses internet, baik melalui jaringan Local Area Network (LAN) atau wireless. Ketersediaan ruang dosen dan fasilitas pendukungnya mampu menunjang aktifitas dosen seperti mendownload artikel dan ebook, menyiapkan bahan kuliah, menyusun laporan penelitian dan pengabdian masyarakat, menulis artikel ilmiah, serta melaksanakan tugas sebagai pembimbing akademik (PA), kegiatan magang dan skripsi.

6.3.2

Data prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses belajar mengajar

Tabel berikut ini menggambarkan penyediaan prasarana ruang kelas, ruang baca dan CDROM, laboratorium yang dipergunakan PS Perpajakan dalam proses belajar mengajar. Tabel 6.6 Data Prasarana di PS Perpajakan FIA UB No

Jenis Prasarana

(1)

(2) Ruang Kaprodi dan Sekprodi (Gedung B Lantai 4)

1.

(3)

Total Luas (m)2 (4)

1

40,20

Jumlah Unit

Kepemilikan SD

SW

(5)

(6)



Kondisi Tidak Terawat Terawat (7) (8)

Utilitas (Jam/ Minggu) (9)



Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

40

101

2. 3.

4.

5.

6. 7. 8. 9. 10.

Ruang Staf Administrasi (Gedung B Lantai 4) Ruang Kelas A.2.02 A.2.03 A.2.09 A.2.10 A.2.11 A.2.12 A.3.02 A.3.06 A.3.07 A.3.08 A.3.09 A.3.11 A.4.02 D.2.02 D.2.06 D.2.07 F.1.02 F.1.09 G.1.01 G.1.02 G.1.04 H.1.03 H.1.04 H.1.05 I.1.01 I.1.02 I.1.03 I.1.04 I.2.02 I.2.03 I.2.04 I.2.05 J.1.01 J.1.02 J.1.04 Lab Komputer (Pusat Kajian & Pengembangan Manajemen Sistem Informasi – P3MSI) Lab Bahasa (Pusat Pelayanan Bahasa) (Gedung A Lantai 2) Lab Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (Ruang Ketua Lab) Ruang Baca Referensi (Gedung A Lantai 1) Kantin Mushola Basement (Ruang aktifitas mahasiswa)

1

18,00





40

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1

63,25 63,25 63,25 63,25 63,25 63,25 72 90 66 66 66 96 91 68,5 45,4 45,4 84 63 108 130,5 126 60 72 68 64 64 64 64 64 64 64 64 47 47 73

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √

40 47.5 57.5 27.5 30 20 67.5 37.5 5 12.5 35 10 35 37.5 17.5 12.5 7.5 15 20 37.5 15 25 60 37.5 50 65 22.5 55 20 25 22.5 20 17.5 42.5 30

1

234





50

1

195,25





40

1

22,35





40

1

352





48

1 1

125 126

√ √

√ √

40

1

546





10

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

102

11. 12. 13.

BEM (Ruang aktifitas mahasiswa) RSC (Ruang aktifitas mahasiswa) Lab Perpajakan

1

24





56

1

32





56

1

234





231

Berikut ini adalah gambar beberapa prasarana yang terdapat di PS Perpajakan FIA UB. a. Ruang Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan Ruang Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan terletak di lantai 4 Gedung B, FIA UB. Ruangan ini dilengkapi dengan dua set meja dan kursi kerja, satu set meja dan kursi tamu, almari buku dan folder arsip, serta air gallon dan alat pemanas/pendingin air.

Gambar 6.1 Ruang Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan b. Ruang staff PS Perpajakan Ruangan staff PS Perpajakan terletak di lantai yang sama dengan ruangan Ketua dan Sekretaris PS.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

103

Gambar 6.2 Ruang Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan c. Ruang dosen Ruangan dosen terletak di lantai 4, Gedung B FIA UB. Seperti yang terlihat di Gambar 6.3 di bawah ini, ruangan dosen berbentuk kotak kubik. Pada satu kubik terdapat dua dan atau tiga meja kursi dosen, serta beberapa kursi sebagai tempat duduk mahasiswa.

Gambar 6.3 Ruangan Dosen d. Ruang Laboratorium Komputer – P3MSI Laboratorium komputer ini terletak di lantai 3 Gedung A FIA UB, dan terdiri dari dua ruangan: ruang laboratorium A dan B. Setiap ruangan dilengkapi dengan 24 set komputer beserta meja dan kursinya. Software aplikasi terkait PS Perpajakan telah diinstal pada prosessor di tiap komputer. Dengan demikian, mahasiswa PS Perpajakan melakukan praktikum.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

104

Gambar 6.4 Ruangan Laboratorium A (kiri) dan B (kanan)

e. Ruang baca Ruang baca terletak di lantai 1 Gedung A FIA UB. Di ruangan ini, mahasiswa PS Perpajakan diperbolehkan membaca buku dan tesis S2 dan disertasi S3 sebagai bagian dari sumber referensi.

Gambar 6.5 Ruang Baca

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

105

Gambar 6.6 Bagian dalam ruang baca f. Ruang Laboratorium Bahasa Laboratorium bahasa terletak di lantai 2 Gedung A FIA UB. Ruangan ini adalah tempat mahasiswa dapat mengikuti tes IBT. Laboratorium bahasa terdiri dari tiga ruangan: ruangan atau laboratorium listening, IBT, dan speaking.

Gambar 6.7 Pintu masuk Laboratorium Bahasa

Gambar 6.8 Bagian dalam Laboratorium Speaking dan Listening

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

106

g. Basement Ruangan terbuka ini biasanya digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan berbagai aktifitas seperti latihan paduan suara, diskusi ilmiah, rapat dan musyawarah, bazaar barang-barang kerajinan dan kewirausahaan, konser musik, dan seterusnya.

Gambar 6.9 Basement h. Ruang kuliah dan administrasi Gedung B FIA UB merupakan gedung sentral kegiatan administrasi pendidikan di lingkungan FIA UB. Ruangan Ketua dan Sekretaris PS Perpajakan ada di gedung ini di lantai 4.

Gambar 6.10 Gedung B FIA UB dari arah Jl. MT Haryono, Malang i. Ruang kuliah Berikut ini adalah beberapa gedung dimana kuliah PS Perpajakan berlangsung dalam masa kalender akademik berjalan. Berikut ini adalah foto beberapa gedung perkuliahan di lingkungan FIA UB.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

107

Gambar 6.11 Gedung F (kiri) dan Gedung I (kanan)

j. Ruangan aktifitas mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), himpunan mahasiswa, dan lembaga otonomi fakultas (LOF) mendapatkan ruangan sebagai pusat aktifitas dan kesekretariatan mereka.

Gambar 6.12 Ruangan BEM dan RSC di barisan Gedung H

Gambar 6.13 Gedung E sebagai ruangan himpunan mahasiswa

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

108

Himpunan Mahasiswa Perpajakan memiliki kesekretariatan di salah satu ruang di Gedung E, seperti yang terlihat di Gambar 6.13. k. Musholla Di musholla (Gambar 6.14) dosen dan mahasiswa melakukan sholat Dhuhur dan Ashar secara berjamaah.

Gambar 6.14 Musholla l. Ruang Pertemuan/Aula PS Perpajakan dapat menggunakan fasilitas ruang pertemuan/aula milik FIA UB, seperti yang terlihat pada Gambar 6.15 dan 6.16 berikut ini.

Gambar 6.15 Ruang pertemuan/aula (Lantai 4 Gedung A)

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

109

Gambar 6.16 Ruang rapat (Lantai 2 Gedung B) Selain prasarana yang disebutkan dalam tabel dan gambar di atas, tersedianya sambungan internet juga menjadi prasarana penting bagi kegiatan belajar mengajar di PS Perpajakan. Seperti halnya mahasiswa PS lain di FIA, mahasiswa PS Perpajakan dapat menikmati kemudahan akses internet. Hal ini dimungkinkan mengingat FIA dan fakultas lain di Universitas Brawijaya (UB) telah berkomitmen untuk menggunakan dan memanfaatkan jaringan internet untuk mengakselerasi kegiatan akademik. Sebagai gambaran, UB telah membangun jaringan internet dengan total bandwidth saat ini adalah 300MB. Dari 300MB tersebut, 120MB dialokasikan untuk server jaringan, sementara 180MB digunakan oleh user di seluruh UB, termasuk di dalamnya adalah mahasiswa, dosen, dan karyawan UB. Untuk mempercepat akses internet, FIA membangun dan mengembangkan jaringan internet sendiri. Tercatat hingga bulan Mei 2013, FIA telah membangun 6 (enam) titik hotspot di gedung A, 13 (tiga belas) titik hotspot di gedung B, dan 2 (dua) titik hotspot di gedung C. Berdasarkan survey, total 21 (dua puluh satu) titik hotspot ini mampu digunakan oleh 500 (lima ratus) gadget, laptop, dan komputer online setiap harinya. Dengan demikian, civitas akademika FIA, termasuk mahasiswa PS Perpajakan dapat menggunakan fasilitas internet dengan mudah dan cepat mengakses informasi serta berbagai keperluan pendidikan dan pengajaran. Uraian tentang fasilitas sistem informasi disajikan secara lebih detail pada poin 6.5.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

110

6.3.3

Data Prasarana lain yang menunjang (misal tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, poliklinik)

Berikut ini adalah uraian tentang ketersediaan prasarana seperti tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, dan poliklinik.Pimpinan UB dan FIA menyadari bahwa ketersediaan prasarana seperti ini penting sebagai fasilitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan softskill seperti bersosialisasi, kepemimpinan, berwirausaha dan prestasi di bidang olah raga. Beberapa fasilitas olah raga, tempat mahasiswa beraktifitas organisasi intra kampus, fasilitas ibadah dan kesehatan di FIA dan UB disajikan dalam Tabel 6.6 berikut ini. Tabel 6.7 Data Prasarana Penunjang No. (1) 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17.

Jenis Prasarana (2) Tempat olah raga bola voli dan basket Aula Meeting Room GOR Pertamina Ruang bersama Unit kegiatan mahasiswa Poliklinik Inkubator Bisnis (4 lantai) Stationary/Book store Fitness Centre Student Centre Gazebo (Outdoor activity) Samanta Krida (Wisuda room) Widyaloka (Conference Room) 3 lantai Job Placement Center (JPC) Masjid Universitas Koperasi

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

(3)

Kepemilikan

Kondisi

SD

SW

Terawat

(4)

(5)

(6)

(7)

1

150





1 2 1 1

616 300 1.700 122

√ √ √ √

√ √ √ √

12

228





1

60





1

500





1

150





1 1

450 700

√ √

√ √

1

200

1

3000





1

1500





1

150





1

3500





1

200





Tidak Terawat (8)

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Utilisasi (Jam/minggu) (9)

111

18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27.

mahasiswa KPRI UB Lapangan olah raga indoor Asrama Mahasiswa Guest House PT BNI 46 Cab. UB PT BTN Cab. UB PT Bank Mandiri Cab. UB PT BRI Cab. UB PT Bank Jatim Kantor Pos

1





1

1500





4

800





1

1500





1

1000





1

1000





1

100

1 1 1

100 100 48

√ √ √

√ √ √

Keterangan: SD = Milik PT/ Fakultas/ Jurusan Sendiri; SW = Sewa/ Kontrak/ Kerjasama Berikut ini adalah beberapa gambar prasarana penunjang yang berlokasi di lingkungan Universitas Brawijaya. Gambar 6.17 berikut menunjukkan gedung Widyaloka tempat dimana civitas akademika UB biasanya menyelenggarakan seminar dan konferensi ilmiah tingkat nasional ataupun internasional.

Gambar 6.17 Widyaloka Gambar 6.18 mengilustrasikan keberadaan gedung Samantha Krida, tempat UB biasanya menyelenggarakan prosesi wisuda diploma, sarjana, dan pasca sarjana dari seluruh fakultas dan unit pendidikan di UB.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

112

Gambar 6.18 Gedung Samantha Krida Terkait dengan pusat layanan bagi masyarakat umum, Universitas Brawijaya mengelola gedung Inkubator Bisnis (Inbis) dan gedung Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) (Gedung 6.19). Di gedung Inbis terdapat kios yang memberikan pelayanan konsultasi bisnis kepada masyarakat, tempat pertemuan dan rapat, dan kantor biro travel (Yubi Travel). Sementara, KPRI menyediakan berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari bagi karyawan UB dan masyarakat umum.

Gambar 6.19 Gedung Inkubator Bisnis (INBIS) (kiri) dan Gedung KPRI (kanan) UB juga memiliki fasilitas pendukung untuk aktifitas olah raga, baik di dalam ruang maupun di luar. Seluruh civitas akademika UB memiliki keleluasaan yang bertanggung jawab untuk menggunakan fasilitas ini. Gambar-gambar berikut ini mencakup foto penggunaan lapangan volley, lapangan olah raga, dan aktifitas di gymnasium. Saat ini, di UB juga telah Gedung Olah Raga (GOR) Pertamina yang digunakan utamanya untuk latihan dan perlombaan basket.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

113

Gambar 6.20 Lapangan Volley

Gambar 6.21 Lapangan sepak bola

Gambar 6.22 Gymnasium

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

114

Untuk melayani kebutuhan aktifitas akademik dan non akademik di luar ruangan, beberapa tempat di lingkungan UB terdapat gazebo (Gambar 6.23). Di tempat ini mahasiswa UB dapat mengakses wifi dan melakukan diskusi.

Gambar 6.23 Gazebo (Aktifitas luar ruangan) Dalam hal pelayanan alumni, UB memiliki Job Placement Center (JPC) guna membantu mahasiswa semester akhir dan alumni untuk mendapatkan pekerjaan (Gambar 6.24).

Gambar 6.24 Job Placement Center Berikut ini adalah gambar asrama mahasiswa (Gambar 6.25) yang disediakan bagi mahasiswa UB, dan UB Hotel (Gambar 6.26) menyediakan kamar penginapan bagi tamu UB dan masyarakat umum.

Gambar 6.25 Asrama Mahasiswa

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

115

Gambar 6.26 UB Hotel Di lingkungan UB juga terdapat fasilitas umum untuk transaksi keuangan dan surat menyurat. Beberapa kantor perbankan di sekitar kampus UB adalah kantor PT Bank BTN, Tbk; PT Bank BRI, Tbk; PT Bank Mandiri, Tbk; PT Bank BNI 46, Tbk seperti yang diilustrasikan pada Gambar 6.27 berikut ini. Sementara, untuk kepentingan surat menyurat, Kantor Pos Indonesia memiliki kantor cabang di kampus UB, tepatnya di sebelah Timur gedung perpustakaan pusat UB (Gambar 6.28).

Gambar 6.27 Kantor cabang beberapa bank

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

116

Gambar 6.28 Kantor Pos Indonesia

Gambar 6.29 Gedung Perpustakaan Pusat UB Gambaran tentang prasarana di atas menunjukkan bahwa kondisi prasarana sangat lengkap dan mutunya sangat baik, dan mampu menunjang berbagai

kegiatan

akademik

dan

kemahasiswaan

PS

Perpajakan

FIA

UB.Ketersediaan fasilitas olah raga, ruang bersama, unit kegiatan mahasiswa, poliklinik, kantin, dan mushola tersebut juga menunjukkan komitmen pimpinan UB dan FIA untuk mendukung pengembangan softskill mahasiswa. Seperti diketahui, pendidikan untuk pembentukan karakter dan softskill merupakan aspek penyeimbang dan menentukan keberhasilan mahasiswa di dunia kerja selain aspek hardskill atau kemampuan akademik.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

117

6.4

Sarana Pelaksana Kegiatan Akademik

6.4.1

Pustaka (buku teks, karya ilmiah, dan jurnal; termasuk juga dalam bentuk CD-ROM dan media lainnya)

Perpustakaan Pusat UB menyediakan berbagai buku teks yang memadai bagi mahasiswa PS Perpajakan.Buku-buku yang relevan dengan mata kuliah yang diajarkan di PS Perpajakan, terutama, ada dalam katalog 336.Selain di Perpustakaan Pusat UB, mahasiswa PS Perpajakan dapat membaca buku-buku yang tersedia di ruang baca atau Pusat Pembelajaran (Learning Center) di FIA UB.Tabel 6.7 menunjukkan rekapitulasi jumlah ketersediaan buku pustaka yang dapat diakses oleh mahasiswa PS Perpajakan FIA UB melalui Ruang Pusat Pembelajaran (Lampiran 27 butir 6.4.1 Daftar pustaka yang relevan dengan PS) Tabel 6.8 Rekapitulasi Jumlah Ketersediaan Pustaka yang Relevan dengan Bidang PS Perpajakan Jenis Pustaka (1) Buku teks Jurnal nasional terakreditasi Jurnal internasional Prosiding Skripsi/Tesis TOTAL

yang

Jumlah Judul (2) 139 10

Jumlah Copy (3) 139

35 -

Perlu diketahui bahwa meskipun Ruang Pusat Pembelajaran tidak menyimpan copy skripsi atau tesis, mahasiswa PS Perpajakan masih tetap dapat menelusuri hasil penelitian terdahulu berupa skripsi dan atau tesis yang disimpan di Perpustakaan Pusat UB. Selanjutnya, buku-buku teks Pusat Pembelajaran tersebut di atas tidak termasuk koleksi e-book yang relevan dengan bidang ilmu perpajakan.Tabel 6.8 berikut ini menunjukkan beberapa judul koleksi e-book yang relevan dengan materi perkuliahan PS Perpajakan di ruang Pusat Pembelajaran FIA UB.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

118

Tabel 6.9 Beberapa koleksi e-book yang relevan dengan Bidang PS Perpajakan No

Judul Dictionary of Taxation Terms First Edition The Future of Public Employee Retirement Systems

European Commission

3

Corruption and the Global Economy

Kimberly Ann Elliot (Ed.)

4

Fighting Corruption in Asia

John Kidd Jurgen (Ed.)

5

Readings in Virtual Research Ethics

Elisabeth A. Buchanan

6

Fighting Corruption in the Public Sector Contributions to Economic Analysis

1 2

7 8

The Corruption: An Economic and Social Analysis Performance Management and Budgeting: How Governments can Learn from Experience

Penulis

Olivia S. Mitchell and Gary Anderson

and

Frank

D.W. Jorgenson, J. Tinberben, B. Baltagi, E. Sadka, D. Wildasin Tudorel Andrei, Ani Matei, Ion G. Rosca F. Stevens Redburn, Robert J. Shea, Terry F. Buss

9

Public Financial Management

Howard A. Frank

10

Public Spending in the 20th Century

Tanzi, Vito

11

Public Finance – 8th edition

12

The Politics of Public Service Bargains

Harvey S. Rosen, Gayer Christopher Hood Martin Lodge

Ted and

Penerbit European Commission Oxford University Press Institute for International Economics World Scientific Publishing Information Science Publishing

1997 2003 2004

Editura Economica

2009

M.E. Sharpe, Inc

2008

Taylor & Francis Group University of Cambridge McGrawHill International Edition Oxford University Press

menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini.Selain e-book, mahasiswa PS Perpajakan FIA UB dapat mengunduh berbagai e-journal berskala internasional. Tabel berikut ini menunjukkan nama-nama e-jurnal internasional yang tersedia dan dapat diakses oleh mahasiswa PS Perpajakan melalui jalur internet UB.

Tabel 6.10 Jurnal yang tersedia/yang diterima secara teratur (lengkap), terbitan 3 tahun terakhir Nama Jurnal Accounting Forum Business Horizons Critical Perspective on Accounting Economic Modelling

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

2009

2007

pustaka yang dilakukan oleh PS Perpajakan FIA UB telah sejalan dan

1 2 3 4

1996

Elsevier

Adanya koleksi e-book ini menunjukkan bahwa upaya penyediaan

No

Tahun

119

2006 2000 2008 2006

No 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 31 32 33 34 35

Nama Jurnal Economic Letters European Economic Review Financial Executive Harvard Business Review Journal of Accountancy Journal of Accounting and Economics Journal of Accounting Education Journal of Applied Business Research Journal of Asian Economics Journal of Banking & Finance Journal of Business Research Journal of Economic Behavior & Organization Journal of Economic Psychology Journal of Economics and Business Journal of Financial Economics Journal of International Accounting, Auditing and Taxation Journal of International Economics Journal of Management Development Journal of Monetary Economics Journal of Public Economics Journal of Public Budgeting, Accounting & Financial Management Journal of Urban Economics National Tax Journal Pacific-Basin Finance Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences Public Organization Review Public Budgeting & Finance Regional Science and Urban Economics Research in Economics Research Policy Scandinavian Journal of Management World Development

Berikut ini adalah contoh beberapa judul artikel penelitian perpajakan yang dapat diunduh mahasiswa dari kumpulan jurnal yang telah disebutkan di atas.

Tabel 6.11 Contoh artikel yang relevan dengan bidang PS Perpajakan No 1

2

Judul The Effects of State Tax Structure on Business Organizational Form Cross-Country Comparisons of Corporate Income Taxes

Pengarang

Nama Jurnal

Luna, LeAnn; Murray, Mattew N.

National Tax Journal

Markie, Kevin S; Shackelford, Douglas A.

National Tax Journal

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Edisi Dec 2010 Part 2, Vol. 63 Issue 4, p995-1021 Sep 2012, Vol. 65 Issue 3, p493-527

120

No 3

4

5

Judul Rationality Versus Emotions: The Case of Tax Ethics and Compliance Tax Challenges For Electronic-Commerce Activities Business Process Improvement and the Tax Department

6

Corruption in Tax Administration: Interviews with Exper

7

National Culture and Firm-level Tax Evation

8

The Macro-economic Impact of Changing the Rate of Corporation Tax

6.4.2

Pengarang Maciejovsky, Boris: Schwarzenberger, Herbert: Kirchler, Erich Nguyen, Hang; DeCenzo, Meredith; Drucker, Meyer Holtzman, Yair Antonakas, Nikolaos P.; Giokas, Antonios E.; Konstantopoulos, Nikolaos Bame-Aldred, Charles W.; Cullen, John B.; Martin, Kelly D.; Parboteeah, K. Praveen Conefrey, Thomas; Fitzgerald, John D.

Nama Jurnal Journal Ethics

of

Edisi

Business

Sep 2012, Vol. 109 Issue 3, p339-350

Journal of Applied Business Research

Sep/Oct 2012, Vol. 28 Issue 5, p861-870

Journal of Management Development

2011, Vol. 30 Issue 1, p49-60

Procedia - Social and Behavioral Sciences

Vol. 73, 27 February 2013, p581-589

Journal of Research

Vol. 66 Issue 3, March 2013, p390396

Business

Economic Modelling

Vol. 28 Issue 3, May 2011, p991-999

Sumber-sumber pustaka di lembaga lain (lembaga perpustakaan/sumber dari internet beserta alamat website) yang biasa diakses/dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa PS Perpajakan

Civitas akademika PS Perpajakan memiliki akses masuk ke perpustakaan Direktorat Jendral Pajak (DJP) III Jawa Timur. Perpustakaan UB juga menyediakan banyak buku yang dapat diakses oleh semua civitas akademika UB atau bisa dicek online di http://digilib.ub.ac.id/. Perpustakaan online ini secara berkala juga menyediakan link ke berbagai situs jurnal internasional seperti www.emerald.com, www.proquest.com dan situs lainnya.

6.4.3

Peralatan utama yang digunakan di laboratorium (tempat praktikum), yang dipergunakan dalam proses pembelajaran

Berikut ini adalah uraian tentang ketersediaan fasilitas laboratorium yang digunakan oleh mahasiswa PS Perpajakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

121

Tabel 6.12 Peralatan utama dalam proses pembelajaran Kepemilika n No.

(1) 1.

2

Nama Laboratorium

Jenis Peralatan Utama

(2) Pusat Pengembangan & Pembinaan Manajemen Sistem Informasi Lab Bahasa 1. Listening Room

(3) Komputer Komputer server LCD Projector

2. IBT Room

3. 4.

Test

Lab Akuntansi dan Keuangan Tax Center

Komputer Master Control Tape – cassette player Speaker Ruang LCD + Screen Tape Deck LCD Monitor 1 set of Headset + Keyboard + Tape repeater Meja (twin) Kursi Komputer 1 set Meja + Kursi LCD + Screen Komputer Meja, kursi, kotak display

Jumla h Unit

Kondisi Tidak Terawat

Rata-rata Waktu Penggun aan (jam/min ggu) (9) 37,5

SD

SW

Terawat

(4) 53 1

(5) √ √

(6)

(7) √ √

2





37,5

1





34,5

1





34,5

1 1 1 20 40

√ √ √ √ √

√ √ √ √ √

34,5 34,5 34,5 34,5 34,5

20 40 20 20

√ √ √ √

√ √ √ √

34,5 34,5 34,5 34,5

1 53

√ √

√ √

34,5 33

1 set





15

(8)

Terdapat tiga macam laboratorium yang relevan untuk digunakan oleh mahasiswa PS Perpajakan FIA UB, yaitu Laboratorium Sistem Informasi Manajemen, Laboratorium Bahasa Inggris, dan Laboratorium Akuntansi dan Keuangan. Ketersediaan peralatan Laboratorium yang berupa komputer sangat memadai dan mahasiswa PS Perpajakan UB dapat dengan leluasa mengakses peralatan tersebut.Pada Laboratorium Bahasa peralatan praktikum sangat menunjang untuk praktek Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin.Sebagai contoh, computer untuk master control yang dipasang di

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

122

listening room dilengkapi dengan tape repeater dan tape dek, UPS, serta speaker kapasitas besar. Supaya tidak mengganggu kenyamanan kegiatan belajar mengajar di kelas lain ruang-ruang di Laboratorium Bahasa dilengkapi pula dengan peredam suara. PS Perpajakan FIA UB juga menggunakan Laboratorium Akuntansi dan Keuangan dengan peralatan komputer dan software yang sangat baik.

6.5 Sistem Informasi 6.5.1

Sistem Informasi dan Fasilitas yang Digunakan oleh Program Studi untuk Proses Pembelajaran (hardware, software, e-library, dll.)

PS Perpajakan menggunakan sistem informasi berbasis komputer secara bersama-sama dengan program studi lain di FIA UB. Saat ini, FIA UB sedang mempersiapkan pengembangan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT), sejalan mengikuti langkah dan tahapan serupa di tingkat Universitas Brawijaya.FIA telah memiliki perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software),

serta

staf

yang

ditugaskan

khusus

untuk

mengelola

sistem.Ketersediaan sarana ini merupakan langkah faktual yang membuktikan komitmen FIA untuk membangun PDPT dan menyempurnakan sistem informasi, serta menggunakannya sebagai pusat pengolahan data penunjang pengambilan keputusan (Decision Support System).Dengan ketersediaan perangkat keras, perangkat lunak serta staf yang kompeten, saat ini sistem informasi di PS Perpajakan FIA UB mampu menunjang proses pembelajaran dan administrasi. Setiap civitas akademika PS Perpajakan FIA UB terhubung dengan sistem informasi terpadu yang disebut Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).Di dalam SIAKAD, terdapat beberapa sistem yang dikembangkan untuk fungsi-fungsi tertentu dan melayani user dengan tujuan khusus.Uraian singkat tentang sistem informasi yang ada dalam SIAKAD adalah sebagai berikut. a. Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Dengan layanan ini, mahasiswa dapat mengakses informasi seputar catatan akademik selama proses perkuliahan. Mahasiswa mengakses sistem ini untuk pengisian

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

123

Kartu Rencana Studi (KRS), mendapatkan Kartu Hasil Studi (KHS), serta untuk mendapatkan informasi kelas dan dosen dan jadwal kuliah serta ujian. b. Sistem Registrasi (SIREGI). Melalui sistem ini, operator bagian akademik dan bagian keuangan memperbaharui informasi seputar pelaksanaan registrasi mahasiswa. Mahasiswa sendiri dapat melakukan registrasi akademik setiap semester secara online Real Time system dari seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena saat ini UB telah bekerja sama dengan melalui Bank BTN dan Bank Mandiri. c. Sistem Wisuda (SIUDA). Sistem ini digunakan oleh operator akademik di setiap fakultas untuk mendaftarkan para peserta wisuda di setiap periode yang telah dijadwalkan. Selain untuk membantu kelancaran administrasi persiapan wisuda, sistem ini bermanfaat bagi staf UB untuk mendata para alumni UB. d. Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Online (SIMPEL). Sebagai bagian dari Decision Support System (DSS), pengembangan sistem ini ditujukan untuk memberikan laporan keuangan dan akademik terintegrasi kepada pejabat di tingkat fakultas dan UB. Sejak tahun … FIA secara aktif telah menggunakan program ini dengan maksud untuk mengintegrasikan layanan pendidikan yang terstandarisasi.

Seluruh sistem ini terkoneksi satu sama lain melalui domain UB www.ub.ac.id. Situs resmi UB ini pernah meraih juara di kompetisi situs tingkat nasional dalam kategori pendidikan dalam ajang Bubu Award dan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi serupa tingkat internasional dalam WSIS (World Summit Information System).Untuk mengakses dan menggunakan fasilitas ini, seluruh civitas akademika UB, termasuk mahasiswa dan dosen PS Perpajakan mendapatkan personal username dan password. Penerapan teknologi informasi ini terbukti mampu mengakselerasi proses belajar mengajar di FIA UB. Hingga bulan Mei 2013 sebanyak 30 dosen tetap FIA telah memiliki official blog/personal website yang tercakup dalam domain www.ub.ac.id. Dengan demikian,

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

124

mahasiswa dapat mengakses informasi dan mengunduh materi perkuliahan melalui blog masing-masing dosen. Pada tahap selanjutnya, pencapaian ini memungkinkan FIA UB untuk menerapkan program e-learning (program pembelajaran jarak jauh) dan pelaksanaan ujian atau quiz berbasis internet. Hingga saat ini, kedua program ini telah sampai pada tahap sosialisasi sistem di kalangan dosen dan tenaga kependidikan. Di kalangan UB, FIA termasuk fakultas yang mempelopori pengembangan dan penerapan e-learning. Software yang diaplikasikan bernama „Moodle‟.Saat ini, dosen-dosen FIA sedang melengkapi modul pembelajaran, agenda perkuliahan (RPKPS), buku dan slide ajar serta referensi setiap mata kuliah. Penyediaan

fasilitas

pendidikan

berbasisinternet

ini

memudahkan

mahasiswa PS Perpajakan mengembangkan kemampuan akademik (hardskill) dan karakter diri (softskill). Mahasiswa dengan mudah dapat mengakses dan mengunduh berbagai e-book dan artikel dari beragam jurnalilmiah bertaraf internasional. Saat ini, Perpustakaan Pusat UB berlangganan e-journal berkualitas seperti Proquest, EBSCO, GALE, Westlaw, Free Sampoerna E-Book, AMA Books, Global Professional E-Books.Sementara itu, UB juga memberikan keleluasaan bagi setiap organisasi kemahasiswaan untuk membuat web hosting.Layanan web hosting UB sampai saat ini sudah digunakan lebih dari 50 pengguna dari fakultas dan lembaga, sekaligus organisasi kemahasiswaan. FIA UB sendiri mengelola beberapa

official web hosting, yaitu web fia

www.fia.ub.ac.id, web untuk e-learning www.e-learning.fia.ub.ac.id, web jurusan administrasi bisnis http://fia.ub.ac.id/testbisnis, web jurusan administrasi publik http://fia.ub.ac.id/testpublik, www.fia.ub.ac.id/doctoral.id,

web

program

web

untuk

doktor

ilmu

administrasi

diseminasi

informasi

www.fia.ub.ac.id/news dan untuk web prodi perpajakan dapat di akses di http://fia.ub.ac.id/proto/perpajakan. Sementara itu, beberapa web hosting yang dikelola

secara otonom oleh lembaga

kemahasiswaan di

FIA adalah

www.fia.ub.ac.id/rsc, himabis, humanistik. Pemberian kesempatan bagi lembaga kemahasiswaan untuk mengelola web hosting ini bermakna bahwa FIA

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

125

mendukung mahasiswa FIA untuk mengembangkan kemampuan menulis dan berorganisasi dengan memanfaatkan teknologi internet.

6.5.2

Aksesibilitas Data dalam Sistem Informasi

Hingga saat ini, penerapan sistem teknologi informasi di PS Perpajakan telah berlangsung dengan baik, terutama untuk pelayanan akademik dan non akademik bagi mahasiswa. Semua jenis data yang dibutuhkan mahasiswa bisa diakses secara mudah melalui sistem pengelolaan data baik secara manual maupun komputerisasi tanpa jaringan maupun dengan jaringan lokal.Berikut ini adalah ilustrasi aksesibilitas data dalam sistem informasi yang diterapkan di PS Perpajakan FIA UB.

Tabel 6.13. Aksesibilitas data dalam sistem informasi

No.

Jenis Data

Secara Manual

(1) 1 2

(2) Mahasiswa Kartu Rencana Studi (KRS) Jadwal mata kuliah Nilai mata kuliah Transkrip akademik Lulusan Dosen Pegawai Keuangan Inventaris Perpustakaan

(3) -

3 4 5 6 7 8 9 10 11

Sistem Pengelolaan Data Dengan Dengan Komputer Komputer Tanpa Jaringan Lokal Jaringan (LAN) (4) (5) -

Dengan Komputer Jaringan Luas (WAN) (6) √

-

-

-



-

-

√ √ √ -

√ √ √ √ √ √

Tabel di atas menunjukkan bahwa sebelas kategori data bisa diakses baik melalui jaringan komputer lokal (Local Access Network atau LAN) jaringan komputer luas (Wide Access Network atau WAN).Dengan penerapan SIAKAD, civitas akademika yang berkepentingan dengan data kepegawaian, keuangan, dan inventaris dari jaringan lokal (LAN) FIA UB. Sementara data lainnya dapat

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

126

diakses melalui jaringan internet dari lokasi mana pun di dunia melalui jaringan luas yang terpercaya dan aman.

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

127

BAB VII PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN KERJASAMA

7.1 Penelitian Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan PS Program studi sebagai unit akademis terkecil dalam sebuah entitas pendidikan tinggi merupakan unit dimana tri darma perguruan tinggi dilaksanakan. Dalam kaitannya dengan aktivitas penelitian, program studi merupakan pusat pengembangan dan pengkajian ilmu pengetahuan tertentu. Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dalam hal ini menjadi pusat kajian masalah perpajakan dan pengembangan keilmuan bidang-bidang yang memiliki keterkaitan dengan studi perpajakan. 7.1.1 Judul penelitian* yang sesuai dengan bidang keilmuan PS Sejak berdiri tahun 2010/2011 berbagai aktivitas penelitian dari perspektif yang berbeda-beda telah dilakukan oleh staf pengajar di program studi perpajakan guna mendukung pengembangan bidang ilmu perpajakan. Jumlah dana penelitian yang tersedia dengan jumlah yang terus meningkat dari tahun ke tahun menunjukkan tingkat produktivitas dosen dalam meneliti yang selalu meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rasio dana penelitian per dosen yang meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2010 jumlah rata-rata dana penelitian yang tersedia per dosen per tahun hanya sebesar lebih kurang Rp. 923.000,00. Untuk tahun 2011 dana penelitian yang didapat secara rerata meningkat menjadi Rp. 2.437.000,00 per dosen, sementara pada tahun 2012 jumlah ini meningkat menjadi lebih kurang Rp. 5.676.000.00,-

per dosen pengajar. Berikut adalah rekapitulasi jumlah

penelitian yang telah dilakukan oleh dosen tetap program studi perpajakan: Tabel 7.1 Rekapitulasi Jumlah Penelitian Dosen Sumber Pembiayaan (1) Pembiayaan sendiri oleh peneliti PT yang bersangkutan Depdiknas Institusi dalam negeri di luar Depdiknas Institusi luar negeri

2010 (2) 0 19 0

2011 (3) 0 21 1

2012 (4) 2 15 2

Catatan: (*) sediakan data pendukung pada saat asesmen lapangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

128

7.1.2 Mahasiswa tugas akhir yang dilibatkan dalam penelitian dosen dalam tiga tahun terakhir: Tidak ada Ada

Program studi perpajakan FIA Universitas Brawijaya mulai beroperasi pada tahun ajaran 2010/2011 sedemikian sampai pada saat pengajuan borang akreditasi ini belum ada mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir.

7.1.3 Judul artikel ilmiah/karya ilmiah/karya seni/buku yang dihasilkan Beberapa karya ilmiah telah dihasilkan oleh beberapa dosen tetap program studi perpajakan sesuai dengan keahlian masing-masing yang mendukung pengembangan keilmuan bidang perpajakan. Karya-karya ini telah dipublikasikan baik dalam jurnal dan prosiding yang berskala nasional maupun internasional, sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

129

Tabel 7.2 Judul Artikel Ilmiah, Karyaaa Ilmiah, Karya Seni, dan Buku Yang Dihasilkan NO

JUDUL

1

Corporate Financial Strategy

SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec

2

Corporate Strategy and Management Information System Planning

KERTAHADI, Dr, M.Com

4

Ekspatriet dan Industri Lintas Negara

MOCHAMMAD AL MUSADIEQ, Dr, MBA

5

Integrated Information Management Applying Successful Industrial Concepts in IT

YUNIADI MAYOAN, s.Sos, MAB

6

Kepemimpinan Strategis memimpin dengan Nilai

DJAMHUR HAMID, Dr, DIP.BUS, M.Si

7

Masalah Kualitas pada UKM Studi kasus kab gresik

KUSDI, Dr. DEA

8

9

Membelajarkan Management Proyek Pengembangan sistem Informasi bagi mahasiswa bisnis. Pendekatan Praktis Pengaruh budaya organisasi, Iklim organisasi & Komitmen terhadap Prestasi Kerja karyawan (Studi kasus Pada PT. AJB Bumiiputera 1912 Cabang Malang)

DIHASILKAN / DIPUBLIKASIKAN PADA

NAMA-NAMA DOSEN

KERTAHADI, Dr, M.Com

YUNIADI MAYOAN, s.Sos, MAB

10

Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI)

MOCHAMMAD AL MUSADIEQ, Dr, MBA

13

Membangun Organisasi Melalui

KUSDI, Dr. DEA

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

Profit (Jurnal Administrasi Bisnis) Stratejik (Jurnal Administrasi Indonesia)

Vol 1 No 1 November 2010 Vol 1 No 1 Nopember 2010

-

-

Stratejik (Jurnal Administrasi Indonesia) Profit (Jurnal Administrasi Bisnis) Profit (Jurnal Administrasi Bisnis) Profit (Jurnal Administrasi Bisnis)

Vol 1 No 1 Nopember 2010 Vol 1 No 1 November 2010 Vol 1 No 1 November 2010 Vol 1 No 1 November 2010

Profit (Jurnal Administrasi Bisnis) Profit (Jurnal Administrasi Bisnis) Jurnal Akreditas

THN

TINGKAT LOK.

NAS.

2010

V

2010

V

2010

V

2010

V

2010

V

2010

V

2010

V

Vol 1 No 1 November 2010

2010

V

Vol 1 No 1 November 2010

2010

V

2011

V

130

INTL.

14

15

16

17

19

Pendekatan Budaya Model of small Emporwerment to support Business Sustainability, Case Study at sidoarjo Regency and magetan Regency East Java Indonesia Pengaruh gaya kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Burnout terhadap kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Pengaruh Kualitas layanan terhadap citra Perusahaan, Kepuasan, Komitmen dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Britama BRI di Propinsi Sulawesi tenggara) Pengaruh Motivasi Kerja & Komitmen Organisational Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) & Kinerja Karyawan (Studi pada hotel Pelangi di Kota Malang) The Role of Knowledge Management Practices as a Moderator Variable the Influence Characteristic between Environment, Knowledge and Supplement to the Performance Characteristics of Organizational Innovation

20

Do Japanese Capital Markets Respond to the Publication of Corporate Social Responsibility Reports ?

21

The Influence of Information, System and Service on Customer Satisfaction and Loyalty in Online Shopping of

HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si

BAMBANG SANTOSO HARYONO, Dr. MS ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si SRIKANDI KUMADJI, Dr, MS TAHER ALHABSJI, Prof. Dr. UMAR NIMRAN, Prof. Dr. MA

HAMIDAH NAYATI UTAMI, Dr., S.SOS. M.Si

Dikti Journal of Basic and applied scientific Research

Oktober 2011

2.011

V

Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM)

Vol 9 Nomor 3

2.011

V

Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM)

Vol 9 Nomor 4

2.011

V

Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM)

Vol 9 Nomor 4

2.011

V

Journal of Basic and applied scientific Research

Oktober 2011

2.011

V

Journal of Accounting Finance & Economics

Vol 1 Number 1 July 2011

2.011

V

Vol 4 No 2 March-April 2012

International Journal of Academic

2012

V

ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si

TAHER ALHABSJI, Prof. Dr.

NILA FIRDAUSI NUZULA, M.Si, Ph.D KERTAHADI, Dr, M.Com IMAM SUYADI, Dr, M.Si

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

131

Forum Jual Beli Kaskus.Us, Malang Region

Research (IJAR)

Fenomena Perguruan Tinggi dalam Mencetak Manajer & Leader Yang Berkualitas

MOCH. DZULKIROM AR., Dr.

25

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Intensitas Kelanjutan Penggunaan Layanan Mobile Data

ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si IMAM SUYADI, Dr, M.Si

26

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Burnout, terhadap kepuasan Kerja & Kinerja Karyawan

24

27

29

31

32

Pengaruh Minat Perilaku Terhadap Actual Use Teknologi Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) The Influence of Transformational Leadership Style, Motivation, Burnout towards Job Satisfaction and Employee Performance Influence of Transformational Leadership and Success of Information system on Good University Governance Ukuran Perusahaan, Usia Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas terhadap Diversifikasi, Nilai Perusahaan

BAMBANG SWASTO SUNUHARYO, Prof. Dr. ME ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si

Vol 6 No 1 (2012)

Profit (Jurnal Administrasi Publik

2012

V

Vol 6 No 1 (2012)

Profit (Jurnal Administrasi Publik

2012

V

Jurnal Aplikasi Manajemen

2012

V

Profit (Jurnal Administrasi Publik

2012

V

Journal Of Basic and Applied Scientific Research

2012

V

2(12) 1249212501,2012

Journal of Basic and applied scientific Research

2012

V

Vol VI no 1 Juni 2012

Jurnal Administrasi Bisnis (Profit)

2012

Vol 9 No 3 (2012) Vol 9 No 3 (2012)

Vol 6 No 1 (2012)

DEVI FARAH AZIZAH, S.Sos, MAB ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si

2(9) 88338842,2012

BAMBANG SWASTO SUNUHARYO, Prof. Dr. ME KERTAHADI, Dr, M.Com ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si UMAR NIMRAN, Prof. Dr. MA DWIATMANTO, Drs, M.Si. ARI DARMAWAN. DR. S.AB. M.AB

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

V

132

ACHMAD FAUZI DH, Prof. Drs, MA ANNI RAHIMAH, SAB,MAB EDY YULIANTO, Drs, M.P. ENDANG SITI ASTUTI, Prof. Dr., M.Si FRANSISCA YANINGWATI, Dra, M.Si HERU SUSILO, Drs, MA

35

Prosiding "Trend Penelitian Administrasi Bisnis & Manajemen"

KADARISMAN HIDAYAT, Drs, M.Si KERTAHADI, Dr, M.Com NUR IMAMAH, SAB, MAB

978-602-203-305-9

2013

V

SAIFUL RAHMAN YUNIARTO, S.Sos., MAB SAPARILA WOROKINARSIH S.Sos, M.Si SRI MANGESTI RAHAYU, Dra, M.Si SRIKANDI KUMADJI, Dr, MS SUHADAK, Prof. Dr, M.Ec SWASTA PRIAMBADA, SAB,MAB Jumlah

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

0

25

133

10

7.1.4

Karya dosen dan atau mahasiswa Program Studi yang telah memperoleh/sedang memproses perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) selama tiga tahun terakhir. Sampai pada saat pengajuan akreditasi ini belum ada hasil karya dari dosen

tetap dan mahasiswa di program studi perpajakan yang didaftarkan untuk mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual

7.2 Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pengabdian masyarakat merupakan salah satu komponen dalam tri dharma perguruan yang wajib untuk dilaksanakan dilaksanakan oleh dosen program studi perpajakan.

7.2.1 Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat Dana yang tersedia untuk aktivitas pengabdian masyarakat rata-rata berkisar antara Rp. 1.600.000,00 sampai Rp. 2000.000,00 per tahun per dosen pengajar. Tabel berikut menyajikan rekapitulasi jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan oleh dosen tetap program studi administrasi bisnis dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Tabel 7.3 Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat Sumber Dana Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat (1) Pembiayaan sendiri oleh dosen PT yang bersangkutan Depdiknas Institusi dalam negeri di luar Depdiknas Institusi luar negeri

2010

2011

2012

(2)

(3)

(4)

15

14

15

Catatan: (*) Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah, dsb.)

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

134

7.2.2

Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dalam tiga tahun terakhir: Tidak Ya

Dalam tiap-tiap tahun sejak beroperasi pada tahun anggaran 2010/2011, Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya secara aktif melaksanakan kegiatan sosialisasi perpajakan dan pendampingan pengisian SPT kepada masyarakat tidak terkecuali kepada staf di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Dalam akrivitas ini mahasiswa dilibatkan untuk memberikan bantuan/ pendampingan teknis untuk pengisian SPT tahunan bagi para wajib pajak. Dengan partisipasi mahasiswa sampai pada tingkat ini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, aktivitas ini dapat disebut sebagai salah satu upaya untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia praktis setelah mereka lulus studi.

7.3 Kegiatan Kerjasama dengan Instansi Lain Dalam era global yang serba terkoneksi, kerjasama dengan institusi/ instansi lain merupakan sebuah keharusan bagi sebuah program studi. Dengan adanya kerjasama dengan pihak lain akan memberikan kesempatan bagi institusi untuk terus berkembang karena melalui kerjasama-kerjasama ini institusi dapat melakukan

benchmarking,

learning, dan

memperkuat

posisinya

dimata

masyarakat baik dalam skala nasional maupun internasional. Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

7.3.1 Instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama* yang terkait dengan program studi/jurusan dalam tiga tahun terakhir. Dalam melaksanakan kerjasama dengan instansi lain dalam negeri Program Studi perpajakan melalui Fakultas Ilmu Administrasi bekerjasama

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

135

dengan instansi-instansi yang memiliki keterkaitan secara langsung dan mendukung dalam pengembangan bidang keilmuan yang dikembangkan oleh program studi, yaitu perpajakan. Terdapat dua institusi yang bekerjasama dengan Prodi Perpajakan dan memiliki kontribusi dan keterkaitan secara langsung dengan bidang keilmuan ini yaitu Direktorat Pajak Jawa Timur wilayah III dan PT. Zahir Internasional. Direktorat Pajak Jawa Timur wilayah III membawahi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) wilayah Malang Raya, Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Blitar, Kediri, Nganjuk, dan Tulungagung. Sementara PT. ahir International merupakan korporasi berskala nasional yang memproduksi dan menyediakan layanan sistem akuntansi dan pelatihan-pelatihan akunting.Dalam kerjasama ini Program Studi perpajakan menyediakan laboratorium akunting dan perpajakan,

sementara

instansi

mitra

menyediakan

fasilitas

pendukung

laboratorium seperti software, modul pelatihan, dan brosur-brosur produk kebijakan perpajakan yang terbaharui.Tabel di bawah menyediakan informasi tentang kerjasama yang dilakukan dengan dua intansi tersebut.

Tabel 7.4 Instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama yang terkait dengan program studi No. (1) 1

Nama Instansi (2) Direktorat Pajak Jatim III

Jenis Kegiatan (3) Memasyarakatkan pajak melalui kegiatan sosialisasi, transfer pengetahuan & kegiatan ilmiah lainnya dlm rangka menumbuhkan kesadaran & kepedulian pajak di Indonesia

Kurun Waktu Kerja Sama Mulai Berakhir (4) (5) 10-8-2010 10-8-2015

Manfaat yang Telah Diperoleh (6) Prodi Perpajakan memperoleh publikasi-publikasi terkait perpajakan seperti UU, peraturan dan kebijakan pajak dan brosur-brosur yang terbarui. Kolaborasi akademisi dan praktisi dalam memecahkan masalah-masalah dan sosialisasi perpajakan Beberapa fasilitas

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

136

disediakan oleh Direktorat Pajak untuk mendukung kegiatan penelitian perpajakan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa prodi Perpajakan FIA Universits Brawijaya 2

PT. Zahir International

Zahir Goes To Campus

3

Pelatihan

4

Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKAPI) Pemda Sampang

5

Pemkab Tuban

LERD

6

Setda Mojokerto

Pengawasan Penilaian Akuntabilitas Kinerja

31-3-2011

31-3-2016

Penelitian 10-112011

10-112016

dan 06-022012

06-052012

Mendapatkan pelatihan bagi tenaga pengajar di Prodi perpajakan dalam hal penggunaan laboratorium akuntansi dengan menggunakan program Zahir Accounting Pelatihan Brevet Perpajakan Perhitungan Alokasi Dana Desa Diskusi dan pertukaran informasi ranah akademis dan praktis Pengalaman dan pengetahuan dalam memberikan melaksanakan pengawasan dan penilaian terhadap para praktisi pemerintahan

Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada saat asesmen lapangan

7.3.2 Instansi luar negeri yang menjalin kerjasama* yang terkait dengan program studi/jurusan dalam tiga tahun terakhir. Untuk memperkuat posisi Program Studi dalam industry pendidikan internasional, Prodi Perpajakan kerjasama dengan institusi pendidikan luar negeri yang memiliki bidang studi yang dapat mendukung pengembangan keilmuan perpajakan.Burapha University merupakan institusi pendidikan yang memiliki

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

137

bidang kajian administrasi bisnis dan hokum yang memiliki keterkaitan keilmuan dengan Program Studi Perpajakan. Dalam tabel di bawah diuraikan bentuk kerjasama serta manfaat yang diperoleh. Tabel 7.5 Instansi luar negeri yang menjalin kerjasama yang terkait dengan program studi No.

Nama Instansi

(1)

(2) Burapha University (BUU) Faculty of Political Science and Law

1

Jenis Kegiatan (3) Kolaborasi pengembangan suasana akademis, penelitian dan pengabdian masyarakat

Kurun Waktu Kerja Sama Mulai Berakhir (4) (5) 21-2-2011 21-2-2016

Manfaat yang Telah Diperoleh (6) Peluang untuk melakukan penelitian bersama bagi staf dosen. Penyelenggaraan program double degree. Pertukaran pengetahuan untuk penguatan kapasitas akademis

2

Ritsumeikan Univeristy

3

National Pingtung Science and Technology University Keio University, Jepang

4

Kerjasama pengembangan pendidikan Kerjasama pengembangan pendidikan

15-3-2006

Pengiriman studi dosen S3 Double Degree S2 Pengiriman studi dosen S3 pertukaran mahasiswa

Double Degree staf Bappenas dan Kementrian Keuangan

13-3-2006

Kolaborasi dan diskusi riset melalui penulisan tesis mahasiswa double degree.

Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada saat asesmen lapangan

Borang Akreditasi Program Studi Perpajakan FIA UB

138

Suggest Documents