UJIAN AKHIR SEMESTER MSDM ADMINISTRASI NIAGA SOAL ...

8 downloads 30 Views 341KB Size Report
UJIAN AKHIR SEMESTER MSDM ADMINISTRASI NIAGA. SOAL: KASUS. PEMBOBOLAN ATM OLEH KARYAWAN OUTSCOURCE. I. CASE FACT (FAKTA) :.

UJIAN AKHIR SEMESTER MSDM ADMINISTRASI NIAGA SOAL: KASUS PEMBOBOLAN ATM OLEH KARYAWAN OUTSCOURCE I.  









II.

CASE FACT (FAKTA): Dalam industry perbankan, perlu diadakan pembatasan karyawan outsource karena diasumsikan terjadinya penyimpangan data base perbankan. Oleh karena itu batasan pekerjaan bagi karyawab outsourcing hanya meliputi: 1. Input data 2. Customer call, dsb. Apabila karyawan outsource diperbolehkan mengakses data base, dihawatirkan adanya penyimpangan data nasabah, maka data base hanya diberikan kepada karyawan tetap yang professional. Contoh pekerjaan seperti: system kliring dilaksanakan oleh sebuah team yang profesional. Maka Data base perbankan harus sudah memiliki mutu atau ISO. Kasus pembobolan rekening nasabah telah terjadi di BCA, yang dilaksanakan oleh: 1. AS supervisor B CA 2. Andri – karyawab outsource Dabnamaon dari PT. BDI dengan tugas memverikab data basabah Sebab-sebab terjadinya pembobolan ATM, karena ada pihal-pihak luar, sebagai berikut: 1. Karyawan outsource 2. System control yang lemah atau tidak berjalan. Solusi: Perbaiki system rekrutasi dan built-in control atau pengawasan melekat tercapai.

PEMBOBOTAN DAN CARA PENILAIAN SISTEM OUTLINE: 1. Referensi teori (25%) terdiri dari: a. Tentang Rekrutasi b. Sistem Kotrol 2. Case nol. 2 (25%) terdiri dari:: a. Kesimpulan bacaan 12 % b. Esensi masalah 13 % 3. Kepegawaian (25%) terdiri dari:: a. Arti outsource; b. Pegawai tetap c. Keuntungan dan kerugian outsource d. Ketuntungan dan kerugaian pegawai tetap 4. Solusi lain (25%) terdiri dari: a. Solusi lain yang ditawarkan b. Rasionalitas solusi tersebut

Dadang Iskandar