Chapter I.pdf - USU Institutional Repository - Universitas Sumatera ...

10 downloads 22 Views 474KB Size Report
T.A. Lathief Rousydiy (1994, hal 2) menyatakan bahwa ibadah haji adalah mengunjungi ... Di dalam buku-buku manasik haji kebanyakan isinya berupa teks ...

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi komputer semakin lama semakin meningkat dan hampir meliputi sebagian besar bidang kehidupan seperti pemerintahan, pendidikan, industri, telekomunikasi, dan penyiaran. Teknologi komputer banyak dijadikan sebagai alat yang membantu dan mempermudah pengajaran mengenai suatu materi.

T.A. Lathief Rousydiy (1994, hal 2) menyatakan bahwa ibadah haji adalah mengunjungi Makkah untuk mengerjakan ibadah thawaf, sa’i, wukuf di Arafah dan serangkaian ibadah lainnya dalam rangka memenuhi titah perintah Allah dan karena mengharap keridhaan-Nya.

Firman Allah SWT dalam Q.S. Ali Imran: 96-97 yang artinya: “Sesungguhnya rumah yang pertama didirikan bagi manusia, (untuk menyembah Allah) ialah yang terdapat di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan jadi pedoman bagi seluruh alam. Di sana terdapat fakta nyata, yaitu maqam (tempat berdiri) Ibrahim. Siapa yang memasukinya akan beroleh keamanan. Dan menjadi kewajiban bagi manusia terhadap Allah buat mengunjungi rumah itu, yaitu siapa yang mampu berjalan ke sana. Dan siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari seluruh alam.”

Ayat ini menjadi dasar pokok yang menyatakan kewajiban untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah haji merupakan rukun Islam yang terakhir setelah syahadat, shalat, puasa, dan zakat. Selain itu, ayat di atas juga menjelaskan mengenai perintah

Universitas Sumatera Utara

2

melaksanakan ibadah haji ditujukan kepada yang mampu baik rohani maupun jasmani dan tentu saja harus mampu dari segi ekonomi.

Menunaikan ibadah haji adalah hal yang diidamkan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Hal itu terbukti dengan meningkatnya jumlah calon jamaah haji dari tahun ke tahun. Selama ini calon jamaah haji hanya mempelajari dan memahami pelaksanaan tata cara ibadah haji melalui buku-buku bimbingan manasik haji yang diberikan oleh Kementrian Agama yang bersifat konvensional sebagai standar dan silabus pelatihan ibadah haji. Di dalam buku-buku manasik haji kebanyakan isinya berupa teks sehingga terasa rumit dan membosankan.

Salah satu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan adalah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) atau Computer Aided Instruction (CAI). Computer Aided Instruction (CAI) merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran yang mendayagunakan perangkat komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Computer Aided Instruction adalah pengembangan dari teknologi informasi terpadu yang saling mendukung yakni pencitraan, audio, video dan komunikasi atau yang disebut dengan sebutan teknologi multimedia.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran. Menurut Mashudi (2010), Francis M. Drawer telah melakukan penelitian yang hasilnya menyatakan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan melalui tulisan sebesar 10%, pesan audio 10%, visual 30%, audio visual 50%, dan apabila ditambah dengan melakukannya, maka akan mencapai 80%.

Oleh sebab itu, penulis ingin membuat tugas akhir yang berjudul Pengembangan Multimedia Pedoman Pelaksanaan Tata Cara Ibadah Haji. Di dalam multimedia ini akan terdapat simulasi tentang bagaimana urutan pelaksanaan tata cara ibadah haji dan tutorial yang berisi materi dari pelaksanaan kegiatan ibadah haji. Sehingga dengan adanya penggunaan multimedia diharapkan pemahaman

Universitas Sumatera Utara

3

mengenai pelaksanaan kegiatan ibadah haji secara berurutan akan lebih baik, lebih efisien karena tidak membutuhkan biaya yang besar, materi menjadi lebih menarik karena dilengkapi dengan animasi, audio, teks, dan gambar.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dapat dirumuskan bahwa permasalahan yang ada adalah sebagai berikut: a. Bagaimana membuat multimedia tersebut menjadi materi yang menarik dan hampir sesuai dengan suasana aslinya. b. Bagaimana membuat simulasi kegiatan pelaksanaan tata cara ibadah haji secara lengkap sehingga mudah dipahami oleh user.

1.3 Batasan Masalah Adapun batasan permasalahan dari pengembangan multimedia pedoman tata cara pelaksanaan ibadah haji ini adalah sebagai berikut: a. Pedoman pelaksanaan tata cara ibadah haji ini merupakan penggabungan antara simulasi dan tutorial. b. Pedoman multimedia ini menjelaskan kegiatan calon jamaah haji seperti umrah dan haji.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Menghasilkan suatu pedoman pelaksanaan tata cara ibadah haji berbasis multimedia yang menarik dan mudah dipahami oleh user. b. Mempermudah calon jamaah haji atau user dalam melaksanakan urutan pelaksanaan kegiatan haji ifrad, tamattu’, dan qiran yang dilengkapi dengan doa-doanya.

Universitas Sumatera Utara

4

1.5 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Mempermudah pemahaman calon jamaah haji atau user mengenai manasik haji yang dilengkapi dengan doa dan penjelasan yang lebih menarik. b. Membandingkan keunggulan antara penggunaan multimedia dengan bukubuku manasik haji sebagai media pembelajaran. c. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan penulis terutama mengenai haji dan cara merancang suatu media pembelajaran yang interaktif.

1.6 Metode Penelitian

Adapun metode penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Studi literatur Mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan materi multimedia dan ibadah haji yang berguna sebagai acuan dalam menyelesaikan tugas akhir ini baik dari buku maupun internet. b. Perencanaan sistem Membuat garis besar tentang ide dan tujuan kebutuhan untuk mengidentifikasi bagaimana membuat setiap ide dan tujuan dapat bekerja di dalam sistem yang dibuat. Merencanakan mengenai ide kreatif dan kemampuan multimedia apa yang diperlukan untuk mendukung sistem agar terlihat menarik, mudah dipahami materinya, dan rencana waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sistem. Merancang dan mendesain interface, menu, submenu, animasi, dan alur tata cara pelaksanaan ibadah haji tersebut. c. Perancangan sistem Melakukan desain yang sudah dirincikan di dalam perencanaan sistem menjadi sistem yang siap untuk diuji coba. d. Pengujian sistem Melakukan pengujian terhadap sistem yang sudah dibuat untuk memastikan bahwa sistem tersebut sudah sesuai dengan tujuan sistem dan dapat berjalan dengan benar tanpa ada kesalahan (error).

Universitas Sumatera Utara

5

e. Penyusunan laporan Menyusun laporan mengenai sistem yang telah dibangun secara keseluruhan.

1.7 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima bab, masing-masing bab diuraikan sebagai berikut:

BAB 1

PENDAHULUAN Menjelaskan Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.

BAB 2

LANDASAN TEORI Berisi penjelasan mengenai Multimedia, Pembelajaran Berbantuan Komputer/Computer Aided Instruction (CAI), penjelasan mengenai Macromedia Flash Professional 8 dan penjelasan mengenai Ibadah Haji dan Umrah

BAB 3

PERANCANGAN SISTEM Membahas analisa perancangan sistem pembelajaran berbantuan komputer yang meliputi Metode Pengembangan Sistem Multimedia, Diagram Aliran Data, Flowchart, dan Storyboard.

BAB 4

IMPLEMENTASI Berisi gambaran rancangan struktur program dan desain antar muka, serta memberikan gambaran dari rancang bangun yang lengkap kepada user dan pemakai komputer yang lain serta implementasinya yaitu menguji untuk menemukan kesalahan.

Universitas Sumatera Utara

6

BAB 5

KESIMPULAN DAN SARAN Menjelaskan kesimpulan dan saran yang coba disampaikan penulis guna melengkapi dan menyempurnakan pengembangan pembelajaran berbantuan komputer untuk masa yang akan datang.

Universitas Sumatera Utara

Suggest Documents