Plak Gigi Bisa Picu Kanker

6 downloads 4 Views 243KB Size Report
13 Jun 2012 ... Menurut penelitian di. Swedia, bertambahnya jumlah plak gigi dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker hingga 13 tahun lebih cepat.

Plak Gigi Bisa Picu Kanker Rabu, 13 Juni 2012 10:30

KEBERSIHAN mulut yang buruk ternyata meningkatkan risiko kanker. Menurut penelitian di Swedia, bertambahnya jumlah plak gigi dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker hingga 13 tahun lebih cepat. Hasil temuan yang dipublikasikan dalam BMJ Open online journal meneliti 1.390 orang. Seluruh peserta ditanyai mengenai kemungkinan yang dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kebiasan merokok dan kebersihan mulut, seperti plak gigi, karang gigi serta penyakit gusi dan gigi.

Setelah 24 tahun kemudian, para peneliti menemukan adanya hubungan antara tingginya tingkat plak atau bakteri di gigi dengan risiko kanker. Dari jumlah awal partisipan, sekitar 58 orang meninggal dimana 35 diantaranya meninggal akibat kanker. Peneliti menjelaskan infeksi dan inflamasi berperan mengembangkan risiko satu dari lima jenis kanker. Mereka yang meninggal ini memiliki tingkat plak yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang sehat. Mereka yang meninggal memiliki nilai plak gigi 0,84-0,91 dimana menunjukkan bahwa permukaan gusi dan gigi telah ditutupi dengan plak. Sedangkan nilai plak pada mereka yang masih hidup justru lebih rendah, hanya berkisar antara 0,66-0,67 dimana hanya sebagian gigi dan gusi yang tertutup plak. "Berdasarkan temuan ini, tingkat tinggi bakteri pada permukaan gigi dalam waktu lama memang memainkan peran sebagai karsinogenesis. Penelitian ini mengkonfirmasikan bahwa kebersihan gigi yang buruk berkaitan dengan kematian akibat meningkatnya risiko kanker," jelas peneliti dilansir melalui The Telegraph (12/6).(Innes/ghiboo.com)

1/1