Materi TIK (Umum) 2012

24 downloads 20 Views 3MB Size Report
TIK. Nama Alat & Keterangan. Gambar. Daun Lontar. Pada zaman yang lebih maju orang sudah mulai menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi, kegiatan ...

TIK Teknologi Informasi & Komunikasi

Definisi TIK

Teknologi Informasi

Teknologi Komunikasi

Peralatan TIK

Media Komunikasi Masa Lalu

Media Komunikasi Modern

 Kentongan

 Surat

 Asap

 Koran

 Prasasti

 Pager

 Daun Lontar

 Telegraf  Televisi  Radio  Faxsimile  Telepon  Komputer  PC Tablet  HP, Iphone  Internet

TIK

Sejarah Perkembangan TIK

Sejarah Perkembangan Alat Hitung

Sejarah Perkembangan Komputer

Pengaruh TIK

Peranan

Keuntungan

Kerugian

A.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) 1. Pengertian TIK TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Oleh karena itu teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan padanan tak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi antara pengirim dan penerima. Istilah-istilah yang terkait, dintaranya:  Komunikasi adalah kegiatan saling berbagi pendapat, informasi dan pesan antar berbagai pihak pada suatu waktu dan tempat.  Informasi adalah data yang telah diproses dan menjelaskan tentang sesuatu  Data adalah segala sesuatu (angka, huruf atau tulisan) yang dapat di proses  Telekomunikasi adalah penyampaian sinyal dari jarak jauh untuk kegiatan komunikasi. 2. Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Semenjak ditemukannya alat komunikasi untuk pertamakalinya, alat komunikasi terus mengalami perkembangan. Berdasarkan rentang waktunya peralatak komunikasi di bedakan menjadi dua yaitu alat komunikasi masa lalu dan alat komunikasi modern. a) Peralatan Teknologi Informasi dan Komunilasi Masa Lalu (Kuno) Alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana dibandingkan dengan alat komunikasi yang ada saat ini. Peralatannya pun masih menggunakan bahan-bahan dari alam. Berikut ini merupakan contoh alat atau media komunikasi kuno : Nama Alat & Keterangan Kentungan/Kentongan. Kentongan merupakan salah satu alat komunikasi tradisional. Kentongan digunakan untuk memberitahu warga atau masyarakat bahwa telah atau akan terjadi sesuatu. Tanda atau kode yang digunakan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain berbeda-beda

Asap. Orang-orang jaman dulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap dikenal sebagai media yang sangat populer digunakan oleh suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman atau lawan, namun kode-kode yang digunakan tidak memiliki kode standar atau baku.

TIK

Gambar

Nama Alat & Keterangan

Gambar

Daun Lontar. Pada zaman yang lebih maju orang sudah mulai menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi, kegiatan surat menyurat di Indonesia telah dimulai dari kerajaan Kutai, tarumanegara, Padjajaran, Majapahit, Sriwijaya dan Mataram. Sebagai alat surat-menyurat yang dominan yang digunakan adalah daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, kulit binatang, tulang dan labu.

Prasasti. Prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah terpenting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Hal ini disebabkan pasasti adalah dokumen tertulis yang orisinil dari peninggalan masa lalu tersebut. Berdasarkan Matrical Eulogitic Inscription, Mc. Daniel, Sanscret Dictionary prasasti dapat berarti tulisan dalam bentuk puisi yang berupa pujian. Prasasti juga dapat dikatakan anugerah, karena prasasti dalam arti pujian itu didasarkan atas anugerah yang diberikan raja kepada rakyatnya. b) Peralatan Teknologi Informasi dan Komunilasi Modern Seiring dengan kemajuan teknologi media komunikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat. Berikut ini merupakan beberapa alat komunikasi modern : Nama Alat & Keterangan Telepon Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirikan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. Telepon pertamakali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis.

TIK

Gambar

Nama Alat & Keterangan Jika telepon pada awalnya hanya terbatas pada telepon tetap, maka sejak 3 April 1973 sudah dikenal teknologi yang bernama telepon genggam/handphone.

Koran (Surat kabar) Koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan biasanya dicetak pada kertas koran yang berisi berita-berita terkini dari berbagai topik. Ada juga koran yang diterbitkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya koran olahraga, koran bisnis. Koran peramakali dikenal pada tahun 59 SM di kekaisaran Romawi Kuno, saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk ”Acta Diurna”. Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar pertama kali terbit dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk ”Relation”. Koran tertua saat ini masih terbit adalah ”Post-och Inrikes Tidningar” dari swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645

Telegraf Telegraf merupakan mesin pengirim dan penerima pesan jarak jauh. Kata telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain. Pesan telegraf dikirimkan oleh operator (telegrapher) menggunakan kode morse yang terkenal dengan nama telegram atau kabelgram, yang sering disingkat dengan pesan kabel atau kawat

TIK

Gambar

Nama Alat & Keterangan Televisi Televisi atau yang biasa disebut TV merupakan alat pemangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh, dan vision yang berarti tampak. Sehingga televisi merupakan melihat dari jarak jauh. Televisi pertama diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan mempunyai banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883.

Radio Radio adalahsalah satu alat informasi berita/teknologi informasi berupa suara atau audio yang dapat menjangkau daerah yang sangat luas. Semua berita yang disiarkan oleh pemancar radio dapat ditangkap pada gelombang atau chanel tertentu.

Pager Pager (radio panggil) yaitu alat komunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Adapun radio panggil jenis numerik hanya dapat menerima pesan satu arah yang terdiri dari bebrapa digit saja. Munculnya telepon selular dengan beragamnya layanan yang lebih cepat dan murah mengakibatkan eksistensi radio paggil perlahan0lahan menghilang.

TIK

Gambar

Nama Alat & Keterangan

Komputer/Laptop Komputer adalah alat yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data. Sebuah komputer harus didukung oleh software, hardware, dan brainware. Informasi yang dapat dihasilkan berupa teks, gambar, suara, video, dan animasi.

Internet Internet merupakan salah satu produk teknnologi yang paling maju saat ini, Perkembangan internet diawali dengan dibangunnya jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency) pada tahun 1969. Jaringan tersebut pada mulanya hanya beranggotakan beberapa komputer di beberapa universitas di Amerika Serikat, seperti University Of California-Lost Angles, Stanford Research Institute, University Of CaliforniaSanta Barbara dan University of Utah. Pada awal pembentukannya jaringan tersebut hanya digunakan di kalangan akademik dan militer.

TIK

Gambar

B.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1. Sejarah Perkembangan Alat Hitung Nenek moyang kita belum mengenal lambang bilangan, namun mereka tetap dapat menghitung ternak yang mereka miliki. Pada saat mereka melepaskan ternak mereka, mereka membuat kertan pada pohon, satu keratan untuk satu hewan ternak, dan melakukan hal yang sama pada sore hari saat mengembalikan ternak mereka ke kandang. Selain menggunakan keratan mereka juga menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya, kerikil, serta simpul-simpul pada tali untuk mencatat bilangan yang mereka gunakan dalam perhitungan. Berikut ini merupakan beberapa contoh alat hitung yang digunakan sejak jaman dahulu : a. Abacus Abacus dianggap sebagai alat perhitungan yang pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus, ada yang memperkirakan berasal dari negara babylon., ada juga yang memperkirakan dari negara Cina, atau berasal dari negara Mesir. Di Jepang disebut dengan sorban. Di Uni Soviet pada abad 16 digunakan untuk menghitung pajak, disebut dengan schyoty. Di negeri cina disebut dengan nama suan pan. Di Yunani disebut dengan nama abakion. b. Stonehenge (Batu Terstruktur) Stonehenge merupakan batu yang terstrukur di Salisbury Plan sebelah selatan Inggris, digunakan untuk observasi dan peramalan musim dan gerhana.

c. Kuipu (Tali bersimpul) Tali bersimpul yang disebut dengan kuipus, digunakan oleh nenek moyang bangsa Peru digunakan untuk mencatat data administrasi, pajak dan penghitungan populasi.

TIK

d. Napier’s Bones (tulang-tulang Napier) Jhon Napier ahli matematika Scotlandia, menciptakan alat yang dibuat dari tulang untuk perhitungan perkalian, yang disebut dengan nama Napier’s Bones. Jhon Napier dianggap sebagai penemu algorithma dan alatnya sebagai dasar dari mistar hitung.

a. Oughtred’s Slide Rule Ahli matematika Inggris, William Oughtred memperkenalkan alatnya yang disebut dengan Oughtred’s slide rule. Alat ini terdiri dari dua buah mistar terletak pada satu buah piringan yang bisa digerakkan satu dengan yang lainnya. Dengan menggeser mistar pada posisi yang tertentu, bisa didapatkan hasil perkalian atau pembagian.

Jika dulu kita hanya bisa melakukan perhitungan secara analog, maka seiring dengan kemajuan teknologi alat hitung pun mengalami berbagai kemajuan Kini kita bisa menghitung secara cepat dengan menggunakan kalkulator. Perkembangan alat hitung telah memungkinkan kita untuk mengembangkan teknologi alat hitung yang lebih rumit dan canggih. Kemajuan alat hitung merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer. TIK

2. Sejarah Perkembangan Komputer Komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung, jika kita mempelajari sejarah perkembangan komputer maka kita tidak bisa lepas dari perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya komputer sama dengan alat hitung. a. Pascaline Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Alat yang berbentuk kotak persegi kuningan ini disebut dengan Pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. b. Leibnitz Calculation Machine. Pada tahun 1964 seorang amtematikawan dan filsuf Jerman Gottfred Wilhem von Leibnitz memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine. c. Babage’s Differensial Engine Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babage. Babage membuat mesin diferensial yang digunakan untuk melakukan perhitungan difrensial. Dengan menggunakan tenaga uap mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah sepuluh tahun menggunakan mesin diferensial Babage membuat general purpose yang pertama yang disebut dengan mesin analitical (Analitical Engine). Analitical Engine merupakan alat hitung yang pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.

d. Punched Card Herman Hollerith pada tahun 1890 dari biro sensus Amerika berhasil menciptakan Punched Card Counting yang menggunakan punched card (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media datanya. Penemuan punched card ini TIK

merupakan penemuan yang gemilang, dalam sejarah komputer, sehingga Herman Hollerith dijuluki ssebagai bapak komputer modern.

e. MARK I Di tahun 1944 Howard Aiken dari Harvad University yang bekerjasama dengan International Buisiness Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan MARK I dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.

MARK I

TIK

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan komputer pun mengalami kemajuan. Perkembangan teknologi komputer dapat dikelompokkan sebagai berikut. 1) Komputer Generasi Pertama Komputer generasi pertama dikembangakan saat perang dunia kedua. Komputer generasi ini memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Komputer pada generasi ni membutuhkan banyak daya. Contohnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 kW. Ciri lain dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Selain itu, komputer pada masa itu pun memiliki silinder magnetik yang digunakan untuk menyimpan data. Yang termasuk komputer generasi pertama adalah, Mark I,Mark II, Mark III, IBM 702,IBM 704,IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC I, UNIVAC II, Datamatic 1000, CRC, NRC, 102A, NRC 102D, Bicmac, Dan Bizmac II. 2) Komputer Generasi Kedua Pada komputer generasi kedua, tube vakum telah digantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran komputer berkurang drastis. Pada kompuer generasi kedua telah terjadi pula pengembangan memori anti magnetik yang membantu pengembangan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalakan, dan dapat lebih menghemat energi dibanding pendahulunya. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner. Komputer generasi kedua telah memiliki komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini, seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memori, sistem operasi, dan program. Pada masa ini juga bermunculan beberapa bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Transltor (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai karir baru, seperti: programmer, analysis, dan ahli sistem komputer bermunculan. Yang termasuk komputer generasi kedua adalah LARC, IBM 1401, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 1400, IBM 1600, NCR 300, Honeywell 400, Honeywell 800,CDC 1640, CDC 160A, GE 635, GE 645, dan GE 200.

TIK

3) Komputer Generasi Ketiga Komponen transistor yang digunakan pada komputer generasi kedua digantikan dengan integreted circuit (IC). Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal komputer. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan sislikon kecil yang yang terbuat dari pasir kuarsa.Ilmuan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen kedalam sustu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya, komputer menjadi semskin kecil. Kemajuan komputer pada generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system). Sistem seperti ini memungkinkan mesin itu menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori komputer. Selain itu, komputer pda generasi ketiga juga memiliki ciri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih murah. Yang termasuk komputer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burrough 5700, Burrough 6700, burrough 7700, GE 600, GE 235, CDC 3000, CDC 6000, CDC 700, PDP-8, PDP-11. 4) Komputer Generasi Keempat Pada genersi ini, tujuan pengembangan komputer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Komputer sudah menggunakan Large Scale Intregration (LSI). LSI dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunnya harga komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, dan keterandalan komputer. Ciri lain yang dimiliki komputer pada generasi keempat adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer. Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer pun melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang ada diatas meja (dekstop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). Selain IBM, perusahaan Apple-Macintosh mempopulerkan sistem grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalan penggunaan piranti mouse. Yang termasuk komputer generasi keempat adalah IBM 370, Apple I, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2 IBM PC/386, IBM PC/486, pentium, pentium II, pentium III, pentium IV, AMD k6 dan Anthlon 5) Komputer Generasi Kelima Komputer genersi kelima masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi TIK

ini akan dikembangkan kepada komputer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit dengan lebih akurat. Selain itu, komputer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. 3. Komputer Istilah komputer berasal dari kata ”to compute” dalam bahasa inggris atau ”computare” dalam bahasa latinyang memiliki arti ”menghitung” karena kompuetr pertama kali diciptakan untuk menghitung. Sistem komputer merupakan kombinasi dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna komputer). Hardware merupakan peralatan yang membentuk fisik komputer, software merupakan program yang berupa instruksi atau perintah untuk melakukan pengolahan data. Sedangkan brainware mengacu pada manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Penggolongan Komputer Komputer berdasarkan kemampuannya dibagi menjadi : 1) Microkomputer Komputer yang relatif kecil dan ditujukan untuk satu orang pemakai (singleuser) Contoh : PC, Laptop, palmtop, PDA. 2) Minikomputer Komputer jenis ini mampu menangani banyak pemakai pada saat yang bersamaan. Komputer jenis ini sekarang sering disebut dengan komputer server. Contoh : Komputer server pada perusahaan 3) Mainframe Komputer jenis ini pada dasarnya sama dengan minikomputer tetapi memiliki kemampuan lebih tinggi dan mampu menangani ribuan atau jutaan pemakai pada saat yang sama (multiuser) dan dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking) Contoh : Komputer server untuk website besar, seperti Google, yahoo dll. 4) Superkomputer Komputer dengan kemampuan memproses data yang besar dengan kecepatan yang tinggi. Contoh : Komputer untuk ramalan cuaca, riset dan pengeboran minyak. Komputer berdasarkan jenis data yang diolah dibagi menjadi : 1) Komputer analog Digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan paralel. Contoh : Komputer pengukur suhu dan kelembapan 2) Komputer digital Digunakan untuk mengolah data kuantitatif ,yaitu huruf, angka, dan kombinasi huruf dan angka. Contoh : PC (personal komputer) 3) Komputer hibrid Merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital Contoh : Faximili TIK

C. Pengaruh TIK 1. Peranan TIK dalam Berbagai Bidang a. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran  Kemajuan TIK telah memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-learning). Melalui e-learning ini interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dapat dilakukan melalui hubungan tatap muka di kelas, tetapi dapat dilakukan di luar kelas dengan menggunakan media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, dan email. E-learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari internet di jaringan local atau internet. Sebenarnya elearning tidak harus didistribusikan secara online (jaringan local atau internet), distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola elearning.  Dengan kemajuan TIK telah berkembang cyber teaching atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet melalui kamera web. Dengan demikian, guru dan siswa dapat bertatap muka di depan monitor komputer. b. Bidang Kedokteran dan Kesehatan  Peran TIK dalam bidang ini adalah memberikan sumber informasi bagi masyarakat tentang masalah kedokteran dan kesehatan, sehingga masyarakat umum akan terlindungi dari informasi-informasi yang tidak benar dan kurang akurat.  Melalui internet tik dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat luas secar aoptimal yang nantinya dapat meningkatkan pastisipasi masyarakat tersebut dalam pelaksanaan kebijakan pada bidang kesehatan/kedokteran. c. Bidang Perdagangan  Kemajuan TIK mendorong pelaku bisnis untuk menerapkan sistem perdagangan elektronik (e-commerce). E-commerce merupakan perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce dapat berupa penjualan barang dagangan secara online melalui internet. d. Bidang Perbankan  Adanya layanan Internet Banking dan SMS bangking dalam bisnis perbankan dewasa ini. Internet banking merupakan layanan perbankan yang dilakukan dengan internet. e. Bidang Pemerintahan  Mengembangkan cara baru dalam pemberian layanan kepada masyarakat. Layanan pemerintah dalam bentuk elektronis ini dikenal dengan e-government. Egovernment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah (seperti : Wide Area Network, Internet, dan mobile computing) yang memungkinkan pemerintah untuk mentransformasikan hubungan dengan masyarakat, dunia bisnis, dan pihak yang berkepentingan. f. Penanggulangan Bencana Alam  Dalam penanggulangan bencana alam, TIK dapat berperan penting, terutama dalam memberikan peringatan segera mungkin.

TIK

g. Bidang Industri dan Manufaktur  TIK sangat membantu dalam perencanaan sbuah produk baru tertentu dengan adanya program desain. Sebuah produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki keakuratan yang tinggi. h. Bidang Pertanian  Dapat membantu siapa pun untuk mencari tahu bibit untu tanaman pada pohon  Peningkatan hasil pertanian i. Bidang Transformasi  Penggunaan teknologi GPS (Global Positioning System) membantu pengemudi untuk menunjukkan arah atau letak suatu tempat serta posisi si pengendara.  Membantu kelancaran dalam lalu lintas (lampu lalu lintas) C. Keuntungan dan Kerugian Teknologi Informasi dan Komunikasi a. Keuntungan & Peranan TIK Banyak peranan dan keuntungan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. 1. Memudahkan komunikasi dan memperoleh Informasi TIK sangat berkaitan dengan erat dengan internet. Bahkan masyarakat umumnya mengganggap merupakan wujud dari TIK. Internet dapat mengghubungkan jutaan manusia di muka bumi ini, tanpa para komunikan (penerima informasi) perlu mengetahui keberadaan lawan komunikasinya. Informasi dapat dikirim dan diterima dalam berbagai bentuk, suara, gambar, teks, maupun kombinasi dari semua itu. 2. Menciptakan lapangan kerja Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah menyediakan layanan online untuk menawarkan kesempatan kerja melalui pertukaran informasi kesempatan kerja secara elektronik dengan kantor ketenagakerjaan atau instansi penempatan tenaga kerja lain. 3. Memperbaiki pendidikan melalui e-learning E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau internet. Dengan e-learning pembelajaran jarak jauh dapat diwujudkan sehingga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara negara maju dan negara berkembang. Kita bisa belajar bersama dengan siswa di belahan dunia, seperti Belanda ataupun negara-negara Eropa lainnya melalui fasilitas Elearning. 4. Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh Teknologi Informasi dan Komunikasi, diantaranya memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di negara-negara berkembang. Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman professional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di perkotaan. 5. Memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka teknologi internet makin memudahkan orang untuk memperoleh banyak informasi dan berkomunikasi dengan berbagai bangsa dari segala penjuru dunia. 6. Menunjang pertanian TIK

Di samping itu teknologi informasi dan komunikasi dapat pula memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih dan harga pasaran. 7. Mendorong tumbuhnya proses demokrasi Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kontribusi besar dalam proses pemilihan umum, yaitu dalam proses kritis yang menjadi acuan adanya demonstrasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendorong tumbuhnya proses demokrasi. 8. b.

TIK

Dampak Negatif atau Kerugian Penggunaan TIK Internet merupakan revolusi dalam kehidupan manusia yang semakin menegaskan pendapat bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat memasuki berbagai aspek kehidupan manusia. Akan tetapi di samping kegunaan yang ada, ada pula kerugian yang ditimbulkan. Dampak negatif yang muncul dari pemanfaatan teknologi selalu tidak dapat dihindarkan. Dampak tersebut antara lain : 1. Mempermudah masuknya budaya-budaya asing yang negatif Cara berpakaian yang tidak sesuai dengan norma dan etika, pergaulan bebas di kalangan remaja merupakan contoh dampak negatif adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. 2. Mendorong munculnya kejahatan jenis baru Perusakan situs internet, pengiriman e-mail sampah, pengiriman virus, memata-matai aktivitas seseorang merupakan contoh kejahatan jenis baru yang muncul setelah adanya internet. 3. Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan pada masyarakat Teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet, televisi, radio banyak menawarkan beragam macam barang atau produk kebutuhan bagi masyarakat. Barang-barang tersebut dapat berupa barang-barang primer, sekunder, dan tersier. Banyak cara yang ditawarkan oleh pemilik produk agar masyarakat mau membeli produk buatannya. Akibatnya masyarakat menjadi cenderung konsumtif dan boros 4. Dalam media teknologi informasi dan komunikasi banyak ditampilkan tentang kesadisan dan kekejaman, seperti di televisi dan internet. Tayangan televisi yang cenderung kejam dan sadis dapat mempengaruhi penontonnya menjadi lebih agresif, terutama bagi penonton anak-anak.

Sumber : Buku ICT for Junior High School Year VII oleh Drs. Supriyanto dan Fauziah S.Kom., MMSI Penerbit Yudistira tahun 2010

TIK

Suggest Documents