Chapter l.pdf - USU Institutional Repository - Universitas Sumatera ...

12 downloads 24 Views 470KB Size Report
BAB I. PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Dewasa ini, penggunaan sistem komunikasi radio berkembang dengan pesat, seiring denganĀ ...
BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Masalah Dewasa

berkembang dengan

ini, pesat,

penggunaan seiring

sistem

komunikasi

dengan peningkatan kebutuhan

radio jasa

telekomunikasi bagi masyarakat modern. Hal ini mengakibatkan alokasi frekuensi radio yang tersedia semakin lama akan semakin padat. Kondisi demikian ini akan dapat menyebabkan permintaan hubungan komunikasi yang sangat besar tidak bisa dilayani melalui jaringan yang berbasis lintas radio. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memecahkan permasalahan diatas, seperti dengan sistem komunikasi akses jamak Frequency Division Multiple Access (FDMA) dan Time Division Multiple Access (TDMA). Tetapi, kapasitas pemakai yang dimiliki oleh kedua sistem tersebut relatif terbatas. Dengan adanya kecenderungan umum yang dapat diamati, maka timbul rencana multiple-access. Dari Frequency Division Multiple Access (FDMA) menjadi Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Pengembangan TDMA dan CDMA sebagai jawaban terhadap tantangan dalam dunia telekomunikasi, terutama dalam pemanfaatan frekuensi secara efisien

dan

layanan

fleksibilitas. Disamping itu juga mampu untuk

mengakomodasi jasa, salah satu yang utama adalah masa depan komunikasi multimedia.

Universitas Sumatera Utara

Pada sistem komunikasi bergerak, para pelanggan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Maka untuk itu, sangat penting dilakukan proses penemuan lokasi. Proses penemuan lokasi ini dikenal dengan paging. Pada saat pelanggan melakukan panggilan atau pengiriman informasi, maka akan dilakukan paging terlebih dahulu. Paging digunakan untuk mengetahui keberadaan mobile system (MS) di suatu location area (LA), paging biasanya di-trigger ketika ada panggilan yang akan masuk ke sisi penerima. Karena setiap memulai panggilan dilakukan paging, maka kepadatan panggilan dapat mengakibatkan kegagalan paging itu sendiri. Hal ini menjadikan analisis pengaruh jumlah panggilan terhadap kegagalan paging perlu dilakukan.

1.2

Perumusan masalah Yang menjadi rumusan masalah pada Tugas Akhir ini adalah: 1) Apa yang dimaksud dengan kegagalan paging. 2) Apa penyebab kegagalan paging serta cara-cara mengatasi kegagalan paging tersebut. 3) Berapa tinggi

pengaruh

jumlah

panggilan

(call_attempt)

terhadap tingkat kegagalan paging pada sistem Code Division Multiple Access (CDMA) .

1.3

Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisa

kegagalan paging yang dipengaruhi oleh jumlah panggilan (call attempt) pada BTS area Medan Kota tahun 2011. 2

Universitas Sumatera Utara

1.4

Batasan Masalah Untuk menghindari pembahasan yang meluas maka penulis akan

membatasi pembahasan Tugas Akhir ini dengan hal-hal sebagai berikut : 1. Permasalahan akan dibatasi (call_attempt)

pada pengaruh

jumlah panggilan

terhadap kegagalan paging pada BTS area Medan

Kota tahun 2011. 2. Analisa dilakukan berdasarkan data-data yang diperoleh dari PT. MOBILE 8, Tbk. Medan.

1.5

Metode Penulisan Metode Penulisan yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini

adalah: 1. Studi Literatur Berupa tinjauan pustaka dari buku-buku, jurnal ilmiah yang berkaitan dengan sistem transmisi komunikasi. 2. Studi lapangan Yaitu dengan melakukan penelitian pada perusahaan PT. MOBILE 8, Tbk. Medan. 3. Studi Analisis Yaitu menganalisa tingkat kegagalan paging pada BTS area Medan Kota.

3

Universitas Sumatera Utara

1.6

Sistematika Penulisan Tugas akhir ini disusun berdasarkan sistematika penulisan sebagai berikut BAB I.

PENDAHULUAN Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, batasan masalah, metodologi penulisan, serta sistematika penulisan.

BAB II.

CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS Bab ini berisi tentang gambaran umum / dasar teori dari CDMA, konsep selular CDMA, perbandingan dengan TDMA dan FDMA, serta keuntungan dan kerugian memakai CDMA.

BAB III. PAGING SUCCESS RATE Bab ini berisi penjelasan tentang gambaran umum paging dan paging success rate. BAB IV. ANALISA KEGAGALAN PAGING PADA CDMA Pada bab ini menjelaskan tentang analisa kegagalan paging pada area Medan Kota serta penanganan masalah tentang kegagalan paging yang terjadi pada BTS daerah Medan Kota. BAB V.

PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran dari hasil pembahasan-pembahasa sebelumnya.

4

Universitas Sumatera Utara

Suggest Documents