RPP Biologi Kelas 8 - SMP 1 GANDUSARI BLITAR

19 downloads 30 Views 335KB Size Report
[RPP]. Sekolah. : SMPN 1 GANDUSARI. Kelas/ Semester : VIII/ I ..... Mata Pelajaran : IPA/BIOLOGI .... Larutan HCl 10 persen sampai tulang terendam. 5.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] Sekolah : SMPN 1 GANDUSARI Kelas/ Semester : VIII/ I Mata Pelajaran : IPA STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia. KOMPETENSI DASAR 1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. INDIKATOR 1. Menentukan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. 2. Membedakan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup 3. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis. 4. Menentukan daerah meristem yang mengendalikan pertumbuhan. ALOKASI WAKTU : 4 jam pelajaran [ 2 X pertemuan]. A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1. Mengenali adanya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. 2. Mengenali faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. 3. Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkenbangan. 4. Mengenali hewan yang mengalami metamorfosis. 5. Mengenali adanya metagenesis tumbuhan lumut dan tumbuhan paku. 6. Mengenali titik tumbuh pada berbagai macam tumbuhan. B. Materi Pembelajaran Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. C. Metode Pembelajaran 1. Model

:

2. Metode

:

Direc instruction [DI] Kooperatif Learning Diskusi kelompok Eksperimen/ Observasi

D. Langkah Langkah Kegiatan Pertemuan pertama a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : - Apakah kamu semakin tinggi ? - Disebut proses apa itu ? Prasyarat pengetahuan:….. b. Kegiatan Inti 1. Guru membimbing siswa dalam membentukan kelompok. 2. Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan , perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

3. Beberapa kelompok menyampaikan hasil diskusinya dalam diskusi kelas sedang kelompok yang lain menanggapi. 4. Guru membimbing jalannya diskusi , menanggapi pertanyaan siswa dan memberi informasi yang benar. 5. Guru dan siswa membuat rangkuman hasil belajar. c. Kegaiatan penutup 1. Guru memberi tes untuk mengetahui daya serap siswa tentang materi yang baru dipelajari. 2. Siswa membuat laporan hasil diskusi. 2. Guru memberi tugas rumah untuk pertemuan yang akan datang. Pertemuan ke 2 a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : Apakah kamu pernah lihat kupu-kupu? Kupu-kupu berasal dari apa ? Prasyarat pengetahuan:…. b. Kegiatan Inti 1. Siswa duduk sesuai dengan kelompok masing-masing. 2. Siswa berdiskusi tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna dan mencari contoh hewan yang mengalaminya. 3. Siswa membuat skema pergiliran keturunan tumbuhan paku dan lumut dan mendiskusikannya, hasil yang paling bagus dipajang pada dinding pajangan kelas. 4. Guru membimbing siswa dalam diskusi dan membuat skema pergiliran keturunan lumut dan paku. c. Kegiatan Penutup 1. Guru dan siswa berdiskusi untuk membuat rangkuman hasil belajar. 2. Guru memberi tugas [perorangan/kelompok/proyek] untuk melakukan pengamatan titik tumbuh beberapa macam tanaman. E. Sumber Belajar 1. Buku Siswa 2. Buku Referensi 3. Alat percobaan 4. Obyek langsung [tumbuhan dan hewan] F. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik Penilaian : - Tes tulis - Penugasan 3. Bentuk Instrumen : - Tes uraian - Laporan tugas rumah 4. Contoh Instrumen : - Jelaskan pengertian metamorfosis!

Mengetahui, Kepala SMPN I Gandusari

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 1 008

Gandusari, 23 Juli 2009 Guru Mata Pelajaran

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS1-1

Pertumbuhan Pada Tanaman Tujuan: Mengetahui pertumbuhan pada tanaman. Alat dan Bahan: 1. Pot kecil yang berlubang dibawahnya 3. Tanah yang subur 2. Penggaris 4. 5 biji jagung Cara kerja: 1. Rendam biji jagung dalam air semalam.Selanjutnya sebar biji tersebut diatas tanah dalam pot. Tutup biji tersebut dengan lapisan tanah . 2. Setelah beberapa hari biji akan tumbuh. Saat batang sudah mulai muncul ke permukaan tanah , ukur panjangnya [tingginya]! 3. Ulangi pengukurannya selama satu minggu[jika mungkin setiap hari]. Catatan interval waktu pengukuran harus sama, misal setiap jam 15.00. 4. Masukkan data ke dalam tabel pengamatan! Tabel Data Pengamatan Hari ke:

Tinggi Tanaman [mm] A

B

C

D

E

Rata-Rata Tinggi Tanaman

1 2 3 4 5 6 5. Berdasarkan data yang kalian peroleh, buatlah grafik. Untuk pertumbuhan pada sumbu horizontal dan untuk waktu pada sumbu vertikal. Analisis 1. Apa yang terjadi pada biji jagung setelah ditanam?………………………. ………………………………………………………………………………… 2. Berapa kecepatan pertumbuhan [rata-rata pertambahan tinggi tanaman] setiap hari ?…………………………………………………………………………... ………………………………………………………………………………… 3. Mengapa kecepatanpertumbuhannya bervariasi selama satu minggu?………. ………………………………………………………………………………… 4. Sebutkan penyebab terjadinya variasi kecepatan pertumbuhan tanaman jagung?………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………

LO-DIS-1-1

Hari / Tanggal Topik KELOMPOK

:…………………… : a. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan b .Metamorfosis dan metagenesis

NO

NAMA SISWA

A a

1

2

3

4

5

6

7

8

B b

a

C b a

D b a

1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Keterangan: 1. Aspek yang diamati: A= Partisipasi dalam kelompok B= Cara mengajukan pertanyaan C= Cara menjawab pertanyaan D= Kerapian laporan E= Cara menyampaikan pendapat

2. Kriteria skor: 1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik

E b a

b

JUML SKOR a b

L0-UK-1-1

Hari / Tanggal Tupik Kelompok NO

1

2

3

4

5

6

7

8

: : Menentukan titik tumbuh pada tumbuhan Nama Siswa

A

B

1 2 3 4 5

1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Keterangan: 1. Aspek yang diamati: A. Ketepatan waktu mengumpulkan. B. Kerapian laporan C. Cara pengambilan data dan cara merekap data. D. Analisa data 2. Kriteria skor: 1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik

C

D

Jumlah Skor

ISI-1-1

NASKAH SOAL SOAL 1.Sebutkan faktor-faktor yang mem pengaruhi pertumbuhan dan per kembangan!

KUNCI - Faktor internal seperti : hormon, gen dll - Faktor eksternal seperti: makanan, cahaya dll

2. Sebutkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan!

3. Apa yang dimaksud metamorfosis? Beri contoh!

4.Apa yang dimaksud dengan metage nesis? Contoh pada …….

5. Bagian akar mana yang pertumbuhannya paling cepat?

SKOR

2

2

- Pertumbuhan adalah penambahan biomassa yang bersifat ireversibel [tidak dapat balik], proses bersifat kwalitatif.

3

- Perkembangan adalah perubahan struktur dan fungsi yang bersifat specifik, proses bersifat kualitatif

3

- Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan secara beruru tan yang terjadi selama daur hidup nya.

3

-Contoh metamorfosis kupu-kupu: Telur- larva-kepompong-kupu

3

- Pergiliran keturunan dari generasi gametofit ke generasi sporofit atau sebaliknya.

3

Contoh pada tumbuhan lumut

2

- Pada bagian: - ujung pucuk utama - pucuk lateral

4

JUMLAH SKOR

25

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. KOMPETENSI DASAR 1.2. Mendiskripsikan tahapan perkembangan manusia, INDIKATOR 1. Mendiskripsikan ciri manusia pada usia tertentu, 2. Mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia dari balita sampai manula. 3. Mengidentifikssi ciri msnusia pada usia remaja/ pubertas. ALOKASI WAKTU :

4 jam pelajaran [ 2 x pertemuan].

A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1. Memdiskripsiksn ciri-ciri manusia pada usia tertentu. 2. Mengelompokkan dan mengurutkan manusia berdasarkan cirinya dari balita sampai manula. 3. Mengidentifikasi ciri morfologi manusia pada usia remaja. B. Materi Pembelajaran Tahapan perkembangan manusia. C. Metode Pembelajaran 1. Model : Direc Instruction [DI] Kooperatif Learning 2. Metode : Diskusi kelompok Observasi D. Langkah-Langkah Pertemuan pertama a. Pendahuluan Motivasi

: Apakah kamu bertambah besar? Apakah kamu bertambah dewasa? Prasyarat pengetahuan: Pengertian pertumbuhan dan perkembangan.

b. Kegiatan Inti 1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. [Pada pertemuan sebelumnya siswa telah diberi tugas melakukan observasi mengamati ciri manusia usia balita, anak-anak, remaja, tua dan manula]. 2. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menyamakan persepsi. 3. Beberapa kelompok menyajikan hasil pengamatan dan diskusinya pada diskusi kelas, kelompok lain menanggapi. 4. Siswa membuat laporan dari hasil pengamatan dan diskusi. 5. Guru membantu siswa dalam diskusi dan memberi informasi yang benar. c. Kegiatan Penutup 1. Guru dan siswa berdiskusi untuk membuat rangkuman materi. 2. Guru memberi pertanyaan untuk mengecek daya serap siswa.

Pertemuan ke dua a. Pendahuluan Motivasi Prasyarat pengetahuan

: Apa yang kalian kjetahui tentang pubertas ? :

b. Kegiatan inti 1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. 2. Secara kelompok siswa berdiskusi untuk mengerjakan LKS . 3. Beberapa kelompok menyampaikan hasil diskusinya pada diskusi kelas, dan kelompok lain menanggapi. 4. Guru membimbing jalannya diskusi dan memberi in formasi yang benar. c. Kegiatan Penutup Siswa membuat laporan, hasil yang paling baik dipajang dipapan pajangan kelas. E. Sumber Belajar 1. 2. 3. 4.

Buku siswa Buku referens LKS Obyek langsung

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian:

- tes tulis - penugasan b. Bentuk Instrumen: - tes uraian - lembar observasi diskusi c. Contoh Instrumen : Sejak kapan pertumbuhan dan perkembangan dimulai?

Mengetahui, Kepala SMPN I Gandusari

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 1 008

Gandusari, 23 Juli 2009 GuruMataPelajaran

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS-2-1

CIRI-CIRI MANUSIA BERDASARKAN USIA Tujuan Pembelajaran: Setelah kegiatan belajar diharapkan siswa dapat: 1. Mendiskripsikan ciri manusia pada usia tertentu. 2. Mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia dari balita sampai manula. Kegiatan: Mendiskripsikan ciri manusia menurut kelompok umur dengan mengamati obyek langsung dan studi pustaka. 1. Lakukan pengamatan terhadap orang-orang yang ada disekitarmu, menurut kelompok umur [ balita, anak-anak, remaja,dewasa, tua dan manula] meliputi: ciri fisik [ posisi tubuh, ukuran badan dll], kemampuam yang dimiliki, dan sifat khusus [ seperti pelupa, suka menangis, egois, suka cerewet, suka bersolek, suka ngrumpi, suka menasehati dll] . Bandingkan dengan ciri yang terdapat pada buku kalian. 2. Masukkan data yang kalian peroleh ke dalam tabel. [Bentuk tabel sesuai dengan kreatifitas siswa]. Misalnya: Tabel Pengamatan NO

Kelompok Umur

Ciri Fisik

Kemampuan Yang Dimiliki

Sifat Khusus

1 2 3 4 5 + Bahan diskusi 1. Sejak kapan pertumbuhan dan perkembangan dimulai?………………… ……………………………………………………………………………….. . ……………………………………………………………………………… 2. Mengapa anak balita perlu dijaga kondisi kesehatannya?…………………… ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… 3. Sebutkan urutan tahap-tahap perkembangan pada manusia!………………….. ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………….. 4. Bagaimana ciri manusia pada umur 30-50 tahun?……………………………. ……………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………….. 5. Kesimpulan apa yang dapat kamu kemukakan pada kegiatan ini?……………. …………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………..

LKS-2-2

Manusia Usia Remaja Tujuan Pembelajaran: Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat: 1. Mendiskripsikan ciri-ciri manusia pada usia remaja/pubertas. 2. Mendiskripsikan sikap dan cara menjaga kebersihan diri. Kegiatan: Secara berkelompok siswa berdiskusi dari hasil pengamatan dan studi literature untuk membahas ciri-ciri manusia usia remaja dan pubertas. Pertanyaan: 1. Apakah yang dimaksud denga usia pubertas?…………………………………. …………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………. 2. Pada usia berapa pria dan wanita mengalami masa pubertas? a. Pada pria…………….. b. Pada wanita…………… 3. Bagaimana ciri morfologi manusia usia pubertas? a. Laki-laki :…………………………………………………………………. …………………………………………………………………. ………………………………………………………………….. b. Perempuan:……………………………………………………………… ………………………………………………………………. 4. Bilamana menstruasi pada anak wanita mulai terjadi?……………………… ………………………………………………………………. ……………… ……………………………………………………………….. 5. Mengapa datangnya menstruasi antara wanita yang satu dengan yang lain ber Beda?……………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… 6. Bilamana menstruasi dikatakan tidak normal?…………………………….. …………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………... 7. Sebutkan cara-cara yang dapat dilakukan dalam merawat kebersihan diri terutama saat menstruasi…………………………………………………….. ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………. 8. Mengapa anak perempuan lebih cepat dewasa dari pada anak laki-laki? ………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………….. 9. Kesimpulan apa yang dapat kamu peroleh dari kegiatan ini?………….. ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………… …………..

ISI-2-1

NASKAH SOAL SOAL 1. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan ciri makhluk hidup yang terjadi bersama-sama. Jelas kan pengertian: a. pertumbuhan b. perkembangan

KUNCI a. Pertumbuhan merupakan pertambabesar secara jasmani [ fisik], ukuran nya semakin besar dan jumlah sel nya semakin banyak. b. Perkembangan adalah proses bertambah maju , sempurna secara rohani [psikis/ mental], perubahan struktur dan fungsi yang spesifik, bersifat kualitatif

SKOR 3

3

Balita Anak-anak, usia 6-12 tahun Remaja, usia 12-17 tahun Dewasa, usia 18-25 tahun Orang tua, usia 25-60 tahun Manula, usia 60 tahun ke atas

5

3. Apa yang dimaksud dengan periode neonatal? Jelaskan!

Yaitu 4 minggu pertama setelah bayi lahir. Waktu itu bayi sudah dapat menyesuaikan hidup diluar uterus. Fungsi pencernaan, pernapasan dan ekskresi telah dilakukan oleh bayi itu sendiri.

5

4. Apakah yang dimaksud dengan usia pubertas? Jelaskan!

Pada saat organ reproduksi telah matang, pada wanita antara lain ditan dai dengan menstruasi [ usia 9-13 th] dan pada laki-laki ditandai dengan tumbuhnya kumis, mimpi basah dll

5

5. Perubahan apa saja yang yang terjadi pada masa pertengahan tua [ usia 30-50 tahun]?

-Perkembangan fisik mulai mengalami penurunan. -Sistem peredaran darah dan pernapasan mulai berkurang efisiensinya -Tulang-tulang mulai agak rapuh - Kulit mulai keriput

4

2. Sebutkan urutan tahapan perkem bangan manusia!

1. 2. 3. 4. 5. 6.

25

LO-DIS-2-1

Hari / Tanggal :………………………… Topik : a. Tahapan perkembangan manusia b. Ciri manusia pada usia remaja/pubertas KLP

NO

A

Nama Siswa a

1

2

3

4

5

6

7

8

B b

a

C b

a

D b

a

E b

a

1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Keterangan : 1. Aspek yang diamati: 3. Kriteria Skor : A = Cara mengajukan pertanyaan 1 = kurang B = Cara menjawab pertanyaan 2 = sedang C = Cara mengajukan pendapat 3 = baik D = Cara merefleksi hasil diskusi 4 = sangat baik E = Kerapian laporan/pekerjaan 2. Topik: a. Tahapan perkembangan manusia b. Ciri manusia pada usia remaja

Jumlah Skor b a b

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] Sekolah : SMP NEGERI 1 GANDUSARI Kelas/Semester : VIII/ I Mata Pelajaran : IPA/BIOLOGI STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan. KOMPETENSI DASAR 1.3. Mendiskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan INDIKATOR 1. Membandingkan macam-macam organ penyusun sistem gerak pada manusia. 2. Membedakan tulang rawan dan tulang keras. 3. Mengidentifikasi macam-macam serndi dan fungsinya. 4. Mendata macam-macam kelainan tulang dan otot yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. ALOKASI WAKTU 6 jam pelajaran [ 3 x pertemuan] A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1. Membedakan bentuk dan fungsi alat gerak aktif dan pasip. 2. Mendata macam-macam rangka penyusun alat gerak pada manusia dan cara kerjanya. 3. Membedakan tulang rawan dan tulang keras. 4. Mengidentifikasi macam-macam sendi dan fungsinya. 5. Mendata macam-macam kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. B. Materi Pembelajaran Sistem gerak pada manusia C. Metode Pembelajaran 1. Model : Direc Instruction [ DI] Kooperatif Learning 2. Metode : Diskusi kelompok Eksperimen D. Langkah-Langkah Kegiatan Pertemuan pertama a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : Organ tubuh apa saja saat kamu menulis? Prasyarat pengetahuan:…………………. b. Kegiatan Inti 1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok 2. Guru menunjukkan torso tulang, dan menunjukkan beberapa contoh nama dan bentuk tulang. 3. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan LKS ‘ Organ Penyu sun sisrem gerak’ mengamati organ apa saja yang terlibat apabila tubuh melakukan gerakan, mengidentifikasi macam-macam bentuk tulang dan nama tulang.

4. Siswa menyusun laporan hasil diskusi dan mengkomunikasikannya. 5. Guru membimbing siswa dalam diskusi dan membuat laporan, serta memberi informasi yang benar. c. Kegiatan Penutup 1. Guru dan siswa berdiskusi menyusun rangkuman materi yang sudah di pelajari. 2. Laporan yang pajing baik dipajang di pajangan kelas. Pertemuan ke Dua a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi: Apakah berbedaab tulang rawan dan tulang keras? Prasyarat Pengetahuan:…………………………….. b. Kegiatn Inti 1. Siswa duduk sesuai kelompok masing-masing. 2. Guru memberi petunjuk cara melakukan percobaan. 3. Siswa melakukan percobaan sesuai LKS ‘ Zat Penyusun Tulang’ 4. Siswa berdiskusi perbedaan tulang rawan dan tulang keras dalam kelompok masingmasing. 5. Beberapa kelompok menyanpaikan hasil diskusinya pada diskusi kelas. dan kelompok lainb menanggapi. 6. Guru membimbing siswa dalam diskusi dan memberi informasi yang benar c. Kegaitan Penutup 1. Guru dan siswa berdisakusi untuk menyusun kesimpulan 2. Guru memberi pertanyaan untuk mengecek daya serap siswa. 3. Guru memberi tugas mengumpulkan data kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan otot dan tulang [ berbentuk tabel atau kliping] Pertemuan ke tiga a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : Mengapa siku dapat dibengkokkan? Prasyarat Pengetahuan: Pegertian sendi b. Kegiatan Inti 1. Secara kelompok siswa berdiskusi tentang macam-macam sendi dan kelainan /penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot. 2. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya pada diskusi kelas. 3. Siswa membuat laporan hasil diskusi 4. Guru membimbing siswa dalam diskusi dan memberi informasi yang benar c. Kegiatan Penutup 1. Guru dan siswa berdiskusi membuat rangkuman. 2. Siswa membuat poster bahaya/ akibat kecelakaan dan dipasang pada pajangan kelas. E. Sumber Belajar 1. Buku siswa 2. Buku referensi 3. LKS

4. Carta/ torso 5. Alat percobaan 6. Obyek langsung

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian : - Tes tulis Penugasan b. Bentuk Instrumen: - Tes uraian - Tugas rumah

Mengetahui, Kepala SMPN I Gandusari

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 1 008

Gandusari, 23 Juli 2009 GuruMataPelajaran

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS-3-1

Organ Penyusun Sistem Gerak Dalam melakukan gerak manusia memiliki sistem gerak yang terdiri atas tulang dan otot. Rangka dan tulang disebut alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif. Sebagai alat gerak aktif otot dapat mengalami kontraksi dan relaksasi. A. Tujuan Untuk mengetahui organ apa saja yang terlibat apabila bagian tubuh melakukan suatu gerakan. B. Cara Kerja : 1. Siapkan carta/ torso/ model rangka tubuh manusia. 2. Amati macam-macam bentuk dan nama tulang, masukkan data pengamatan dalam tabel. [ bentuk tabel sesuai kreatifitas anak] 3. Secara berpasangan, satu anak gerakkan lengan kalian dari keadaan lurus kemudian membengkok, anak yang lain mengamati gerakan. 4. Coba gerakkan model rangka tubuh manusia seperti yang kalian lakukan pada kegiatan nomor 3. Bandingkan dengan gerakan yang kalian lakukan! 5. Aplikasi dan analisis gerakan diatas! a. Apa yang kalian rasakan dengan otot kalian pada saat melakukan gerakan? …………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………. b. Apakah tulang lengan kalian dapat bergerak tanpa adanya otot? Mengapa? …………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………….. c. Ada berapa tulang yang terlibat pada gerakan di atas? ……………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………….. d. Selain otot dan tulang apa masih ada bagian lain yang terlibat? Kalau ada sebutkan!………………….. ………………………………………………………………………. e. Jadi organ apa saja yang terlibat pada gerakan tangan diatas? …………………………………………………………………….. …………………………………………………………………….. …………………………………………………………………… f. Manakah yang berperan aktif dalam melakukan suatu gerakan tulang atau otot? Buktikan alasan jawaban kalian! ……………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… g. Apakah semua tulang penyusun rangka dapat menghasilkan gerak? Jelaskan!………………………………………………………………… ………………………………………………………………………..

LKS-3-2

Zat Penyusun Tulang A. Tujuan Untuk mengetahui penyebab tulang menjadi keras B. Metode Eksperimen C. Alat dab Bahan: 1. 2 gelas kimia [ toples kecil bertutup] 2. 2 buah cawan petri 3. pinset

4. HCl 5. air 6 2 potong paha ayam

D. Cara Kerja: 1. Beri label [A] dan [B] pada gelas kimia [toples]. 2. Bengkokkan tulang paha ayam . Bagaimana hasilnya? Catat! 3. Masukkan tulang ke dalam gelas kimia [A] dan [B]. 4. Tuangkan air ke dalam gelas kimia [A] , sedang pada gelas kimia [B] tuang Larutan HCl 10 persen sampai tulang terendam. 5. Tutuplah gelas tersebut dan biarkan sehari semalam! 6. Setelah sehari semalam angkatlah kedua tulang paha ayam menggunakan pinset dan masingmasing letakkan pada cawan petri! 7. Bandingkan kedua tulang tersebut! Coba bengkokkan tulang-tulang itu! Apa yang terjadi? Tulis hasil pengamatan dalam tabel! Tabel Pengamatan Keadaan Tulang

Direndam dalam: Air Tawar

Larutan HCl

Keras/ lunak Sebelum direndam

Dapat/ tidak dapat dibengkokkan Keras/ lunak

Sesudah direndam

Dapat/tidak dapat dibengkokkan

Pertanyaan: 1. Bagaimana keadaan tulang sebelum direndam dengan air atau larutan HCl? ……………………………………………………………………… 2. Setelah direndam, samakah keadaan tulang yang direndam air dengan yang di rendam larutan HCl? Jelaskan jawabmu!…………………………………… ………………………………………………………………………………. 3. Apa fungsi larutan HCl dalam percobaan di atas?…………………………… ………………………………………………………………………………. 4. Berdasarkan pengamatan. Menurut pendapatmu apa yang menyebabkan tulang menjadi keras?………………………………………………….. Materi apa yang masih tertinggal setelah tulang direndan pada larutan HCl? ……………………………………………………………………………… Bagaimana sifat materi ini?……………………………………………… 6. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan hari ini?…………………….. ………………………………………………………………………………..

LKS –3-3

Mengidentifikasi Macam -Macam Sendi dan Fungsinya Selain tulang dan otot untuk melakukan gerakan dibutuhkan adanya sendi. Sendi adalah hubungan antar tulang, hubungan unu memungkinkan terjadinya suatu gerakan. A. Tujuan Mengidentifikasi macam-macam sendi dan fungsinya. B. Cara Kerja: 1. Pelajari model/torso atau rangka tubuh manusia. 2. Lakukan gerakan-gerakan bagian tubuh kalian yang dapat menghasilkan gerak. 3. Cocokkan gerakan kalian dengan model atau carta rangka tubuh untuk menentukan jenis tulang yang membentuk persendian. 4. Amati macam-macam arah gerakan dari persendian tersebut1 5. Masukkan data pengamatan kalian ke dalam tabel! C. Data Pengamatan Tabel Pengamatan NO

Persendian yang terbentuk antara tulang……….

Nama Sendi

Arah Gerakan

1 2 3 4 5

D. Aplikasi dan Analisis 1. Jenis sendi apakah yang banyak ditemukan dalam rangka tubuh manusia?… …………………………………………………………………………… 2. Apa yang mengikat tulang-tulang yang membentuk persendian?……… …………………………………………………………………………….. 3. Sebutkan macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya?…… ……………………………………………………………………………. 4. Jelaskan macam-macam sendi berdasarkan sifat gerakannya?………… ……………………………………………………………………………… 5. Apa yang dimaksud sutura?………………………………………………… ………………………………………………………………………………

LO-DIS 3-1

Hari/Tanggal Topik KL P

1

2

3

4

5

6

7

8

NO a

: : a. Organ penyusun sistem gerak. b. Tulang rawan dan tulang keras. c. Macam-macam sendi A B C D b

c

a

b

c a

b

c a

b

c a

E b

c a

1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Keterangan: 1. Aspek yang diamati: A= Partisipasi dalam kelompok B= Cara menyampaikan pertanyaan C= Cara menjawab pertanyaan D= Cara mebgajukan pendapat E= Cara menerima pendapat orang lain F= Kerapian laporan 2. Kriteria Skor : 1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik ISI-3-1

F

Jumlah Skor

b

c a b c

NASKAH SOAL SOAL 1. Sebutkan penyusun sistem gerak pada manusia! Jelaskan!

KUNCI - Tulang sebagai alat gerak pasif - Otot sebagai alat gerak aktif - Agar dapat digerakkan di perlukan sendi

SKOR 6

2. Sebutkan macam-macam tulang ber dasarkan bentuknya! Beri contoh masing-masing dua!

a. tulang pipa, contoh: tulang paha dan lengan atas b. tulang pipih, contoh ; tulang rusuk dan tulang dada c. tulang pendek, contoh: ruas tulang belakang dan tulang pergelangan tangan

6

3. Disebabkan oleh apa gangguan dan kelainan tulang dibawah ini? a. kiposis b. rakitis c. layuh semu

a. sikap duduk yang salah b. kekurangan vitamin D c. Infeksi Sifilis sejak dalam kandungan

3

4. Mengapa tulang rawan bersifat lentur sedangkan tulang keras ber sifat keras?

Karena matriks tulang rawan mengandung sedikit zat kapur sedang matriks tulang keras mengandung banyak zat kapur.

4

5. Sebutkan dan jelaskan macam macam sendi berdasarkan arah gerakannya?

1. Sendi engsel, bergerak satu arah. 2. Sendi pelana, bergerak dua arah. 3. Sendi peluru, bergerak kesegala arah 4. Sendi putar, gerakan ber putar.

6

Jumlah skor

25

(R.P.P) Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester

: SMPN 1 GANDUSARI : IPA : VIII / I

Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan mansuia Kompetensi Dasar 1.4 Mendiskripsikan sitem pencernaan manuisa dan hubungannya dengan kesehatan Indikator 1. Mendiskripsikan susunan alat pencernaan 2. Membedakan anatara saluran pencernaan & kelenjar pencernaan 3. Membandingkan pencernaan mekanik & kimiawi Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. 2. 3. 4.

Menyebutkan fungsi makanan bagi tubuh manusia Menyebutkan organ yang termasuk saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan Membedakan anatra saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan Membedakan pencernaan mekanik & kimiawi

B. Materi Pembelajaran - Alat pencernaan manusia - Saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan - Pencernaan mekanik & pencernaan kimiawi C. Metode Pembelajaran 1. Model pembelajaran - Kooperatif Learning 2. Metode - Observasi (pengamatan ) - Diskusi informasi - Eksperimen D. Langkah – Langkah Kegiatan 1. Pertemuan pertama a. Kegiatan Pendahuluan • Motivasi - Pernahkah kamu tidak sarapan pagi sebelum berangkat sekolah ? - Apa yang kamu rasakan pada saat jam 11 siang ? • Prasasat pengetahuan - Apakah manfaat makanan bagi manusia ? b. Kegiatan inti ) Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok ) Guru memberikan penjelasan kegiatan yang harus di lakukan sesuai dengan LKS (1) ) Peserta didik mengamati chart sistem pencernaan manuisa dan mengerjakan LKS sesaui pengamatan ) Hasil pengamatan di diskusikan dengan anggota kelompok ) Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamanatan & didiskusikan kelompok, kelompok lain menanggapi untuk melengkapi atau menyempurnakan hasil pengamantan. c. Kegiatan Penutup • Guru dan peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan



Guru memberikan tes lisan

2. Pertemuan Kedua a. Kegiatan Pedahuluan 1. Motivasi ) Pernahkan kalian mnegunyah nasi ? ) Apa yang kamu rasakan setelah beberapa menit ? 2. Prasarat pengetahuan ) Guru mengajukan pertanyaan tentang alat-alat pencernaan yang berupa kelenjar b. Kegiatan inti ) Guru memberikan penjelasan tentang kegiatan yang harus dilakukan sesuia dengan LKS (2) ) Guru menyediakan bahan kimia (fehling A +B) atau berediet ) Peserta didik melakukan kegiatan sesaui prosedur di LKS ) Peserta didik secara berkelompok mengisi tabel pengamatan ) Peserta didik secsra berkelompok mendiskusikan pertanyaan dio LKS c. Kegiatan Penutup ) Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok ) Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan ) Guru memberikan tes secara lisan untuk mengetahui daya serap mteri yang baru dipelajari ) Guru memberi jtugas untuk mendata berbagai penyakit atau kelaianan pada organ pencernaan yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari tetang penyebab dan cara pencergahannya. E. Sumber Belajar a. Buku siswa hal …. b. LKS c. Charta pencernaan makanan d. Alat-alat praktikum e. Fehling A + B ( Benediet) F. Penilaian hasil Belajar a) Teknik penilain - Tes lisan b) Bentuk instrumen - Daftar pertanyaan c) Contoh Instrumen - Instrumen tes lisan - Jelaskan urutan alat pencernaan pada manusia ? Kunci : mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus

LEMBAR KERJA SISWA : 1 Membedakan antara Saluran Pencernaan dan Kelenjar Pencernaan Saluran penceraan adalah alat pencernaan berupa saluran yang dilalaui makanan selama proses pencernaan berlangsung. Kelenjar pencernaan adalah alat pencernaan yang menghasilkan enzim yang sangat diperlukan untuk mencerna makanan secara kimia. A. Apa yang harus kalian lakukan ? Cermatilah gambar sistem pencernaan berikut ini. Tunjukkan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kemudian catatlah dalam tabel berikut. B. Apa yang kalian peroleh ? Tulislah hasil kegiatan kalian dalam tabel berikut dengan tanda ( ) No. 1. 2. 3.

Nama Alat pencernaan Mulut Kelenjar lidah dst

Saluran Pencernaan

Kelenjar Pencernaan

C. Apliksi dan analisis 1. Bagian apa yang termasuk saluran pencernaan dan kelenjar penceranaan ? 2. Apa perbedaan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan? 3. Kelenjar apa yang dihasilkan saat terjadi pencernaan di mulut dan apa kegunaannya ?

LEMBAR KERJA SISWA : 2 Membandikan Proses Pencernaan Mekanis dan kimiawi Proses pencernaan makanan terjadi secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan meknik dilakukan oleh kontrasi alat pencernaan tertentu. Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan. Larutan kimia tertentu dapat digunakan untuk menunjukkan adannya hasil pencernaan kimia. Misalnya larutan Fehling A + B atau laruta Benedict untuk mengetahui adanya glukosa. A. Apa yang harus kalian lakukan ? Persiapkan empat tabung reaksi, pada tabung I masukkan 1 ml glukosa 10 % dan 1 ml aiar, tabung II masukkan sedikit nasi yang telah dihaluskan dan 1 ml air yang telah disaring, tabung III masukkan sedikit nasi yang dikunyah dans edikit air liur, serta tabung VI masukkan sedikit air liur dan I ml air. Masing-masing tabung ditambah 10 tetes larutan Fehling A + B atau larutab Benedict, dan amati perubahan warna yang terjadi. Setelah itu, masing-masing tabung dipansakan di atas lampu spriritus sampai mendidih, dana mati kembali perubahan warna yang terjadi. B. Apa yang Kalian Peroleh ? Macam Tabung

Warna Sesudah ditetesi Fehling A + B (Benedict)

Warna setelah Dipanaskan

I II III IV Catatan : Perubahan warna larautan dari biru menjadi hijau sampai oranye menujukkan bahwa larutan menganduk glukosa. C. Aplikasi dan Analisis 1. 2. 3. 4. 5.

Enzim apakah yang terdapat di dalam mulut yang berperan membantu pencernaan makanan? Bagaimana hasil akhir pada keempat tabung tersebut ? jelaskan ! Adakah perubahan warna pada larutan di keempat tabung? Bagaimana perubahannya Mengapa bisa terjadi perubahan warna Buatlah laporan kegiatan berikut beserta kesimpulannya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN R. P. P Sekolah Mapel Kelas / Semester

: SMP N 1 GANDUSARI : IPA ( Biologi) : VIII / 1

Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manuisa Kompentesi Dasar 1.4 Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia (hubungannya dengan kesehatan ) Indikator 1. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan mansuia yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari Alokais Waktu : 2 x jam pelajaran ( 1 x pertemuan ) A. Tujuan Pembelajran Peserta didik dapat : 1. Mencari contoh kelainan & penyakit pada sistem pencernaan yang dijumpai dalam kehidupan sehari –hari 2. Merumuskan penyebab kelainana & penyakit tersebut 3. Mencari cara pencegahan supaya tidak terkenan penyakit tersebut atau upaya mengatasi penyakit tersebut. B. Materi pemberlajaran • Berbagai contoh kelianan dan penyakit pada sistem pencernaan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari C. Metode Pembelajaran 1) Model Pembelajaran - Kooperatif learning 2) Metode : - Pengamatan - Studi pustaka - Diskusi Informasi D. Langkah – Langkah Kegiatan 1). Pertemuan Pertama a. Kegiatan Pendahuluan • Motivasi - Apa yangbkalian rasakan setelah kalian makan makanan yang terlalu pedas ? • Prasarat Pengetahuan - Peserta didik mengetahui alat pecernaan makanan pada manusia b. Kegiatan inti • Guru memberi tugas di rumah secara berkelompok untuk mendata berbagai contoh kelainan ( penyakit pada organ pencernaan dengan cara membaca dari buku : observasi pada penderita taua bertanya pada pihak yang menguasai tentang penyakit tersebut misalnya pada puskesma, pada pertemuaan sebelumnya. • Peserta didik membawa laopran dalam bentuk tabel • Diskusi kelompok • Diskusi kelas c. Kegiatan penutup

E. Sumber Belajar 1. Observasi pada penderita kelainan dan penyakit yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari 2. Buku siswa 3. Buku lain yang relevan 4. LKS F. Penilaian 1. Teknik peniilaian Tes tertulis 2. Bentuk instrumen Tes menjodohkan 3. Contoh Instrumen Pilihan jawaban - Maag - Diare - Sembelit

Contoh pertanyaan - Penyakit ini disebabkan kebiasaan makan tidak teratur

Pilihan jawaban -

Maag

-

Diare

-

Sembelit

Contoh pertanyaan - Penyakit ini disebabkan kebiasaan makan tidak teratur

Mengetahui Kepala Sekolah SMP N 1 Gandusari

Guru Mapell

Drs. Suroyo, M.Pd

Dra. Binti Muyassaroh

NIP. 19600402 198803 1 008

NIP.19670809 200701 2 020

ULANGAN HARIAN KE : ……………….

Sistem Pencernaan Manusia No 1.

Butir Soal Perhatikan gambar berikut !

Skor 4

a). Tuliskan nama organ yang di beri nomor ! b). Berdasrkan jawaban No. 1 a sebutkan 2 organ yang termasuk kelenjar ! Kunci : a). 1 Lambung 2 hati 3. Empedu 4. Pankreas 5. Usus besar 6. Usus halus 7. Anus 8 Umbai cacing b) Hati dan pankreas 2.

Pada percobaan pencernaan di peroleh data sebagaiberikut : - Nasi yang dikunyah ditetesi larutan Fehling A + B yang dipanaskan, nasi berubah warna menjadi oranye. Kunci : Nasi berubah jadi oranye karena nasi yang di kunyah sudah diubah oleh enzim amilase dari zat tepung menjadi zat gula

1

3.

Lambung menghasilkan beberapa enzim antara lain : a. Renin : fungsinya …….. b. Pepsin : Fungsinya ………

2

Kunci : a). Fungsi renin mengedopkan kosein (protein susu) dari air susu b) Fungsi pepsin : mencerna protein menjadi pepton 4.

Dinding usus halu berlipat-lipas yang disebut jonjot usus, di dalam jonjot-jonjot usus terdapat pembuluh ……. Dan pembuluh ……….

1

Kunci : Pembuluh kil dan pembuluh darah 5.

Pada usus besar sering terjadi kelainan antara lain : a. Diare yaitu ……………………. b. Sembelit yaitu ………………….

2

Kunci : a). Diare yaitu infeksi kuman pada feses besar yang mengakibatkan pengaturan kandungan air dalam usus terganggu sehingga feses menjadi encer b). Sembelit yaitu sulit buang air besar akibat penyerapan air pada fese yang berlebihan. Jumlah skor

10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mapel Kelas/Semester

: SMPN 1 GANDUSARI : IPA (Biologi) : VIII / 1

Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia Kompetensi Dasar 1.5. Mendiskripsikan sistem penerapan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Indikator 1. Mendiskripsikan susunan alat pada manusia 2. Membandingkan proses inpirasi dan ekpirasi. 3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan. Alokasi waktu : 4 jam pelajaran A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. 2. 3. 4.

Menunjukkan alat pernapasan pada manusia. Mendemontrasikan mekanisme inpirasi dan ekspirasi. Mendefinisikan contoh kelainan / penyakit pada sistem pernapasan. Menjelaskan penyebab dan cara mengatasi penyakit tersebut.

B. Materi Pembelajaran 1. Organ pernapasan pada manusia 2. Mekanisme inspirasi dan ekspirasi 3. Berbagai contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan dalam kehidupan sehari-hari. C. Metode Pembelajaran 1) Model pembelajaran - Kooperatif learning 2) Metode - Pengamatan charta - Eksperimen - Observasi - Diskusi informasi. D. Langkah-langkah 1. Pertemuan pertama a. Kegiatan pendahuluan • Motivasi Setelah berlari 100 m seorang pelari tampak terengah-engah. Napasnya lebih cepat dibandingkan dalam keadaan normal. Mengapa hal ini dapat terjadi ? • Prasarat Pengetahuan Peserta didik mengetahui apa manfaat manusia bernapas. b. Kegiatan Inti ¾ Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan siswa sesuai dengan prosedur di LKS (3) ¾ Peserta didik mengamati charta pernapasan untuk mengetahui organ pernapasan pada manusia. ¾ Peserta didik mendemontrasikan mekanisme inpirasi dan ekspirasi dengan menggunakan model paru-paru.

¾ Peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan di LKS. ¾ Diskusi kelas dibimbing oleh guru. c. Kegiatan penutup ¾ Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan. ¾ Guru memberi tes lisan. ¾ Guru meminta salah satu siswa mendemonstrasikan mekanisme inspirasi / ekspirasi. (setiap 1 kelompok diambil salah satu). 2. Pertemuan kedua a. Kegiatan Pendahuluan ¾ Motivasi Pada saat udara sangat dingin Toni mengalami sesak napas, mengapa demikian ? ¾ Prasyarat Pengetahuan Peserta didik memahami organ pernapasan pada manusia. b. Kegiatan Inti ¾ Guru memberi tugas kepada siswa untuk mendata berbagai kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membaca dari buku atau berdasarkan pengalaman sehari-hari. ¾ Siswa secara berkelompok membuat laporan dalam bentuk tabel. ¾ Diskusi kelas. c. Kegiatan Penutup ¾ Guru dan siswa membuat rangkuman ¾ Guru memberi tes tertulis. E. Sumber Belajar 1. Buku siswa 2. Buku lain yang relevan 3. Charta alat pernapasan 4. Model pernapasan 5. LKS 6. Berbagai penyakit pada organ pernapasan. F. Penilaian 1. Teknik Penilaian • Tes lisan • Tes unjuk kerja • Tes tulis 2. Bentuk Instrumen • Daftar pertanyaan • Tes uji pisik kerja prosedur • Tes tulis 3. Contoh Instrumen a. Tes lisan Sebutkan organ pernapasan pada manusia ! Kunci : Hidung, Tenggorokan, Paru-paru b. Tes Uji pisik kerja prosedur Pergakan mekanisme inspirasi dengan menggunakan metode paru-paru. c. Tes tulis Sebutkan 3 jenis penyakit pada organ pernapasan. Kunci : Batuk, pilek, asma.

LEMBAR KERJA SISWA : 3 1. Mekanisme Pernapasan Tujuan

: Mengetahui mekanisme pernapasan (terjadinya inspirasi dan ekspirasi)

Alat dan Bahan : 1. 3. 4. 5. 6.

Botol bekas tempat minuman dari bahan plastik yang jernih Pisau Tabung berbentuk Y Sumbat dan plastik isolasi Lembaran karet bekas balon.

Cara kerja : 1) Rangkailah alat dan bahan seperti pada gambar di bawah ini ! 2) Hembuskan napas melalui pipa. Amati kedua balon (no:5) Keterangan : 1. tabung 2. sumbat 3. perekat/isolasi 4. tabung/pipa Y 5. balon kempes 6. karet elastis 3) Tariklah karet (nomor 6) lurus kebawah, kemudian lepaskan ! lakukan percobaan itu berulangulang dan amati keadaan balon di dalam tabung saat kamu melakukan gerakan ! Pertanyaan : 1) Bagaimana keadaan balon saat penutup di bagian bawah ditarik ke bawah ? Bagaimana pula keadaan balon saat karet elastis dilepas kembali ke posisi semulai ? 2) Apa yang terjadi pada kedua balon soal kalian hembusan napas melalui pipa ? 3) Bila balon melukiskan paru-paru dan karet elastis bagian bawah menggambarkan diafragma, bagaimanakah peranan diafragma terhadap mekanisme pernapasan ?

Mengetahui Kepala Sekolah SMPN 1 Gandusari

Guru Mapel

Drs. Suroyo, M.Pd

Dra. Binti Muyassaroh

NIP. 19600402 198803 1 008

NIP.19670809 200701 2 020

Ulangan Harian ke : Bab No 1.

: Pernapasan Soal

Apa yang dimaksud dengan proses bernapas ?

Skor 2

Jawab : Bernapas adalah proses pengambilan dan penggunaan oksigen untuk pembakaran zat makanan yang menghasilkan energi dengan zat sisa berupa Co2 dan H2O 2.

Sebutkan bagian-bagian alat pernapasan manusia !

2

Jawab : Hidung, tenggorokan, paru-paru 3.

Dimanakah tempat terjadinya pertukaran gas pada proses pernapasan ? Jelaskan !

2

Jawab : Pertukaran gas terjadi di permukaan alucolus dan dinding kapiler. Udara masuk alvedus secara difusi dan masuk kedalam pembuluh kapiler, selanjutnya oksigen berikatan dengan hemoglobin membentuk oksihemoglobin dan diedarkan keseluruh tubuh. 4.

Bag…..keadaan rongga perut pada saat inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan perut ? Jelaskan ! Jawab :

2

Ketika terjadi inspirasi rongga perut menggembung sebaliknya saat terjadi ekspirasi rongga perut mengempis. 5.

Sebutkan 4 penyakit yang umumnya menyerang sistem pernapasan ! Jawab : Bauk, pilek, tumor paru-paru, bronkitis

2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Kelas / Semester Mapel

: SMP : VIII / 1 : IPA (Biologi)

Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari-hari Manusia Kompetensi Dasar 1.6 Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Indikator 1. Mendiskripsikan alat-alat peredaran darah pada manusia 2. Mendefinisikan macam-macam peredaran darah 3. Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi jumlah denyut nadi. Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat 1. Mengenali organ-organ penyusun sistem peredaran darah beserta fungsinya. 2. Mengenali bagian-bagian jantung. 3. Membedakan sistem perdaran darah besar dan kecil. 4. Mendefinisikan sistem peredaran tertutup. 5. Menentukan jumlah denyut jantung. 6. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah denyut nadi. B. Materi Pembelajaran 1. Alat : peredaran darah 2. Sistem peredaran darah 3. Denyut nadi / jantung. C. Metode pembelajaran 1. Metode : Kooperatif learning 2. Metode : - Diskusi kelompok - Pengamatan charta - Eksperimen D. Langkah-langkah Kegiatan 1. Pertemuan Pertama a. Kegiatan Pendahuluan ¾ Motivasi Apabila jalan raya diibaratkan sebagai pembuluh darah, mobil-mobil yang lewat dijalan raya diibaratkan sebagai apa ? ¾ Prasarat Pengetahuan Siswa mengetahui fungsi darah bagi tubuh manusia. b. Kegiatan Inti ¾ Guru memberikan penjelasan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan prosedur di LKS (4) ¾ Siswa mengamati charta sistem peredaran darah manusia. ¾ Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok masing-masing untuk membahas pertanyaan dalam LKS. ¾ Diskusi kelas di bimbing guru. c. Kegiatan Penutup ¾ Guru bersama siswa membuat kesimpulan ¾ Guru memberi tes unjuk kerja dan tes lisan.

2. Pertemuan Kedua a. Kegiatan Pendahuluan ¾ Motivasi Pernahkah kalian merasakan berdebar-debar saat menanti pengumuman kelulusan ? ¾ Prasyarat Pengetahuan Siswa memahami bagian-bagian jantung b. Kegiatan Inti ¾ Guru memberikan penjelasan kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai di LKS (5) ¾ Siswa melakukan : - Menghitung jumlah denyut nadi pada saat istirahat setiap satu menit. - Menghitung jumlah denyut nadi pada saat setelah berlari-lari selama 10 menit, setiap satu menit. ¾ Siswa memasukkan hasil penghitungan kedalam tabel. ¾ Diskusi kelompok ¾ Diskusi kelas. c. Kegiatan Penutup ¾ Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru ¾ Guru memberikan tes lisan ¾ Siswa diberi tugas untuk kegiatan minggu depan. E. Sumber Belajar 1. Buku siswa / yang relevan 2. Charsa sistem peredaran darah 3. LKS F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik penilaian Tes lisan b. Bentuk Instrumen c. Contoh Instrumen •

Instrumen Tes lisan -

Faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah denyut nadi / permenit ? (sebutkan 3) Kunci : Aktifasi, jenis kelamin, usia.

LEMBAR KERJA SISWA : 4 SISTEM TRANSPORTASI MANUSIA

Rangkuman Materi Didalam tubuh alat transportasi (pengangkut) utama adalah darah. Darah selalu beredar di dalam pembuluh darah karena adanya jantung yang terus menerus bekerja. Bahan dan Peralatan : Microskop Cawan patri Ikan kecil/berudu Kapas

kaca obyek 2 buah Air Carta sel-sel darah Carta peredaran darah

Kegiatan I (Tujuan 1) : Siswa dapat menyebutkan arah aliran darah ikan/berudu dengan microskop Tugas : 1. Ambilah seekor ikan kecil / berudu yang masih hidup, kemudian bungkuslah bagian tubuh dan insangnya dengan kapas/kain kasa (lihat gambar) 2. Letakkan ikan/berudu tersebut dalam cawan patri atau diatas kaca obyek dan jepitlah ekornya dengan dengan kaca obyek lainnya. Jagalah agar kapas/kain kasa tetap basah, dengan cara meneteskan air bila terlihat kapas mengering. Bila ikan/berudu bergerak dan ekornya terlepas dari penjepit, segala jepit kembali dengan kaca obyek.

3. Letakkan cawan patri/kaca obyek bersama ikannya dibawah microskop. 4. Periksalah bagian ekornya. 5. Dapatkah kamu melihat adanya aliran ? ………………………………………………. Aliran adalah aliran darah yang mengalir di dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang paling halus adalah pembuluh darah kapiler. 6. Bagaimana arah aliran darah di dalam satu pembuluh ? Pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju ke kapiler adalah pembuluh nadi atau arteri. Pembuluh darah yang menerima darah dari kapiler menuju jantung adalah pembuluh balik atau vena. 7. Jadi apakah yang menghubungkan pembuluh nadi dengan pembuluh balik ? Seperti yang terdapat pada ikan/berudu, darah manusia di dalam pembuluh darah, sehingga peredaran darahnya disebut peredaran darah tertutup.

Kegiatan 2 (Tujuan 2) Siswa dapat menjelaskan sistem peredaran darah manusia. Tugas : 1. Amati dan pelajari baik-aik diagram peredaran darah manusia dibawah ini ! 1. Serambi kiri 2. Serambi kanan 3. Bilik kiri 4. Bilik kanan 5. Paru-paru 6. Pembuluh balik paru 7. Pembuluh balik tubuh 8. Pembuluh nadi tubuh 9. Pembuluh nadi paru 10a. Tubuh atas 10b. Tubuh bawah

seluruh

a. arah panah menunjukkan arah aliran darah. b. Di paru-paru terjadi pengambilan O2, dan mengeluarkan CO2 c. Pada semua alat tubuh terdapat jaringan kapiler. 2. Alat-alat peredaran darah apa sajakah yang dilalui oleh darah yang beredar dari No. 4 sampai dengan No. 1 ? Peredaran darah ini disebut peredaran darah kecil. 3. Bila darah beredar dari No. 3 sampai No. 2. Alat-alat peredaran darah apa saja yang dilalui ? …………………………………………………………………………. Peredaran darah ini disebut peredaran darah besar. 4. Jika darah beredar satu kali putaran dari No. 10a kembali ke 10a, 10b lagi atau No. 10b kembali ke No. 10b lagi, berapa kali darah melalui jantung ? Peredaran darah seperti ini disebut peredaran darah /ganda. Peredaran darah rangkap. 5. Pembuluh nadi mana yang berisi darah banyak mengandung O2 dan kurang CO2 ? 6. Pembuluh balik mana berisi darah banyak mengandung O2 dan kurang CO2 ? 7. Serambi dan bilik jantung sebelah mana yang berisi darah kaya O2 8. Apakah jantung dan paru-paru dihitungkah oleh pembuluh balik saja ? Yang dibedakan 1. Arah aliran 2. Denyut 3. Letak 4. Jumlah katup 5. Jika terluka 6. Dindidng

Pembuluh Nadi

Pembuluh balik

LEMBAR KERJA SISWA : 5 MEMBANDINGKAN DENYUT NADI SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIFITAS Denyut jantung dapat berubah-ubah tergantung dari aktivitas seseorang. Semakin tinggi aktifitas seseorang jantung jantung akan berkontrasi makin cepat. Hal tersebutb kan mempengaruhi denyut jantung.

A. Apa yang harus kalian lakukan ? 1. Hitunglah denyut nadi teman-teman satu kelompokmu pada saat istirahat. Penghitungan denyut nadi adalah jumlah denyut jantung setiap menit. Ulangi penghitngan hingga 2x 2. Berlari-larilah di tempat selama kurang lebih 10 menit, kemudian hitunglah jumlah denyut jantung /menit. Kemudian hitunglah jumlah denyut / menit. Ulangi 3x 3. Catatlah hasil pengamatan 3X

B. Apa yang kalian peroleh ? Catat hasil dalam tabel berikut : Jumlah Denyut No.

Nama

Sambil lari (istirahat) U1

Catatan : U1

: Penghitungan ke 1

U2

: Penghitungan ke 2

U3

: Penghitungan ke 3

U2

U3

Setelah lari U1

U2

U3

C. Aplikasi dan Analisis 1. Adakah perbedaan jumlah denyut nadi sebelum lari dan setelah lari ? Jelaskan ! 2. Jelaskan penyebab terjadinya perbedaan jumlah denyut nadi sebelum lari dan setelah lari ! 3. Adakah faktor lain yang mempengaruhi jumlah denyut nadi ? kalau ada jelaskan !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMPN 1 GANDUSARI Kelas / Semester : VIII / 1 Mapel : IPA (Biologi) Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 1.6 Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Indikator 1. Mendiskripsikan komponen penyusun darah. 2. Mendefinisikan sistem peredaran limfa 3. Mendata kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah. Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. Memahami komponen penyusun darah dan fungsinya. 2. Memahami sistem peredaran darah terbuka 3. Menemukan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. B. Materi Pembelajaran 1. Komponen darah 2. Sistem peredaran linfa 4. penyakitpada sistem peredaran darah. C. Metode Pembelajaran 1. Model : Kooperatif learning 2. Metode : -

Pengamatan charta

-

Studi pustaka

-

Diskusi Informasi.

D. Langkah-langkah Kegiatan 1. Pertemuan pertama a. Kegiatan pendahuluan ¾ Motivasi Pernahkan kalian terluka ? apa yang terjadi pada lukamu setelah diobati beberapa waku ? ¾ Prasyarat Pengetahuan Apa fungsi darah bagi tubuh manusia ? b. Kegiatan Inti ¾ Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai prosedur di LKS (6)siswa secara berkelompok mengamati charta untuk mengerjakan LKS. ¾ Diskusi kelas : dibimbing oleh guru. c. Kegiatan penutup ¾ Guru dan siswa membuat rangkungan kesimpulan ¾ Guru memberikan pertanyaan secara tertulis untuk mengetahui daya serap.

2. Pertemuan ke 2 a. Kegiatan Pendahuluan ¾ Motivasi Pada saat memeriksa pasiennya seorang dokter, mengukr tekanana pasien apa yang maksudnya ? ¾ Prasyarat pengetahuan Apa yang terjadi jika seseorang kekurangan darah ? b. Kegiatan Inti ¾ Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok untuk mendata berbagai kelainan dan penyakit pada sistem predaran darah berdasarkan penalaman segari-hari atau mencari dari buku siswa/ buku lain yang relevan. ¾ Siswa secara berkelompok membuat laporan dalam bentuk tabel yang berisi jenis penyait, Kelainan penyebab, cara mencegah/mengatasi penyakit tersebut. ¾ Diskusi kelas c. Kegiatan Penutup ¾ Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan atau rangkuman. ¾ Guru memberikan pertanyaan secara trtulis untuk mengetahui daya serap siswa tentang materi yang baru dibahas. E. Sumber Belajar 1. Buku siswa / buku lain yang relevan. 2. Pengamatan terhadap berbagai penyakit pada peredaran darah yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. F. Penilaian Hasil Belajar a. Tehnik Penilaian Tes tulis b. Bentuk instrumen Tes isian c. Contoh instrumen Tes isian Penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan …… a. Leukemia c. Hipertensi b. Hemofile d. Anemia Kunci : C

LEMBAR KERJA SISWA : 6 LIMPE DAN GETAH BENING

Rangkuman Materi Daerah yang beredar di jaringan tubuh, mengalir dalam pembuluh kapiler untuk memberikan sari makanan ke jaringan sebagian plasma darah keluar dari pembuluh kapiler menuju jaringan bersama sebagian sel-sel darah putih. Cairan ini kemudian disebut cairan jaringan. Karena tidak terserap kembali seluruhnya oleh pembuluh kapiler, cairan ini akhirnya masuk pembuluh limfe. Inilah yang disebut cairan limfe. Bahan dan peralatan : Carta peredaran Limfe. Kegiatan (Tujuan) : Siswa dapat menjelaskan peredaran limfe. Tugas : 1. Perhatikan gambar dibawah ini dengan seksama, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.

2. dengan memperhatikan ujung pembuluh limfe, termasuk peredaran tertutup/terbuka (coret yang tidak perlu). 3. Ada berapa pembuluh limfe besar di dalam tubuh ? …………………………….. Komposisi limfe mirip plasma darah, hanya juga bedanya pada limfe terdapat sel darah putih yang dihasilkan oleh kelenjar limfe. Didalam limfe terdapat sel darah putih. Trombosit, fibrinogen, zat makanan (asam lemak + gliserol). 4. Apa fungsi sistem limfe/getah bening bagi tubuh ? 5. Planjaran adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar limfe. Apakah yang menjadi penyebab dari pembengkakan ?

Mengetahui Kepala Sekolah SMPN 1 Gandusari

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600403 198803 1 008

Guru Mapel

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

Ulangan Harian ke : Bab

: Sistem Peredaran darah pada manusia

No. 1.

Butir Soal

Skor

Jelaskan mengapa sistem peredaran darah manusia disebut sistem peredaran darah tertutup !

1

Jawab : Karena darah manusia beredar melalui pembuluh darah. 2.

Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi jumlah denyut jantung ! Jawab :

1

Aktifitas manusia, Usia 3.

Bagaimana urutan aliran darah pada sistem peredaran darah kecil. Jawab :

2

Darah beredar dari bilik kanan -> parut -> serambi kiri 4.

Bagaimana proses pembekuan darah terjadi ? Jelaskan ! Jawab : Jika terjadi luka, maka ……. Trombosit pecah

trombokinase 2

Protombin

Ca ++ dan Vit K

Fibrinogen 5

trombin

fibrin

luka tertutup

Mengapa para penderita hipertensi memiliki tekanan darah yang lebih dibanding dengan orang yang normal ? Jawab :

2

Penyebabnya antara lain adanya penyempitan pembuluh darah dan gangguan pada jantung. 6.

Peredaran limfa disebut juga dengan peredaran darah terbuka, jelaskan ! Apa fungsi sistem limfa bagi tubuh manusia ? Kunci : -

Peredaran limfa disebut peredaran darah terbuka karena ujungujung pembuluh peredaran limfa tidak saling menyambung.

-

Fungsi sistem limfa bagi tubuh adalah sebagai penghasil antibodi.

2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] Sekolah Kelas/semester Mata pelajaran

: SMP NEGERI 1 GANDUSARI : VIII / 2 : IPA

STANDAR KOMPETENSI 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan KOMPETENSI DASAR 2.1.Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tubuh tumbuhan INDIKATOR : 1.Mendiskripsikan struktur dan fungsi organ tumbuhan 2.Membedakan letak epidermis,korteks & stele pd batang 3.Menunjukan letak dan fungsi stomata 4.Melakukan percobaan osmosis 5.Membedakan peran pembuluh xilem & floem 6.Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan ALOKASI WAKTU : 8 X 40`

A. Tujuan pembelajaran Peserta didik dapat : 1. Melakukan pengamatan terhadap struktur tumbuhan dan fungsi yang terkait dgn struktur ini. 2. Mengamati perbedaan struktur batang monokotil dan dikotil. 3. mengamati letak stoma dengan menggunakan mikroskop . 4. Melakukan percobaan osmosis pada kentang 5. mengamati pengangkutan air pada bunga pacar air / sedap malam . 6. mencatat contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang di jumpai dalam kehidupan sehari hari.

B. MATERI PEMBELAJARAN : 1. Struktur dan fungsi akar,batang, Daun,bunga serta biji. 2. Perbedaan letak xilem dan floem pada batang monokotil dan dikotil 3. Osmosis pada proses penganan pada tumbuhan. 4. Hama dan penyakit pada tumbuhanan C. METODA PEMBELAJARAN 1. Model : CTL CL 2. Metoda : Diskusi Observasi Eksperimen D. LANGKAH KEGIATAN 1. Pertemuan I a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : Apa fungsi daun bagi tumbuhan ? Prasarat : b. Kegiatan Inti : 1. Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok. 2. Guru menyarankan peserta didik untuk membaca buku paket atau buku lain yang relevan tentang struktur tubuh tumbuhan dan hama penyakit pada tumbuhan. 3. Memasang carta tentang bagian-bagian tumbuhan dan meminta siswa mendata namanama organ tumbuhan serta menyebutkan fungsi masing-masing struktur. 4. Meminta masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

c. Kegiatan Penutup Guru : 1. Memberi bimbingan pada kelompok yang belum Benar. 2. Menyarankan membuat rangkuman tentang hama & penyakit pada tumbuhan/memberi tugas di rumah. 3. Memberi tes lisan akhir kegiatan.

2. Pertemuan II a. b.

c.

Kegiatan Pendahuluan : Motivasi : Apakah perbedaan dikotil dan monokotil. Prasarat : Kegiatan Inti : 1. Siswa diminta duduk bersama kelompok. 2. Guru memasang charta di papan tentang struktur akar,batang daun dan bunga serta charta tentang letak pembuluh xilem dan floem pada batang monokotil dan monokotil. 3. Guru meminta siswa mencari perbedaan letak jaringan pengankut pada dikotil dan monokotil. 4. Guru meminta masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas. Kegiatan Penutup : 1. Guru memberikan penguatan dan pujian pada kelompok yang mempresentasikan hasil kerja nya dengan baik. 2. Guru memberi tes lisan akhir kegiatan.

3. Pertemuan III a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi : Bagaimanakah air yang diserap oleh akar dapat naik sampai ke daun ? Prasarat : b. Kegiatan Inti 1. Siswa diminta duduk bersama kelompok 2. Siswa diminta melakukan kegiatan percobaan osmosis yang terjadi pada kentang dan pengangkutan pada tumbuhan pacar air. 3. Siswa diminta melakukan diskusi tentang eksperimen osmosis dan pengangkutan pada pacar air /bunga sedap malam. 4. Diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompok. c. Kegiatan Penutup : 1. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas hasil eksperimen. 2. Guru membimbing menarik kesimpulan dari hasil percobaan. 3. Guru memberi tes lisan akhir kegiatan.

4. Pertemuan IV : a.

b.

c.

Kegiatan Pendahuluan : Motivasi : Apa yang kamu rasakan bila pada siang hari hari berada di bawah pohon yang rindang. Prasarat : Apakah tumbuhan juga bernafas ? Kegiatan Inti : 1. Siswa duduk bersama kelompoknya. 2. Siswa melakukan pengamatan dengan mikroskop tentang letak stomata. 3. Siswa mempresentasikan hasil pengamatan. Kegiatan Penutup : 1. Guru memberikan pujian terhadap kelompok yang mempresaentasikan hasil pengamatan dengan baik. 2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan.

E. SUMBER BELAJAR : 1. Buku Paket 2. Buku Penunjang yang relevan 3. LKS 4.Obyek langsung.

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR a. Tekhnik Penilaian -Tes tertulis b. Instrumen -Tes Uraian

Mengetahui, Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 1 008

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS Eksperimen OSMOSIS PADA KENTANG Tujuan : - Mengamati terjadinya osmosis pada kentang. - Menunjukkan proses osmosis pada kentang. Apa yang kamu perlukan ? 1. 2 potong kentang berukuran batang korek api 2. 2 mangkuk / gelas plastik 3. Selotip 4. Garam 5. Sendok teh plastik 6. Air. Apa yang kamu lakukan ? 1. Dengan menggunakan pisau potobglah kentang seukuran batang korek api sebanyak 2 potong 2. Tekanlah dengan jarimu ke 2 potongan kentang tersebut 3. Berilah label A dan B untuk masing-masing mangkuk 4. Isilah air pada mangkuk A masukkan 1 potongan ke dalamnya. 5. Isilah air pada mangkuk B dan tambahkan 2 sendok makan garam,masukkan 1 potongan kentang yang lain ke dalamnya. 6. Biarkan ± 15 menit dan kemudian pijat kedua potongan kentang dan rasakan tingkat kekerasanya. 7. Masukkan hasil pengamatanmu ke dalam tabel. Tabel : DATA PENGAMATAN Potongan kentang

Tingkat kekerasan potongan kentang Sebelum di rendam Sesudah di rendam

A

B

Analisis dan penerapan 1. Setelah direndam potongan kentang manakah yang terasa lebih keras? Apa yang menyebabkan? 2. Apabila cairan dalam akar tanaman lebih pekat di banding cairan diluar akar,apa yang akan terjadi? 3. Apa yang akan terjadi apabila serumpun padi kita taburkan 1 Kg pupuk urea disekitar pangkal batangnya?

LKS Eksperimen DAPATKAH TUBUH TUMBUHAN MENGANGKUT AIR Tujuan

: Mengamati pengangkutan air pada bunga sedap malam.

Alat & Bahan : - Bunga sedap malam dengan tangkainya/pacar air. - Pewarna makanan biru atau merah. - Pisau - Air - Botol - Lup Langkah kegiatan : 1. Isilah air paad botol yang telah disiapkan. ± ¾ tinggi botol. 2. Tambahkan pewarna makanan yang berwarna biru atau merah. 3. Gunakan pisau untuk memotong kira-kira ¼ bagian dari pangkal bawah batang bunga sedap malam. 4. Letakkan batang bunga sedap malam ke dalam botol berisi air berwarna ± 45 menit. 5. Gunakan pisau untuk membelah batang bunga sedap malam ± ¾ panjangnya dari ujung batang. 6. Amatilah bagian dalam batang yang telah dibelah tersebut dengan menggunakan lup. Analisis & Penerapan. 1. Peristiwa apakah yang terjadi saat pewarna makanan menyebar keseluruh bagian air ? bagaimana arah penyebaranya ? 2. Berwarnakah batang yang telah kamu belah ? apa yang menyebabkan batang tersbut berwarna ? apapula artinya hal tersebut ? 3. Mengapa hal tersbut dapat terjadi ? Buatlah kesimpulan dari kegiatan ini.

Lembar Penilaian No 1 2.

3.

4.

5. 6. 7.

8. 9. 10.

Kunci

Butir Soal Jelaskan fungsi rambut akar pada tanaman Perhatikan gambar di bawah ini :

Sebutkan bagian bunga yang diberi nomor : 1)………………………………………….. 2)………………………………………….. 3)………………………………………….. 4)………………………………………….. Pada gambar diatas yang berperan sebagai alat kelamin jantan adalah no……………………... Dan yang berperan sebagai alat kelamin betina adalah nomor…………………………………. Perhatikan pernyataan di bawah ini : a. memiliki kambium b. letak berkas pembuluh tidak teratur c. tidak berkambium d. letak berkas pembuluh teratur Yang merupakan ciri-ciri batang tanaman dikotil adalah…………………………… Daun tanaman kaktus kecil mirip duri,daun tanaman talas lebar .Dilihat dari tempat hidupnya daun diatas berfungsi sebagai alat……………………………………. Akibat kegiatan kambium,pada batang dikotil terdapat lingkaran tahun. Apakah yang disebut lingkaran tahun ? Perhatikan bagian-bagian daun di bawah ini : a. Epidermis b. Kutikula c. Jaringan sponsa d. Stoma e. Jaringan palisade Bagian yang paling aktif melakukan fotosintesis adalah………….dan……………. Tempat keluar masuknya O 2 &CO 2 pada bagian daun no 7 adalah………………………. Pada saat panen,terdapat butir-butir padi yang hampa (kosong).Hama apakah yang menyerang tanaman tersebut ? Sebutkan penyakit tumbuhan yang menyerang daun.

:

1. Memperluas penyerapan air . 2. 1. Putik 2. Benang Sari 3. Mahkota 4. Kelopak 3. 1&2 4. a&d 5. Penguapan 6. Garis-garis yang terbentuk karena kegiatan kambium di musim hujan dan kemarau. 7. c&e 8. d 9. Walang sangit 10. Virus Mozaik

Skor 1 4

2

2

2 4 2

1 1 1

LKS Eksperimen DIMANAKAH LETAK STOMATA Tujuan : Dapat melihat letak stomata pada daun. Apa yang kamu perlukan ? - Daun Rhoeo discolor. - Mikroskop. - Kaca preparat dengan kaca penutup. - Air. Apa yang kamu lakukan ? 1. Ambil daun Rhoeo discolor,sayatlah bagian bawah dan atas sehingga mendapatkan bagian yang tipis. Tandailah mana yang permukaan atas dan mana yang permukaan bawah. 2. Taruh kedua bagian tipis tersebut pada kaca benda dan tetesi dengan air kemudian tutup dengan kaca penutup. 3. Letakkan kaca tersebut pada meja benda mikroskop dan amatilah dengan per besaran yang lemah ke yang kuat. 4. Gambarlah pengamatan pada ruang gambar yang tersedia. Bagian atas

Bagian bawah

*Permukaan / bagian atas : Epidermis atas Permukaan / bagian bawah :Epidermis bawah Analisis 1. Berdasarkan pengatanmu , samakah stomatayang ada pada epidermis atas dan epidermis bawah ?. 2. Di bagian epidermis atas /bawah kah stomata banyak ditemukan ?. 3. Apakah jumlah stomata pada bagian epidermis atas /bawah berhubungan dengan tempat hidup tumbuhan tersebut?jelaskan! 4. Buatlah laporan hasil kegiatanmu !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran

: SMP NEGERI 1 GANDUSARI : VIII/2 : IPA

STANDAR KOMPETENSI 2. Memahami sistem dalam kehidupan sehari-hari . KOMPETENSI DASAR 2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau INDIKATOR : 1. Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam foto sintesis. 2. Melakukan percobaan fotosintesis 3. Membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

ALOKASI WAKTU

: 4 X 40’

A. TUJUAN PEMBELAJARAN Peserta didik dapat : 1. Mengamati bagian – bagian daun yang aktif melakukan fotosintesis. 2. Menjelaskan proses berlangsungnya fotosintesis 3. Mengetahui peranan cahaya terhadap fotosintesis 4. Melakukan diskusi mengenai aktivitas fotosintesis pada malam hari. B. MATERI PEMBELAJARAN Fotosintesis C. METODA PEMBELAJARAN 1. Model :CL 2. Metoda :-Eksperimen -Diskusi D. LANGKAH KEGIATAN 1. Pertemuan I a. Pendahuluan Motivasi :Dari manakah tumbuhan dapat makanan ? Prasarat : b. Kegiatan Inti 1. Guru memerintah peserta didik untuk duduk bersama kelompoknya. 2. Guru memberikan LKS pada tiap kelompok tentang proses berlangsungnya fotosintesis. 3. Guru memantau siswa dalam melakukan eksperimen 4. Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok 5. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil eksperimen dan diskusi. c. Penutup - Guru membimbing diskusi kelas - Guru memberi pujian pada kelompok yang presentasinya bagus - Guru memberi tes lisan akhir kegiatan 2. Pertemuan II a. Pendahuluan Motivasi : apakah malam hari tumbuhan dapat melakukan fotosintesis. Prasarat :

b. Kegiatan Inti 1. Guru meminta siswa duduk bersama kelompoknya 2. Guru meminta siswa berdiskusi dalam kelompoknya tentang _lcoho yang mempengaruhi fotosintesis. 3. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. c. Penutup 1. Guru memberi penguatan konsep tentang fotosintesis. 2. Guru memberi pujian pada kelompok yang berpresentasi dengan baik. 3. Guru memberi tes lisan di akhir kegiatan. D. SUMBER PEMBELAJARAN 1. Buku Paket 2. Buku Penunjang 3. LKS 4. Obyek langsung F. PENILAIAN HASIL BELAJAR : a.Tehnik penilaian Tes tertulis b.Instrumen Tes uraian

Mengetahui, Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600403 198803 1 008

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS.........Eksperimen FOTOSINTESIS pada TUMBUHAN HIJAU A. Tujuan

: Mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis serta zat hasil fotosintesis.

B. Apa yang kamu perlukan ? • • • • •

Tumbuhan hijau dengan daun kecil Staples Kertas alumunium/kertas karbon Pembakar spirtus + kaki tiga + kasa Gelas kimia 500 ml

• • • •

Gelas kimia 100 ml Korek api Alkohol 70% Larutan Lugol

C. Apa yang harus kamu lakukan ? 1. Tutuplah bagian tengah permukaan atas dan bawah daun dengan kertas karbon, gunakan staples untuk menjepitnya. (lakukan ini sebelum matahari terbit). 2. Petiklah daun tersebut pada siang hari. 3. Susunlah alat–alat seperti pada gambar di bawah ini :

Kertas karbon

4.

Bukalah kertas karbon yang membungkus daun dan masukkan daun berturut–turut dari gambar I – IV dengan waktu masing–masing 2’ 5. Amatilah keadaan daun setelah dimasukkan ke dalam larutan alkohol dan setelah dimasukkan ke dalam lugol. 6. Masukkan hasil pengamatanmu ke dalam tabel. 7. Buat laporan hasil pengamatanmu. D. Data hasil pengamatan Bagian daun

Warna pada akhir percobaan

Tidak di tutup dengan kertas karbon Di tutup dengan kertas karbon E. Analisa dan Penerapan Apa tujuan daun di masukkan air panas/mendidih pada gambar I ? Mengapa daun sebelum dipetik perlu mendapat sinar matahari ? Bagaimana keadaan daun setelah di rebus dalam larutan alkohol ? Bagaimana warna daun yang tidak tertutup dengan kertas karbon setelah ditetesi dengan lugol ? apa artinya ? Zat tepung + lugol biru tua/hitam Buatlah kesimpulanmu dari kegiatan ini !

DATA HASIL PENGAMATAN Bagian Daun

Warna pada akhir percobaan

Tidak ditutup dengan kertas karbon Ditutup dengan kertas karbon

ANALISA DAN PENERAPAN 1. Apa tujuan daun dimsukkan air panas/mendidih pada gambar 1 ? 2. Mengapa daun sebelum dipetikperlu mendapat sinar matahari ? 3. bagaimana keadaan daun setelah direbus dalam larutan _lcohol ? 4. Bagaimana warna daun yang tidak ditutup dengan kertas karbon setelah ditetesi dengan lugol ? Apa artinya ?

Zat Tepung + Lugol

5.

biru tua/hitam

Buatlah kesimpulanmu dari kegiatan ini !

LEMBAR PENILAIAN ULANGAN HARIAN No

Butir Soal

Kunci Jawaban

Skor

1.

Bagian daun yang merupakan tempat berlangsungnya proses fotosintesis yang optimal………..

Jaringan Palisade

1

2.

Sebutkan zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk terjadinya proses fotosintesis

Air (H O)

2

Pada percobaan fotosintesis diperlukan alat-alat dan bahan sebagai berikut : a.Kertas karbon b.Alkohol c.Lugol

Kertas karbon : Untuk menutup bagian daun agar tidak mendapat cahaya matahari. Alkohol : Untuk melarutkan klorofil dalam daun. Lugol : Untuk mengetahui adanya kandungan zat tepung dalam daun.

3

Karena tidak mendapatkan cahaya matahari sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis.

2

3.

Apakah fungsi masing-masing alat dan bahan tersebut ? 4.

Mengapa bagian daun yang ditutup dengan kertas karbon tidak dapat menghasilkan zat tepung ?

5.

Apakah fotosintesis dapat berlangsung pada malam hari ? N:

2

CO

2

2

Skore perolehan Χ 100 ∑ Skore

LO-UK

Hari/Tanggal : Topik : Fotosintesis Kelo mpok

No

I

1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6.

Nama Siswa

A I

II

III

IV

V

VI

Keterangan

II

B I

II

C I

II

:1. Aspek yang dinilai A. Menyusun peralatan dengan benar B. Menggunakan alat dengan benar C. Melakukan percobaan dengan benar D. Mengambil data dengan benar E. Bekerja sama dengan benar 2. Skor : 1. Kurang 2. Sedang 3. Baik 4. Sangat baik

D I

II

E I

II

Jumlah skor I II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / semester

: SMP NEGERI 1 GANDUSARI : IPA : VIII / 1

STANDAR KOMPETENSI 2 . Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan. KOMPETENSI DASAR 2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan INDIKATOR 1 Membedakan macam – macam gerak pada tumbuhan 2 Melakukan pengamatan tentang macam – macam gerak pada akar , batangdan daun . 3 Membuat laporan hasil pengamatan tentang macam – macam gerak pada tumbuhan ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit A . TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat : 1. Mengamati gerak pertumbuhan pada tumbuhan 2. Melakukan diskusi mengenai tanaman yang melakukan gerak fototropi 3. Mengobservasi macam – macam gerak tumbuhan yang ada di sektarnya. B MATERI PEMBELAJARAN

Gerak pada tumbuhan . C Langkah – langkah Pembelajaran

1. Pertemuan I a. Pendahuluan Motivasi Prasarat

: :Mengapa tanaman yang tumbuh di tempat yang kurang cahaya tumbuh lebih tinggi daripada tanaman lain.

b. Kegiatan Inti : 1. Guru meminta siswa duduk bersama kelompoknya. 2. Guru meminta siswa berdiskusi tentang hasil pengamatan pada pertumbuhan daun dan hasil eksperimen tentang pertumbuhan tanaman jagung dalam kotak. 3. Guru membimbing diskusi kelompok 4. Guru meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusi. c. Penutup 1. Guru memberi pujian pada kelompok yang melakukan presentasi dengan baik. 2. Guru memberi penguatan konsep gerak hasil pengamatan 3. Guru memberi tes lisan akhir kegiatan 2. Pertemuan II a. Pendahuluan Motivasi Praasrat

: Mengapa di dekat batang tanaman kacang panjang Diberi tiang lanjaran ? : Bagaimana bila tidak diberi tiang/lanjaran ?

b. Kegiatan Inti 1. Guru meminta siswa duduk bersama kelompoknya 2. Guru memberi LKS 3. Guru meminta siswa melakukan pengamatan 4. Guru meminta siswa mendiskusikan hasil pengamatan 5. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan c. Penutup 1. Guru memberi pujian pada kelompok yang berpresentasi dengan hasil terbaik 2. Guru meminta siswa membuat rangkuman tentang macam-macam gerak esionom pada tumbuhan d. Sumber Pembelajaran 1. Buku paket 2. Buku lain yang relevan 3. LKS 4. Obyek langsung e. Penilaian a. Tehnik penilaian Tes tertulis b. Instrumen -Tes Uraian

Mengetahui , Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 1 008

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

LKS………….Ekesperimen KEMANA ARAH TUMBUH BATANG

A. TUJUAN : Mengetahui faktor yang menyebabkan ujung tanaman bergerak tumbuhnya ke atas. B. Apa yang kamu perlukan ? 1. 10 biji kacang hijau 2. 2 gelas plastik bekas 3. Tanah gembur secukupnya 4. Dua buah kardus ukuran 30 X 30X 30 cm C. Apa yang kamu lakukan ? 1. Isilah gelas dengan tanah gembur. 2. Tanam biji kacang hijau dalam gelas masing-masing 5 biji. 3. Beri label A pada salah satu kardus dan lubangi bagian atasnya dan label B pada kardus yang lain dan lubangi pada bagian sampingnya. 4. Masukkan gelas plastik ke masing-masing kotak kardus A & B 5. Setelah hari ke-5 bukalah kardus dan catatlah bagaimana arah tumbuh kacang di masingmasing pot/gelas plastik. 6. Masukkan hasil pengamatanmu ke dalam tabel. D. DATA HASIL PENGAMTAN POT

Arah tumbuh ujung tanaman

A

B

E. Analisis dan Penerapan 1. Berdasarkan data pengamatanmu , bagaimana arah ujung tanaman pada masing-masing gelas ? 2. Menurut analisamu , factor apa yang menyebabkan perbedaan tersebut ? 3. Disebut gerak apakah seperti ditunjukkan oleh arah tumbuh kacang hijau tersebut ? 4. Buatlah laporan dari hasil kegiatan ini.

LKS …….Pengamatan MENGAMATI GERAK pada TANAMAN PUTRI MALU A. Tujuan : Mengetahui pengaruh jenis rangsang pada tanaman putri malu terhadap lama efek rangsangan. B. Apa yang kamu perlukan ? 1. Tanaman putri malu 2. Lidi 3. Korek api 4. Pencatat waktu C. Apa yang kalian lakukan ? 1. Lakukan sentuhan pada tumbuhan putri malu dengan lidi dan lidi yang membara pada bagian– bagian yang sudah di tentukan (A. anak daun, B : Tangkai anak daun, C : pangkal tangkai anak daun). Lihat gambar.

2. Catat perubahan yang terjadi pada bagian–bagian yang tersentuh. 3. Masukkan data hasil pengamatanmu ke dalam tabel. D. Tabel hasil pengamatan

Perlakuan

Perubahan yang terjadi Saat di sentuh

Waktu untuk kembali ke keadaan semula

1. Disentuh pada : A. B. C. 2. Dipanasi dengan bara pada : A. B. C. E. Analisis dan kesimpulan 1. Apakah yang terjadi pada daun bila disentuh atau dikenakan panas ? 2. Kemanakah arah gerakan daun bila dikenai rangsangan pada : a. Anak daun b. Pangkal tangkai daun c. Pangkal tangkai anak daun 3. Faktor apakah yang menyebabkan gerakan menutup pada daun putri malu ? 4. Oleh sentuhan atau panas, daun putri malu cepat kembali keadaan semula ? 5. Buatlah kesimpulan tentang gerakan daun putri malu !

Lembar Penilaian Ulangan Harian No 1.

Butir Soal Jelaskan perbedaan gerak tropisme dan nasti.

Kunci Jawaban -Tropisme :gerak sebagian tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. -Nasti :gerak sebagian tubuh tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang.

2.

Perhatikan pernyataan berikut : a.mengatupnya daun putrid malu saat disentuh. b.menutupnya daun turi,lamtoro pada saat disentuh. c.menutupnya mahkota bunga pukul empat pada siang hari. d.membukanya bunga tulip di siang pada musim semi. Sebutkan macam gerak pada tanaman diatas.

a. tigmonasti b. niktinasti c. fotonasti d. termonasti

4

3.

Berilah contoh tumbuhan yang bergerak : a. Fototropisme b. Geotropisme c. Foto taksis

a.gerak ujung batang tanaman jagung menuju lubang/cahaya b.gerak akar menuju pusat bumi c.gerak kloroplas

3

higroskopis

1

gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh tumbuhan tersebut. Contoh: gerak tumbuh pada tumbuhan.

2

4.

Disebut gerak apakah melengkungnya daun kubis ?

5.

Apakah yang dimaksud dengan gerak endodnom ? Berilah contohnya

∑ = 12 N:

Skore perolehan Χ 100 ∑ Skore

Skor 2

Kelo mpok

No

I

1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. 5. 6.

II

III

IV

V

VI

Hari/Tanggal : Topik : I. Gerak Endonom & gerak esionom II. Gerak pada tumbuhan putrid malu , batang tanaman kacang panjang , sulur mentimiun. Nama Siswa A B C D Jumlah Skor I II I II I II I II I II

Keterangan :1. Aspek yang dinilai A. Partisipasi dalam kelompok B. Cara mengajukan pertanyaan C. Cara menjawab pertanyaan D. Cara mengajukan pendapat

2. Skor : 1. Kurang 2. Sedang 3. Baik 4. Sangat Baik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMP NEGERI 1 GANDUSARI Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas / Semester : VIII / 2

Standar Kompetensi 2 Memahami Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan Kompetensi Dasar 2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Indikator a. Mengelompokkan nama tumbuhan dan nama hewan / penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut. b. Menyimpulkan bagis / oegan – organ tumbuhan yang diserang oleh hama atau penyakit tanaman. Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. Membedakan nama tumbuhan dan hewan / penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut ! 2. Menyimpulkan bagis / oegan – organ tumbuhan yang diserang oleh hama atau penyakit tanaman. B. Materi Pelajaran : Hama dan Penyakit pada Tumbuhan C. Metode Pembelajaran : 1. Model Pelajaran - C.L (Cooperative Learning) 2. Metode - Diskusi informasi D. Langkah – langkah kegiatan 1. Pertemuan a. Kegiatan Pendahuluan ™ Motivasi - Pernahkah kamu melihat daun tumbuhan (daun jambu) bagian permukaan sebelah atas berwarna hitam ? - Apakah sebenarnya warna hitam tersebut ? ™ Prasyarat Pengetahuan - Mengapa banyak serangga yang merusak tanaman ? - Untuk apakah serangga merusak (memakan) tanaman ? b. Kegiatan Inti - Guru membimbing peserta didik dalam pembentukkan kelompok - Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tentang nama – nama tumbuhan dan nama hewan / penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut ! - Peserta didik mengamati dan menulis datanya ke dalam LKS. c. Kegiatan Penutup - Guru dan peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan - Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari E. Sumber Belajar 1. Buku Siswa “Pengetahuan Alam” KBK Semester 1 2. Gambar – gambar dari media cetak (Koran atau majalah)

F. Penilaian 1. Teknik penilaian - Tes tertulis 2. Bentuk instrument - Tes uraian

Mengetahui , Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

Drs. Suroyo, M.Pd NIP. 19600402 198803 008

Dra. Binti Muyassaroh NIP. 19670809 200701 2 020

L.K.S. Jenis – jenis Hama dan Penyakit pada Tumbuhan Dengan menggunakan gambar – gambar dari media cetak (Koran atau majalah) Isilah kolom – kolom yang tersedia di bawah ini :

No

Nama Tumbuhan

Nama hama / penyakit

Bagian tumbuhan yang diserang

Jawablah Pertanyaan 1. 2. 3.

Dari data tersebut di atas Sebutkan nama – nama tumbuhan dan nama – nama hewan / penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut ! Bagian / organ tumbuhan manakah yang diserang oleh hama / penyakit tanaman tersebut ! Kesimpulan :…………… ……………

EVALUASI Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini : Apakah perbedaaan antara hama dan penyakit tanaman ? 1. Serangga paling banyak merusak tanaman, tetapi ada juga serangga yang bermanfaat bagi 2. manusia. Sebutkan masing – masing 2 contoh serangga yang bermanfaat dan 8 serangga yang merugikan! Sebutkan 5 contoh nama tumbuhan dan nama hewan yang menyerang tumbuhan tersebut ! 3. Sebutkan cara – cara memberantas hama / penyakit tanaman ! 4. NO

1

2

3

4

• •

KUNCI JAWABAN Hama tanaman adalah hewan yang merusak tanaman. Penyakit tanaman adalah mikroorganisme yang merusak tanaman sampai ke jaringan.

• •

2 contoh serangga yang bermanfaat : kupu, lebah 8 contoh serangga yang merugikan : nyamuk, kumbang, wereng, walang sangit, ulat, lalat, kepik, kwang wung.

• • • • •

Padi diserang oleh hama wereng. Jagung diserang oleh hama tikus Blimbing diserang oleh ulat buah Sawi diserang oleh ulat Kubis diserang oleh ulat

• • •

Secara Biologis Dengan Pestisida Dengan Radioaktif Jumlah

SKOR

4

2

2

2 10