Juklakjuknis LCT - Universitas Lampung

20 downloads 26 Views 126KB Size Report
Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung sebagai salah satu ... Sasaran LCTGEO adalah siswa-siswi SMA/MA Se-Propinsi Lampung. D. Waktu ... Tempat. : Laboratorium IPS Terpadu FKIP Unila c.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Jl. Soemantri Bojonegoro No 1 Gedong Meneng Kedaton Bandar Lampung PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA CEPAT TEPAT GEOGRAFI (LCTGEO) TINGKAT SMA/MA SE-PROPINSI LAMPUNG TAHUN 2012

A. Pendahuluan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung sebagai salah satu lembaga yang mencetak tenaga pendidik yang handal merasa perlu mengadakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya para generasi muda terhadap peranan ilmu geografi.Atas dasar pemikiran tersebut perlu diadakan suatu upaya konkrit dengan melaksanakan kegiatan “Lomba Cepat Tepat Geografi (LCTGEO)”. B. Tujuan 1. Menanamkan kesadaran mengenai peran penting ilmu geografi dalam pembangunan berkelanjutan. 2. Meningkatkan daya saing kompetensi siswa, khususnya pada disiplin Ilmu Geografi. 3. Menjaring bibit-bibit unggul yang berkarakter kuat dengan visi dan misi kegeografian, sehingga memahami peran penting disiplin ilmu geografi dalam konteks kelingkungan. 4. Sebagai bentuk kepedulian Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Lampung terhadap dunia pendidikan di Lampung khususnya dan di Indonesia umumnya. C. Sasaran Sasaran LCTGEO adalah siswa-siswi SMA/MA Se-Propinsi Lampung. D. Waktu dan Tempat a. Pendaftaran Tanggal : 2 – 17 April 2012 Waktu : Pukul 08.00 WIB s.d. 14.00 WIB Tempat : Sekretariat LCTGEO gedung D.1 FKIP Unila b. Technical Meeting Hari/Tanggal : Selasa/24 April 2012 Waktu : 13.00 WIB s.d. selesai Tempat : Laboratorium IPS Terpadu FKIP Unila c. Pelaksanaan Perlombaan Hari/Tanggal : Rabu- Jumat/25 – 27 April 2012 Waktu : 08.00 – 16.00 WIB Tempat : Gedung D dan Gedung Pascasarjana FKIP Unila E. Materi Perlombaan Materi yang dilombakan dalam LCTGEO adalah materi pelajaran geografi SMA/MA dengan rincian sebagai berikut: 1. Seluruh materi kelas X dengan prosentase 40 % 2. Seluruh materi kelas XI dengan prosentase 40 % 3. Sebagian materi kelas XII yaitu (Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi) dengan prosentase 20 % F. Biaya pendaftaran 1. Biaya pendaftaran setiap regu Rp. 100.000,2. Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke rekening: a. BNI cabang Bandar Lampung atas nama Zulkarnain (0142938794) b. BRI cabang Darmajaya atas nama Azam Sahroni (1290-01-000205-53-3) 3. Dapat datang langsung ke sekretariat LCTGEO.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Jl. Soemantri Bojonegoro No 1 Gedong Meneng Kedaton Bandar Lampung G. Regu dan Peserta 1. Sekolah dapat mengirimkan paling banyak 2 (dua) regu dengan masing-masing regu berjumlah 3 (tiga) siswa. 2. Setiap regu peserta atau guru diwajibkan mengikuti technical meeting dan upacara pembukaaan. 3. Setiap regu tidak diperkenankan melakukan pergantian peserta. H. Ketentuan Regu Lomba 1. Pada babak penyisihan peserta dibagi menjadi 4 regu tanding. 2. Penempatan dan penyebaran regu LCT pada meja tanding berdasarkan hasil undian. 3. Undian dilakukan panitia setelah pendaftaran ditutup 4. Hasil undian akan diumumkan pada technical meeting. I.

Hadiah 1. Juara pertama 2. Juara kedua 3. Juara ketiga 4. Juara harapan I 5. Juara harapan II 6. Juara harapan III

: Piala, Piagam, dan uang pembinaan. : Piala, Piagam, dan uang pembinaan. : Piala, Piagam, dan uang pembinaan. : Piala, Piagam, dan uang pembinaan. : Piala, Piagam, dan uang pembinaan. : Piala, Piagam, dan uang pembinaan.

J. Ketentuan Pelaksanaan Lomba 1. Lomba dilaksanakan dalam tiga babak : penyisihan, semi final, dan final dengan sistem gugur. 2. Peserta harus hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh panitia. Jika peserta dalam waktu 10 menit tidak hadir maka dianggap mengundurkan diri. 3. Perlombaan akan tetap dilaksanakan meskipun regu lomba tidak lengkap. 4. Jumlah soal : a. Untuk babak penyisihan dan semifinal, soal terdiri dari:  10 butir soal pada putaran 1  10 butir soal pada putaran 2 b. Untuk babak final soal terdiri dari:  15 butir soal pada putaran 1  15 butir soal pada putaran 2 5. Perlombaan dilaksanakan dua putaran : a. Putaran 1 Soal ditujukan kepada semua regu kemudian setiap regu menjawab dengan cara menulis jawaban pada papan yang telah disiapkan untuk masing – masing regu b. Putaran 2 Soal rebutan di tujukan kepada semua regu dan yang berhak menjawab adalah regu pertama yang menekan bel. Peserta langsung menjawab setelah dipersilakan juri tanpa tenggang waktu. 6. Penilaian a. Putaran 1 Regu menjawab benar diberi nilai 100 dan regu yang menjawab salah, tidak lengkap, atau tidak menjawab atau regu yang terlambat menjawab/mengangkat papan jawaban dianggap tidak menjawab dan beri nilai nol b. Putaran 2 Regu yang menekan bel dan menjawab benar di beri nilai 100, regu yang menekan bel dan menjawab salah, tidak lengkap, atau tidak mejawab diberi nilai -50 (dikurangi 50). c. Jika regu yang pertama menekan bel langsung menjawab sebelum dipersilakan oleh juri, maka diberi sanksi nilai dikurangi 50 dan dilanjutkan ke soal berikutnya. d. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Jl. Soemantri Bojonegoro No 1 Gedong Meneng Kedaton Bandar Lampung 7. Tata cara menjawab a. Putaran 1 Setelah waktu habis, setiap regu memperlihatkan jawaban secara serempak, setelah dipersilakan, kemudian dewan juri menilai benar atau salahnya jawaban. b. Putaran 2 (rebutan)  Menjawab dapat disampaikan oleh salah satu anggota regu (tidak harus juru bicara)  Menekan bel tidak dilepaskan sampai peserta dipersilakan dewan juri untuk menjawab  Jika soal belum dibacakan tetapi sudah ada regu peserta yang menjawab, maka pembacaan soal akan dihentikan dan regu yang meminta harus menjawabnya c. Peserta tidak diperkenankan mengangkat/mengemukakan jawaban sebelum dipersilakan oleh pembaca soal d. Jawaban yang dinilai adalah jawaban yang pertama diperlihatkan/dikemukakan. Jika jawaban dirasa kurang jelas (tulisan tidak jelas), maka dewan juri meminta untuk memperjelas jawaban secara lisan. 8. Jika pada putaran akhir ada regu yang memperoleh nilai sama, maka untuk penentuan sebagai pemenang akan diberi satu soal tambahan oleh juri untuk diperebutkan oleh regu tersebut, dan jika sampai waktu habis tidak ada yang berani menjawab, maka juri memberikan satu soal lagi, dan seterusnya sampai didapatkan pemenangnya. 9. Pembacaan soal a. Soal hanya dibacakan satu kali b. Pengulangan pembacaan soal hanya dapat dilakukan atas permintaan regu peserta dengan persetujuan dewan juri 10. Perhitungan waktu Perhitungan waktu setiap soal dimulai sesaat setelah dibacakan, dan lama waktu soal berbeda – beda. 11. Hak dan kewajiban regu peserta a. Setiap peserta yang berlomba akan mendapat kertas buram b. Regu peserta berhak membawa pendamping dan pendukung asal sekolahnya masing – masing c. Regu peserta yang berlomba tidak diperkenankan mendapat bantuan dalam menjawab soal dari pihak manapun d. Regu peserta yang berlomba tidak diperkenankan membawa kalkulator, handphone, buku dan catatan apapun e. Setiap peserta wajib mengikuti dan melaksanakan tata tertib, menjaga ketertiban, kebersihan, dan kesopanan f. Pendamping dan pendukung wajib menjaga ketertiban, kebersihan, dan kesopanan serta tidak diperkenankan merokok diarena lomba g. Peserta dan pendukung harus mengenakan seragam sekolah masing – masing h. Setiap pendamping berhak mendapatkan hak bertanya dalam mengkritisi jawaban atas pertanyaan yang diberikan setelah mendapat izin dari panitia dan dewan juri di akhir tiap putaran. 12. Lain – lain Regu peserta, pendamping dan pendukung yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi yang di tentukan oleh rapat khusus panitia. Panitia LCT Geografi Unila Ketua Panitia dto Sugeng Widodo, S.Pd., M.Pd. NIP. 19750517 200501 1 002