Soal Latihan

151 downloads 38 Views 97KB Size Report
Berikan contoh data pada sistem akuntansi suatu perusahaan yang data ... penting manfaatnya terutama dalam sistem akuntansi berbasis komputer. Jelaaskan ...

95

Soal Latihan

1. Sistem database mempunyai keunggulan-keunggulan dibanding dengan sistem penyimpanan data dengan organisasi file secara tradisional. Sebutkan karakteristik sistem database tersebut ! 2. Sebutkan ciri-ciri kualitas suatu program/ software/ sistem aplikasi komputer! 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah data integrity! Mengapa data integrity yang tidak memadai dapat menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan manajerial. Berikan contoh data pada sistem akuntansi suatu perusahaan yang data integrity-nya buruk ! 4. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan komputer pada sistem akuntansi mempengaruhi mekanisme audit trail-nya! Apakah dengan sistem komputerisasi tersebut audit trail menjadi makin penting atau tidak penting? (Ya/ Tidak, dan jelaskan alasannya!). 5. Menurut R. Weber, sistem pengendalian intern (SPI) terdiri dari pengendalian administrasi, pengendalian akuntansi dan komputer. Berikan contoh yang menunjukkan : a. SPI-yang bersifat pengaturan organisasi pada bidang kegiatan akuntansi. b. SPI yang bersifat pengaturan organisasi unit pelayanan teknis komputer. 6. Perkembangan peralatan dalam kegiatan pengolahan data akuntansi, khususnya setelah digunakannya komputer sangat berpengaruh dalam cara kerja audit untuk menguji sistem pengendalian intern.! Berikan contoh, bagimana pengujian dalam sistem manual dan bagaimana pengujian dilakukan terhadap sistem yang berbasis komputer! 7. Sebutka manfaatnya mengapa jika ditinjau dari sistem pengendalian, pemakai (user) sebaiknya dibedakan dari teknisi komputer. 8. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan meng-audit sistem komputerisasi secara on-line dan tele-processing lebih sulit dibanding batch processing system. 9. Sebutkan dan jelaskan hal-hal apa saja yang menjadi perhatian utama auditor pada saat memeriksa/ mengevaluasi kegiatan program development life cycle pada fase perencanaan. 10. Disebut dengan istilah apa suatu mekanisme untuk melacak data yang diproses, dan sangat penting manfaatnya terutama dalam sistem akuntansi berbasis komputer. Jelaaskan !

Lingkari B jika (benar) atau S jika (salah) 1

B

S

Salah satu perbedaan antara sistem manual dan sistem berbasis komputer ialah dalam metodologi dan implemantasi system controls-nya.

2

B

S

Pemisahan tugas/ fungsi dan otoritas/ tanggungjawab pada sistem komputerisasi lebih sulit dibanding sistem manual karena dalam sistem manual lazimnya dilakukan sharing data/sumberdaya.

3

B

S

Dalam sistem berbasis komputer, sistem pengendalian intern sering-kali diimplemantasikan di dalam program komputer

4

B

S

Bila didesain dengan benar, lazimnya audit trail sistem berbasis komputer lebih ekstensif.

96

5

B

S

Dalam sistem berbasis komputer data relatif terkonsentrasi pada unit tertentu dibanding dengan sistem manual.

6

B

S

Pentingnya auditor memahami masalah-masalah teknis komputer ialah agar ia dapat menilai keandalan, efektifitas dan efisiensi sistem komputerisasi yang diaudit.

7

B

S

Audit-trail adalah merupakan jadwal pemeriksaan auditor.

8

B

S

Salah satu ciri terpenting sistem komputerisasi yang berhasil adalah teknis komunikasi datanya canggih.

9

Secara konseptual yang membedakan komputer dengan mesin hitung sebenarnya bukan tingkat kecepatan proses, melainkan terprogram.

10

B

S

Pengendalian dalam sistem komputerisasi lebih jelas dari manual

11

B

S

Pemeriksaan program komputer adalah untuk memahami sistem pengendalian intern sebagaimana diwajibkan dalam standar audit.

12

B

S

Adanya transaksi perintah transfer dana bank dengan telpon (paper-less), merupakan salah satu sebab atau alasan dilakukan audit arround the computer.

13

B

S

Auditor komputer harus tahu komputer karena ia harus membantu penyusunan aplikasi komputer untuk kliennya.

14

B

S

Ditinjau dari pengertian dan tujuan audit keuangan, audit sistem berbasis komputer dan audit sistem non-komputer sama saja.

15

B

S

Dalam sistem berbasis komputer, jejak audit (audit trail) tidak penting lagi.

16

B

S

Dari segi pandang auditor, sistem berbasis komputer tidak perlu diragukan lagi struktur pengendaliannya.

17

B

S

Yang disebut aset adalah termasuk komputer, data/ informasi dan segala fasilitas untuk sistem informasi.

18

B

S

Salah satu komponen komputer adalah brainware

19

B

S

Kekeliruan-kekeliruan pemrograman yang tidak terdeteksi sampai sistem dioperasikan disebut virus.

20

B

S

Tanggungjawab atas keseluruhan perencanaan dan pengendalian dalam kegiatan sistem informasi suatu perusahaan, ada pada Sistem Analis

Pilih jawaban yang benar, lingkari A/B/C/D 1

Sasaran/kriteria quality pada suatu proyek sistem informasi ditetapkan oleh: A Sistem Analis B Sistem Desainer C Manajer Proyek D Auditor internal

2

Manajer Quality Assurance seharusnya bertanggungjawab/ melapor kepada

97

A B C D

Direktur Utama Auditor Internal Kepala Pusat Sistem Informasi Direktur Keuangan

3

Staffing fungsi Quality Assurance seringkali agak sulit karena masalah: A Adanya interpersonal conflict antar sesama staf B Staf komputer lebih memilih peran dalam systems development C Staf Quality Assurance kariernya terbatas D Quality Assurance staf harus seorang akuntan.

4

Bila dijumpai adanya ketidakpatuhan (compliance failure) QA harus : A Memberitahu auditor ekstern, karena mungkin ada dampaknya B Memberikan rekomendasi ke manajemen untuk perbaikan C Menghukum yang melanggar aturan tersebut D Segera memperbaiki kesalahan-kesalahan untuk kepentingan perusahaan.

98