Contoh Kartu BSM dan Surat Pengantarnya

27 downloads 253 Views 440KB Size Report
Pengantar dan Penjelasan. KARTU CALON PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM). Sekolah Dasar (SD) - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran  ...

Pengantar dan Penjelasan KARTU CALON PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) Sekolah Dasar (SD) - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2013-2014 Kepada Yth. NAMA ANAK/SISWA NAMA ORANG TUA ALAMAT NOMER KARTU 1. 2. 3.

4.

: : MARSIANA KEMBA : HIRONIMUS MINGGA : : 11A45B

Kartu Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) Sekolah Dasar (SD) atau BSM Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini ditujukan kepada Anak/Siswa Kelas 1 SD-MI Tahun Pelajaran 2013 - 2014. Kartu ini berfungsi sebagai bukti identitas bahwa Anak/Siswa yang namanya tercantum dalam Kartu telah dicalonkan sebagai Calon Penerima Program BSM Kelas 1 SD-MI Tahun Pelajaran 2013 - 2014. Program BSM adalah bantuan dari Pemerintah berupa sejumlah uang tunai yang diberikan secara langsung kepada anak-anak usia sekolah dari semua jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA/SMK, MI, MTs dan MA) yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin seusai dengan kriteria yang ditetapkan. Persyaratan dan mekanisme pemrosesan Calon Penerima Program BSM SD-MI adalah sebagai berikut:

Proses Penyerahan Kartu Calon Penerima BSM Kelas 1 SD - MI

1.

Bagian 1: Anak/Siswa

11A45B

Bagian 2: Sekolah

Kartu Calon Penerima BSM Kelas 1 SD-MI

11A45B

Kartu Calon Penerima BSM Kelas 1 SD-MI

NISN* Nama Siswa Jenis Kelamin Nama Ibu/Wali Nama Bapak/Wali

: : MARSIANA KEMBA : PEREMPUAN : ROSEMARY : HIRONIMUS MINGGA No. Kepesertaan PKH* : NPSN : Nama Sekolah : ……………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………..

NISN* Nama Siswa Jenis Kelamin Nama Ibu/Wali Nama Bapak/Wali

: : MARSIANA KEMBA : PEREMPUAN : ROSEMARY : HIRONIMUS MINGGA No. Kepesertaan PKH* : NPSN : Nama Sekolah : ……………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………..



Penerima Kartu adalah Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin/BSM Kelas 1 SD-MI dan dapat membawa Kartu ini langsung Ke Sekolah/Madrasah dimana Anak/Siswa diterima.



Penerima Kartu adalah Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin/BSM Kelas 1 SD-MI dan dapat membawa Kartu ini langsung Ke Sekolah/Madrasah dimana Anak/Siswa diterima.



*No. Kepesertaan PKH - Bila ada.



*No. Kepesertaan PKH - Bila ada.

5.

Pada saat Kartu diterima, siswa diharapkan untuk mengirimkan Konfirmasi Nama dan Kelas melalui SMS ke nomor: 0856-12000-98 dengan format sebagai berikut: enam (6) karakter di nomer Kartu BSM sebelah kanan atas - tanda pagar (#)-nama benar - tanda pagar (#) - informasi kelas sekarang. Contoh:

11A45B#Marsiana#Kelas8 6.

Bagian ke 2 Kartu akan diserahkan ke Sekolah untuk direkapitulasi dan kemudian menyerahkan daftar rekapitulasi Kartu Calon Penerima BSM beserta Kartu BSM ke Dinas Pendidikan atau Kantor Agama Kabupaten/Kota selambat-lambatnya tanggal 30 Juli 2013. 7. Jika terdapat perbedaan penulisan nama siswa di Kartu BSM dengan nama siswa di sekolah (seperti di akte kelahiran rapor, ijazah dll), sekolah dapat memperbaiki kesalahan penulisan nama tersebut pada Kartu BSM, serta pada saat membuat rekapitulasi Daftar Calon Penerima BSM Kelas 1 SD-MI. 8. Dinas Pendidikan atau Kantor Agama Kabupaten/Kota akan menyerahkan daftar rekapitulasi Kartu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Agama selambat-lambatnya tanggal 16 Agustus 2013. 9. Direktorat Pembinaan SD (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Direktorat Pendidikan Madrasah (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama) akan menetapkan nama-nama anak/siswa Kelas 1 SD-MI sebagai penerima Program BSM Kelas 1 SD-MI Tahun Pelajaran 2013/2014. 10. Bagi Anak/Siswa yang telah ditetapkan menjadi Penerima Program BSM SD-MI, akan diberitahu oleh pihak Sekolah/Madrasah dan berhak untuk mendapatkan bantuan uang tunai. 11. Siswa mengambil secara langsung (tidak dapat diwakili, kecuali ada halangan dimana orangtua siswa menguasakan kepada sekolah) dana BSM SD 1 tahun/1 semester sekaligus ke Lembaga Penyalur yang ditunjuk, dengan membawa dan menunjukkan dokumen berikut:  Surat Pemberitahuan Penerima BSM SD – MI dari Kepala Sekolah/Madrasah;  Bukti Identitas lainnya (seperti Kartu Keluarga, Rapor, dll);  Bagian 1 dari Kartu yang diterima pada bulan April atau Mei 2013.

Kartu hanya dicetak 1 kali untuk setiap Anak/Siswa yang dicalonkan menerima program BSM SD-MI. Setiap kerusakan serta kehilangan Kartu menjadi tanggung jawab Anak/Siswa yang mendapatkan Kartu tersebut. Oleh karena itu, Anak/Siswa bertanggung jawab untuk segera menyerahkan Kartu ke pihak sekolah dimana Anak/Siswa terdaftar dan bersekolah.

Keterangan:

Keterangan:

1.

Nama yang tercantum dalam Kartu adalah Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin/BSM Kelas 1 SD-MI Tahun Pelajaran 2013 - 2014; 2. Kartu diserahkan oleh Anak/siswa ke Sekolah (dimana anak/siswa diterima) paling lambat pada minggu ke-1 hingga minggu ke-2 awal Tahun Pelajaran 2013 - 2014; 3. Kartu ini tidak dapat dipindah-tangankan. 4. Jika terdapat perbedaan nama pada Kartu, sekolah dapat memperbaiki kesalahan penulisan tersebut dengan nama sesuai Akte Kelahiran dan memastikan nama yang benar di Daftar Rekapitulasi Calon Penerima BSM Kelas 1 SD-MI.

1. Nama yang tercantum dalam Kartu adalah Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin/BSM Kelas 1 SD-MI Tahun Pelajaran 2013 - 2014; 2. Kartu diserahkan oleh Anak/siswa ke Sekolah (dimana anak/siswa diterima) paling lambat pada minggu ke-1 hingga minggu ke-2 awal Tahun Pelajaran 2013 - 2014; 3. Kartu ini tidak dapat dipindah-tangankan. 4. Jika terdapat perbedaan nama pada Kartu, sekolah dapat memperbaiki kesalahan penulisan tersebut dengan nama sesuai Akte Kelahiran dan memastikan nama yang benar di Daftar Rekapitulasi Calon Penerima BSM Kelas 1 SD-MI.

Tanda tangan,

Tanda tangan,

Orang Tua/Wali Murid

Kepala Sekolah/Madrasah

(……………..………………………………..) (…………………………………………………..)

Orang Tua/Wali Murid

Kepala Sekolah/Madrasah

(……………..………………………………..) (…………………………………………………..)